10 Cara Efektif Belajar Cocok untuk Semua Pelajar

Belajar memang terkadang sulit untuk diterapkan. Entah itu belajar dalam bidang akademik atau juga belajar keterampilan lain yang berkaitan dengan praktek. Ketika belajar, tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang sulit untuk masuk. Kamu harus menerapkan cara efektif belajar.

Cara efektif belajar itu ada triknya. Hanya orang yang memang mempunyai niat dan tujuan yang jelas serta antusias tinggi yang dapat menerapkannya.

10 Cara Efektif Belajar yang Cocok untuk Semua Pelajar

Dasar serta niat ini memang perlu dimiliki, tanpa dasar maka belajar akan menjadi sepele dan tidak akan dianggap serius. Semua usaha memang seharusnya dikerahkan untuk mewujudkan niat itu. Untuk lebih tau mengenai trik dalam keefektifan belajar, maka dapat melihat ulasan ini, yaitu.

1. Cari Tau Tipe Belajar

Mengingat tipe dalam belajar setiap orang berbeda, maka perlu mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui jenis belajar ini akan mempermudah ketika melakukan eksekusi pembelajaran. Seringnya tips belajar pada seseorang adalah visual yaitu dengan cara melihat apa yang ada dan belajar dari situ. 

Tidak hanya visual ada lagi tipe kinestetik, ini berbeda dengan yang penjelasan visual tadi. Kinestetik lebih menekankan pada adanya pergerakan dan aktif dalam belajar. Untuk tahu bagaimana sebenarnya tipe dari pribadi. Maka, cobalah untuk menerapkan setiap jenis tipe dan analisis kiranya apa saja yang efektif dan mendapatkan lebih banyak wawasan. 

Mudah saja, jika memang merasa tidak mendapatkan apa apa ketika belajar hanya dengan melihat, dan bahkan bisa bosan maka visual bukanlah tipe yang pas. Cari sendiri mana yang kiranya menyenangkan.

2. Pilih Teman

Cara efektif belajar bisa juga dengan tepatnya memilih teman yang memang sesuai dan membawa manfaat. Terkadang teman yang giat belajar akan memberikan efek disiplin dan giat juga pada pribadi. Karena lingkungan memang faktor yang tidak bisa dilupakan, terutama lingkungan teman maka sebaiknya jelilah dalam memilih teman yang pas dan sesuai dengan frekuensi diri. 

Sebetulnya bukan hanya yang sefrekuensi tetapi yang dapat membawa hal positif. Jika teman pembaca mengajak untuk belajar, maka akan ada rasa sungkan dalam menolaknya. Mau tidak mau, ikutlah belajar dengan teman walau memang pada pertamanya terkesan terpaksa. 

Dari sebuah paksaan yang terus menerus dijalani ini, maka akan menumbuhkan rasa kebiasaan dalam belajar dan otomatis akan tidak merasa menjadi beban. Memang dalam kesuksesan harus ada kebiasaan yang dipaksakan dahulu.

3. Lupakan Gawai Sejenak

Masalah bisa timbul dari gawai yang sering digunakan, sebagai contoh bahwa terkadang rasa malah muncul saat bermain gawai berlebihan. Semakin banyak bermain gawai maka semakin tinggi juga rasa malas yang ada. Tidak semata mata bahwa gawai memberikan efek buruk, tetapi lebih banyak kasus bahwa kurangnya minat dalam belajar juga sangat berpengaruh pada gawai yang dimiliki. 

Oleh sebab itu, perhatikan penggunaan gawai agar lebih sedikit. Jika memungkinkan, belajar untuk meletakan gawai selama 23 jam dalam sehari, yang artinya hanya memegang gawai mungkin sekitar 1 jam dari jumlah keseharian. 

Bisa untuk hanya membalas pesan lima menit berturut turut namun dalam waktu khusus. Jadi ketika belajar tidak akan terganggu dengan adanya gawai yang selalu memberikan sinyal untuk dimainkan.

4. Cobalah Hafalan

Teknik hafalan ini memang tidak bisa diragukan dari jaman dahulu sudah efektif. Dengan melakukan hafalan yang berjangka panjang, akan menambah ingatan lebih baik. Hafalan bukan hanya dilakukan ketika mendekati tes saja. 

Akan tetapi, alangkah baiknya dilakukan ketika dalam masa masa senggang atau lebih baik setiap waktu. Jika menunggu senggang mungkin akan sulit ketemu kapan kiranya waktu senggang itu bisa digunakan untuk belajar.

Baca Juga: Fungsi, Manfaat dan Juga Peran Media Dalam Pembelajaran

5. Berikan Jeda

Memberikan jeda dalam belajar itu perlu, bukan hanya perlu tapi wajib. Mengapa demikian? Karena tubuh juga tidak merupakan robot, maka dengan adanya jeda akan memberikan efek relaksasi pada tubuh. 

Apabila kita paksakan terus menerus dan tanpa ada istirahat untuk tubuh, maka bukan materi yang kita dapat justru akan muncul timbunan penyakit yang menyengsarakan. Agar hal ini tidak terjadi maka selalu bijak dalam belajar.

6. Bentuk Kelompok Belajar

Cara efektif belajar yang nomor enam adalah cobalah untuk membuat sebuah kelompok belajar, dengan membentuknya maka jika ada salah satu teman yang merasa malas maka kita harus memberi dukungan kepada teman lainnya yang menguatkan. Tentu hal ini dapat membawa pengaruh positif yang tidak bisa kita sanggah kebenarannya.

Belajar kelompok bisa menjadi negatif jika semua anggotanya tidak mempunyai semangat yang tinggi. Agar hal itu tidak terjadi maka memang perlu sekali memilih teman yang punya antusiasme tinggi dalam belajar.

7. Buat Ringkasan

Urutan selanjutnya adalah dengan membuat catatan ringkasan atas apa yang telah kita kerjakan atau pelajari. Membuat ringkasan akan memberikan pengetahuan tambahan pada diri karena mempraktekan ilmu tersebut minimal dua kali. Ringkasan yang baik biasanya tertulis dalam buku catatan serta dengan gaya sendiri. Belajar membuat sebuah note ringkasan yang rapi akan menambah semangat ketika belajar.

8. Pergi ke Perpustakaan

Cara efektif belajar yang selanjutnya, jika memang perlu untuk mencari referensi baru dan dengan suasana yang nyaman maka perpustakaan adalah jawabannya. Dengan adanya perpustakaan maka seorang yang ingin belajar dapat terfasilitasi dengan baik. 

Belajar di perpustakaan tidak hanya akurat dan efektif, tetapi bisa memberikan suasana baru yang tentunya tidak membosankan. Apalagi jika perpustakaan yang kita kunjungi rapi dan bersih, sangat menyenangkan.

9. Cari Lingkungan yang Nyaman

Faktor yang penting itu juga mempengaruhi belajar. Cara efektif belajar sangat berpengaruh pada di mana kita belajar, di dalam lingkungan nyaman atau tidak, Jika lingkungan yang kita gunakan dalam belajar tidak nyaman pasti akan memberikan efek tidak bagus, atau dalam arti lain mengurangi konsentrasi ketika menimba materi.

Lingkungan yang nyaman tidak selalu berarti mewah, seperti nongkrong di tempat yang begitu mahal atau sengaja menyewa hotel hanya untuk belajar, bukan begitu. Ada porsi dan tingkat kenyamanan masing masing yang sulit untuk kita samaratakan. Carilah sendiri apa yang nyaman dalam belajar.

10. Beri Reward Untuk Diri Sendiri

Terakhir yang bisa kita lakukan yaitu berikan sebuah hadiah pada diri sendiri yang sudah begitu lelah belajar ataupun menghadapi susahnya soal. Memberikan reward ini tidak ada salahnya jika memang secara berkala.

Bukan malah menjadi alasan untuk boros dengan selalu membeli barang barang atas dasar hadiah untuk diri sendiri. Jika merasa diri ini sudah hebat dalam menjalani aktivitas, maka berikan sedikit penghargaan.

Setelah tau ternyata memang ada beragam  cara efektif belajar, maka tidak bisa beralasan lagi bahwa belajar itu sulit. Kini banyak cara dapat kita terapkan jika memang bersungguh sungguh dalam belajar. 

Mulai dari memberikan semangat pada diri sendiri serta fokus pada apa yang memang kita inginkan. Tidak ada hal yang mudah, semuanya butuh rasa semangat yang tinggi. Untuk itu mulailah untuk menerapkan rancangan pada diri.

Tinggalkan komentar