Fungsi, Manfaat dan Juga Peran Media Dalam Pembelajaran

Fungsi, Manfaat dan Juga Peran Media Dalam Pembelajaran

Perancangan media setiap waktu memang terus berkembang dengan pesatnya. Bahkan kini media juga tak hanya berfungsi dalam komunikasi dan penyampaian informasi saja namun juga berperan dalam pembelajaran. Lalu apa saja manfaat, fungsi dan peran media dalam pembelajaran saat ini.

Jika sebelumnya dalam pembelajaran hanya antara guru dan murid kemudian berinteraksi dalam kelas. Maka dengan media ini hak tersebut kini sudah sedikit berubah. Apalagi waktu lalu terdapat pembelajaran online sehingga sangat membutuhkan peranan media.

Fungsi Media Sebagai Sarana Belajar

Sebelum membahas tentang manfaat dan juga peranan media dalam belajar maka akan kita bahas terlebih dahulu mengenai fungsinya. Media sendiri bukanlah sebuah fungsi tambahan. Namun media juga memiliki fungsi sendiri dari peranannya tersebut.

1. Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Lebih Efektif

Fungsi pertama dari adanya media adalah mampu menciptakan situasi pembelajaran yang lebih efektif. Hal ini tentu menunjukkan bahwa media bukalah sebagai fungsi tambahan. Media juga mampu berperan penting di dalamnya.

2. Menciptakan Situasi Belajar Yang Diharapkan

Media pembelajaran ini merupakan penjumlahan secara keseluruhan dalam proses pembelajaran. Jadi media tidak bisa berdiri sendiri sebab media merupakan salah satu komponen yang saling berhubungan dengan komponen lainnya. Hal tersebut bertujuan agar bisa menciptakan situasi belajar yang baik.

3. Mempercepat Proses Belajar

Ketiga mengenai fungsi dari media adalah mampu mempercepat proses belajar. Sebab dengan adanya media para guru juga akan lebih mudah dalam mencari bahan ajar. Hak tersebut tentu akan mempercepat segalanya dalam proses pembelajaran.

4. Meningkatkan Kualitas Dalam Belajar

Berikut adalah dengan adanya media tersebut memiliki fungsi bahwa bisa meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. Dengan adanya media seperti yang sudah disebutkan bahwa bahan ajar akan lebih cepat ditemukan. Jadi dengan adanya media, pembelajaran juga lebih efektif.

Manfaat Media Dalam Pembelajaran

Poin kedua yang akan dibahas kali ini adalah mengenai manfaat dari adanya media tersebut. Saat ini banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dari adanya media. Beberapa manfaat mungkin juga sudah pengguna rasakan dalam pembelajaran.

1. Dapat Menumbuhkan Motivasi Dalam Belajar

Manfaat pertama yang bisa pengguna dapatkan jika menggunakan media dalam pembelajaran maka bisa menumbuhkan motivasi belajar. Dengan adanya media juga akan membuat pembelajaran semakin gampang. Siswa juga bisa lebih memperhatikan pembelajaran tersebut.

2. Makna Dari Pelajaran Akan Lebih Jelas

Manfaat, fungsi dan peran media dalam pembelajaran selanjutnya adalah mampu membuat makna dari pelajaran tersebut lebih jelas. Jika makna dari pelajaran tersebut jelas maka tentu siswa juga akan lebih mudah memahami. Jika siswa mampu memahami pelajaran maka tentu.

Dengan keadaan siswa yang paham dengan pelajaran maka tujuan dari pembelajaran tersebut berhasil. Mampu membuat siswa menguasai dari tujuan pembelajaran tersebut. Hal itu merupakan tujuan utama dalam pembelajaran.

3. Metode Pembelajaran Bisa Lebih Bervariasi

Nah di dalam pembelajaran tentu ada yang namanya metode pembelajaran itu sendiri. Jika biasanya hanya menggunakan metode satu arah saja maka dengan media bisa lebih. Dengan adanya media pembelajaran juga bisa melalui video-video edukatif.

Bagi anak-anak yang masih kurang paham mungkin dengan adanya media ini bisa lebih membantu. Jika hanya dengan ucapan saja mungkin mereka akan kurang fokus berbeda jika ada video pendukung. Siswa akan lebih mengerti dengan yang didanai oleh guru.

4. Siswa Tidak Akan Cepat Bosan

Pemanfaatan dalam media belajar juga bisa membuat murid tidak cepat bosan. Sebab dengan adanya media, murid tidak hanya akan mendengarkan penjelasan guru saja. Namun juga bisa mengamati, dan juga mendemonstrasikan yang dipelajari tersebut.

Apa Saja Peran Media Dalam Pembelajaran

Sudah dijelaskan tentang apa saja fungsi dan juga manfaat dari media dalam pembelajaran masa kini. Oleh sebab itu pada pembahasan kali ini adalah apa saja peran media tersebut dalam pembelajaran. Lebih jelasnya pengguna bisa Sinka uraiannya di bawah berikut.

1. Mampu Menyederhanakan Konsep Yang Masih Abstrak

Peran pertama dari media dalam pembelajaran adalah adanya media ini mampu membuat konsep yang semua masih abstrak bisa disederhanakan. Sebab jika sebelumnya hanya dalam bentuk tulisan, maka bisa diberikan gambaran melalui media. Oleh sebab itu peran media untuk pembelajaran sangat dibutuhkan.

Seperti misalnya dalam pelajaran tersebut terdapat pembahasan mengenai peredaran darah, atau aliran listrik. Jika hanya dalam bentuk tulisan dan penjelasan dari guru, maka bisa jadi tidak semua murid paham. Karena tidak ada gambaran pasti soal itu, berbeda jika menggunakan media.

2. Bisa Menghadirkan Suatu Objek Yang Berbahaya

Urutan kedua mengenai peran media dalam pembelajaran adalah bisa menghadirkan suatu objek yang berbahaya. Meski kehadiran objek tersebut hanya dalam bentuk visual saja dan tidak nyata. Namun setidaknya mampu memberikan pemahaman mendetail pada murid.

Seperti misalnya dalam pembelajaran tersebut membutuhkan hewan seperti macan, burung atau semacamnya. Hal tentu tidak akan mungkin memasukkan hewan dalam lingkungan pembelajaran. Jadi peran media di sini adalah bisa menunjukkan berupa foto maupun video hewan tersebut.

3. Mampu Menampilkan Suatu Objek Dengan Ukuran Yang Tak Wajar

Selanjutnya adalah media ini nantinya bisa digunakan untuk menampilkan suatu objek yang memiliki bentuk dengan ukuran tak wajar. Ukuran tak wajar tersebut bisa karena terlalu besar atau bisa karena terlalu kecil. Tidak mungkin jika dalam pembelajaran harus melihat semua secara asli.

Dengan adanya media, para murid bisa melihat hal tersebut dalam bentuk gambar atau semacamnya. Seperti ketika mempelajari bakteri, maka bisa melihatnya melalui gambar. Sebab hal tersebut tidak bisa dilihat secara kasat mata tapi harus ada bantuan teknologi lain.

4. Mampu Memberikan Gambaran Lebih Jelas Tentang Pertumbuhan

Peran media dalam pembelajaran yang keempat adalah mampu memperlihatkan suatu pertumbuhan dengan gerakan cepat atau lambat. Hal tersebut adalah dengan memanfaatkan media film. Jika dalam bentuk gambar maka pengguna hanya akan melihat sebagian kecilnya saja. Namun dengan media, bisa melihat secara keseluruhan.

Seperti misalnya guru bisa menunjukkan pertumbuhan kecambah dari mulai kacang polong hingga menjadi pohon dengan menggunakan media film gerakan cepat. Atau bisa juga memanfaatkan media film dengan gerakan lambat seperti melihat suatu ledakan. Dengan begitu pembahasan bisa dipahami dengan jelas.

5. Dapat Mengatasi Segala Macam Persoalan

Masih ada lagi peran media dalam pembelajaran ini adalah mampu mengatasi segala macam persoalan. Dengan adanya media para guru bisa mengatasi kebosanan yang terjadi pada siswa. Pembelajaran juga bisa dilakukan dengan efektif dan juga efisien.

Bukan hanya sebagai ajang untuk mengatasi segala macam persoalan namun juga sebagai media pemberi pelajaran. Mampu memberi berupa informasi yang komprehensif kepada para siswanya. Jad memang begitu penting peranan media dalam pembelajaran.

Berikut tadi adalah pembahasan mengenai fungsi, manfaat dan juga peran media dalam pembelajaran yang perlu pengguna ketahui. Dikatakan bahwa media juga merupakan alat untuk menyampaikan pesan dari pengirim kepada penerima. Juga mampu mempermudah dalam segala hal pembelajaran.

Baca Juga: Pengertian Reklame, Fungsi, dan Ciri Ciri Reklame yang Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.