Speaking Bahasa Inggris : Tips Jitu Belajar Dengan Baik dan Otodidak

Ketika kita memutuskan untuk belajar bahasa inggris, maka tidak akan pernah lepas dari yang namanya Speaking Bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris memang tidak serta merta hanya bisa membaca, menulis, dan memahami saja. Akan tetapi, juga berani untuk mengeluarkan atau menghasilkan. Berbicara dengan menggunakan bahasa inggris memang bukan sebuah perkara yang mudah. Kita harus aktif dan selalu rutin berlatih agar lancar dan terbiasa. Ketika sudah mahir, maka dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa yang baik dan lancar.

Jika membaca, menulis, dan mendengar adalah kemampuan bahasa Inggris pasif, maka berbicara adalah kemampuan bahasa Inggris secara aktif. Pada dasarnya, sering kali sebagian besar orang merasa malu dan kurang percaya diri untuk melatih kemampuannya berbicara bahasa Inggris ini. Sebab, mau tidak mau memang kita membutuhkan orang sebagai lawan berbicara.

Meskipun demikian, kita tidak perlu merasa takut. Pasalnya, kita dapat menggunakan jenis percakapan sehari-hari yang sederhana. Kemudian tidak harus langsung dengan orang luar negeri, kita bisa memulainya dengan teman-teman.

Apa Itu Speaking Bahasa Inggris?

Dalam bahasa inggris speak berarti berbicara, yaitu kegiatan komunikasi untuk menyampaikan pengetahuan, ide, gagasan, perasaan, informasi, saran, anjuran, rasa keberatan, kesedihan, motivasi atau hal lainnya, sebagai awal dari interaksi pertukaran verbal antar sesama manusia. Keterampilan berbicara dalam bahasa inggris menjadi kebutuhan bagi mereka yang hidupnya berhubungan dengan turis, orang-orang asing, untuk urusan pendidikan hingga pekerjaan dan bisnis.

Hal tersebut tidak pernah lepas dengan alasan karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Selain itu, juga menjadi sumber informasi dan sumber belajar dalam dunia akademik.

Kini, bahasa Inggris telah menyebar hampir seluruh penjuru dunia. Inilah mengapa kemampuan berbicara dengan bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting bagi kita.

Akan tetapi, pastinya kita sering bertanya mengapa kemampuan berbicara bahasa Inggris kita tidak ada peningkatan sama sekali. Itu tandanya kita kurang berlatih dan membiasakan diri untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Anda yang sudah pernah belajar Bahasa Inggris baik secara offline atau online atau yang belum pernah sama sekali, mari kita membaca tips-tips di bawah ini untuk menambah pengetahuan kita tentang Speaking, belajar secara otodidak.

Ingin Lancar Speaking Harus Ada Input. Apa itu?

Berbicara bahasa Inggris ini adalah sebuah ouput dari berbagai input-input yang kita dapatkan sebelumnya. Maka dari itu, supaya kemampuan speaking skills kita bagus, maka kita harus berupaya untuk memaksimalkan input tersebut.

Kurang lebih terdapat dua jenis input yang dapat memberikan dukungan untuk kemampuan berbicara bahasa Inggris kita. Berikut ini adalah penjelasannya.

A. Kemampuan Listening (Mendengarkan)

Kita dapat berbicara karena kita mendengarkan. Begitu pula ketika kita ingin belajar berbicara dengan bahasa Inggris. Melalui kemampuan listening atau mendengarkan ini, maka kita akan mendapatkan kosakata beserta cara pengucapannya. Bukan hanya itu saja, dari listening ini, kita bisa mengetahui bagaimana cara native speakers (pembicara asli) berbicara bahasa Inggris.

Terutama dari mulai pengucapannya, hingga kosakata yang mereka gunakan. Selain itu, kita juga akan tahu kosakata tersebut dapat kita gunakan dalam situasi seperti apa, dan informasi penting lainnya.

Yang tak kalah penting, listening ini juga dapat kita jadikan sebagai alat atau tools untuk menambah kosakata maupun frasa. Tak perlu khawatir, saat ini terdapat banyak sumber dan referensi yang dapat kita gunakan untuk melakukan praktek listening ini.

Misalnya saja seperti lagu, YouTube, film, dan lain sebagainya. Sebagai saran, akan lebih baik bila anda melatih speaking atau berbicara bahasa Inggris ini dengan menggunakan film.

Pasalnya, dalam film anda akan ditunjukkan native speakers untuk berbicara setiap harinya. Selain itu, untuk menonton film tersebut juga bisa melatih kita untuk terbiasa berbicara dan juga mendengar versi native speakers.

Yang mana tentu saja akan terdengar lebih natural. Tidak ada salahnya juga untuk menonton YouTube, film, dan juga mendengarkan lagu sekaligus.

Agar anda memiliki pengetahuan maupun kosakata lebih kaya lagi, maka cobalah untuk menonton video maupun film dari sumber bahasa Inggris yang berbeda-beda. Seperti halnya British English dan juga American English.

Pasalnya, pengucapan maupun kosakata yang akan kita dapatkan pun juga semakin beragam. Untuk American English, anda dapat menggunakan film Hollywood.

Sedangkan untuk British English, anda bisa menggunakan serial British terkenal seperti Sherlock Holmes atau Harry Potter. Tentu saja ini akan menjadi belajar yang sangat menyenangkan.

B. Kemampuan Menghafal Vocabulary (kosakata), Phrases (frasa), dan Expressions (ungkapan)

Penting untuk selalu kita perhatikan bahwa vocabulary atau kosakata dan phrases atau frasa menjadi hal yang sangat penting dalam menyampaikan ide maupun gagasan pada suatu bahasa. Tanpa adanya vocabulary (kosakata) yang cukup, dapat kita pastikan, tidak akan dapat lancar berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Ketika kita merasa “gagu/gagap” saat berbicara itu tandanya kosakata kita tidak cukup atau kurang. Bisa jadi karena tidak tahu mengenai arti kata yang ingin kita ucapkan dalam bahasa Inggris.

Jangan khawatir, karena kita dapat memperbanyak kosakata tersebut. Caranya sangatlah mudah, anda dapat dengan menghafalnya secara manual.

Misalnya perhari kita menghafal beberapa kosakata. Atau juga bisa dengan banyak dan sering-sering membaca atau reading.

Tidak perlu terlalu terburu-buru, mulailah untuk menghafal kosakata yang berkaitan dengan kehidupan setiap harinya terlebih dahulu. Misalnya saja hari pertama menghafal kosakata angka dan penomoran, sedangkan hari kedua kosakata mengenai ruang tamu dan begitu seterusnya. Kosakata-kosakata tersebut dapat kita temukan dengan mudah.

Kita dapat memanfaatkan Google maupun kamus HP. Sebagai saran, anda dapat menginstall kamus U-Dictionary.

Kamus ini bisa kita dapatkan dengan cara mengunduhnya gratis melalui Playstore ataupun App Store. Hal yang tak kalah pentingnya, ketika menghafal kosakata, tidak hanya tahu artinya saja. Akan tetapi, juga harus mengetahui cara pengucapkan kosakata tersebut. Pasalnya, pengucapan kosakata dalam bahasa Inggris ini berbeda dengan bahasa Indonesia.

Mulai dari huruf-hurufnya hingga tekanan dan panjang pendeknya. Agar speaking kita mudah dipahami oleh orang lain sebagai lawan bicara, maka jangan sampai salah dalam pengucapan kosakata tersebut.

Untuk langkah mudahnya, silahkan anda tiru pengucapannya secara terus-menerus sampai anda dapat mengucapkannya dengan baik. Sebagai rekomendasi yang baik, anda bisa menggunakan kamus Cambridge.

Dalam kamus tersebut, kita dapat mengetahui pengucapan sebuah kata dalam versi British English (UK) dan juga American English (US). Tidak hanya kosakata saja, anda juga jangan sampai lupa untuk menghafal expressions / idioms / frasa yang sering kali kita gunakan dalam berbicara bahasa Inggris.

Sebenarnya, banyak frasa yang artinya tidak bisa kita artikan secara kata per kata. Dengan kata lain, harus kita hafal satu paket dalam bentuk frasa. Berikut contohnya untuk anda:

  1. Thank you (Terima kasih)
  2. No hard feeling (Jangan marah)
  3. Hang on (Tunggu sebentar)

Frasa-frasa seperti inilah yang akan membuat speaking kita menjadi lebih natural dan juga tidak kaku.

Alat-Alat (Tools) Untuk Speaking Bahasa Inggris

Penting untuk kita pahami bersama bahwa input atau masukkan yang bagus tentu saja tidak akan cukup. Kita perlu juga untuk memaksimalkan alat yang akan kita gunakan.

Oleh sebab itulah, penting bagi kita untuk belajar cara menggunakan alat-alat tersebut. Terutama jika anda ingin fluent in English.

Pastinya anda penasaran bukan apa saja alat yang dapat digunakan ini. Berikut adalah penjelasan selengkapnya untuk anda.

A. Grammar (Tata Bahasa)

Pastinya timbul pertanyaan dalam benak kita, mengapa grammar atau tata bahasa ini muncul. Bukankah malah akan menjadi penghambat nantinya?

Jangan bingung beginilah penjelasannya untuk anda. Perlu kita pahami bersama, bahkan kita bukanlah seorang native speaker yang sudah dari lahir berada dalam lingkungan berbahasa Inggris.

Maka dari itulah, kita perlu untuk belajar grammar bahasa inggris, dan ini sangatlah penting. Terutama untuk latihan atau praktek berbicara bahasa Inggris kita menjadi lebih efisien.

Dari sinilah yang kemudian pola pikir kita harus kita ubah. Cobalah mulai dari saat ini, jangan membuat grammar menjadi sebuah penghambat atau halangan bagi anda.

Akan tetapi, jadikanlah grammar ini sebagai penolong. Grammar ini memang sangat penting. Maka dari itulah, tanpa adanya pengetahuan tentang grammar yang cukup, maka kita justru akan merasa kesulitan dalam menyusun sebuah kalimat.

Bahkan dapat mengarah ke miskomunikasi. Sehingga, speaking kita menjadi tidak terarah. Terutama ketika kita ingin menyusun sebuah kalimat yang lebih kompleks dan rumit.

Apalagi dalam bahasa Inggris ini, terdapat tenses yang dapat mengarah ke miskomunikasi ketika kita salah dalam menggunakannya.

Apalagi, dalam bahasa Inggris, ada tenses yang bisa mengarah ke miskomunikasi juga jika salah dipakai. Meskipun demikian, cara belajar kita ini tidak harus sesuai seperti apa yang dipelajari di sekolah.

Akan tetapi, kita dapat mempelajarinya sesuai dengan gaya belajar yang paling kita sukai. Misalnya saja dengan melalui livelingua, video youtube, buku, maupun yang lainnya.

Dengan kita sering belajar listening dan juga reading, maka akan dengan mudah memahami pola-pola kalimat dalam bahasa Inggris.

B. Pronunciation (cara pengucapan)

Alat berikutnya yang menjadi hal penting dalam berbicara bahasa inggris adalah pronunciation. Alat yang satu ini malah jarang kita dapatkan dari sekolah dan biasanya hanya bisa Anda dapatkan melalui sebuah kursus Bahasa Inggris jika ingin benar-benar ingin menguasainya dengan baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa pengucapan dalam bahasa Inggris sangat berbeda dengan pengucapan bahasa Indonesia. Maka dari itulah, ini juga menjadi hal yang sangat penting untuk kita pelajari.

Jika kita dapat mempelajarinya dengan baik, maka tidak akan ada yang namanya miskomunikasi. Meskipun ini sangatlah penting, akan tetapi anda tidak perlu merasa bingung.

Speaking yang kita pelajari tetap akan terasa mudah. Cara mempelajarinya, yaitu selain dengan melalui listening, langkah pertama adalah dengan mempelajari simbol-simbol English Phonetic lengkap dengan pengucapan individunya.

Dengan demikian, kita dapat membaca pengucapan suatu kata secara benar dengan melihat phonetic symbol tersebut. Bukan hanya itu saja, akan tetapi kita juga dapat membedakan pengucapan-pengucapannya secara benar.

Bahkan dari beberapa kata yang mirip sekalipun. Seperti halnya, Can vs Can’t, Bad vs Bed, dan kata mirip lainnya.

Selain itu, pronunciation (cara pengucapan) ini juga dapat kita latih dengan memperbanyak membaca teks dalam bahasa Inggris. Tentu saja dengan cara pengucapannya juga.

Selain itu, juga bisa dengan bernyanyi (singing), dan juga berlatih melalui tongue twister. Anda dapat memilih sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pilih saja cara yang lebih mudah dan mampu anda pahami dengan baik.

C. Phonetic Symbol

Phonetic symbol atau yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai simbol fonetik adalah simbol yang menggambarkan bentuk dari bunyi manusia. Dalam ilmu bahasa fonetik menjadi penting karena mempermudah pengucapan bahasa.

Pasalnya, setiap negara pastinya punya bentuk bahasa yang berbeda-beda dan cukup unik. Untuk menyederhanakan dan juga mengamankan persepsi tersebut digunakanlah simbol ini.

Phonetic symbol menjadi penting kaitannya dengan mempelajari speaking. Pasalnya, dengan memperhatikan simbol-simbol ini, maka kita dapat melafalkan suatu kata dengan lebih tepat mendekati seorang native speaker (penutur asli).

C.1. Vowels atau Huruf Vokal

Lax: Short (Dibaca dengan Pendek)

Phonetic SymbolCara BacaContoh Kata
ɪLayaknya bilang = sate, sulebid, hymn, kit, minute
eLayaknya bilang = ember, bebekdress, bed, head, many
ɒA sedikit olot, odd, wash
ʌə + ɑːstrut, mud, love, blood
ʊə +ufoot, good, put
ɜːə + rnurse, stir, learn, refer
əSeperti bilang= kepada, jembatanabout, common, standard

Tense: Long(Panjang)

Phonetic SymbolCara BacaContoh kata
ifleece, sea, machine
ugoose, two, blue, group
ɑːastart, father
ɔːothought, law, north, war
easquare. fair, various

 Glide: Dipthong (Suara Lemas)

Phonetic SymbolCara bacaContoh kata
Eiface, day, break
Aiprice, high, try
əʊEugoat, show, no
Aumouth, now
ɔɪOichoice, boy
ɪəIyenear, here, weary
Eyesquare. fair, various
ʊəuepoor, jury, cure
C.2. Phonetic Symbol Speaking Consonant

Voiceless (Letupan berat atau cepat)

Phonetic SymbolCara BacaContoh Kata
Pppen, copy, happen
Tttea, tight, button
Kkkey, clock, school
Che (tebal)church, match, nature
Fffat, coffee, rough, photo
Θtsathing, author, path
Sssoon, cease, sister
ʃSeperti syin شship, sure, national
Hhhot, whole, ahead

 Voice (Letupan santai)

Phonetic SymbolCara BacaContoh Kata
Bbback, baby, job
Ddday, ladder, odd
Ggget, giggle, ghost
Je (tebal)judge, age, soldier
Vvview, heavy, move
Ðdjathis, other, smooth
Zzzero, music, roses, buzz
ʒZ+hpleasure, vision
Mmmore, hammer, sum
Nnnice, know, funny, sun
Ŋngring, anger, thanks, sung
Lllight, valley, feel
Rrright, wrong, sorry, arrange
Jyyet, use, beauty, few
Wwwet, one, when, queen

Kosakata Dasar Speaking Bahasa Inggris 

Question Word

Question Word atau yang dalam bahasa Indonesia berarti kata tanya merupakan kosa-kata yang pastinya paling sering digunakan. Sama halnya dengan bahasa Indonesia, kata tanya dalam bahasa Inggris juga memuat hanya enam aspek saja. Untuk mengingatnya lebih mudah, kita dapat menggunakan jembatan keledai 5W dan 1H.

KosakataArti
WhatApa
WhereDi mana
WhyKenapa, mengapa
WhoSiapa
WhenKapan
HowBagaimana, berapa

Pronoun

Kosa kata yang juga wajib dimengerti untuk memperlancar speaking atau berbicara kita dalam bahas Inggris adalah Pronoun. Kosa kata prounoun biasanya digunakan sebagai kata ganti kerja yang kental kaitannya dengan Subjek.

KosakataArti
IAku (sebagai subyek)
YouKamu
TheyMereka
WeKami, kita
HeDia laki-laki
SheDia perempuan
ItItu
MeAku (sebagai obyek)
ThemMereka
UsKami
HerDia perempuan
HimDia laki-laki
ItsItu
MineMilikku
YoursMilikmu
HersMiliknya dia perempuan
HisMiliknya dia laki-laki
TheirsMilik mereka
OursMilik kita
MyPunyaku
YourPunyamu
TheirPunya mereka
OurPunya  kami
HerPunya dia perempuan
MyselfDiriku sendiri
YourselfDirimu sendiri
ThemselvesDiri mereka sendiri
HerselfDirinya sendiri perempuan
HimselfDirinya sendiri laki-laki
OurselvesDirikita
ItselfDirinya
Somebody / AnybodySeorangpun
No oneTak seorangpun

Verb atau Kata Kerja

Dalam speaking menggunakan bahasa Inggris, Verb inilah yang mau tidak mau harus kita mengerti dengan sangat. Pasalnya, tentu pembicaraan akan lebih mulus jika kita mempunyai banyak sekali tabungan kosa kata Verb atau kata kerja ini.

Untuk menabungnya banyak hal yang dapat dilakukan, mulai dari membaca kamus hingga melihat film atau mendengarkan musik dalam bahasa Inggris. Bahkan bermain game juga dapat menambah kosakata kita.

KosakataArti
GoPergi
ComeDatang
LoveMencintai
LikeSuka
DoMelakukan
MakeMembuat
WishBerharap
SleepTidur
WalkJalan
StayTinggal
LiveTinggal
DanceMenari
EatMakan
CookMasak
CleanMembersihkan
CutMemotong
WearMemakai
BreatheBernafas
KeepMenjaga
WriteMenulis
SendMengirim
DrawMenggambar

Kata Sifat Atau Adjective

Sama halnya dengan verb, adjective juga termasuk kosakata yang sangat penting dalam speaking, untuk itu kita memang harus mengerti dan menghafalkannya. Karena, adjective biasanya akan selalu menempel pada noun.

Adjective sendiri merupakan kata sifat yang selalu melengkapi noun atau prounoun.

KosakataArti
BigBesar
LitleKecil
BeautifulCantik
UglyJelek
SmartPintar
StupidBodoh
SoftLembut
ShortPendek
TallTinggi
SlimLangsing
FatGendung
LongPanjang
HotPanas
CoolDingin
FreshSegar
CoolDingin
KindBaik hati
YoungMuda
OldTua
PrettyCantik
LazyMalas

Auxiliary

Pada speaking, Auxilary terletak tepat sebelum kata kerja utama. Auxilary mempunyai fungsi sebagai pemberi makna tambahan di dalam kata kerja utama yang kita gunakan.

KosakataArti
CanDapat
CouldDapat (bentuk lampau)
MayMungkin
MightMungkin (bentuk lampau)
MustHarus
ShouldSeharusnya
WouldAkan
WillAkan
Is, wasTo be
Were, areTo be

Latihan Speaking Bahasa Inggris

Setelah mengetahui mekanisme pengucapan dan juga kosakatanya, tentu hal yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah tinggal berbicara. Tentu dalam berbicara pastinya kita tetap harus melakukan latihan-latihan.

Berikut ini adalah beberapa latihan yang dapat mempercepat kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris kita.

Lakukanlah Peniruan

Dalam belajar speaking bahasa Inggris meniru bukanlah suatu dosa. Apalagi jika yang kita tiru adalah native speaker.

Untuk melakukan tiruan, kita perlu melihat seorang native speaker berbicara dan mulai tirulah dengan semirip mungkin. Jangan pernah malu saat melakukan hal ini, lakukanlah dengan serius.

Mulailah Berbicara

Hal ini biasanya justru banyak dilupakan oleh orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Seberapapun banyak kosakata ataupun seberapa tepat penggunaan Phonetic Symbol seseorang, tentu jika tidak digunakan untuk berbicara maka akan sama saja.

Untuk itu mulai lah banyak berbicara menggunakan bahasa Inggris. Tidak perlu bingung dengan kata-kata yang ada, karena semakin sering kita berbicara dengan bahasa Inggris maka sedikit demi sedikit kita akan semakin mahir menggunakannya.

Evaluation (Evaluasi)

Evaluasi dibutuhkan agar kita dapat memperbaiki speaking kita dari waktu ke waktu sehingga progresnya bagus.

Mempunyai Partner

Evaluasi akan menjadi lebih mudah (sekaligus bisa practice lebih enak) jika mempunyai partner yang bisa berbahasa Inggris atau bahkan native. Lawan bicara kita bisa memberikan feedback yang baik untuk speaking kita.

Berikut ada website untuk mendapatkan partner dan native bahasa Inggris gratis (selain media sosial) dikutip dari FluentU :

  • The Fluent in Three Months Forum
  • Conversation Exchange
  • Go Speaky
  • Lingoglobe
  • Coeffee
  • Cofee Strap

Tidak Mempunyai Partner

Untuk yang tidak mempunyai partner, evaluasi bisa dilakukan dengan merekam diri sendiri ngomong bahasa Inggris dengan webcam, kamera HP, dll. Lalu, lihat kembali rekamannya dan lihat apa yang kurang.

Selain itu, kita juga bisa bertanya langsung kepada native speakers dengan menggunakan aplikasi HiNative, Tandem, Mondly Languages, Busuu, Duolingo dan lain-lain yang dapat di-download di Play Store dan App Store. Kita bisa mengirim suara kita, lalu meminta native speakers untuk mengevaluasi speaking kita. Semoga materi Tips Belajar Speaking Bahasa Inggris ini bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

twelve − eleven =