Penggunaan Do Does dalam Kalimat Positif dan Negatif

Apa sih, yang harus kita ajarkan kepada pemelajar bahasa Inggris pemula? Tentu materi-materi dasar untuk membentuk suatu kalimat seperti penggunaan do does.

Jangan hanya fokus pada perkenalan beragam vocabulary lalu menghafalkannya saja. Namun kita juga harus bisa mempraktikkan teori bahasa Inggris secara langsung. Mulai dari membikin kalimat utuh, kemudian praktik speaking dengan lancar.

Sementara itu, untuk pembuatan kalimat bahasa Inggris erat kaitannya dengan grammar. Grammar merupakan struktur tata bahasa yang penting dalam sebuah tulisan dalam bahasa Inggris. Dari sinilah kita belajar tentang penulisan yang tepat supaya artinya juga dapat tersampaikan. 

Kapan Waktunya Pakai Kata Do dan Does?

Kapan Waktunya Pakai Kata Do dan Does

Materi do does bahasa Inggris sering kita temui saat belajar bahasa inggris dasar. Do sendiri bertujuan untuk menunjukkan subjek sedang melakukan sesuatu. Ada beberapa fungsi auxiliary ini yang perlu kamu perhatikan seperti:

1. Verb Utama dalam Kalimat

Fungsi yang pertama do does adalah sebagai verb utama tanpa tambahan apa pun. Letaknya setelah subjek dan menerangkan aktivitas tertentu. Do atau does bukan berfungsi sebagai auxiliary melainkan verb utuh yang mempunyai arti mengerjakan atau melakukan.

Dengan kata lain bentuknya dapat berubah bergantung waktu. Misalnya kalimat Past Tense (lampau) sehingga do menjadi did. Kemudian Perfect Tense yang mengubahnya menjadi done.

Adapun contoh kalimat pemakaian do does tersebut seperti berikut:

  • You do anything for your girlfriend, but she cheats on you.  
  • I do many assignments alone today because nobody helps me.
  • She does her difficult task quickly, although it has been 10 P.M.

2. Sebagai Kata Kerja Tambahan atau Pelengkap

Penggunaan do does juga berfungsi sebagai auxiliary verbs yaitu kata kerja bantuan supaya kalimatnya semakin lengkap. Misalnya saja pada kalimat, “I do love and miss forever, my sweety pumpkin.”

Pengertian do pada kalimat positif sendiri bertujuan untuk menekankan kata kerja love. Jadi menyampaikan arti kalau aku benar-benar atau sangat mencintaimu. 

Begitu pula kalau memakai does seperti contoh, “She does need you to be here.” Karena sudah ada does maka tidak perlu lagi menambahkan ‘s’ pada kata kerja need.

Masih ada lagi bentuk lain do does yang fungsinya sebagai auxiliary verbs. Supaya kamu lebih paham maka lihatlah berbagai contoh ini:

  • I do not know what she is talking about because the noise is very loud.  
  • She does not believe in ghosts because she thinks they aren’t real.
  • Do you need help bringing this heavy suitcase?
  • Does your brother come back home tonight?

Kalimat do does sebagai kata kerja tambahan ini hanya berlaku pada Simple Present Tense sehingga tidak ada bentuk yang berubah. Kamu menggunakan waktu di masa sekarang sehingga tidak ada penggunaan did atau done.

Do dan Does untuk Kalimat Negatif Present Tense

Do dan Does untuk Kalimat Negatif Present Tense

Materi bahasa Inggris do does berlaku pada kalimat negatif Simple Present Tense. Statusnya sebagai auxiliary verbs untuk menerangkan bentuk negatif.

Cirinya harus ada kata “not” sehingga menjadi don’t dan doesn’t. Ciri lain yaitu penghilangan tambahan ‘s’ setelah verb jika menggunakan does. Namun kamu perlu mengetahui rumusnya dahulu karena penulisan akan berbeda bergantung jenis subjeknya. 

1. Subject + Do + NOT + Verb

Subject : I, you, we, they, plural (my friends, my uncle and I, both of them, the members).

Contoh:

  • My mother and I do not buy clothes because they are very expensive.
  • My classmates do not attend the party tonight, but they are going to the cinema together. 

2. Subject + Does + NOT + Verb

Subject : she, he, it, singular (Nina, Tony, Yu, my mother, my sister, my father).

Contoh:

  • Henny does not eat meat because she is a vegetarian.
  • I just bought a new bag. It does not have many pockets.

Setelah itu kamu dapat menirukan sendiri dengan menggonta-ganti subjek dan kata kerja utamanya.

Do dan Does pada Kalimat Pertanyaan (Interrogative)

Do dan Does pada Kalimat Pertanyaan Interrogative

Masih ada fungsi lain tentang penggunaan do does dalam kalimat interrogative. Ciri khas utamanya yaitu do  dan does diletakkan pada awal kalimat.

Pada bagian akhir terdapat tanda tanya (?) yang sifatnya wajib. Selain itu kamu harus tau tentang jenis subjeknya untuk mengetahui pemakaian do atau does. Simak rumus berikut agar lebih mengerti!

Rumus : Do/Does + Subject + Verb ?

Bentuk kalimat tanya yang menggunakan do does akan menjadi seperti contoh berikut.

  • Does she feel comfortable with the room service?
  • Do they go to the market by public transportation?
  • Does he need to visit his grandmother next Sunday?
  • Do my friends eat lunch in the canteen?
  • Does Mrs. Tania attend the Literature class this afternoon?
  • Does your cat eat vegetables?

Do dan Does pada Kalimat Tanya Menggunakan 5W+1H

Do dan Does pada Kalimat Tanya Menggunakan 5W+1H

Pada contoh kalimat do does dalam interrogative sentences, kita mengetahui kalau letaknya berada di awal. Seperti pada kalimat, “Do you drink tea or coffee?”

Pernahkah kamu melihat bentuk pertanyaan lain yang menggunakan awalan 5W+1H? Adapun di antaranya terdiri dari what, who, when, where, why dan how.

Kalau kamu menggunakan salah satunya maka bentuk kalimatnya akan berubah. Do dan does tidak lagi ditaruh depan. Keduanya berada di posisi kedua setelah 5W+1H Questions. 

Rumus : 5W1H + Do/Does + Subject + Verb?

Penggunaan does dan do akan menjadi kata kerja tambahan yang menerangkan verb utama. Adapun contohnya seperti berikut ini.

  • Why do citizens of Indonesia respect the President?
  • How do you know that planet earth is round?
  • Where does Mr. Liam buy those beautiful flowers?
  • When do they go to the beach for surfing?

Penutup

Penggunaan do does harus memperhatikan fungsinya terlebih dahulu karena rumus grammar-nya akan berbeda-beda. Ada bentuk negatif, interrogative, serta bisa berlaku sebagai kata kerja tambahan. Jangan lupa untuk berlatih membuat berbagai macam bentuk kalimat sendiri memakai do dan does supaya lebih mahir berbahasa Inggris.

Tinggalkan komentar