Possessive Adjective: Pengertian, Contoh Kalimat dan Perbandingannya

Menguasai bahasa Inggris merupakan nilai plus bagi seseorang. Apalagi melihat bagaimana penggunaan bahasa Inggris saat ini yang menjadi bahasa pengantar utama di seluruh dunia. Misalnya dalam bidang pekerjaan, Anda yang memiliki kemampuan penguasaan bahasa Inggris aktif tentu akan dipertimbangkan untuk bergabung pada perusahaan tertentu dari pada mereka yang memiliki kemampuan bahasa Inggris pasif. Untuk memulainya, kali ini salah satu materi yang bisa Anda pelajari adalah tentang Possessive Adjective.

Selain adjective, ada juga possessive pronoun. Tetapi dua hal ini tentu berbeda. Possessive Adjective merupakan kata-kata sifat yang digunakan supaya bisa menunjukkan kepemilikan terhadap suatu kata benda atau noun. Jika dilihat dari susunan grammar, materi ini memang akan diletakkan tepat di depan noun atau kata benda yang dimilikinya. Agar lebih memahami bagaimana penggunaannya di dalam bahasa Inggris, Anda bisa mengamati beragam contoh yang ada.

Pengertian

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa fungsi dari Possessive Adjective ini adalah menunjukkan kepemilikan. Seringkali yang digunakan adalah kata-kata sifat terhadap suatu kata benda atau noun. Possessive adjective juga menjadi salah satu dari central determiner. Yakni yang diletakkan diantara pre dan post-determiner di noun phrase.

  1. My memiliki arti kepunyaan saya.
  2. His menunjukkan arti kepunyaan dia untuk laki-laki.
  3. Her menunjukkan arti kepunyaan dia untuk perempuan.
  4. Your berarti kepunyaan kamu.
  5. Our menunjukkan kepunyaan kami.
  6. Its menunjukkan kepunyaan dia yang berarti hewan atau benda mati.
  7. Their menunjukkan kepunyaan mereka.

Penggunaan ini bisa sebagai subjek ataupun objek di dalam suatu kalimat. Contohnya seperti pada kalimat “My car costs a lot” atau “this is my new car” Untuk kalimat pertama dengan kata my car artinya menunjukkan mobil kepunyaan saya. Kata my di awal kalimat berfungsi sebagai subjek kalimat. Sementara untuk contoh kedua, my new car berfungsi menjadi objek karena letaknya setelah subjek dan juga verb.

Contoh Kalimat

  1. My sister asked me to buy pineapple. Artinya kakakku menuruhku membeli buah nanas.
  2. My husband is working to Jakarta. Artinya suamiku sedang bekerja di Jakarta.
  3. My cat is sick and i bring to venetarian today. Artinya kucingku sakit dan aku membawanya ke dokter hewan hari ini.
  4. This is my first time to visit in such a expensive hotel. Artinya ini adalah kali pertama aku mengunjungi hotel yang sangat mahal.
  5. Safira will be very happy if she tastes my homemade tart. Artinya Safira akan sangat senang jika ia mencicipi kue ulang tahun buatan saya.
  6. Can you bring my bag to my sister tomorrow? Artinya bisakah kamu membawakan tasku pada kakakku besok?
  7. Will Kiana come to my birthday party today? Artinya akankah Kiana datang pada pesta ulang tahunku hari ini?

Beberapa contoh penggunaan Possessive Adjective ini bisa Anda amati. Baik dari segi jenisnya ataupun dari tata kalimatnya. Karena penguasaan materi ini juga akan menambah kelancaran Anda dalam berbahasa Inggris. Ada bentuk yang berbeda dari possessive adjective ini tergantung dari:

  1. Person yang menunjukkan subjek dalam pembicaraan dan dibagi lagi menjadi 3 yaitu, orang pertama atau yang berbicara, orang kedua atau yang diajak bicara dan orang ketiga/benda yang dibicarakan.
  2. Number yang menunjukkan jumlah dari orang atau benda. Number dibagi lagi menjadi dua yakni singular atau tunggal, plural atau jamak.
  3. Gender menunjukkan tentang jenis kelamin untuk orang. Bisa juga jenis benda yang dibicarakan. Gender dibagi menjadi tiga yakni masculine atau laki-laki, feminine atau perempuan, neuter atau natural untuk nama benda, hewan atau tumbuhan.

Perbedaan Possessive Adjective dan Possessive Pronoun

Pernahkah Anda mendengar tentang possessive pronoun? Lalu dimana letak perbedaannya dengan possessive adjecitve? Perlu Anda pahami bahwa possessive pronoun ini merupakan kata ganti kepunyaan yang biasanya digunakan untuk merujuk atau menggantikan kata kepemilikan atau kepunyaan dari suatu benda. Misalnya saja seperti kalimat “Your book is thick. Mine is thin” Kata mine disini bisa menggantikan “my book”

Untuk orang pertama dengan gender feminnine atau masculine dan singular, Anda bisa menggunakan possessive adjective “my” tetapi possessive pronoun “mine” Orang kedua singular baik masculine atau feminine menggunakan your dan possessive pronoun “yours”. Orang ketiga singular menggunakan “his” untuk gender masculine. Menggunakan “her” untuk gender feminine. Orang ketiga berupa neuter menggunakan kata “its”

Sementara untuk orang pertama plural menggunakan possessive adjective menggunakan our, possessive pronoun menggunakan ours, orang kedua baik masculine atau feminine menggunakan you dan yours, orang ketiga plural masculine, feminine ataupun neuter sama-sama menggunakan their dan theirs.

Perbandingan Kalimat Possessive Adjective dan Possessive Pronoun

  1. My book is blue (bukuku berwarna biru)
  2. Your flower is beautifull (bungamu sangat cantik)
  3. Our party will be heald successfully (pesta kita akan terselenggara dengan sukses)
  4. His name too long to remember (namanya terlalu panjang untuk diingat)
  5. Their ability to produce delicious main course must recognized (kemampuan mereka dalam menghasilkan makanan utama lezat harus diakui)
  6. Her face is very cute (wajahnya sangat lucu)

Contoh Kalimat Possessive Pronoun:

  1. The book is mine not yours (Buku ini milikku bukan milikmu)
  2. Yours is the big room in front of the pool in the second floor (Punyamu adalah ruangan besar di depan kolam renang di lantai dua.
  3. Our team is playing as good as theirs (tim kita sedang bermain sebaik seperti tim mereka)
  4. This ring is very expensive and not mine but hers (cincin ini sangat mahal dan bukan punyaku tetapi punya dia)
  5. Its not mine but him whom you met in garden this morning. Just give back to him (ini bukan punyaku tetapi milik dia yang kamu temui di taman pagi ini. Silakan kembalikan ke dia.
  6. That bike is yours now (motor itu milikmu sekarang)

Dari dua contoh tersebut Anda bisa lebih memahami apa itu possessive adjectives dan bagaimana penggunaannya. Sebab memahami materi ini tentu mempermudah kita untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar. Terus berlatih dan mencari contoh penggunaannya akan memperdalam pemahaman.

Selain memahami materi-materi dalam bahsa Inggris, Anda juga bisa membiasakan diri untuk melakukan praktik dalam menggunakan bahasa Inggris di aktivitas sehari-hari. Cara ini menjadi cara paling mudah untuk melancarkan pronounciation. Selain itu, cobalah untuk mendengar lagu-lagu berbahasa Inggris yang membuat kita tahu bagaimana pelafalan yang benar.

Anda juga bisa menonton film berbahasa Inggris agar kosakata makin luas. Karena hal-hal seperti ini bisa jadi sarana belajar yang menyenangkan. Penguasaan bahasa Inggris yang baik mencakup banyak aspek. Mulai dari mendengarkan atau menyimak, berbicara dan menulis. Sehingga ketika semua aspek ini dikuasai maka seseorang bisa mengerti atau memahami ketika ada pembicaraan bahasa Inggris, ia juga bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik dan menulis dengan susunan yang benar. Dari berbagai contoh possessive adjective yang ada semoga memperkaya pengetahuan Anda tentang bahasa Inggris. Baca materi sebelumnya tentang Adjective Clause.

Tinggalkan komentar