Perbedaan My dan Mine Beserta dengan Contoh Kalimatnya

Perbedaan My dan Mine Beserta dengan Contoh Kalimatnya

Sudah menjadi rahasia umum, jika belajar tentang sebuah bahasa terdapat berbagai kesulitan tersendiri. Begitu pula, ketika kita belajar bahasa Inggris. Bahkan, hal yang sangat sederhana sekalipun terkadang kita merasa kesulitan. Salah satunya mengenai perbedaan my dan mine yang belum semua orang tahu.

Bila kita melihat sekilas arti dari kedua kata tersebut, baik itu my maupun mine, akan kita anggap sebagai kata yang sama. Akan tetapi, dalam penggunaannya kedua kata tersebut memiliki perbedaan.

Bagi orang-orang yang sudah mahir berbahasa Inggris, tentunya untuk membedakan kedua kata tersebut merupakan hal mudah. Namun, lain halnya dengan para pemula yang masih bingung untuk membedakannya. Maka dari itulah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan my dengan mine maupun materi penting lainnya yang masih berkaitan.

Perbedaan My dan Mine Beserta dengan Contoh Kalimatnya

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi mengenai perbedaan kedua kata tersebut, ada baiknya kita mengenal persamaannya. Baik itu my maupun mine, merupakan jenis pronoun atau kata ganti orang.

Umumnya, kata ganti atau pronoun ini berbentuk pendek atau ringkas. Meskipun demikian, dapat mengubah arti dari sebuah kalimat secara keseluruhan.

Maka dari itulah, penggunaan jenis pronoun seringkali membuat kita merasa kebingungan. Tak jarang pula kita menggunakan pronoun atau kata ganti orang dalam sebuah kalimat kemudian merasa kurang pas.

Begitu pulalah ketika kita menggunakan kata my atau mine dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Sekilas mengingat kembali, pengertian pronoun merupakan kata ganti yang menggantikan sebuah noun atau kata benda yang mengacu atau merujuk pada seseorang.

Kita bisa menggunakan pronoun atau kata ganti ini ketika pembaca atau pendengar kita mengetahui apa atau siapa yang kita maksud dalam sebuah kalimat. Pronoun sendiri memiliki berbagai jenis.

Seperti halnya, personal pronouns, possessive pronouns, reflexive pronouns, dan juga relative pronouns. Pertanyaan yang kini timbul dalam benak kita, my dan mine termasuk ke dalam jenis pronoun apa? Untuk lebih jelasnya, mengenai perbedaan my dan mine, mari kita simak pemaparan selengkapnya berikut ini.

Perbedaan Berdasarkan Jenis Pronoun

Perbedaan kedua kata tersebut pertama kali bisa kita lihat dari jenis pronoun-nya. My merupakan bagian dari possessive adjective atau kata ganti milik.

Possessive adjective ini merupakan kata-kata yang kita fungsikan untuk mengungkapkan kepemilikan. Selain itu, kata ganti milik ini tidak bisa berdiri sendiri.

Maka dari itulah, kata ganti ini harus mendapatkan atau diikuti oleh kata benda alias noun. Kemudian, kata ganti milik atau possessive adjective ini bisa berfungsi sebagai objek ataupun subjek.

Akan tetapi, perlu untuk selalu kita ingat, bahwa possessive adjective atau kata ganti milik ini tidak bisa berdiri sendiri. Sehingga dalam penerapannya atau penggunaannya, kita harus menggunakan kata benda atau noun.

Umumnya, tidak hanya my saja yang menjadi bagian dari possessive adjective ini. Melainkan ada contoh lainnya, seperti your, her, his, its, our, dan their. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh kalimat dari possessive adjective.

Contoh Kalimat dengan Kata My

  1. My uncle went to Japan. (Paman saya pergi ke Jepang.)

Contoh Kalimat dengan Kata You

  1. That is your make up? (Itu riasanmu?)

Selanjutnya, Kalimat dengan Kata Her

  1. Her husband is a polici. (Suaminya adalah seorang polisi.)

Contoh Kalimat dengan Kata Its

  1. Its table is broken. (Mejanya rusak.)

Contoh Kalimat dengan Kata Their

  1. Their homework are difficult . (Pekerjaan rumah mereka sulit.)

Kemudian, Kalimat dengan Kata His

  1. That is his restaurant. (Itu adalah restoran miliknya.)

Contoh Kalimat dengan Kata Our

  1. I visited our uncle. (Saya mengunjungi paman kami.)

Jika my merupakan salah satu contoh dari possessive adjective, maka lain lagi dengan mine. Mine sendiri merupakan bagian dari possessive pronouns atau kata ganti milik.

Bedanya, possessive pronouns merupakan kata ganti yang kita fungsikan untuk menyatakan kepemilikan yang dapat berdiri sendiri. Dengan kata lain, possessive pronouns ini bisa tidak diikuti oleh kata benda atau noun.

Selain mine, contoh kata yang termasuk ke dalam possessive pronouns yakni yours, his, hers, its, ours, dan theirs. Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh kalimat dari possessive pronouns.

Contoh Kalimat dengan Kata Mine

  1. They aren’t my bag. Mine are yellow. (Mereka bukan tas saya. Milik saya berwarna kuning.)

Contoh Kalimat dengan Kata Yours

  1. This flowers is yours. (Bunga ini milikmu.)
  2. This shoes is yours. (Sepatu ini milikmu.)
  3. This house is yours. (Rumah ini milikmu.)
  4. This drink is yours. (Minuman ini milikmu.)

Selanjutnya, Kalimat dengan Kata Hers

  1. Is this Anna’s make up? – Yes, it’s hers. (Apakah ini riasan Anna? – Ya, itu miliknya.)

Contoh Kalimat dengan Kata His

  1. That’s Denny’s shoes and those gloves are his too. (Itu sepatu Denny dan sarung tangan itu juga miliknya).
  2. That’s Akbar’s jacket and those bike are his too. (Itu jaket Akbar dan sepeda itu juga miliknya).
  3. That’s Roni’s car and those motorcycles are his too. (Itu mobil Roni dan motor itu juga miliknya).

Contoh Kalimat dengan Kata Ours

  1. Here’s your door and this one is ours. (Ini pintu Anda dan ini pintu kami).
  2. Here’s they table and this one is ours. (Ini meja mereka dan yang ini milik kita).

Kemudian, Kalimat dengan Kata Theirs

  1. Is that Adi and Joni’s motorcycle? – No, theirs is red. (Itu motor Adi dan Joni? – Tidak, mereka berwarna merah).
  2. Is that Hanung and Bekti’s shoes? – No, theirs is blue. (Apakah itu sepatu Hanung dan Bekti? – Tidak, mereka berwarna biru).

Dari pemaparan ini, kita bisa mengambil kesimpulan jika my sebagai salah satu contoh possessive adjective yang tidak dapat berdiri sendiri dan harus diikuti dengan kata benda atau noun. Sedangkan, mine sebagai salah satu contoh possessive pronouns yang dapat berdiri sendiri dan tidak harus diikuti dengan kata benda atau noun.

Untuk pemahaman lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah semua contoh possessive adjectives bersama dengan possessive pronouns.

  1. My (possessive adjective) menjadi mine (possessive pronouns).
  2. Your (possessive adjective) menjadi yours (possessive pronouns).
  3. His (possessive adjective) menjadi his (possessive pronouns).
  4. Her (possessive adjective) menjadi hers (possessive pronouns).
  5. Its (possessive adjective) menjadi its (possessive pronouns).
  6. Our (possessive adjective) menjadi ours (possessive pronouns).
  7. Their (possessive adjective) menjadi theirs (possessive pronouns).

Perbedaan My dan Mine Berdasarkan Penggunaannya

Selanjutnya, kita akan membedakan kedua kata tersebut dari segi penggunaannya. Ada dua hal yang terkadang masih menjadi pertanyaan dalam benak kita.

Kapan saatnya kita menggunakan my? Kapan saatnya kita menggunakan Mine?

Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang harus kita pahami terlebih dahulu. Pertama, dalam sebuah kalimat bahasa Inggris yang normal, standar atau umum, akan terdapat dua hal penting, yakni subjek dan objek.

Subjek merupakan pelaku kegiatan, sedangkan objek merupakan yang dikenai pekerjaan atau kegiatan. Jika saya berposisi menjadi subjek maka saya disebut dengan I.

Ketika kamu sebagai subyek maka menjadi you. Sedangkan kita sebagai subyek menggunakan we. Mereka sebagai subyek menggunakan they.

Sementara dia laki-laki sebagai subyek menggunakan he. Sedangkan dia perempuan sebagai subjek menggunakan she.

Jika tunggal sebagai subyek menggunakan it. Baik tumbuhan, hewan, maupun manusia tunggal dan sebagai subjek maka menggunakan it. Sementara subjek jamak atau plural menggunakan they.

Kedua, tentang orang yang berperan sebagai subyek. I sebagai objek maka akan berubah menjadi me. Sedangkan we akan berubah menjadi us.

Begitu pula dengan they yang akan berubah menjadi them. Sedangkan he akan berubah menjadi him. She akan berubah menjadi her.

Selain itu, you serta it tidak berubah atau tetap, pasalnya, tidak memiliki perubahan dalam tulisan maupun ucapan. Hal yang ketiga ini menjadi inti dari pembahasan kita.

Pada prinsipnya, my dan mine mempunyai arti yang sama, yakni milikku. Kedua kata tersebut, memang kita manfaatkan untuk menyatakan kepemilikan.

Perbedaan my dan mine, mine kita gunakan dalam tengah mengungkapkan  kepemilikan, yang mana sesuatu atau benda yang kita miliki tersebut tidak kita nyatakan bersamaan dengan si empunya. Ada kemungkinan jika ia sudah disebutkan pada awal kalimat.

Sedangkan penggunaan my, kita gunakan untuk menyatakan kepemilikan, yang mana sesuatu atau benda yang kita miliki tersebut harus kita sebutkan dengan si empunya. Pasalnya, bisa jadi ia tidak disebutkan pada awal kalimat.

Contoh Kalimat dengan Kata My dan Mine

Setelah kita mempelajari pengertian dan perbedaan kedua kata tersebut, kini saatnya kita berlatih untuk membuat kalimatnya. Sebagai gambaran, kita bisa melihat contoh kalimat dengan kata my dan mine berikut ini.

Contoh Kalimat dengan Kata My

  1. This is my phone. (Ini adalah ponsel saya).
  2. She is my mother. (Dia adalah ibuku).
  3. Jenny is my friend. (Jenny adalah temanku).
  4. Joni is my brother. (Joni adalah saudaraku).
  5. Tia is my best friend. (Tia adalah sahabatku).
  6. Adi walk together with my uncle. (Adi berjalan bersama dengan paman saya).
  7. Don’t touch everything in my living room. (Jangan sentuh semua yang ada di ruang tamu saya).
  8. Everyday Alex meet my father. (Setiap hari Alex bertemu ayahku).
  9. Lusi always come to my restaurant. (Lusi selalu datang ke restoran saya).
  10. You are my inspiration. (Anda adalah inspirasi saya).
  11. She borrowed my bike. (Dia meminjam sepedaku).
  12. That is my new car. (Itu mobil baruku).
  13. This is my breakfast. (Ini sarapanku).
  14. This is my new make up. (Ini adalah riasan baruku).

Selanjutnya, Kalimat dengan Kata Mine

  1. This novel is mine . (Novel ini milikku).
  2. Your bag is mine. (Tasmu adalah milikku).
  3. You are mine. (Kau milikku).
  4. The make up on table is mine. (Make up di atas meja adalah milikku).
  5. Now, you are mine. (Sekarang, kamu milikku).
  6. This jacket are mine. (Jaket ini milikku).
  7. The orange is mine . (Jeruk itu milikku).
  8. This time, this place is mine. (Kali ini, tempat ini milikku).
  9. Lily and sunflower are mine. (Lily dan bunga matahari adalah milikku).
  10. This phone is mine. (Ponsel ini milikku).
  11. This house is mine. (Rumah ini milikku).
  12. Your idea is mine. (Ide Anda adalah milik saya).
  13. The shoes on table is mine. (Sepatu di atas meja adalah milikku).
  14. This hotel are mine. (Hotel ini milikku).
  15. The flowers is mine . (Bunga itu milikku).
  16. Now, this restaurant is mine. (Sekarang, restoran ini milikku).
  17. This Car and motorcycle is mine. (Mobil dan motor ini milik saya).
  18. This airplane is mine. (Pesawat ini milikku).

Tips Belajar Pronoun dengan Cepat

Selain membaca pemaparan tentang perbedaan my dan mine di atas, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya proses belajarnya menjadi lebih cepat dan mengasyikan. Salah satunya adalah dengan menggunakan tips belajar pronoun seperti berikut ini.

1. Membaca Buku Bacaan Bahasa Inggris

Supaya kita bisa lebih cepat paham tentang perbedaan kedua kata tersebut, ada baiknya untuk rajin membaca buku bacaan bahasa Inggris. Salah satu buku bacaan yang tidak membosankan yakni novel dalam bahasa Inggris.

Selain, kita bisa mempelajari berbagai macam kosakata dan cara penulisannya, dalam buku bacaan bahasa Inggris tersebut juga akan membiasakan kita dalam menggunakan my dan mine. Tak hanya itu saja, ketika kita merasa kesulitan untuk memahami sebuah kalimat yang mana dalam kalimat tersebut menggunakan my atau mine, kita akan termotivasi membuka kamus atau materi belajar lainnya.

2. Sering-Seringlah untuk Menulis Bahasa Inggris

Melalui contoh yang sudah diberikan, kita bisa memulai untuk mencoba menuliskan beberapa kalimat dengan menggunakan my dan mine. Tidak perlu menuliskan kalimat bahasa Inggris yang terlalu panjang.

Kita bisa memulainya dengan kalimat bahasa Inggris yang pendek terlebih dahulu. Selain itu, kita juga bisa memilih kata yang sederhana.

3. Menonton Film Berbahasa Inggris

Menonton film berbahasa Inggris juga bisa membantu kita untuk mengetahui contoh penggunaan my dan mine supaya bisa membedakannya. Tak jarang percakapan dalam film bahasa Inggris seringkali menunjukkan penggunaan my dan mine.

Kita juga bisa belajar melalui hal tersebut. Bahkan, kita juga bisa sekaligus belajar mengenai ejaan bahasa Inggris yang baik dan benar itu seperti apa. Hal ini bisa sekaligus melatih listening atau kemampuan mendengar kita.

4. Mendengarkan Musik Bahasa Inggris

Tips selanjutnya yang tak kalah asik untuk kita terapkan yakni dengan mendengarkan musik berbahasa Inggris. Dalam lagu atau musik berbahasa Inggris ini kita bisa melihat lirik yang menggunakan kata my ataupun mine.

Dari situlah, kita bisa belajar mengenai penggunaannya dengan cara yang lebih mudah. Menguntungkannya lagi, belajar dengan musik atau lagu bahasa Inggris ini tidak akan membuat kita merasa bosan. Tentu saja, akan membuat kita lebih bersemangat untuk memahami perbedaan my dan mine.

Praktek Percakapan Bahasa Inggris

Tak kalah penting untuk kita lakukan supaya pemahaman kita tentang penggunaan my dan mine ini semakin bertambah, yakni dengan praktek percakapan bahasa Inggris. Ada baiknya memang tidak hanya menulis saja akan tetapi kita juga bisa mempraktekannya sendiri melalui sebuah percakapan. Kita bisa mengajak teman, adik, kakak, sampai orang tua untuk melakukannya.

Demikianlah materi tentang perbedaan my dan mine beserta dengan contoh kalimat dan tips mudah untuk mempelajarinya. Sekarang, untuk mengetahui perbedaan keduanya menjadi semakin mudah bukan? Selamat belajar tentang materi my dan mine ini, semoga kita segera mahir berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.