10 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

3 min read

tips belajar Bahasa Inggris

PTahukah Anda bahwa banyak orang mencari tips belajar Bahasa Inggris melalui internet? Hal yang wajar, mengingat tidak semua orang mampu mengikuti kursus karena berbagai alasan, mulai dari tidak punya waktu hingga masalah biaya.

Kendati demikian, Anda tak perlu putus asa, sebab banyak cara untuk belajar Bahasa Inggris tanpa kursus. Ya, Anda bisa mengusai Bahasa Inggris secara autodidak. Namun, ingat, bahwa cara ini memerlukan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan kursus.

Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri Tanpa Kursus

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki tekad dan niat yang kuat. Selain itu, Anda juga harus merencanakan waktu belajar. Berapa lama durasi belajar setiap hari? Berapa lama target Anda menguasai satu topik pembahasan dan hal-hal berkaitan lainnya.

Setelah Anda siap, pastikan untuk menerapkan sejumlah tips belajar Bahasa Inggris berikut ini:

  • Mempersiapkan Materi Pelajaran

Mengingat Anda akan belajar secara mandiri, Anda harus mengumpulkan materi pelajaran Bahasa Inggris, mulai dari buku, audio, hingga visual. Pastikan pula untuk memiliki kamus. Sebelum Anda mahir, sangat disarankan untuk menggunakan kamus Inggris-Indonesia.

Untuk memudahkan Anda, instal aplikasi Anda online. Dengan cara ini, Anda tak perlu membawa kamus fisik ketika bepergian.

  • Rajin Membaca Buku Materi

Belajar dari buku pelajaran umum mungkin akan membuat Anda bosan. Agar semangat Anda tetap menyala, gunakan buku bacaan Bahasa Inggris lainnya seperti novel, komik, atau majalah untuk menambah kosakata Anda.

  • Sering Latihan Soal

Tips belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah rutin latihan soal Bahasa Inggris. Cukup banyak buku soal yang menyediakan kunci jawaban di lembar akhir. Semakin sering Anda berlatih, semakin kemampuan Anda terasah.

Baca :  Past Future Perfect Tense, Pengertian, Rumus, Fungsi Beserta Contohnya

Selain buku soal, Anda bisa berlatih menggunakan aplikasi belajar Bahasa Inggris yang dapat diunduh secara gratis. Dengan aplikasi ini, Anda akan terbantu dalam memahami Bahasa Inggris, baik melalui teks maupun suara.

  • Banyak Mendengarkan Percakapan

Percakapan Bahasa Inggris memang sudah diajarkan sejak bangku sekolah. Namun, kebanyakan percakapan tersebut berkaitan dengan tes  TOEFL. Bisa dibilang, percakapan yang Anda pelajari cenderung monoton.

Untuk mendapatkan kosakata yang lebih luas dengan intonasi beragam, cobalah untuk mendengarkan percakapan radio berbahasa Inggris. Biasanya, percakapan seperti ini lebih hidup. Kosakatanya pun lebih banyak. Bahkan, beberapa di antaranya menyelipkan kosakata slang.

Cara lain yang dapat Anda coba adalah mendengarkan dan mengikuti alunan lagu berbahasa Inggris. Untuk mengetahui seberapa kemampuan Anda, coba dengarkan lagu sembari menulis lirik.

Setelah itu, bandingkan lirik yang Anda tulis dengan lirik aslinya. Jangan ragu untuk ikut bernyanyi agar lidah Anda terbiasa dengan pelafalan Bahasa Inggris.

  • Jangan Takut Salah

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Hal ini sangat wajar sehingga Anda tidak perlu malu jika salah dalam mengucapkan kalimat Bahasa Inggris atau salah dalam menjawab pertanyaan.

Jadikan kesalahan tersebut sebagai motivasi agar Anda lebih bersemangat dalam mempelajari Bahasa Inggris. Belajar dari kesalahan juga sangat efektif untuk menghindari kesalahan yang sama di kemudian hari.

  • Jangan Malu untuk Bertanya

Jika Anda menemukan kesulitan selama belajar Bahasa Inggris secara autodidak, maka jangan ragu untuk bertanya pada teman atau saudara yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris di atas rata-rata. Dengan menerapkan tips belajar Bahasa Inggris ini Anda akan lebih percaya pada kemampuan diri sendiri.

  • Berbicara di Depan Cermin

Jika Anda masih malu untuk berbicara langsung menggunakan Bahasa Inggris dengan orang lain, maka cobalah berbicara dengan diri sendiri di depan cermin.

Baca :  Puasa di Kampung Bahasa Inggris Pare vs di Rumah Sendiri

Selain meningkatkan rasa percaya diri, hal ini juga bermanfaat untuk melatih gestur dan mimik wajah Anda selama berbicara Bahasa Inggris.

  • Belajar dari Benda-Benda yang Ada di Sekitar

Belajar dapat dilakukan di mana saja. Misalnya, ketika Anda berada di luar, cobalah untuk menebak nama-nama benda yang ada dalam Bahasa Inggris, seperti bangku, taman, air mancur, mobil, papan reklame, tong sampah, dan lainnya.

Ketika di rumah, seringlah menyebut nama benda di sekitar Anda menggunakan Bahasa Inggris. Untuk memudahkan proses ini, tempel kertas bertuliskan Bahasa Inggris di seluruh benda yang sering Anda gunakan.

Secara tidak disadari, setiap kali Anda menggunakan benda tersebut, Anda akan membaca kata benda tersebut dalam Bahasa Inggris. Lambat laun Anda akan terbiasa dan fasih mengucapkan benda dalam Bahasa Inggris.

  • Pergi ke Tempat yang Memaksa Anda Berbicara Bahasa Inggris

Hampir semua orang menyukai liburan. Jika Anda pun demikian, maka manfaatkan waktu dengan mengunjungi tempat yang akan memaksa Anda menggunakan Bahasa Inggris.

Jika Anda terhalang biaya untuk liburan di luar negeri, Anda bisa mengunjungi Pulau Dewata. Di Bali, penggunaan Bahasa Inggris untuk kegiatan sehari-hari adalah hal yang lazim dilakukan.

Selain itu, di Bali Anda juga bisa bertemu dan mempraktikkan ilmu dengan melakukan percakapan bersama wisatawan asing.

  • Praktikkan Setiap Hari

Jika Anda ingin fasih berbicara Bahasa Inggris, maka lakukan praktik setiap hari. Biasakan diri Anda mengucapkan kalimat dalam Bahasa Inggris. Bila memungkinkan, ajak orang di sekitar Anda berbicara Bahasa Inggris.

Dengan sejumlah tips belajar Bahasa Inggris di atas, kemampuan Anda akan meningkat dengan pesat. Namun, bagi Anda yang lebih menyukai belajar Bahasa Inggris secara berkelompok, tersedia cara termudah, yakni bergabung dengan keluarga besar Kampung Inggris Pare.

Baca :  10 Buku Bahasa Inggris yang Harus Anda Baca untuk Meningkatkan dan Memperluas Kosakata Anda

Ini Alasan Anda Harus Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Barangkali Anda bertanya-tanya, dari banyaknya tempat kursus yang ada, kenapa harus memilih Kampung Inggris Pare?

Agar Anda tidak penasaran, simak sejumlah alasannya berikut ini!

Lingkungan Mendukung

Di Kampung Inggris Pare Anda bebas mempraktikkan materi yang telah dipelajari secara langsung tanpa khawatir diejek karena salah mengeja atau lainnya.

Berbasis English Area

Dengan konsep berbasis English Area, setiap hari Anda wajib menggunakan Bahasa Inggris baik di dalam maupun luar lingkungan. Dengan begitu, kemampuan berbahas Inggris Anda akan berkembang pesat dalam waktu singkat.

Suasana Kelas Santai

Kampung Inggris Pare menawarkan suasana kelas santai, hampir mirip seperti berada di rumah sendiri. Di sini Anda akan belajar di di bawah pohon rindang, di warung, atau di pinggir sawah.

Metode Belajar Unik

Setiap lembaga kursus yang ada di Kampung Inggris Pare memiliki metode belajar tersendiri yang unik dan menarik. Sangat berbeda dengan metode pengajaran di bangku sekolah yang cenderung membosankan dan sulit dipahami

Pengajar Kompeten

Kampung Inggris Pare tidak hanya menawarkan suasana belajar yang kondusif, melainkan juga menyediakan pengajar yang kompeten, berjiwa muda, energik, dan juga menarik.

Pasti Bisa Bahasa Inggris Dalam Waktu Singkat

Percaya atau tidak, banyak pendatang yang sama sekali buta mengenai Bahasa Inggris. Namun, setelah menyelesaikan kursus dan dibimbing selama beberapa minggu atau bulan, kemampuan berbahasa Inggris meningkat pesat.

Biaya Terjangkau

Biaya kursus di Kampung Inggris Pare, baik jangka pendek maupun panjang sangat terjangkau. Anda hanya perlu memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare! Mau bertanya lebih lanjut? Segera hubungi kami! Jangan lupa  bagikan tips belajar Bahasa Inggris secara autodidak ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *