Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimatnya

Saat kita mempelajari materi Bahasa Inggris, ada sekitar 16 tenses bahasa inggris yang perlu dipelajari dan dipahami. Salah satunya adalah Simple Present. Materi ini banyak diburu para pelajar pemula. Pasalnya, jenis tense bahasa inggris yang satu ini sering menjadi menu pembuka bagi pelajar. Khususnya bagi pemula sebagai materi dasar agar bisa melanjutkan ke level berikutnya.

Pola ini dinilai paling sederhana. Oleh karena itu, disebut simple. Bila anda ingin serius mahir berbahasa Inggris, maka anda wajib menyimak pengertian, fungsi, rumus dan contohnya sampai tuntas.

Ini adalah salah satu bentuk tenses yang sering digunakan dalam menjelaskan sesuatu yang saat ini sedang terjadi atau present pada suatu spesifik waktu. Karena terjadi di waktu sekarang, pastinya akan menggunakan kata kerja pertama. Atau penggunaan Verb 1 di dalam susunan kalimatnya.

Pengertian Simple Present

Pengertian Simple Present
Pengertian Simple Present

Bila kita melihat dari asal bentuk katanya, maka simple memiliki arti sederhana. Sementara present memiliki arti sekarang. Ini akan membuat anda memahami seperti apa pola kalimat yang ada dalam bahasa Inggris. Anda juga akan memahami kapan menggunakan tense tersebut dengan melihat beberapa fungsinya.

Pada dasarnya, simple present tersebut dapat kita artikan sebagai bentuk kata kerja yang paling sederhana dari jenis tense lainnya. Kata Kerja ini digunakan untuk menyatakan kegiatan sehari-hari, berulang seperti rutinitas atau kebiasaan. Ini menjadi salah satu tenses yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris.

Rumus

Simple present tense ini terdiri dari dua jenis. Yakni nominal dan verbal. Maka dari itulah, rumus yang harus kita ketahui juga terdapat dalam dua jenis.

1. Nominal Simple Present

(+) S + to be (am/is/are) + adjective/adverb

(-) Subject + to be (am/is/are) + not + adverb

(?) To be (am/is/are) + S + adjective/adverb?

Contoh Kalimat Nominal Simple Present:

(+) He is very patience

(-) He is not/isn’t very patience

(?) Is he patience?

2. Verbal Simple Present

(+) S + verb 1 (+ s/es) + O

(-) S + do/doesn’t + V 1 + O

(?) Does/Do+ S + V 1 + O?

Contoh Kalimat Verbal Simple Present:

(+) She goes to school

(-) She doesn’t go to school

(?) Does she go to school?

Fungsi Simple Present Tenses

Di dalam sebuah kalimat, simple present tense ini berfungsi untuk digunakan dalam berbagai macam pernyataan. Apa saja itu? Berikut ini informasi selengkapnya untuk anda.

1. Menyatakan Kegiatan Sehari-Hari (Daily Activity)

Sebelumnya tadi sudah kita sebutkan bahwa fungsi tenses yang satu ini adalah menunjukkan aktivitas atau kegiatan yang berulang-ulang. Aktivitas setiap hari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

  • Misalnya: I go to school everyday. (Aku pergi ke sekolah setiap hari)

2. Menyatakan Peristiwa yang Umum Terjadi dan Tidak Bisa Dibantah

Bisa juga menyatakan kebenaran umum atau general truth. Misalnya pada kalimat:

  • The sun rises from the east. Artinya: Matahari terbit dari arah timur.
  • The leaves are green (daun itu berwarna hijau).

3. Menyatakan Permintaan atau Perintah Pada Lawan Bicara

Misalnya pada kalimat:

  • Please sit down, Ana! (Silakan duduk Ana)

4. Menyatakan Peristiwa yang Sudah Dapat Dipastikan Akan Terjadi atau Dijadwalkan

Fungsi simple present tenses dapat memberikan pernyataan mengenai sebuah kejadian yang terjadi maupun akan dilaksanakan dalam waktu yang akan datang. Seperti:

  • I’ll be visiting Grandpa’s house every weekend (Aku akan berkunjung ke rumah kakek setiap akhir pekan)
  • My father will go home once a month (Ayahku akan pulang sebulan sekali).

5. Menunjukkan Kemampuan, Watak dan Sifat Seseorang

Kata kerja semacam ini dapat berfungsi ketika kita ingin menunjukkan sifat maupun kemampuan yang dimiliki seseorang. Misalnya:

  • Ana and Ani speak English fluently. (Ana dan Ani berbicara Bahasa Inggris dengan lancar)

6. Mengutip Berita atau Informasi

Kata kerja tersebut dapat berfungsi untuk mengutip sebuah berita, surat kabar, website dan juga sumber berita lain. Kata kerja yang sering kali kita gunakan biasanya adalah advice atau menasehatkan, mengatakan (say), mengingatkan (warn).

Misalnya pada kalimat:

  • The announcement warns us not to gather and always keep our distance. (Pengumuman itu memberikan kita peringatan agar tidak berkumpul dan selalu menjaga jarak).

Ciri Khusus Simple Present Tense

Ciri Khusus Simple Present Tense
Ciri Khusus Simple Present Tense

Tense atau kata kerja yang satu ini mempunyai berbagai macam ciri khusus. Diantaranya adalah:

1. Predikat Tense Selalu Berupa Bare Infinitive

Khusus subjeknya terdiri dari orang ketiga tunggal. Seperti: she, he, it, cat, Steven, Susi. Kata kerjanya pasti akan memperoleh akhiran huruf-s/es/ies.

Contoh: Jerry often plays the guitar. (Jerry sering bermain gitar)

2. Kalimat Tanya

Dalam kalimat tanya, akan dibentuk dengan menambahkan kata do/does untuk kalimat verbal. Sedangkan untuk to be (am, is, are) kita gunakan untuk membuat kalimat non verbal di depan subjek.

3. Kalimat Negatif

Sedangkan untuk kalimat negatifnya akan memperoleh kata do not atau don’t atau does not (doesn’t) dalam kalimat verbal. Begitu pula untuk to be am, is, are dalam kalimat non-verbal di belakang subjek.

Sedangkan bila kalimat verbal tersebut telah menggunakan kata does/doesn’t. Adanya akhiran huruf -s/es/ies dapat kita hilangkan dari kata kerja yang ada. Anda dapat membandingkan antara penggunaan kata Do dan juga Does.

Time Signal atau Tanda Waktu Simple Present Tense

Tanda waktu yang sering kita gunakan dalam bentuk simple present tense yakni keterangan waktu atau adverb of time. Selain itu, juga adverb of frequency atau keterangan perulangan.

Keterangan Waktu (Adverb of time)

  • Every year: setiap tahun
  • Every month: setiap bulan
  • at seven: jam tujuh
  • here/there: disini/disana
  • Every week: setiap minggu
  • in the morning: di pagi hari
  • Every day: setiap hari
  • twice a day: dua kali sehari

Biasanya Adverb of time ini sering diletakkan atau dipakai pada awal atau akhir kalimat.

Keterangan Perulangan atau Adverb of Frequency

  • seldom: sering
  • always: selalu
  • sometimes: kadang-kadang
  • as a rule: lazimnya
  • often: setiap
  • ever: pernah
  • nowadays: pada waktu sekarang
  • frequently: disini/disana
  • one in a while: kadang-kadang
  • normally: umumnya
  • commonly: biasanya
  • generally: sering kali

Biasanya Adverb of frequency ini sering kali diletakkan sebelum kata kerja atau sesudah to be.

Contoh Paragraf Simple Present Tense

Contoh Paragraf Simple Present Tense
Contoh Paragraf Simple Present Tense

Setelah kita sudah mempelajari secara mendetail dari tense yang satu ini, mulai dari pengertian, rumus, fungsi, ciri, hingga contoh kalimatnya, maka perlu kita lakukan lagi pengembangan lebih jauh. Tak salah lagi yakni dengan mencoba untuk membuatnya menjadi sebuah paragraf yang utuh.

Dalam membuat paragraf ini, tidak melupakan kaidah dan ketentuan dari pola tense tersebut. Sehingga, nantinya kalimat yang kita rangkai menjadi paragraf akan memiliki alur cerita yang tepat, jelas, dan mudah dipahami.

Ada banyak hal-hal unik dan menarik sekitar kita untuk kita jadikan topik maupun tema pembuatan paragraf tersebut. Agar semakin jelas lagi, berikut ini adalah contoh-contoh paragraf yang bisa kita gunakan.

Mengenai Diri Sendiri

Tidak hanya menceritakan mengenai kegiatan maupun aktivitas sehari-hari saja. Tense ini pun juga dapat kita gunakan untuk memperkenalkan tentang siapa kita sebenarnya.

Misalnya saja mengenai siapa nama kita, dari mana asalnya, apa saja kegemaran dan cita-cita kita. Selain itu, juga dapat berkaitan dengan keluarga kita.

Berikut ini adalah contoh paragraf yang bisa kita buat sebagai upaya untuk memperdalam pemahaman kita mengenai tense ini.

  • Contoh Paragraf dalam Bahasa Indonesia

Nama ku Endah. Nama lengkap ku Endah Astuti. Aku berumur 17 tahun. Kini aku murid kelas 3 SMA. Aku adalah anak kedua dari 3 bersaudara. Kaka laki-laki ku bernama Fiqri Al Awe, sedangkan adik perempuan ku bernama Nafiah Dwi.

Saat ini aku tinggal di Indonesia bersama ayah, ibu dan nenek ku. Di rumah aku memiliki hewan peliharaan, seperti kucing, kelinci, dan ikan. Mereka adalah hewan peliharaan kesayangan ku.

  • Contoh Paragraf Simple Present

My name is Endah. My full name is Endah Astuti. I’m 17 years old. Now I’m a 3rd-grade high school student. I am the second of 3 siblings. My brother is named Fiqri Al Awe, while my younger sister is named Nafiah Dwi.

I currently live in Indonesia with my father, mother, and grandmother. At home, I have pets, such as cats, rabbits, and fish. They are my favorite pets.

Mengenai Orang Lain

Contoh paragraf yang kedua ini adalah menceritakan mengenai orang lain. Sehingga dari paragraf ini kita dapat mendeskripsikan seseorang.

Bahkan termasuk idola kita sekalipun. Dalan contoh paragraf tense ini, kita akan menggunakan kata ganti orang ketiga, yakni ia atau dia.

Dalam bahasa Inggris kita kenal “he” untuk laki-laki sedangkan untuk perempuan menggunakan “she”. Berikut ini adalah contoh paragrafnya.

  • Contoh Paragraf Bahasa Indonesia

Ika Lestari adalah teman ku. Ia teman sekelas ketika SMA kelas 3. Ia juga suka musik, nyanyi, nonton film, dan pergi belanja. Ia adalah gadis lugu yang memiliki hobi tidak biasa yaitu suka olahraga ekstrim

Ika ikut sebuah klub olahraga yang selalu mengadakan latihan rutin setiap Minggu. Ia tidak pernah merasa takut dengan luka maupun bahaya. Ika selalu merasa bahwa hidup sehat merupakan sumber kebahagiaan. Sehingga ia tidak pernah lupa berlatih dan Ika berhasil menjadi atlet profesional dalam bidang olahraga ekstrim.

  • Contoh Paragraf Simple Present

Ika Lestari is my friend. She was a classmate in 3rd-grade high school. She also likes music, singing, watching movies, and going shopping. She is an innocent girl who has an unusual hobby, that is, she likes extreme sports

Ika joins a sports club that always holds regular exercises every Sunday. She never felt afraid of hurt or danger. Ika always feels that a healthy life is a source of happiness. So that she never forgot to practice and Ika managed to become a professional athlete in the field of extreme sports.

Mengenai Keluarga

Ketika membuat sebuah paragraf tentang keluarga, maka subjek yang tidak akan pernah luput digunakan adalah we atau they. Pada segi tata bahasanya, kata we sendiri berarti kita dalam bahasa Indonesia, sedangkan kata they berarti mereka.

Saat menceritakan tentang orang lain dalam hal ini konteksnya adalah keluarga, maka dua kata tersebut akan jadi subjek yang paling sering digunakan. Selain itu, dalam menceritakan keluarga yang konteksnya kepemilikan, subjek “my” juga sudah pasti harus digunakan.

  • Contoh Paragraf dalam Bahasa Indonesia

Fokus paragraf tense ini berfokus pada kisah seorang anak yang tinggal bersama dengan empat anggota keluarganya yakni, ayah, ibu dan kakak. Sosok ayah dari tokoh tersebut adalah seorang yang pekerja keras dalam bekerja sebagai seorang petani.

Setiap sore hari, ibu membantu ayah dengan berjualan lumpia. Sang tokoh tersebut bersama kakaknya suka membantu ibunya memasak untuk kemudian dijual ibunya.

  • Contoh Paragraf Simple Present

There are four people in my family: my father, mother, two handsome son. I am a second son with one older brother. My father ia hardworker Farmers.

My mother is also a hard worker. Every afternoon she is making lumpia and then sell it ini the market. We usually help mother, making food to sell.

Bertema Liburan

Selain menceritakan soal keluarga, bentuk kalimat yang satu ini juga nyaman untuk digunakan untuk bercerita perihal tempat wisata. Apalagi tempat wisata yang kita ceritakan tersebut merupakan tempat wisata yang benar-benar tidak terlupakan bagi kita.

Jika menggunakan kalimat jenis ini untuk bercerita, maka konteks penggunaan subjeknya akan lebih luas lagi. Mulai dari I, You, They, We hingga He, She, Itu bisa digunakan sesuai keinginan.

  • Contoh Paragraf dalam Bahasa Indonesia

Paragraf tense dini berfokus pada penceritaan tentang wisata Bali, seperti yang diketahui Bali adalah kota yang sangat terkenal dalam hal seni, budaya dan juga kuliner. Ada banyak sekali tempat yang dapat dikunjungi jika pergi ke Bali.

Salah satunya tentu saja Pantai Kuta, Ubud, Pura Tanah Lot, Gunung Agung, Nusa Penida dan masih banyak lainnya. Selain itu, warga Bali juga sangat ramah kepada turis. Sungguh pengalaman wisata di Bali sangat lah menyenangkan

  • Contoh Paragraf Simple Present

Bali is a very special city for its arts, culture and culinary. There are alot wonderful places in Bali.

Some of them are Kuta Beach, Ubud, Pura Tanah Lot, Agung Mountain, Nusa Penida etc. Local people in Bali are so warm and friendly. Having a trip ini Bali is always delightfull.

Bertema Pengalaman

Jika biasanya kita membuat paragraf bertema pengalaman dengan rumus Past Tense, sebenarnya rumus simple present tense juga bisa digunakan. Namun ada hal yang harus diperhatikan jika kita menulis paragraf pengalaman dengan rumus ini.

Ha tersebut yakni, pengalaman yang diceritakan merupakan pengalaman yang sedang terjadi bukan yang terjadi sudah berlalu-lalu.

  • Contoh Paragraf dalam Bahasa Indonesia

Fokus paragraf induktif tense ini berfokus pada pengalaman seseorang yang suka bermain sepak bola. Dia bermain sepak bolanya utamanya saat sedang berada di rumah orang tuanya.

Jika tidak bermain bola, dia dan teman-temannya biasa pergi untuk memancing. Selain dapat mendapat ikan, memancing juga menyenangkan karena dapat mendapat teman yang baru.

Teman baru tersebut tentunya dapat membuatnya terlihat dengan aktivitas yang baru seperti naik gunung. Dia sangat senang naik gunung karena menyenangkan.

  • Contoh Paragraf Simple Present

I usually spend my holidays away from home. Occasionally, I play football with some friends on my parent home town.

When we do not play football, we usually fishing ini the river. I enjoy meeting new people and making new friends. It is good to have more friends. Sometimes, they invite me to join their hiking activities. I love hiking and it is so amazing.

Kesimpulan

Kesimpulan mengenai pembahasan simple present tense ini yaitu bentuk kata kerja. Atau tense yang dipakai untuk tindakan normal, faktual atau yang biasa terjadi.

Fungsi tense yang satu ini adalah agar kita dapat menjelaskan tentang sebuah peristiwa yang menjadi kebiasaan dalam sehari-hari. Atau menjelaskan mengenai peristiwa yang tidak ada hubungannya dengan waktu.

Menggunakan rumus dasar S+Verb1+(-s/es) atau S+is/am/are + nominal.

Dengan ini kita sudah paham mengenai seperti apa pengertian, rumus, fungsi beserta contoh dari simple tense ini. Sehingga saat ini anda dapat lebih mudah untuk belajar bahasa Inggris dengan semakin baik lagi. Anda bisa menggunakan rumus tersebut bila ingin menyatakan kebiasaan sehari-hari, fakta atau kejadian yang saat ini sedang terjadi.

Bila anda ingin memperdalam kemampuan anda dalam mempelajari bahasa Inggris, maka anda bisa bergabung dengan Kampung Inggris Pare. Disini anda bisa belajar bahasa inggris mulai dari awal sampai mahir dengan berbagai cara simpel dan mudah. Baca juga materi verb atau kata kerja bahasa inggris untuk menambah penguasaan anda tentang pelajaran bahasa inggris.

2 thoughts on “Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimatnya”

  1. Im very enjoy study english with this article.
    I’m sorry my english not good.
    Thank you

    Reply
    • Halo kak Karnawati. Terima kasih!
      Sukses selalu ya kak..

      Reply

Leave a Comment

1 + 10 =