Expressions: Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contoh Penerapannya

Expressions dalam bahasa Inggris dan ucapan umum sangat penting untuk dipelajari bagi setiap penutur bahasa Inggris. Sama halnya dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki kata tersendiri untuk mengekspresikan sesuatu.

Untuk satu hal, pernyataan ini memudahkan untuk menjelaskan beberapa poin tanpa harus menggunakan banyak kata lain. Sehingga kata-kata kita tidak akan terlihat bertele-tele, atau dengan kata lain kata-kata kita bisa to the point.

Selain itu, penggunaan ekspresi adalah sesuatu yang akan kita temukan dalam bahasa apapun. Sehingga tak hanya dalam bahasa Inggris, bahasa lain di dunia ini membutuhkan penggunaan kalimat ekspresi.

Oleh karena itu, kita tak dapat dikatakan mempunyai pemahaman yang memadai tentang bahasa apapun. Hal ini apabila tak menguasai ungkapan dan ucapan ini. Itulah mengapa pemahaman mengenai ekspresi sangatlah penting untuk diasah.

Pengertian Expressions

Ekspresi atau ungkapan bahasa Inggris merupakan hal yang diungkapkan, entah itu perasaan atau pendapat kepada lawan bicara kita. Cara pengungkapan yang salah tentu bisa membuat lawan bicara kita menjadi bingung dengan apa yang sedang kita bicarakan.

Singkatnya, ungkapan adalah kata atau frase yang mengungkapkan pikiran, gagasan, atau perasaan. Dalam bahasa Inggris, ekspresi digunakan sangat umum dan ada beberapa yang mungkin tampak sedikit atau tidak masuk akal.

Sebab, ekspresi atau ungkapan sering menggunakan kata-kata yang menyampaikan makna tertentu di luar arti kata-kata itu sendiri. Misalnya, “tendang ember” tidak secara harfiah memukul ember dengan kaki kita tetapi berarti seseorang telah lewat.

Saat kita mendengarkan bahasa Inggris, kita pasti mendengar banyak ungkapan yang mungkin tidak masuk akal pada pendengaran pertama. Tapi tidak apa-apa, karena ini adalah saat yang tepat untuk mulai mempelajarinya.

Saat kita melanjutkan perjalanan belajar bahasa Inggris, kita pasti akan mendapatkan lebih banyak ekspresi di sepanjang jalan. Perhatikan beberapa hal yang umum ini dan luangkan waktu sejenak untuk mencoba dan mencari tahu apa artinya menurut anda sebelum melihat definisinya.

Anda mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa segala sesuatunya tidak selalu seperti yang terlihat. Dimulai dengan hal inilah, kita bisa bisa sedikit demi sedikit mulai paham mengenai ungkapan itu sendiri.

Fungsi Expressions

Salah satu alasan mengapa mempelajari ungkapan dan ucapan bahasa Inggris itu penting adalah karena itu berarti kita dapat memahami apa yang dikatakan orang lain. Dengan begitu, kita tidak akan salah paham mengenai apa yang mereka bicarakan.

Begitu pula sebaliknya, apabila kita tidak mempelajari ekspresi bahasa Inggris dan ungkapan umum akan menyebabkan kita selalu salah memahami apa yang dikatakan oleh banyak pembicara berpengalaman. Hal itu tentu biasa menciptakan sebuah masalah kecil atau besar, seperti contohnya miskomunikasi.

Selain itu, mempelajari ungkapan dan ucapan dapat membantu kita meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Karena kita akan mendapatkan beberapa kebijaksanaan dari apa yang dikatakan beberapa ungkapan ini.

Misalnya ungkapan, saya tidak pernah belajar dari orang yang setuju dengan saya. Kalimat tersebut membantu kita memahami bahwa menerima kritik secara konstruktif adalah cara yang baik untuk meningkatkan pembelajaran kita dengan mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan kita.

Ini menunjukkan kepada kita bahwa ketika kita mendengar ungkapan yang digunakan dalam percakapan bahasa Inggris, itu tidak selalu merupakan frasa literal. Karena jenis ucapan ini sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan juga dalam teks tertulis, penting bagi kita untuk memperoleh pengetahuan yang baik.

Pengetahuan tentang beberapa ungkapan paling umum yang mungkin digunakan oleh penutur asli bahasa Inggris. Dengan adanya fungsi-fungsi tersebut, tak ada alasan bagi kita untuk tidak mempelajari ungkapan ini.

Jenis-Jenis dan Contoh Penerapannya

Tak hanya berhenti pada pengertian dan fungsi saja, kita juga perlu mengetahui jenis serta contoh penerapannya. Dengan begitu, kita akan tahu lebih dalam lagi tentang ekspresi atau ungkapan ini.

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis ekspresi atau ungkapan dalam bahasa Inggris. Di bawah ini ada beberapa jenis dan contoh penerapan yang bisa anda pelajari.

Expressions of Introduction

Ungkapan ini memiliki dua jenis, yakni introduction self dan introduction other. Introduction self tentu untuk memperkenalkan diri kita dalam bahasa Inggris kepada orang lain, khususnya kepada orang baru.

Dengan begitu, orang lain biasa mengenal diri kita dengan baik dan lebih tepat. Secara tidak langsung, kita bisa lebih dekat dengan mereka.

Sedangkan, introduction other merupakan cara kita memperkenalkan orang lain (anggota keluarga, teman, kerabat, rekan kerja, atau lain sebagainya) dalam bahasa Inggris. Ungkapan ini biasanya akan kita gunakan ketika kita membawa orang baru ke hadapan teman yang telah kita kenal.

Contoh Expressions of Introduction

Yang pertama adalah contoh untuk ungkapn introduce self:

  • Let me introduce myself, my name is Adinda Kirana (Izinkan aku memperkenalkan diriku, namaku adalah Adinda Kirana)
  • I’d like to introduce myself to you. My name is Adinda Kirana (Aku akan memperkenalkan diriku kepadamu. Namaku adalah Adinda Kirana)
  • Excuse Me, my name is Adinda Kirana (Permisi, namaku adalah Adinda Kirana)

Selanjutnya adalah contoh untuk ungkapan introduce other:

  • Allow me to introduce my father to you (Izinkan aku mengenalkan ayahku kepadamu)
  • Hi, Karina. He is my brother, Joseph Franco (Hi, Karina. Dia adalah saudara laki-lakiku, Joseph Franco)
  • Give me time to introduce my new secretary. She is Miya Layla (Beri saya waktu untuk memperkenalkan sekretaris baru saya. Dia adalah Miya Layla)

Expressions of Congratulation

Congratulations sendiri ialah ucapan dengan tujuan untuk memberikan selamat atau apresiasi kepada seseorang yang telah mendapatkan suatu keberhasilan atau berkah. Sehingga ungkapan ini bisa diartikan sebagai ekspresi yang diterapkan saat ingin memberi ucapan kepada seseorang atas keberhasilannya tersebut.

Biasanya ungkapan ini akan digunakan ketika ada teman atau orang lain yang baru saja diwisuda, ulang tahun, mendapatkan pekerjaan, atau hal baik lainnya. Congratulation juga bisa dikatakan sama dengan good wish, yakni sama-sama memberikan apresiasi atau harapan kepada orang lain.

Contoh Expressions of Congratulation
  • Congratulation on your achievements (Selamat atas pencapaian anda)
  • I will become the first to congratulate you on your success (Saya akan menjadi orang pertama yang memberi selamat atas kesuksesan anda)
  • It was really great to hear about (Senang sekali mendengarnya)

Expressions of Greeting

Masyarakat Indonesia yang terkenal akan keramahtamahannya tentu sangat membutuhkan ungkapan ini. Greeting merupakan sebuah ungkapan yang biasa orang gunakan untuk bertegur sapa atau memberi salam kepada orang lain.

Ungkapan ini sangat lumrah atau lazim digunakan bagai masyarakat Indonesia. Ungkapan greeting dalam bahasa Inggris sangat perlu untuk diketahui mengingat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Expressions of Greeting
  • Good Morning (Selamat Pagi)
  • Hi Aurora, how are you (Hai Aurora, bagaimana kabarmu?)
  • Nice to meet you (Senang bertemu denganmu)
  • Goodbye Aurora, we will meet soon (Selamat tinggal Aurora, semoga kita bertemu kembali)

Expressions of Apology

Ungkapan satu ini akan digunakan untuk menyampaikan ekspresi atau ungkapan permintaan maaf dalam bahasa Inggris kepada orang lain. Ungkapan ini akan dikatakan ketika kita memiliki kesalahan sehingga membuat orang lain tidak nyaman atau kesal.

Tentunya ungkapan ini memiliki kalimat yang bervariasi, semua tergantung situasi dan konteksnya. Agar tidak salah etika ingin meminta maaf dalam bahasa Inggris, sangat perlu untuk kita mempelajari ungkapan ini.

Contoh Expressions of Apology
  • I am very sorry (Saya sangat meminta maaf)
  • Pardon me for… (Maafkan saya untuk…)
  • I’m terribly sorry for breaking your laptop (Saya benar-benar minta maaf karena telah merusak laptop anda)
  • I beg your pardon for… (Saya minta maaf untuk…)
Expressions Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contoh Penerapannya
udictionaryblog.com

Expressions of Agree and Disagree

Agree sendiri adalah sebuah bentuk ekspresi atau ungkapan untuk menyatakan setuju dengan pendapat maupun usul orang lain. Sedangkan disagree merupakan bentuk ekspresi atau ungkapan yang menyatakan tidak setuju atau tidak sependapat dengan pernyataan maupun usulan orang lain.

Sementara penggunaan ungkapan ini biasanya digunakan ketika sedang saling mengeluarkan pendapat, usul, atau pernyataan satu sama lain. Misalnya ketika sedang rapat, musyawarah, belajar kelompok, atau hanya sekadar berbagi pendapat.

Contoh Expressions of Agree and Disagree

Yang pertama untuk menyatakan setuju atas pendapat atau pemikiran orang lain.

  • I couldn’t agree with you more, Siska (Saya sangat setuju dengan anda, Siska)
  • I agree with you (Saya setuju dengan anda)
  • Yes, I absolutely agree about your reason (Ya, aku benar-benar setuju dengan alasanmu)

Sementara, ini contoh untuk menyatakan tidak setuju dengan orang lain.

  • That’s not what I think (Bukan itu yang saya pikirkan)
  • I don’t think so (Saya tidak berpikir begitu)
  • Probably not (Mungkin tidak)
  • I’m not sure (Saya tidak yakin)
  • I don’t agree with you, Pamela (Saya tidak setuju dengan anda, Pamela)

Expressions of Like and Dislike

Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita pernah merasa suka atau bahkan tidak suka kepada sesuatu hal. Entah itu kepada sebuah musik, makanan, minuman, pakaian, kegiatan, dan masih banyak lagi.

Untuk menyatakan suka atau senang terhadap sesuatu hal, anda bisa menggunakan ekspresi like. Begitu sebaliknya, ungkapan dislike bisa anda gunakan untuk menyatakan tidak suka atau tidak senang terhadap sesuatu hal.

Contoh Penerapan

Pertama kali yang akan dibahas adalah ungkapan untuk menyatakan suka terhadap suatu hal.

  • I like this food (Saya suka makanan ini)
  • I am very fond of… (Saya sangat suka dengan…)
  • She like this song (Dia suka lagu ini)
  • I am very kind on (Saya sangat tertarik dengan …)
  • I really like/love … (Saya sangat suka…)

Setelah itu, inilah contoh ungkapan untuk menyatakan tidak suka atau tidak senang terhadap sesuatu hal:

  • I am not fond…(Saya tidak menyukai…)
  • I am not keen on…(Saya tidak tertarik pada…)
  • He doesn’t like this food (Dia tidak suka makanan ini)
  • Oh, how awful (Oh, betapa buruknya)
  •  don’t think i like… (Saya pikir saya tidak suka…)

Expressions of Ability and Disability

Expressing ability merupakan ekspresi atau ungkapan bisa digunakan untuk mengungkapkan kemampuan akan sesuatu hal maupun tindakan. Sementara untuk menunjukkan atau mengungkapkan rasa tidak mampu akan sesuatu hal, anda bisa menggunakan expressing disability.

Sehingga anda tidak selamanya harus mampu jika diminta sesuatu hal oleh orang lain. Dengan mempelajarinya dalam bahasa Inggris, anda bisa menyatakan ketidakmampuan anda atau bahkan kemampuan anda terhadap sesuatu hal.

Contoh Expressions of Ability dan Disability

Yang pertama adalah contoh ungkapan untuk menyatakan kemampuan terhadap suatu hal:

  • Yes, I can come to your party (Ya, saya bisa datang ke pesta anda)
  • I am pretty good at the job… (Saya cukup ahli dalam pekerjaan itu…)
  • I feel capable of… (Saya merasa mampu…)

Selanjutnya adalah contoh ungkapan untuk menyatakan ketidakmampuan terhadap sesuatu hal:

  • No, I can not do this homework (Tidak, saya tidak bisa mengerjakan tugas rumah ini)
  • I don’t think I have qualification or experience or ability to… (Saya tidak berpikir saya memiliki kualifikasi atau pengalaman atau kemampuan untuk …)
  • No, I don’t know how to… (Tidak, saya tidak tahu cara…)

Expressions of Certainty dan Uncertainty

Expressing certainty merupakan ekspresi atau ungkapan yang bisa digunakan untuk menunjukkan keyakinan atau kepastian terhadap sesuatu hal. Dengan kata lain, ungkapan ini bisa digunakan ketika seseorang merasa yakin, percaya, dan tidak ada keraguan atas apa yang akan dikatakannya.

Sementara expressing uncertainty merupakan kebalikannya, yang mana ekspresi atau ungkapan ini digunakan untuk mengatakan sesuatu yang tidak terlalu pasti, yakin, atau ketika ragu-ragu. Itu berarti, anda bisa menggunakan ungkapan ini ketika merasa  tidak begitu yakin, tidak begitu percaya, atau ragu atas sesuatu hal.

Contoh Penerapan

Contoh ungkapan ketika anda merasa yakin atau pasti terhadap sesuatu hal:

  • Of course, I’m positive about it (Tentu saja, aku yakin mengenai itu)
  • I am sure I can do this homework (Saya yakin saya bisa mengerjakan tugas rumah ini)
  • I’m absolutely sure, Parsa (Saya benar-benar yakin, Parsa)

Ini merupakan contoh ungkapan ketika merasa tidak terlalu yakin atau pasti terhadap sesuatu hal:

  • I’m not sure you can do it (Saya tidak yakin anda bisa melakukannya)
  • He doesn’t know about this problem (dia tidak tahu tentang masalah ini)
  • I have doubt about it (Saya ragu soal itu)

Expressions of Warning

Peringatan berarti memberikan informasi tentang bahaya atau keadaan tidak terduga yang bisa kita alami jika seseorang melakukan sesuatu hal. Atau dengan kata lain ia ingin agar orang tersebut lebih berhati-hati.

Ungkapan ini memiliki dua cara sehingga tak hanya mencegah orang lain untuk tidak melakukan sesuatu, yakni peringatan larangan dan peringatan anjuran.

Contoh Expressions of Warning

Contoh ungkapan di bawah ini dapat kita gunakan ketika ingin melarang seseorang melakukan sesuatu hal:

  • Don’t talk too loud in the library (Jangan berbicara terlalu keras di dalam perpustakaan)
  • You should not… (Anda tidak harus…)
  • Don’t leave me alone (Jangan tinggalkan saya sendirian)

Inilah contoh ungkapan ketika anda ingin meminta orang untuk melakukan sesuatu dengan hati-hati, atau bisa dikatakan ungkapan ini berupa nasihat.

  • Be careful with this tool (Hati-hati dengan alat ini)
  • Make sure you did your job (Pastikan anda mengerjakan pekerjaan anda)
  • Keep left (Tetap di kiri)

Dengan mengetahui dan paham akan expressions, akan membuat anda terhindar dari kesalahpahaman ketika berbicara dalam bahasa Inggris. Selain itu, anda bisa berekspresi atau mengungkapkan sesuatu tanpa membuat lawan bicara menjadi bingung. Baca materi sebelumnya : Phrases Pengertian Jenis Fungsi dan Contoh

Tinggalkan komentar