Modals Grammar: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Meski materi ini ada di pelajaran sekolah tingkat SMP, namun semua orang tetap perlu mempelajari modals grammar dalam bahasa Inggris. Nah, apa sih modals grammar itu?

Yuk, cari tahu pengertian, fungsi, jenis, serta berbagai contoh kalimat modals dalam bahasa Inggris di artikel ini.

Apa yang Dimaksud dengan Modals dalam Bahasa Inggris?

Dari sekian banyak materi bahasa Inggris, salah satu subjek yang tentu saja harus kamu pelajari adalah bentuk modals in English grammar (kata modal dalam tata bahasa Inggris). Nah, bagi kamu yang masih asing atau baru pertama kali mendengar, pertanyaan yang terpikir pasti apa itu modals.

Sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut, modals merupakan penyebutan untuk satu kategori ‘kata kerja bantu’ dalam gramatika bahasa Inggris. Dalam penggunaannya sendiri,  bentuk kata kerja bantu ini biasanya sering orang sebut dengan modal verbs atau auxiliary verbs.

Sebagai gambaran, beberapa contoh modal verbs ini adalah can, may, dan should. Namun selain ketiga kata-kata tersebut, tentu saja masih ada beberapa modal verbs lainnya yang akan kamu segera ketahui dalam ulasan ini.

Fungsi Modal Verbs

Nah, apa sih, kegunaan dari modal verbs dalam kalimat atau percakapan bahasa Inggris? Pada umumnya, fungsi modals dalam bahasa Inggris memiliki beberapa peran, tergantung pada pilihan modals yang kamu gunakan.

Beberapa modal verbs berguna untuk mengutarakan kesanggupan dan menunjukan hal yang lebih disukai. Di sisi lain, ada beberapa kata kerja bantu yang dapat kamu pakai untuk menunjukan keperluan atau keharusan. Selain itu, beberapa juga berfungsi untuk meminta bantuan serta saran kepada orang lain.

Dalam penggunaannya sendiri, modals verb in English (kata kerja modal dalam bahasa Inggris) sebagian besar diikuti oleh kata kerja bentuk pertama atau verb1. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan terkait macam-macam modal verb berikut ini!

Jenis-Jenis Modals dalam Bahasa Inggris

Dalam gramatika bahasa Inggris, jenis-jenis modals ada tiga, yakni modal present, modal past, serta juga modal perfect. Secara keseluruhan, berikut adalah penjelasan terkait masing-masing modal verbs di setiap kategori. Yuk, simak!

Modal Present

Modals Grammar

Dalam modal present terdapat lima kata kerja bantu yakni can (bisa), will (akan), may (mungkin), shall (sebaiknya), dan juga must (harus). Nah, setiap modal verbs ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda satu sama lain. Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian berikut:

1. Modal Present: Can

Kata kerja bantu yang pertama adalah can. Apa kegunaannya? Kamu dapat menggunakan kata ini untuk menunjukan kemampuan (ability) atau juga kapabilitas (capability) kamu atau orang lain. Sebagai contohnya, kamu bisa melihat kalimat ini:

  • I can cook good pasta. (Saya memang bisa memasak pasta yang enak)
  • He can play piano very well. (Dia bisa bermain piano dengan sangat baik)

Selain berguna untuk menunjukan kemampuan, can juga dapat kamu pakai untuk meminta kepastian serta menyatakan probabilitas. Sebagai contohnya, kamu bisa melihat kalimat ini:

  • Can I take this book home? (Bisakah sekiranya saya membawa pulang buku ini?)
  • She can be at Mr. Tata’s office right now. (Dia bisa saja berada di kantor Pak Tata sekarang.)

2. Modal Present: Will

Selanjutnya adalah will. Dalam penggunaannya, kamu dapat menggunakan kata kerja bantu ini untuk memberitahu sebuah rencana atau peristiwa yang bakal dilakukan. Selain itu, ungkapan ini bisa kamu pakai untuk menanyakan pertanyaan atau penawaran kepada orang lain.

Sebagai gambaran, kamu bisa melihat beberapa contoh kalimat berikut ini:

  • Thomas and I will do the homework later. (Thomas dan aku akan mengerjakan PR nanti.)
  • Will you accept Mrs. Tiara’s offers? (Akankah kamu menerima tawaran Bu Tiara sebelumnya?)

3. Modal Present: May

Contoh kata kerja bantu lainnya adalah may. Apa saja kegunaannya? Kamu dapat menggunakan kata may untuk mengajukan permintaan perkenan atau juga mengekspresikan harapan serta doa. Berikut adalah beberapa contoh kalimatnya:

  • May I paint my bedroom blue? (Bolehkah sekiranya saya mengecat kamar tidur saya dengan warna biru?)
  • May your life be whole with happiness! (Semoga hidup Anda seterusnya penuh dengan kebahagiaan!)

4. Modal Present: Shall

Kata kerja bantu selanjutnya adalah shall. Kamu dapat menggunakan ekspresi ini untuk memberi tahu sebuah rencana yang bakal kamu lakukan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menggunakan kata shall untuk memberikan penawaran dan juga mengutarakan kehendak.

Sebagai gambaran, kamu bisa melihat beberapa contoh kalimat berikut ini:

  • I shall buy the novel later. (Saya akan membeli novelnya nanti.)
  • Shall I take your motorcycle to the workshop? (Haruskah sekiranya saya membawa sepeda motormu ke bengkel?)
  • I shall sell my shoes next week. (Saya akan menjual sepatu saya minggu depan.)

5. Modal Present: Must

Lebih lanjut, kata kerja bantu lainnya adalah ‘must’. Adapun kegunaan kata ini adalah untuk mengutarakan sebuah kemestian atau keharusan (Expressing Obligation). Sebagai contohnya, kamu bisa melihat kalimat ini:

  • I must leave now! (Aku harus pergi sekarang!)
  • You must give that phone back to the owner! (Anda harus mengembalikan telepon itu kepada pemiliknya!)

Modal Past

Kategori modal verbs yang kedua adalah modal past. Dalam kategori ini kamu akan menjumpai modal verbs dengan wujud lampau yang kemudian dibarengi dengan kata kerja pertama. Adapun beberapa modal verbs yang ada di kategori ini adalah ‘had to/must’, ‘could’, ‘would’, ‘might’, dan juga ‘should’.

1. Modal Past: Had To atau Must

Bentuk lampau dari must adalah must. Namun demikian, kamu juga bisa menggunakan had to. Adapun kegunaan dari kata kerja bantu ini adalah untuk menunjukkan sebuah keharusan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk menerangkan terkaan yang sudah pasti.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh kalimat penggunaan must atau had to:

  • You must feel tired after the last time trip. (Anda pasti merasa lelah setelah perjalanan sebelumnya.)
  • I had to throw all of this garbage. (Saya harus membuang semua sampah ini.)

2. Modal Past: Could

Selanjutnya adalah can. Kegunaan dari kata kerja bantu ini adalah untuk mengutarakan kemampuan, oportunitas, serta permohonan. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh kalimatnya:

  • Could you open the garage? (Bisakah sekiranya Anda membuka garasi?)
  • Tiffany could run so fast when she was eleven. (Tiffany bisa berlari sangat cepat ketika dia berusia sebelas tahun.)
  • He could be at Doni’s house or Tony’s apartment. (Dia bisa tertidur terakhir kali.)

3. Modal Past: Would

Modal past lainnya adalah would, yang mana bisa kamu gunakan untuk mengucapkan permohonan dengan lebih santun serta menunjukan keinginan. Selain itu, kamu juga bisa untuk menggunakannya untuk memperlihatkan kehendak. Sebagai contohnya, kamu bisa melihat kalimat ini:

  • Would you cut the tape for me? (Maukah Anda memotong selotip itu untuk saya?)
  • I would rather go to Canada than Ohio. (Saya lebih suka pergi ke Kanada daripada Ohio.)
  • She would like to open the present. (Dia ingin membuka hadiah.)

4. Modal Past: Should

Selanjutnya adalah should. Kamu bisa menggunakannya untuk mengungkapkan saran dan juga keharusan atau kewajiban. Adapun contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  • I should bring the mathematical assignment. (Saya harus membawa tugas matematika.)
  • You should take care of your mind! (Anda harus menjaga pikiran Anda.)

5. Modal Past: Might

Untuk modal past yang satu ini, kamu dapat menggunakannya untuk menyampaikan sebuah kemungkinan yang probabilitasnya besar. Bukan hanya itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk menyatakan ekspresi yang lebih santun. Berikut contoh kalimatnya:

  • She was hospitalized yesterday. She might skip this class. (Dia dirawat di rumah sakit kemarin. Dia mungkin melewatkan kelas ini.)
  • Toni might win the first prize. (Toni mungkin memenangkan hadiah pertama.)
  • The weather guy says that it might be snowing today. (Petugas cuaca mengatakan bahwa hari ini mungkin turun salju.)

Modal Perfect

Modals Grammar

Selain kedua kategori yang sudah dibahas, kategori selanjutnya adalah modal perfect. Adapun beberapa kata kerja bantu dalam kategori ini adalah might, must, should, dan could.  Jika modal present dan modal past menggunakan verb 1, modal perfect menggunakan tambahan have dan diikuti verb 3. 

Agar lebih mudah untuk kamu pahami, kamu bisa melihat penjelasan berikut ini. Yuk, simak!

1. Modal Perfect: Should + Have + Verb 3

Dalam penggunaannya, kamu bisa memakai kata kerja bantu ini untuk mengungkapkan keharusan namun tidak diselesaikan di masa lalu. Lebih tepatnya, kamu bisa menggunakan kata ini untuk memberitahu hal yang seharusnya seseorang lakukan di masa lalu, namun pada kenyataannya tidak.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat beberapa contoh kalimat yang sekiranya bisa membantu berikut ini:

  • She  misses her flight to Toronto. She should have left home earlier. (Dia ketinggalan penerbangannya ke Toronto. Dia seharusnya meninggalkan rumah lebih awal.)
  • Dany fails his chemistry exam. He should have practiced more often. (Dany gagal dalam ujian kimianya. Seharusnya dia lebih sering berlatih.)

2. Modal Perfect: Might + Have + Verb 3

Untuk kata kerja bantu yang satu ini, kamu bisa menggunakannya untuk mengutarakan sebuah probabilitas di masa lampau. Sebagai contohnya, kamu bisa melihat contoh dialog berikut ini:

Antoni: Sinta said she wanted to borrow my laptop because Sinta broke hers. But until now, she has yet to contact me again. (Sinta bilang dia ingin meminjam laptop saya karena penyanya rusak. Tapi faktanya sampai sekarang, dia belum menghubungi saya lagi.)

Sam: She might have bought a new laptop. (Dia mungkin sudah membeli laptop baru.)

3. Modal Perfect: Must + Have + Verb 3 

Selanjutnya adalah modal perfect ‘must’. Dalam penggunaannya, kamu bisa memakai kata kerja bantu ini untuk mengutarakan kesimpulan dari sebuah kejadian yang sudah terjadi di masa lalu. Berikut contohnya:

  • Tania must have studied a lot because she got a scholarship to Germany last year. (Tania pasti banyak belajar karena dia berhasil mendapat beasiswa ke Jerman tahun lalu.)
  • He manages to take home the gold medal. He must have practiced every day. (Ia berhasil membawa pulang medali emas. Dia pasti berlatih setiap hari.)

4. Modal Perfect: Could + Have + Verb 3

Kata kerja bantu yang satu ini dapat kamu gunakan untuk menyampaikan kemampuan yang dimiliki seseorang di masa lampau namun tidak terlaksana oleh karena sebab tertentu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh berikut ini: 

  • Why did you cut the cake into six pieces? You should have cut it into five parts. (Mengapa Anda memotong kue menjadi enam bagian? Kamu seharusnya memotongnya menjadi lima bagian.)
  • Riri could have styled her hair by herself. (Riri bisa saja menata rambutnya sendiri.)

Rumus-Rumus Modal Verbs

Modals Grammar

Nah, setelah mempelajari jenis-jenis modals in english (modal dalam bahasa inggris). Kamu bisa mencoba berlatih menggunakan modal verbs. Sebagai panduan, berikut adalah beberapa rumus modal verbs yang paling tidak bisa kamu jadikan petunjuk.

1. Rumus Modal Present 

Subject + Modal Present + Verb 1

Contoh kalimat:

  • Ruby can drive a speedboat.  (Ruby bisa mengendarai speed boat.)
  • Tom and Sue will wash the dishes later. (Tom dan Sue akan mencuci piring nanti.)
  • I shall clean my room tomorrow. (Saya akan membersihkan kamar saya besok.)

2. Rumus Modal Past

Subject + Modal Past + Verb 1

  • She could swim before the accident. (Dia bisa berenang sebelum kecelakaan itu.)
  • Ben should take some vitamin C for his health. (Ben harus minum vitamin C untuk kesehatannya.)
  • I had to buy some groceries. (Saya harus membeli beberapa bahan makanan.)

3. Rumus Modal Perfect

Subject + Modal Perfect + Have + Verb 3

Contoh kalimat: 

  • He might have bought a new computer. (Dia mungkin telah membeli komputer baru.)
  • She must have won the trophy if she was not lazy to practice. (Dia pasti sudah memenangkan piala itu jika misalnya dia tidak malas berlatih.)
  • You could have colored your hair by yourself. (Sebenarnya, Anda bisa mewarnai rambut Anda sendiri.)

Demikianlah pembahasan terkait modals grammar dalam bahasa Inggris yang perlu kamu tahu. Mulai dari jenis-jenis modals dalam bahasa inggris dan contohnya. Semoga pembahasan lengkap mengenai materi modal verbs ini dapat bermanfaat dan juga membantu!

Tinggalkan komentar