Adjective of Quantity: Pengertian, Jenis dan Contoh Kalimat

Tanpa sadar, kalian pasti sering mengucapkan suatu benda yang didahului dengan ekspresi yang menunjukkan kuantitas benda tersebut. Misalnya, “banyak orang”, “beberapa baju”, “sedikit gula”, dan lain sebagainya. Dalam Bahasa Inggris, fenomena pengucapan benda berdasarkan kuantitas disebut Adjective of Quantity.

Belajar mengenai materi ini sangat asyik loh, sebab berkaitan dengan kehidupan kalian sehari-hari. Jadi, kalian ingin tahu lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud Adjective of Quantity? Jika ya, mari simak penjelasan berikut ini!

Pengertian

Adjective of Quantity atau yang dalam Bahasa Indonesianya “kata sifat kuantitas” adalah kata sifat yang memuat penjelasan atau informasi lebih detail tentang kuantitas suatu benda.

Namun, jumlah benda tersebut tidak disebutkan secara pasti. Materi ini mempunyai fungsi sebagai keterangan kuantitas (jumlah, ukuran, kadar, berat) suatu benda.

 

Jenis-Jenis

Adjective of Quantity terbagi menjadi beberapa jenis. Apa saja jenisnya? Ada 3 jenis, yaitu countable, uncountable noun, dan countable-uncountable noun.

1. Countable Noun

Jenis yang pertama adalah countable noun. Sesuai terjemahannya, countable noun merupakan “kata benda yang dapat dihitung”. Ada beberapa macam Adjective of Quantity yang digunakan pada countable noun, di antaranya:

    • A/An

A atau an merupakan kata yang menyatakan jumlah tunggal (singular). Artinya, benda hanya ada satu. A atau an ini memiliki arti sebuah, seorang, sepotong, setangkai, seekor, selembar, seberkas, secarik, dan lain-lain menyesuaikan kata bendanya.

Perhatikan contoh kalimat berikut.

I will eat an apple. (Aku akan makan sebuah apel.)

Nanda caught a butterfly. (Nanda menangkap seekor kupu-kupu.)

    • Number

      (two, three, four)

Number di sini merupakan ukuran angka, seperti dua, tiga, empat dan seterusnya. Penggunaan nomor atau angka di depan kata benda menunjukkan jumlah benda tersebut. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

I have three pens for my friend. (Aku punya tiga pena untuk temanku.)

There are four ducks swimming in the river. (Ada empat bebek berenang di sungai.)

    • Every/each

Kata sifat every dan each memiliki makna yang sama. Keduanya sama-sama memiliki arti “setiap”. Meski begitu, penggunaan every dan each berbeda.

Every digunakan untuk menyatakan keseluruhan benda, sedangkan each digunakan untuk menyatakan satu benda saja. Coba kalian lihat contoh berikut.

Every girl is beautiful. (Setiap perempuan itu cantik.)

Each students must come earlier. (Setiap siswa harus datang lebih pagi.)

    • Some/several

Some dan several juga sama-sama memiliki arti “beberapa”. Perlu ditekankan bahwa kata sifat ini hanya dapat digunakan untuk penggunaan benda yang jumlahnya lebih dari satu. Simak contohnya.

Anitha gives me some marbles. (Anitha memberiku beberapa kelereng.)

My father goes to New York for several days. (Ayahku pergi ke New York selama beberapa hari.)

    • A few/fews

Kata sifat a few atau fews yang artinya “sedikit” digunakan bersama countable noun atau benda yang tidak dapat dihitung. Kata ini merujuk pada benda jamak. Simak contoh kalimatnya berikut.

Our teacher gives us a few of assignments. (Guru kami memberi kami sedikit tugas.)

You need fews strawberry to make ice cream. (Kamu memerlukan sedikit stroberi untuk membuat es krim.)

    • Many

Berikutnya adalah kata sifat many yang artinya “banyak”. Many merujuk pada kata benda jamak dan pada umumnya digunakan pada kalimat berita. Perhatikan contoh kalimat di bawah.

There are many chairs in my house. (banyak sepeda yang diparkir di depan museum).

– I need many book to study. (Aku memerlukan banyak buku untuk belajar.)

 

2. Uncountable Noun

Jenis selanjutnya adalah uncountable noun atau yang artinya “kata benda yang tidak dapat dihitung”. Berbagai ekspresi Adjective of Quantity untuk uncountable noun antara lain:

    • Much

Sama seperti many, much artinya “banyak”, namun digunakan untuk menyatakan benda yang tidak dapat dihitung. Meskipun jumlahnya banyak, much tergolong dalam benda tunggal (singular). Coba perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

There is much salt on the floor. (Ada banyak garam di atas lantai).

– Please give him much love, because he lives alone. (Tolong berikan dia banyak cinta, karena dia hidup sendirian.)

    • A little

A little berarti “sedikit”. Berbeda dengan a few atau fews, a little digunakan untuk menyatakan benda yang tidak dapat dihitung. Kalian bisa lihat contohnya di bawah ini.

I am thirsty, give me a little water, please! (Aku haus, tolong beri aku sedikit air!)

My mom always saves a little money everyday. (Ibuku selalu menyimpan sedikit uang setiap hari.)

    • A lot of/lots of

A lot of atau lots of sama-sama memiliki arti “banyak”. Berbeda dengan many, kata sifat ini digunakan untuk menyatakan benda yang tidak dapat dihitung. A lot of atau lots of pada umumnya digunakan di kalimat berita. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

Daniel adds a lot of sugar into my tea. (Daniel menambahkan banyak gula di tehku.)

My Dad has lots of time at home during this pandemic. (Ayahku punya banyak waktu di rumah selama pandemi ini.)

    • All

All memiliki arti “semua” atau “seluruh”, serta menunjukkan kata benda yang tidak dapat dihitung. Kalian bisa perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

My mother gives me all affection she has. (Ibuku memberiku semua kasih sayang yang dia miliki.)

– Gina loses all her money. (Gina kehilangan semua uangnya.)

 

3. Countable-Uncountable Noun

Jenis Adjective of Quantity yang terakhir adalah countable-uncountable noun atau “kata benda yang dapat dihitung dan tidak dapat dihitung”.

Berikut beberapa kata sifat yang dapat digunakan, baik untuk countable (kata benda yang dapat dihitung) dan uncountable (kata benda yang tidak dapat dihitung), antara lain:

  • Any/some

Any dan some sama-sama memiliki arti “beberapa”. Any cenderung digunakan dalam kalimat negatif serta untuk menyatakan kalimat tanya. Sementara some digunakan dalam kalimat positif dan biasanya terdapat dalam kalimat berita.

Ingat pula, apabila menggunakan some, kata benda tersebut tergolong benda jamak (plural). Mari perhatikan contoh kalimatnya di bawah ini.

Contoh countable noun:

Some students get perfect scores in Mathematics test.
(Beberapa siswa mendapatkan nilai sempurna dalam ujian Matematika).

Contoh uncountable noun:

Do you have any time? I want to talk with you.
(Apa kamu punya waktu? Aku ingin berbicara denganmu.)

  • A lot of/lots of

Seperti yang sudah dijelaskan, a lot of atau bisa juga lots of memiliki arti “banyak”. Ekspresi ini biasanya dipakai dalam kalimat berita. Lihat contoh kalimat berikut.

Contoh countable noun:

My brother buys a lot of books today.

(Kakak laki-lakiku membeli banyak buku hari ini.)

Contoh uncountable noun:

My grandma needs lots of money, because she wants to buy a gold necklace.
(Nenekku membutuhkan banyak uang, karena dia ingin membeli kalung emas.)

Itu tadi penjelasan mengenai Adjective of Quantity. Sekarang apa kalian sudah paham dengan materi tersebut?  Baca materi sebelumnya Fungsi dan Contoh Kaliamat Proper Adjective. Terus berlatih dan jangan menyerah ya, kalian pasti bisa!

Leave a Comment

four × three =