Belajar Grammar Bahasa Inggris

9 min read

Belajar Grammar Bahasa Inggris

Mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern, membuat semakin terlihat betapa pentingnya belajar grammar Bahasa Inggris. Berbagai informasi terkini dunia dipublikasikan menggunakan bahasa internasional ini agar seluruh negara dapat memahaminya.

4 Persiapan Sebelum Belajar Grammar

Seperti yang sudah diketahui di atas, bahwa belajar grammar memang cukup penting. Karena bahasa Inggris merupakan media komunikasi internasional sebagai penyambung komunikasi antar negara. Jadi secara tidak langsung harus diakui bahwa pembelajaran topik ini sangatlah dibutuhkan. Berikut ulasannya:

1. Memperbanyak Pembendaharaan Kata

Untuk mengawali pembelajaran grammar bahasa Inggris, sebaiknya banyak-banyaklah membaca buku dan mempelajari contohnya agar pembendaharaan kata bisa terus bertambah. Jadi pada saat mempelajari, tidak ada hambatan akibat ketidaktahuan makna yang terkandung di dalamnya.

Memperkaya pembendaharaan kata bukan hanya dari membaca buku saja, namun menonton film bersubtitle Inggris juga cukup efektif menambah pengetahuan. Apabila secara rutin terus mengasahnya maka dengan sendirinya akan terekam.

2. Mengetahui Jenis Kata Kerja

Seperti layaknya di Indonesia, bahasa Inggris juga menggunakan kata kerja untuk melengkapi kalimatnya. Namun perbedaannya, pada saat sekarang, lampau dan akan datang ada sedikit ketidaksamaan. Jadi hal inilah yang patut diingat dan dihafal dengan baik.

Kata kerja terdiri dari V1, V2 dan V3, seluruhnya digunakan sesuai dengan waktunya. Kemudian bentuknya akan mengalami sedikit perubahan dibanding verb 1nya. Jadi sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai grammar alangkah baiknya kuasai dulu hal ini.

3. Menghafal V2 dan V3

Kata kerja merupakan komponen yang berubah sesuai dengan waktu terjadinya. Maka dari itu, verb mengalami sedikit perbedaan. Jadi hal ini harus benar-benar diperhatikan, karena kesalahan penempatan akan fatal akibatnya.

Untuk verb 2 ada yang hanya ditambahkan akhiran -d atau –ed, namun ada juga mengalami sedikit perubahan. Jadi untuk menghindari kesalahan, lakukan latihan terus menerus agar dapat terekam di dalam pikiran dengan baik.

4. Mempelajari SPOK

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, Inggris juga mengenal istilah Subjek (subject), Predikat (predicate), Objek (object) dan Keterangan (adverb). Apabila SPOK ini sudah dikuasai secara baik nantinya bisa mempermudah proses belajar grammar.

Dengan mempelajari SPOK ini, Anda jadi paham benar mengenai penempatannya sehingga pada saat pengaplikasiannya tidak akan ada kesalahan posisi. Seperti misalnya kata kerja, komponen ini menempati predikat jadi pasti berada setelah subjek.

4 Dasar saat Belajar Grammar Bahasa Inggris

Dalam mempelajari grammar khususnya tenses bahasa inggris ada 4 dasar yang harus disimak dengan baik. Karena apabila Anda bisa menguasainya akan lebih mudah menghadapi tatanan lebih rumit kedepannya. Mari baca 4 bentuk waktu di bawah ini supaya mudah belajar tenses bahasa inggris lengkap . Jadi untuk mengurangi kesulitan nantinya, sebaiknya pahami dahulu beberapa hal berikut:

1. Present Simple

Present Simple merupakan kata kerja yang dipakai pada saat menyatakan suatu fakta bersifat lebih umum. Seperti mengungkapkan kebiasaan-kebiasaan Anda setiap harinya, atau pada waktu tertentu bahkan tidak pernah sekalipun melakukannya.

Pada present simple, gunakanlah kata kerja v1 sebagai pelengkap subyek I, you, they dan we. Contohnya I always wake up at 5 am. Kemudian apabila menggunakan he, she, it, tambahkan s atau es pada kata kerjanya seperti my mother usually goes to bed at 10 pm.

2. Present Continuous

Apabila ingin menyatakan suatu aktivitas yang sedang dijalankan atau berlangsung pada saat itu, Anda dapat menambahkan akhiran -ing pada kata kerjanya. Pada penjelasan ini, to be berupa am, is, are dilengkapi dengan verb+ing.

Baca :  Penggunaan Noun dalam Bahasa Inggris

Kegiatan yang terjadi saat ini juga berarti bukanlah suatu kebiasaan, maka dari itu lebih cocok menggunakan present continuous. Contoh beberapa kalimatnya, you are talking too slowly, he is walking out there, they are waiting for the train.

3. Past Tense

Past tense merupakan pernyataan suatu aktivitas yang terjadi di masa lalu, jadi membahas kegiatan di waktu lampau. Dalam kalimatnya, digunakan kata kerja verb 2 baik dengan akhiran –ed/–d atau mengalami sedikit perubahan dari bentuk awalnya.

Pembahasan dalam past tense hanya menjelaskan kegiatan yang terjadi sebelum saat ini, jadi sudah terlewatkan waktunya. Berikut ini beberapa contohnya, yesterday I woke late, he ate pizza for dinner, she studied in Indonesia for university, we travelled across Papua Raja Ampat last month.

4. Present Perfect

Jika dilihat dari namanya, present perfect pasti dipikir merupakan penjabaran kegiatan yang terjadi di waktu sekarang. Padahal pernyataannya tidak memiliki keterkaitan dengan kejadian saat ini, malah biasanya sudah terlewatkan.

Pada kalimatnya memang tidak tertera kapan tepatnya kegiatan ini berlangsung namun dapat dipastikan bahwa hal tersebut telah terjadi. Di sini menggunakan verb 3 yang mengikuti has atau have. Contohnya seperti we have won the match, we have gone to his house, she has seen them.

Metode untuk Mempermudah Pemahaman Grammar

Untuk memahami grammar dengan mudah, ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar lebih mudah terserap dan dimengerti. Tentunya metode-metode pembelajaran harus memiliki taktik agar siswa dapat terus berlatih mengaplikasikan secara langsung. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Role Play

Role play adalah pembelajaran grammar yang diaplikasikan dalam percakapan dalam suatu peran. Jadi siswa akan membuat perbincangan dalam suatu cerita. Topik dan tema dudah ditentukan oleh pengajar sehingga murid hanya tinggal menjabarkannya saja.

Role play ini melatih siswa membuat suatu percakapan dengan memasukkan unsur grammar di dalamnya, sehingga mereka akan belajar menempatkan sesuai situasi. Jadi akan efektif dalam pembelajaran karena jika ada kesalahan akan segera dikoreksi. Bisa juga belajar Adjective, Noun dan Verb.

2. Proses Pendekatan

Proses pendekatan ini merupakan metode belajar grammar bahasa Inggris yang mengharuskan siswa menulis suatu karangan. Di sini murid bebas berekspresi namun tetap menyesuaikannya sesuai aturan sehingga penilaian tidak berdasar dari hasil akhir namun prosesnya.

Topik yang diangkat telah ditentukan oleh para pengajar jadi siswa hanya perlu mengembangkannya sesuai keinginan. Dengan begitu, akan ada proses pelatihan cara menulis secara benar yaitu menurut aturan grammar.

3. Inquiry Methode

Inquiry Methode merupakan suatu teknik pembelajaran grammar yang mengajak serta para siswa untuk lebih intensif dalam mengamati suatu permasalahan. Kemudian mendalaminya dengan melakukan observasi, sehingga dapat dianalisa secara detail dan ditarik kesimpulannya.

Jadi siswa dituntut untuk terus mengembangkan keahlian dalam berbicara bahasa Inggris. Karena nantinya akan membuat pertanyaan-pertanyaan sesuai topik untuk bahan wawancara dan menjabarkan hasil pengamatan dan kesimpulannya.

4. Diskusi

Metode pembelajaran dalam bentuk diskusi ini, siswa akan membentuk beberapa kelompok untuk saling membicarakan suatu topik yang telah ditentukan oleh pihak pengajar. Nantinya, pembahasan akan diikuti dengan penarikan kesimpulan juga pemecahan permasalahan tersebut.

Metode diskusi ini bisa melatih siswa dalam mengaplikasikan grammar secara tepat pada saat mengemukakan pendapat dan memahami apa saja yang dikemukan kelompok lain sehingga dapat segera ditarik kesimpulan.

5. Number Heads Together

Metode number heads together ini, bertujuan membangun suasana yang lebih komunikatif. Karena di sini siswa bisa dengan bebas mengungkapkan ide-ide inovatif. Setiap kelompok bekerja sama solid dalam menanggapi topik dari pengajar.

Jadi para siswa akan bekerja sama dalam membuat tanggapan-tanggapan sehingga tidak ada satupun anggota yang tak mengetahui isi dari hasil akhirnya. Pada saat guru memanggil salah satu anak dari kelompok maka nantinya akan dapat menjabarkan seluruh hasil diskusi mereka.

6. Pembelajaran Berbasis Proyek

Pembelajaran berbasis proyek ini bisa dilakukan secara perorangan atau kelompok. Proses pengerjaannya akan diberikan tenggat waktu agar pada saat membacakan hasilnya di muka kelas dapat lebih sempurna dan sesuai dengan konteks yang diharuskan.

Metode ini dapat membangun dan mengembangkan keterampilan siswa dalam menyusun suatu kalimat yang beracu pada beberapa kata kerja. Jadi dapat menggunakan berbagai verb secara bebas namun tetap mengarah pada pengerjaan proyek.

Contoh Games untuk Belajar Grammar

Untuk membuat suasana pembelajaran grammar tidak membosankan ada beberapa permainan yang bisa dimainkan. Kegiatan ini pasti membuat siswa lebih mudah menyerap materi pelajaran bahasa inggris karena terdapat teka teki seru dan menarik. Berikut ulasannya:

Baca :  Strategi Jitu Meningkatkan Score Tes IELTS dan TOEFL

1. Hangman

Untuk menghafal kata kerja yang banyak tentu tidaklah mudah. Dengan permainan Hangman ini, dapat melatih pemain untuk menebak kosa kata sehingga pembendaharaan verbnya semakin kaya. Jika tidak berhasil maka akan digambar orang digantung secara bertahap.

Jadi pada saat siswa tidak dapat menjawab dalam beberapa kali hingga gambar orang digantung itu sempurna maka dianggap kalah. Tapi apabila kosakata dapat ditebak sebelumnya maka permainan dianggap selesai.

2. Pictionary

Pictionary adalah jenis games yang menggunakan media kertas sebagai alat bantu permainan. Di sini siswa akan diberikan beberapa kartu berisi kata, kemudian nantinya ditebak oleh lawan main. Para pemain hanya boleh menjelaskan melalui gambar, tidak boleh berbicara dan membuat gerakan.

Jika terlihat sengaja membocorkan jawaban akan didiskualifikasi dan poin tidak akan dihitung. Jadi tetaplah bermain secara jujur untuk mendapatkan nilai tertinggi dan menjadi pemenang. Permainan ini mencampurkan keterampilan menggambar dan menghafal siswa.

3. Scrabble

Anda pasti tahu permainan yang satu ini. Scrabble memang sudah dari dulu kerap dimainkan untuk mengisi waktu luang, tapi ternyata memiliki pelajaran di dalamnya yaitu menyusun huruf-demi huruf hingga membentuk sebuah kata.

Semakin panjang kata yang disusun maka pendapatan poinnya juga akan lebih besar. Permainan ini benar-benar mengasah otak para pemainnya. Keseruan games ini memang tidak dapat diragukan lagi karena dibutuhkan kreativitas tinggi dalam merancang huruf-huruf hingga membentuk kesatuan.

4. Word Match

Untuk mengasah pembendaharaan kata bahasa Inggris, games ini sangat cocok karena siswa harus mampu menyebutkan sinonim dan antonim. Jadi dengan begitu, setiap murid dapat menggali pengetahuannya.

Dengan games ini siswa akan terus mengasah dan menambah pembendaharaan kata bahasa Inggris. Melatih kecepatan berpikir, jadi begitu diberikan sebuah soal langsung dapat mencari antonim atau sinonimnya.

5. Observe and Remember

Observe and Remember adalah permainan menggunakan mata dan pikiran. Jadi siswa bertugas mengingat seluruh kata-kata yang dituliskan di atas meja kemudian mengingatnya lalu menyebutkannya dengan menggunakan bahasa Inggris.

Pada permainan ini siswa diberikan waktu untuk mengingat selama 2 menit, kemudian setelah itu mereka dipersilahkan menulis seluruh kata kerja yang diingat di kertas. Semakin banyak verb disebutkan maka perlehan poinpun menjadi lebih besar.

6. Crossword Puzzle

Crossword puzzle adalah permainan yang sangat mirip teka teki silang. Pemain akan diberikan kertas kotak-kotak, kemudian nantinya diisi dengan jawaban atas pertanyaan sesuai nomornya masing-masing. Membaca pertanyaan berupa bahasa Inggris, bisa melatih player dalam memahami kalimatnya.

Setelah itu, pemain menjawab dengan jawaban berupa kata bahasa Inggris juga dan menuliskannya di kertas kotak-kotak tersebut. Semakin banyak isian yang benar maka poinpun terus bertambah sesuai jumlahnya.

Belajar Grammar Bahasa Inggris1

Kenapa Mempelajari Grammar Bahasa Inggris itu Penting?

Menguasai grammar bahasa Inggris akan mendatangkan berbagai keuntungan. Bukan hanya siswa-siswa saja yang berlomba-lomba mengikuti kursus, namun orang-orang dewasa pun turut serta untuk mempelajarinya demi mencapai tujuan. Berikut ini beberapa alasannya:

1. Mempermudah Mendapatkan Pekerjaan

Alasan pertama yang menyebabkan grammar cukup penting untuk dipelajari adalah mempermudah tercapainya keinginan menempati posisi di suatu perusahaan. Dengan memperlajarinya secara benar dan tepat, akan membuat Anda terlihat sangat baik dalam penggunaan bahasa Inggris.

Menguasai grammar secara tepat dapat menambah nilai “plus” sehingga mereka tidak akan menyia-nyiakan usaha Anda. Karena dapat sangat membantu komunikasi dengan costumer atau investor asing. Selain itu, bukan hanya perusahaan dalam negeri saja yang akan menerima, tapi juga mancanegara.

2. Meneruskan Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi

Setiap orang pasti memiliki cita-cita untuk mencapai pendidikan setinggi-tingginya, maka dengan mempelajari grammar secara benar akan mempermudah dalam melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Karena pada proses yang akan dihadapi yaitu ujian bahasa Inggris.

Apabila telah menguasai grammar dengan baik, setiap tes akan terasa lebih mudah dan dapat dikerjakan secara cepat. Jadi Anda dapat menempati posisi lebih aman dibandingkan teman-teman yang tidak memahami bahasa Inggris. Peluang untuk diterima pun menjadi lebih meningkat.

3. Untuk Komunikasi dengan Teman dari Luar Negeri

Adanya perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, membuat setiap orang secara mudah menyambung pertemanan dengan orang luar negeri. Untuk mempermudah komunikasi, sebaiknya Anda benar-benar telah menguasai grammar dengan baik dan benar.

Hal ini bertujuan agar tidak mengalami kesulitan memahami atau salah paham terhadap apa yang dibicarakan oleh teman Anda. Selain itu, penyampaiannya pun dalam bahasa Inggris dapat dengan mudah dimengerti oleh mereka.

4. Guna Mengikuti Perkembangan Teknologi Dunia

Seperti diketahui, bahasa Inggris merupakan media komunikasi internasional yang digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai perkembangan terkini teknologi dunia. Jika Anda menguasainya secara benar, maka akan lebih mudah menerima update-an terbaru.

Baca :  Apa Itu Adjective?

Mempelajari grammar membuat Anda lebih terdepan dibandingkan mereka yang tidak menguasainya. Karena berita terkini dunia semuanya menggunakan bahasa Inggris, sehingga setiap informasi di dalamnya dapat dengan mudah di dapatkan.

5. Mudah Memahami Film-film Luar Negeri

Apabila Anda memiliki hobi menonton film mancanegara, dengan menguasai grammar secara tepat akan sangat membantu dalam memahami cerita. Karena semua movie dari semua negara baik Jepang, Korea, Australia dan lainnya, menggunakan subtitle bahasa Inggris.

Dengan subtitle Inggris, seluruh penonton di seluruh dunia dapat lebih mudah memahami setiap jalannya cerita. Maka apabila menguasai grammar secara tepat akan mempermudah pemahaman.

6. Meningkatkan Karier

Seperti yang diketahui, apabila menguasai grammar akan menambah nilai plus. Dibandingkan lainnya, Anda akan lebih terdepan karena informasi inovasi terkini dari seluruh dunia dapat diperoleh dengan mudah sehingga bisa merancang langkah untuk mendahului kompetitor.

Apabila kemampuan ini dapat terbaca oleh perusahaan, maka tentu posisi Anda akan ditingkatkan. Pasalnya untuk mengembangkan suatu usaha dibutuhkan orang yang mampu mengetahui informasi terbaru dan dapat menyambung komunikasi dengan pihak asing.

Beberapa Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris

Mempelajari grammar secara tepat dan cepat membutuhkan sedikit usaha yang serius. Karena apabila dilakukan tanpa kesungguhan maka hasilnya nanti tidak akan sempurna. Jadi proses pembelajaran harus dilakukan secara continue dan perlahan sampai benar-benar bisa. Simak ulasan di bawah ini:

1. Mempelajari Dasar Bahasa Inggris

Tips pertama adalah mempelajari dasar dari bahasa Inggrisnya dulu sebagai bekal untuk melangkah ke step berikutnya. Hal-hal inilah yang nantinya mempermudah pembelajaran grammar sehingga lebih gampang memahami.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dasar bahasa Inggris itu terdiri dari 4 macam yaitu present tense, present continiuous, past tense dan present perfect. Keempat kelas itu merupakan hal inti dalam mempelajari media komunikasi internasional ini.

2. Merubah Kebiasaan

Agar pembelajaran grammar dapat berlangsung lancar, Anda bisa merubah kebiasaan tadinya mendengarkan lagu dan menonton film Indonesia kemudian diganti menjadi mancanegara yang bersubtitle Inggris. Jadi secara tidak langsung membuat diri terus berlatih memahami setiap percakapan.

Proses perubahan kebiasaan ini, tentu akan secara otomatis membuat diri terus mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris. Maka dari itu, teruslah isi hidup Anda dengan film, lagu dan bacaan mancanegara agar bisa memperkaya perbendaharaan kata.

3. Pahami Struktur Bahasa Inggris

Struktur bahasa Inggris adalah tiang penegak yang membangun grammar, jadi apabila tidak ada susunan komponen ini maka proses pembelajaran akan terhambat. Maka dari itu pahami dulu dengan perlahan dan benar agar selanjutnya tidak ada kesulitan lagi.

Struktur kalimat di dalam bahasa Inggris memiliki beberapa kriteria sesuai waktu terjadinya. Jadi akan ada perbedaan susunan untuk saat sekarang, kemarin dan besok. Maka dari itu, Anda harus memahami hal ini terlebih dahulu agar bisa mempermudah proses pembelajaran.

4. Lakukan Latihan Menyusun Kalimat

Apabila Anda sudah memahami dengan benar struktur dan dasar-dasar bahasa Inggris cobalah berlatih menyusun kalimat. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari, tidak perlu kata-kata yang terlalu rumit cukup buat sesuai aktivitas pada saat itu.

Latihan menyusun kalimat ini harus disesuaikan dengan struktur yang benar. Berlatih merancang kata-kata menjadi satu kesatuan secara rutin bisa mempercepat meningkatnya kemampuan Bahasa Inggris Anda. Jadi tak perlu waktu lama untuk menguasai grammar.

5. Temukan Mentor Profesional atau Tempat Kursus yang Tepat

Agar proses pembelajaran grammar dapat terlaksana dengan baik, maka sebaiknya carilah mentor profesional atau tempat kursus yang paham benar mengenai hal ini. Jadi apabila terdapat kesalahan dapat segera dikoreksi.

Jadi sebagai siswa, Anda memiliki pedoman sebagai acuan salah benarnya suatu kalimat. Kemudian bimbingan mentor dan tempat kursus ini akan sangat mempermudah dalam proses penyerapan dan pemahaman di setiap prosesnya.

6. Sharing dengan Teman yang Lebih Pandai

Tips belajar grammar terakhir adalah sering melakukan sharing dengan teman yang lebih paham mengenai hal ini sehingga Anda akan lebih bebas menanyakan kesulitan-kesulitan. Lalu apabila butuh koreksi, bisa lebih nyaman dibanding orang lain.

Teman yang lebih pandai grammar bisa dijadikan tempat latihan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Karena apabila ada kesalahan, dia pasti akan langsung mengkoreksinya secara cepat. Jadi kemampuan conversation Anda akan terus terasah sehingga skill dapat meningkat secara singkat.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai belajar grammar bahasa Inggris. Semoga artikel di atas dapat mendatangkan banyak manfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *