Possessive Pronoun dalam Bahasa Inggris Secara Rinci, Berikut Penjelasannya!

Possessive Pronoun dalam Bahasa Inggris mungkin sudah tidak asing lagi. Materi satu ini memang menjadi salah satu materi yang sangat penting untuk kita pelajari dalam bahasa Inggris. Karena materi possessive pronoun ini memang sering kita gunakan dalam percakapan bahasa Inggris, jadi mau tidak mau Anda harus menguasai atau paling tidak sedikit mengerti tentang materi ini.

Mungkin materi bahasa Inggris satu ini sudah Anda pelajari sejak sekolah, namun terkadang banyak orang yang masih bingung dalam menerapkannya. Sebenarnya secara garis besar pronoun merupakan kata ganti pemilik yang tentunya sering kita ucapkan sehari-hari.

Meski begitu, orang terkadang masih sering merasa kesulitan ketika menggunakan kata ganti pemilik dalam bahasa Inggris. Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris merupakan kata ganti pemilik, ini misalnya seperti –ku, -mu, -nya dan masih banyak lagi, tentunya kata ini sudah tidak asing di telinga kalian.

Meski begitu penggunaannya dalam kalimat sering kali masih keliru, apalagi jika menerapkannya dalam bahasa Inggris. Materi satu ini harus Anda kuasai, karena materi inilah yang akan membantu Anda ketika akan melakukan percakapan.

Posessive Pronoun Dalam Bahasa Inggris Secara Rinci Berikut Penjelasannya!
unsplash.com

Pengertian Possessive pronoun Dalam Bahasa Inggris

Sebelum lebih jauh, ada baiknya jika Anda memahami apa itu possessive pronoun terlebih dahulu, jika kita artikan dengan lebih sederhana possessive pronoun ini merupakan kata ganti yang digunakan untuk menunjukan kepemilikan. Biasanya dalam sebuah kalimat kata ini bisa berperan sebagai subject, subject complement, ataupun direct object.

Biasanya kata ganti untuk menunjukan kepemilikan ini bisa berupa kata My, our, Your, His, Her, Its atau their. Nah, sebenarnya Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris ini terbagi menjadi dua bentuk, yang pertama adalah independent dan yang kedua adalah dependent yang juga bisa disebut possessive adjectives.

Tentunya ada perbedaan antara kedua bentuk Possessive pronoun tersebut, dalam hal pemakaian pun juga berbeda. Untuk itu, ada baiknya jika Anda juga memahami hal ini agar nantinya tidak salah dalam mengartikan atau menggunakan keduanya.

Antara independent dan dependent memang memiliki perbedaan dalam hal penggunaan kata yang ditujukan untuk menjelaskan kepemilikan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbedaan antara bentuk independent dan dependent yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Bentuk Independent

Bentuk independent ini memang disebut dengan Possessive Pronoun dalam Bahasa Inggris. Dalam hal ini bentuk independent in terbagi menjadi dua yaitu bentuk tunggal dan jamak. Biasanya untuk bentuk tunggal bisa menggunakan kata mine, yours, hers/his, sedangkan untuk bentuk jamak biasanya akan menggunakan ours, yours, dan theirs.

Possessive pronoun bentuk independent ini merupakan kata ganti yang biasanya digunakan untuk menunjukkan kata benda atau noun. Dengan kata lain, bentuk noun ini digunakan untuk menghilangkan kata benda di awal kalimat, lebih jelasnya berikut beberapa contoh kalimatnya.

Contoh Possessive Pronoun tunggal: That book is yours now.

Dalam contoh kalimat Possessive pronoun tunggal tersebut kata yours merupakan bentuk tunggal dari Possessive pronoun. Dalam hal ini yours dapat berarti sebagai milikmu, sedangkan untuk mendeskripsikan milik ku bisa menggunakan kata mine.

Contoh kalimat Possessive Pronoun jamak: Yours are in the bag.

Untuk contoh kalimat Possessive pronoun bentuk kata jamak adalah yours, dalam hal ini kata yours berbeda dengan kata yours dalam bentuk tunggal. Karena kata yours dalam bentuk tunggal berarti mendeskripsikan barang hanya milik satu orang, maka pada bentuk jamak ini mendeskripsikan kepemilikan lebih dari satu orang.

Bentuk Dependent

Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris dalam bentuk dependent ini biasanya disebut dengan possessive adjective. Berbeda dengan bentuk independen yang menjadi kata benda, maka dependent ini biasanya berada di depan kata ganti benda dan berfungsi untuk menerangkannya.

Sama halnya dengan bentuk independent, bentuk dependent ini juga dibagi menjadi dua yaitu tunggal dan jamak. Untuk bentuk tunggal biasanya dijelaskan menggunakan kata my, your, her, his, its, sedangkan untuk bentuk jamak biasanya menggunakan our, your, dan their.

Nah, kata inilah yang nantinya digunakan untuk menerangkan kata benda atau noun di belakangnya dan tentunya ada perbedaan dalam penggunaan keduanya. Agar lebih jelas, berikut ini contoh dari Possessive Pronoun dependent dalam bentuk jamak dan tunggal.

Contoh kalimat dependent tunggal: This is my book.

Dalam contoh kalimat bentuk tunggal tersebut adalah mikata ini juga berada tepat di depan kata benda yaitu buku. Nah berarti dalam contoh tersebut kata my memang digunakan untuk menerangkan kepemilikan buku tunggal karena hanya menggubnakan kata my.

Contoh kalimat bentuk jamak: Our book is next to the table.

Untuk contoh kalimat jamak ini menggunakan kata our, dalam hal ini kata our berarti menjelaskan kepemilikan sesuatu lebih dari satu orang. Kata our tersebut juga berada pada awal kalimat sesuai fungsinya yang digunakan untuk menerangkan kata benda.

Penggunaan Possessive Pronoun

Untuk penggunaan Possessive Pronoun dalam Bahasa Inggris ini apabila object of possession sudah diketahui berdasarkan konteks. Biasanya kalimat yang mengandung Possessive pronoun pada bagian pendahuluan nyata ada kalimat berunsur object of possession.

Misalnya seperti kalimat, I like my book. Do you like yours, contoh ini juga termasuk ke dalam kata ganti bentuk independent. Anda bisa melihat bahwa tidak ada kata yang menyebutkan objek setelah kata ganti, meski begitu maknanya tidak akan berubah.

Sebenarnya objek yang disebutkan sebelumnya berfungsi sebagai penjelas agar kalimat berikutnya mudah dipahami pendengar. Selain itu menghilangkan objek di akhir juga berfungsi agar kalimat tidak terasa redundant atau dengan kata lain agar tidak terlalu banyak kata pengulangan.

Contoh Kalimat Possessive Pronoun

Tentunya materi Possessive Pronoun dalam Bahasa Inggris  tidak akan mudah kita pahami ketika tidak ada contoh terlebih dahulu. Nantinya contoh ini akan membuat Anda jauh lebih paham mengenai Possessive Pronoun dan bagaimana cara menggunakannya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa kalimat yang mengandung possessive pronoun ini biasanya menggunakan kata mine, yours, theirs, ours, hers, his, dan its. Agar Anda tidak merasa bingung ketika ingin menggunakan kata tersebut dalam sebuah kalimat Possessive Pronoun, berikut beberapa contoh penggunaannya.

Mine

Contoh penggunaan Possessive Pronoun dalam Bahasa Inggris dengan kata mine ini biasanya menyatakan kepemilikan suatu benda. Dalam hal ini kata mine bisa letaknya setelah kata benda dalam sebuah kalimat.

Misalnya seperti So I say the book and bag are mine and Bara says the other, dalam kalimat ini kata mine digunakan untuk menerangkan kepemilikan sebuah benda. Di mana kata benda dalam kalimat ini adalah book and bag.

Dalam kalimat Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris tersebut juga menggunakan kata ganti pertama jamak, yaitu menggunakan nama Bara yang merujuk pada laki-laki dan merujuk pada kata ganti orang pertama.

Yours

Untuk kalimat possessive pronoun yang menggunakan kata yours biasanya untuk menerangkan kepemilikan atas sesuatu atau berarti milikmu. Yours dalam kalimat possessive pronoun ini bisa untuk menerangkan kepemilikan sesuatu.

Misalnya seperti kalimat Not only yours but Vara’s as well, dalam kalimat tersebut yours ini menerangkan bahwa kata benda tersebut bukan milikmu saja. Artinya, kata yours tersebut memang penggunaannya untuk menjelaskan kepemilikan suatu barang atau benda.

Seperti penjelasan sebelumnya, Possessive pronoun memang penggunaannya sebagai pengganti pengulangan kata dalam sebuah kalimat. Tujuannya yaitu untuk menghemat frasa atau kata dalam kalimat itu sendiri.

Theirs

Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris dengan kata theirs ini juga berguna untuk menjelaskan bahwa suatu barang adalah milik seseorang yang lebih dari satu. Dalam kata lain theirs ini artinya sebagai milik mereka, yang berarti suatu barang tersebut milik lebih dari satu orang.

Misalnya seperti kalimat Now, take theirs and do the same, yang artinya bahwa kalimat tersebut menjelaskan sesuatu milik dari lebih dari satu orang. Ini hanya contoh sederhana dari penggunaan theirs, Anda bisa mencoba menggunakan kalimat lain yang bisa mendeskripsikan hal yang sama.

Dalam kalimat tersebut penggunaan third tertuju untuk menjelaskan kepemilikan sesuatu dari sebuah kelompok orang. Berarti kepemilikan benda atau barang tersebut tidak hanya pada satu orang saja, namun lebih atau bisa sekelompok.

Ours

Berbeda dengan kata theirs yang berarti milik mereka, maka kata ours ini artinya sebagai milik kita. Berarti di sini ours bisa untuk menjelaskan kepemilikan sesuatu lebih dari satu orang atau pemilik.

Misalnya seperti And the book us ours, not mine, dalam kalimat ini kata ours menerangkan bahwa buku tersebut bukan hanya milikku namun milik kita. Selain ini, ada beberapa contoh kalimat menggunakan kata ours yang bisa Anda pelajari lagi.

Hers

Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris selanjutnya ini menggunakan kata hers. Kata ini juga bisa kita gunakan untuk menerangkan kepemilikan. Penggunaan hers ini bisa di awal kalimat, namun umumnya kata hers ini digunakan untuk menerangkan kepemilikan.

Misalkan seperti kalimat She held hers up for him to see, selain contoh kalimat ini sebenarnya juga ada beberapa kalimat yang bisa kita gunakan untuk menerangkan kepemilikan.

His

Kata selanjutnya ini biasanya juga dapat kita gunakan di awal kata sebelum kata benda yang berfungsi untuk menerangkan kepemilikan. Arti kata his tersebut penggunaannya untuk menerangkan kepemilikan sesuatu.

Contohnya seperti pada kalimat She stipped an gazed up at his face, dalam kalimat ini kata his penggunaannya untuk menerangkan kepemilikan wajah.

Its

Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris untuk kata its sebenarnya sama saja dengan beberapa kata sebelumnya. Kata its ini penggunaannya untuk menerangkan kepemilikan suatu barang dan biasanya terletak di depan kata benda karena berfungsi sebagai penerang

Misalnya seperti He could hear its footsteps, pada kalimat Possessive pronoun satu ini, kata it’s memang terletak di awal kata benda sehingga penggunaannya untuk menerangkan kata benda tersebut.

Perbandingan antara Possessive Pronoun dan Adjective Pronoun

Perbandingan penggunaan adjective dan Possessive Pronoun dalam Bahasa Inggris ini juga penting untuk Anda ketahui agar tidak salah dalam menggunakannya. Mungkin jika melihatnya sekilas memang kedua jenis pronoun ini menggunakan kata yang hampir mirip artinya.

Namun tentunya ada perbedaan antara keduanya, possessive pronoun ini biasanya kita gunakan dalam kalimat yang menjelaskan kepemilikan tunggal. Sedangkan untuk adjective biasanya penggunaannya untuk menerangkan kepemilikan lebih dari satu orang atau jamak.

Penggunaan Kata dalam Possessive Pronoun

Biasanya kalimat Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris menggunakan kata seperti mine, ours, mine, yours, his, hers, yours, his, hers, theirs, dan its. Kata-kata inilah yang memang penggunaannya untuk menjelaskan kepemilikan tunggal, dalam Possessive Pronoun kata ours ini berarti milik kami.

Nah, dalam hal ini penggunaan kata-kata dalam Possessive pronoun ini akan berbeda ketika menggunakannya dalam adjective pronoun. Karena justru kata ini akan menunjukan kepemilikan lebih dari satu orang seperti kami atau kalian.

Penggunaan Kata dalam Adjective Pronoun

Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris yang kedua adalah adjective pronoun  yang biasanya menggunakan kata jamak. Misalnya seperti my, our, thy, your, his, her, their, atau its. Kata ini juga untuk menerangkan kepemilikan, namun bedanya pemilik dalam kalimat ini tidak hanya satu.

Makanya arti  kata our dalam kalimat adjective ini bisa berarti milik kami atau kita yang berarti menunjukan kepemilikan sesuatu lebih dari satu orang. Agar Anda lebih paham lagi, ada baiknya jika Anda mencoba untuk menerapkannya dalam sebuah kalimat.

Penggunaan Possessive Pronoun dan Adjective Pronoun

Untuk penggunaan Possessive Pronoun dalam Bahasa Inggris dan adjective pronoun tentu sangat berbeda, hal ini pasti sudah Anda pahami dari contoh-contoh sebelumnya. Biasanya Possessive pronoun untuk menerangkan kepemilikan suatu benda menggunakan kata tertentu.

Sesuai dengan fungsinya, adjective pronoun biasanya untuk menjelaskan kata benda atau noun dan biasanya letak dari Possessive adjective berada sebelum kata benda. Sedangkan untuk Possessive pronoun biasanya untuk menerangkan kata ganti kepemilikan, yang berguna untuk menunjuk kepemilikan seseorang, benda yang seseorang miliki, maupun benda itu sendiri.

Nah, yang membedakannya dengan adjective adalah biasanya kata Possessive pronoun ini tidak akan diikuti dengan kata benda atau noun. Dari sini tentunya Anda sudah sedikit paham tentang perbedaan keduanya dalam penggunaannya.

Possessive pronoun

Sebenarnya Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris ini penggunaannya bertujuan untuk menghindari pengulangan kata pada sebuah kalimat. Kata ini biasanya menunjukan bahwa suatu benda atau orang merupakan milik satu orang bukan orang lain.

Penggunaannya pun tidak bisa sembarangan, karena penggunaan Possessive pronoun ini berdasarkan beberapa hal. Lebih jelasnya berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menggunakan Possessive Pronoun dalam kalimat.

Number

Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris ini dipengaruhi oleh number dalam penggunaannya pada sebuah kalimat. Misalkan pada bentuk tunggal atau singular bisa menggunakan mine, sedangkan pada bentuk jamak atau plural bisa menggunakan ours.

Person

Dalam hal ini person terbagi menjadi tiga yaitu orang pertama, orang kedua ,dan orang ketiga. Biasanya setiap kalimat menggunakan kata ganti orang berbeda-beda. Nah, untuk kata ganti orang pertama bisa menggunakan mine, sedangkan untuk kedua yours dan ketika menggunakan his.

Gender

Penggunaan kata Possessive pronoun dalam Bahasa Inggris ini juga mendapat pengaruh dari gender orang yang disebutkan dalam kalimat. Biasanya untuk laki-laki akan menggunakan kata his, sedangkan perempuan bisa menggunakan kata hers. Terus ikuti visitpare.com untuk mendapatkan banyak pengetahuan lainnya, Anda akan semakin memahami bagaimana mempelajari Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.