Salah satu tujuan untuk menguasai Bahasa Inggris adalah lancar berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Agar dapat mencapai tujuan ini, kamu harus rajin berlatih. Sayangnya, takut berbicara bahasa Inggris menjadi penghambat, sehingga butuh tips menghilangkan rasa takut saat speaking bahasa Inggris.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa gugup saat berbicara bahasa Inggris? Mari kita simak tips-tipsnya!

Tips Efektif Menghilangkan Rasa Takut Saat Speaking Bahasa Inggris

Cara Menghilangkan Rasa Takut Saat Speaking Bahasa Inggris

Takut bahasa Inggris merupakan salah satu momok pada generasi saat ini karena khawatir dianggap “sok Inggris”. Selain itu, ketakutan akan mendapat ejekan karena penggunaan grammar yang salah juga menjadi penghalang.

Nah, untuk membangkitkan rasa percaya dirimu, beberapa tips yang dapat kamu ikuti antara lain:

1.  Tidak Takut Dikomentari Orang Lain

Sebelum mulai melakukan speaking, kamu harus menanamkan dalam pikiran agar tidak merasa segan atau takut mendapatkan komentar kurang mengenakkan dari lawan bicara.

Perasaan ini sering muncul ketika kamu merasa lawan bicara lebih pintar dalam bahasa ini daripada dirimu. Akhirnya kamu takut akan disalahkan dan dikomentari kurang baik.

Ingatlah, bahwa pikiranmu ini bisa saja tidak benar karena kalian bahkan belum memulai. Hilangkanlah alasan ini karena dapat menghambatmu untuk berani speaking.

2. Tidak Takut Salah Saat Latihan

Gugup bicara bahasa Inggris bisa datang ketika pikiranmu penuh dengan keinginan untuk sempurna, sehingga tidak menoleransi kesalahan.

Jangan berpikiran bahwa kamu harus selalu sempurna ketika sedang berbicara. Terimalah fakta bahwa saat ini kamu sedang berada dalam tahap belajar, bukan berlomba untuk menjadi sempurna. Seperti yang kamu tahu, berbuat kesalahan selama belajar adalah hal normal.

Ketika kamu menerima fakta ini, maka proses speaking bisa lebih lancar karena  tidak fokus dengan kekurangan.

3. Rajin Berlatih dan Lakukan Evaluasi

Setelah tahu bahwa membuat kesalahan adalah hal wajar, jangan berhenti di situ saja. Bukan berarti kamu dapat terus-menerus berbicara sesukamu, sehingga tidak mengalami kemajuan dalam speaking.

Setelah rasa percaya diri mulai meningkat, kamu perlu mulai mengevaluasi tata bahasa dan kendala lain selama berbicara.

Jika awalnya tidak terlalu memperhatikan grammar, selanjutnya cobalah untuk menggunakan grammar yang benar. Apabila selama ini masih menggunakan kosakata yang sama, mulai tambah variasi kata baru.

Jika konsisten, perlahan kemampuan teknis dalam speaking-mu pasti akan lebih baik.

4. Berlatih Bersama Teman

Sembari belajar speaking kamu dapat membangun suasana yang English friendly dengan melakukan aktivitas menggunakan bahasa ini. Walaupun kamu berada di dalam lingkungan yang Indonesia banget, lingkungan tersebut bisa kamu bangun sendiri.

Langkah awalnya adalah dengan membangun lingkungan yang penuh dengan suasana Bahasa Inggris. Misalnya menonton film tanpa subtitle, membaca buku Bahasa Inggris, mendengarkan lagu, radio, serta podcast dengan bahasa ini.

Jika memungkinkan, membentuk komunitas kecil-kecilan untuk belajar speaking ini dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan.

5. Bersikap Tenang Ketika Berlatih atau Berbicara

Apabila kamu berada dalam kondisi yang tenang dan rileks, maka ketakutan dan rasa gugup ketika hendak berbicara dapat berkurang drastis. Jadi usahakanlah agar berada dalam kondisi mental yang tenang sebelum berbicara.

Beberapa metode yang dapat membuatmu lebih tenang di antaranya adalah:

  • Latihan Pernapasan. Tariklah napas dalam dan keluarkan dengan tenang selama beberapa repetisi. Hal ini bisa membantu meningkatkan kadar oksigen darah, sehingga rasa gugup dapat berkurang.
  • Berbicara Pelan. Jangan terburu-buru, santai saja. Dengan berbicara secara pelan, dapat membantu tubuh agar lebih rileks.
  • Tersenyum. Sudah banyak jurnal penelitian yang menyatakan senyuman dapat membuat kamu merasa lebih tenang dan bahagia. Jadi, saat speaking Bahasa Inggris, usahakanlah untuk selalu tersenyum, ya!

6. Konsisten untuk Berlatih

Perasaan takut dan gugup tersebut bisa semakin berkurang jika kamu selalu konsisten menerapkan lima tips di atas. Kekonsistenan tersebut tidak hanya membantumu untuk lebih jago secara teori, tapi dapat membentuk mental berbicara yang lebih baik juga.

Perasaan rendah diri, takut salah, dan lain sebagainya seiring waktu pun menghilang karena kamu sudah lebih siap untuk berbicara. 

Semua tips di atas jika kamu lakukan untuk menghilangkan rasa takut saat speaking bahasa Inggris, yakinlah semua perasaan negatif yang menyertaimu akan menghilang. Tanpa persiapan pajang banyak persiapan pun, kamu bisa speaking Bahasa Inggris dengan baik.

Bagikan: