Pengertian komunikasi ini perlu dipahami oleh setiap orang karena banyak juga yang salah dalam mengartikan. Dari pengertian ini nantinya setiap orang bisa berinteraksi dan hidup bermasyarakat dengan baik.

Kaitannya dengan pengertian, komunikasi juga memiliki beberapa fungsi dan contohnya dalam kehidupan. Sehingga dengan mempelajari komunikasi secara keseluruhan maka secara tidak langsung meningkatkan kemampuan menulis, berbicara dan yang lainnya. 

Pengertian Komunikasi menurut para ahli

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa pakar yang berbeda dalam mengartikan komunikasi dan berikut penjelasannya:

Harold Lasswell 

Harold termasuk salah satu orang yang mencetuskan teori komunikasi dan sekaligus ilmuwan di Amerika Serikat. Menurut dia, komunikasi adalah sebuah proses terkait siapa menjelaskan ada dan kepada siapa. 

Bernard Berelson dan Gary A. Steiner

Komunikasi menurut kedua ahli tersebut adalah proses transmisi gagasan, informasi, emosi dan yang lainnya. Dalam menyampaikannya bisa menggunakan simbol, gambar, kata-kata, grafik dan yang lainnya. 

Gerald R. Milner

Gerald termasuk salah satu professor di bidang komunikasi yang cukup populer di Amerika Serikat. Menurut dia, komunikasi adalah suatu pesan yang disampaikan ke penerima dengan tujuan mempengaruhi sang penerima pesan. 

Dari semua pengertian komunikasi jurnal ini adalah sebuah pesan baik berupa ide, kata-kata gagasan, gambar atau lainnya. Tujuan dari proses ini untuk mempengaruhi sang penerima pesan. 

Fungsi Komunikasi

Selain memahami pengertian, komunikasi juga memiliki beberapa fungsi dan berikut penjelasannya:

Alat Pengendali Sesuatu atau Seseorang

Dengan adanya komunikasi maka penerima pesan atau seseorang bisa dikendalikan. Dengan cara ini maka orang tersebut bisa bersikap lebih baik atau tidak keluar jalur. 

Contoh dari fungsi ini adalah memperingatkan murid untuk merapikan seragam. Selain itu bisa juga memotong rambut seorang siswa agar tidak terlalu panjang dan melanggar aturan sekolah. 

Dua contoh ini merupakan bagian dari komunikasi dan bisa mengendalikan seseorang dengan sikap yang diambil. Umumnya tindakan seperti ini dilakukan oleh orang yang lebih tua kepada lebih muda. Namun sisi negatif dari fungsi ini adalah disalahgunakan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab atau yang lemah. 

Memotivasi

Dengan komunikasi, kamu bisa menggunakannya untuk memotivasi seseorang agar tidak mudah putus asa saat masa sulit. Proses komunikasi dalam hal ini bisa dengan lisan atau via smartphone. Kamu bisa memberikan kata-kata penyemangat atau apapun agar dia bisa bangkit lagi dari keterpurukan. 

Sekilas kata-kata ini mungkin terdengar sepele namun bagi orang lain memiliki pengaruh yang cukup besar. Percaya atau tidak setiap kata-kata tersebut nantinya bisa membuat perasaan seseorang selamat dari keterpurukan. 

Mengungkapkan Isi Hati

Setiap hati manusia tidak dapat berbicara atau berkomunikasi namun dapat mengenali berbagai emosi. Karena itu untuk menyampaikan apa yang ada di dalam hati bisa dilakukan dengan komunikasi. Bentuk komunikasinya bisa dilakukan dengan tulisan atau lisan. 

Kamu bisa menyampaikan segala bentuk perasaan tanpa harus memendam kepada orang terdekat. Bentuk ungkapan ini bisa dalam hal baik itu kesal, kecewa, sedih, senang atau putus asa sekalipun. 

Dengan cara pengungkapan seperti ini perasaan tersebut memang tidak akan langsung hilang. Namun dari proses seperti ini bisa membuat perasaan ini bisa jauh lebih baik dari sebelumnya. 

Mencari dan Memberikan Informasi

Dalam menjalani aktivitas maka kamu membutuhkan berbagai informasi dan ini meliputi segala hal. Untuk mendapatkan hal ini maka dibutuhkan berbagai informasi dari berbagai media. 

Salah satu contoh komunikasi adalah ketika akan bepergian ke wisata atau tempat tertentu. Untuk mengetahui lokasi, harga tiket dari wisata ini dibutuhkan berbagai informasi. Semua informasi tersebut bisa didapatkan lewat teman, keluarga, sahabat atau media internet. 

Ketika kamu yang butuh maka fungsi komunikasi disini adalah mencari sesuatu terkait wisata atau yang lain. Sedangkan di fungsi yang lain adalah memberikan informasi dan disinilah pentingnya suatu komunikasi. 

Tujuan Komunikasi

Ketika ada komunikasi antara orang lain dengan sesuatu tentu memiliki tujuan tertentu. Jika dirangkum, ada beberapa tujuan dari komunikasi dan berikut ulasan selengkapnya:

Pesan yang Disampaikan Mudah Dimengerti

Dinamakan komunikasi ketika ada proses perpindahan pesan dari orang satu ke orang lain. Saat ada bentuk komunikasi maka harapan yang memberikan pesan adalah apa yang disampaikan mudah dimengerti. Dengan cara ini tidak akan muncul berbagai kesalahpahaman. 

Agar tidak terjadi salah paham maka komunikator harus bisa menyampaikan pesan tersebut dengan baik. Untuk melakukan ini dibutuhkan kemampuan agar bisa melakukan komunikasi dengan baik. 

Dikenal Orang Lain

Sekilas proses komunikasi ini memang memiliki banyak tujuan dan salah satunya agar dikenal oleh orang lain. Dari proses ini maka seseorang akan mendapatkan teman, rekan atau sahabat yang baru dari hasil interaksi tersebut. 

Dari proses komunikasi ini juga akan muncul anggapan bahwa kamu tidak lagi dianggap sebagai orang asing. Dengan seperti ini maka komunikasi akan terus berlanjut dan berbagai tujuan lain akan tercapai. 

Diterima oleh Lingkungan dan Orang Lain

Adanya komunikasi ini tidak hanya dikenal melainkan kehadirannya dapat diterima oleh orang lain. Dari proses ini maka setiap gagasan dan keberadaan kamu bisa diterima oleh orang lain. 

Untuk melakukan hal seperti ini maka dibutuhkan adanya kemampuan dalam melakukan komunikasi dengan baik. Maka dari itu dalam melakukan komunikasi harus bisa dimengerti agar apa yang akan disampaikan diterima. 

Dengan demikian pengertian komunikasi menurut saya adalah proses bagaimana pesan itu disampaikan dengan baik dan dimengerti. Hal ini jelas sesuai dengan tujuan dari komunikasi mulai dari agar dikenal dan diterima oleh orang lain. 

Jenis Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Ada beberapa jenis komunikasi berdasarkan cara penyampaian dan berikut ulasan selengkapnya:

Komunikasi Lisan

Jenis komunikasi ini tergolong yang paling sering dilakukan setiap hari oleh setiap orang. Umumnya jenis komunikasi ini dilakukan dengan orang terdekat saat di kantor, sekolah atau orang asing yang baru ditemui.

Selain bertatap langsung, komunikasi lisan bisa juga dilakukan melalui alat komunikasi seperti smartphone. Umumnya proses ini dilakukan ke orang terdekat baik dalam kondisi santai atau sibuk sekalipun. . 

Komunikasi Tertulis

Jika jenis yang pertama dengan lisan maka di komunikasi ini dibutuhkan adanya media tulisan. Di masa sekarang media ini tidak hanya terbatas pada surat tetapi lebih luas karena bisa dengan bantuan gadget atau smartphone. 

Dengan demikian untuk menyampaikan setiap pesan yang ada bisa via Whatsapp, Instagram, email dan yang lainnya. Meski tidak menggunakan tangan namun dari media ini akan menghasilkan tulisan. 

Jadi pengertian komunikasi ini antar para ahli berbeda-beda dalam menerjemahkannya. Namun secara mudah, komunikasi adalah bentuk penyampaian pesan baik berupa kata, gambar atau apapun ke orang lain. 

Dalam berkomunikasi, kamu juga harus menguasai penggunaan sinonim dan pengertian sinonim.

Dari proses ini memiliki sejumlah tujuan mulai dari ingin dikenal dan diterima oleh orang lain. Bentuknya bisa dilakukan secara lisan atau via tertulis baik menggunakan Whatsapp, Instagram dan yang lainnya. 

Bagikan: