7 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Kamu Yang Sudah Bekerja

Kecakapan dan keterampilan berbahasa Inggris memang sangat dibutuhkan seiring perkembangan zaman. Tidak hanya di dunia pendidikan, dunia kerja juga pergaulan pun turut mendorong kita untuk menguasai bahasa Ratu Elizabeth itu.

Ya, selain sebagai bahasa Internasional, bahasa Inggris pun turut menyusup ke persyaratan-persyaratan lamaran pekerjaan. Lihatlah zaman sekarang rasanya tidak ada lowongan yang tak mencantumkan syarat kecakapan berbahasa Inggris.

Jadilah orang mulai berlomba-lomba membekali dirinya dengan bahasa ini. Tidak hanya anak sekolahan, tapi juga mereka yang sudah bekerja. Tuntutan zaman, bisa jadi itu alasannya. Maka sekarang menjamur kursus-kursus yang siap membimbing kita menguasai bahasa Inggris sampai ngelotok. Itu bagi yang masih punya waktu luang, lalu bagaimana dengan yang sudah bekerja?

Bisa kok. Jangan jadikan bekerja sebagai halangan untuk cakap berbahasa Inggris. Berikut ini 7 tips belajar bahasa inggris untuk pekerja :

Manfaatkan Jam Istirahat untuk Belajar

Saat jam istirahat tiba, sembari makan siang kamu bisa menghabiskan waktu dengan mendengarkan atau menonton video dan lagu berbahasa Inggris. Dengan begini, telinga kita akan terbiasa dengan logat Inggris. Bank kosakata dalam otak kita pun akan terus ter-upgrade.

Rajin Mencatat

Meskipun terdengar sedikit repot, rajin mencatat ternyata punya manfaat yang cukup besar terhadap kemampuan berbahasa Inggris kita, lho. Lalu, apa yang dicatat? Macam-macam, mulai dari kosakata yang belum kita ketahui artinya, cara membaca (pronunciation), ejaan (spelling), serta catatan lain yang dirasa perlu.

Selipkan Bahasa Inggris dalam Interaksi Sehari-Hari

Hal lain yang tidak boleh Anda abaikan adalah mempraktikannya secara langsung. Caranya adalah dengan rutin menyelipkan kosakata bahasa Inggris ketika berbicara, mengirim email atau pesan, bahkan ketika sedang bergumam dengan diri sendiri. Kebiasaan sepele seperti ini ternyata cukup ampuh lho untuk memperbaiki kecakapan berbahasa Inggris kita.

Baca Juga :  Dialog Bahasa Inggris 4 Orang Lengkap Tentang Kehidupan Sehari-hari

Buat Perjanjian dengan Teman Kantor

Tips lain yang perlu kamu terapkan adalah membuat perjanjian dengan teman sekantor. Perjanjian apa? Tentu saja perjanjian untuk menggunakan bahasa Inggris ketika berinteraksi di kantor. Untuk hal ini, kamu bisa minta bantuan teman yang punya visi dan misi yang sama: meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Gabung di Komunitas Belajar Bahasa Inggris Online

Berterimakasihlah kepada internet, sebab ia sukses mendekatkan yang jauh dan memudahkan yang sulit. Kalau tidak bisa mengikuti kursus atau pelatihan bahasa Inggris karena faktor keterbatasan waktu, ada banyak kursus online gratis yang bisa kamu jadikan solusi.

Selain fleksibel karena jadwalnya bisa diatur sendiri, kursus online akan semakin memperluas jaringan pertemananmu. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan mendapat teman dari luar negeri.

Rajin Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan—sudah hafal dengan peribahasa itu dong ya? Nah, ini juga berlaku buat kamu yang ingin menguasai bahasa Inggris. Rajinlah bertanya mengenai apa pun tentang bahasa Inggris pada mereka yang kamu anggap punya kemampuan yang mumpuni.

Dengan banyak bertanya, pengetahuanmu tentang bahasa Inggris akan semakin baik. Kamu juga mengadakan diskusi kecil dengan teman kantormu. Di kantor tentu ada dong ya teman yang jago bahasa Inggris?

Terus Berlatih

Practice makes perfect. Kalau kamu ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik, teruslah berlatih setiap hari. Asal dilakukan rutin, menguasai bahasa Inggris bukan lagi mimpi, kok.

Nah, itu dia 7 tips belajar bahasa Inggris buat kamu yang sudah bekerja. Yuk, terus berlatih.