Adjective Clause: Karakteristik, Jenis, Fungsi dan Contoh Kalimat

Adjective Clause: Karakteristik, Jenis, Fungsi dan Contoh Kalimat

Belajar bahasa Inggris selama ini dirasa sulit dan membingungkan. Hal ini terbilang wajar karena memang bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang belum semua orang menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari mengingat bahasa utama kita adalah bahasa Indonesia. Namun, bahasa Inggris juga menunjang banyak hal. Apalagi jika menguasai bahasa tersebut, peluang untuk diterima bekerja bisa lebih besar. Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar utama di seluruh dunia. Untuk memulainya, komponen kecil dari bahasa Inggris kali ini adalah Adjective Clause.

Adjective clause atau yang juga disebut dengan relative clause merupakan dependent clause yang memiliki peran kata sifat atau adjective. Posisinya adalah menerangkan kata benda atau noun, kata ganti atau pronoun pada main clause. Yang disebut main clause atau complex sentences disini artinya adalah kalimat yang terdiri dari independent clause serta satu atau lebih dependent clause. Untuk lebih memahami tentang materi tersebut, Anda mengikuti penjelasan berikut.

Hal-hal yang Perlu diperhatikan sebelum Mempelajari Adjective Clause

Adjective Clause
Adjective Clause

Adjective clause bisa dibilang sebagai materi terlihat sepele dan sederhana namun sulit jika dipahami secara menyeluruh, namun posisinya sangat penting. Lagi-lagi melalui salah satu materinya pembelajaran bahasa Inggris membuktikan bahwa tidak semudah itu menguasainya karena masih ada banyak materi-materi terlihat dasar namun penting serta rentan terjadi kesalahan.

Dua Hal yang Perlu diperhatikan sebelum Mempelajari Adjective Clause

Sama seperti materi lainnya, adjective clause juga mempunyai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum sampai pada pendalaman materinya. Terlihat mudah, tetapi banyak pelajar atau seseorang mempelajarinya kesulitan dalam menggunakannya setiap rumusannya. Berikut akan dijelaskan melalui poin hal-hal perlu diperhatikan sebelum masuk ke pokok materinya.

1. Rumusan Kalimat yang Berbeda dengan Tenses tetap dengan Aturan

Pada dasarnya adjective clause ini tidak bisa dijelaskan hanya dengan menggunakan teori saja, tetapi juga secara langsung karena memang melalui teori-teori sulit menjelaskannya. Seperti tenses, meskipun adjective clause merupakan sebuah klausa yang tidak bisa berdiri sendiri namun mempunyai beberapa rumusan disebut sebagai pola.

Oleh sebab itulah hal yang perlu diperhatikan pertama, dimana adjective clause ini mempunyai peran sama pentingnya dengan tenses sehingga juga harus dipelajari secara baik dan benar. Meskipun dibutuhkan penjelasan secara langsung, namun pemahamannya juga akan dikembalikan pada masing-masing orang yang mempelajarinya.

2. Jangan Menyalah Artikan sebagai Bahasa Inggris dari “yang”

Meskipun sebagian adjective clause memang bisa diartikan sebagai “cara mudahnya” sehingga tidak dianjurkan digunakan secara terus menerus, karena tak semuanya bisa mengartikannya sebagai “yang”. Jika melihat pengalihan contoh kalimat dari Bahasa Indonesia ke Inggris tentu saja terbaca “yang” namun tak semudah itu mengartikannya.

Hal tersebut karena masih ada penjelasan yang lebih detail lagi terkait adjective clause, sehingga tidak bisa begitu saja hanya mengartikannya sebagai Bahasa Inggris dari “yang”. Meskipun memang terlihat dan terbaca seperti itu, namun jangkauannya akan lebih luas mengingat materi berbahasa Inggris tak akan terlihat semua itu.

Dengan melalui dua hal yang harus diperhatikan di atas terkait adjective clause, diharapkan bisa lebih dimengerti oleh setiap orang mempelajarinya. Seperti materi lainnya, pokok pembahasannya akan lebih sulit daripada kelihatannya sehingga harus benar-benar memperhatikan hal-hal penting di baliknya.

Karakteristik Adjective Clause

Perlu dipahami bahwa materi ini memang memiliki peran cukup penting dalam tatanan bahasa Inggris. Alasannya adalah karena sering digunakan dan berperan dalam memberi informasi yang lebih rinci di dalam satu kalimat. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa adjective clause merupakan satu klausa yang tidak bisa berdiri sendiri. Fungsinya ialah memodifikasi noun atau pronoun yang dimiliki pada kalimat kompleks.

Untuk kalimat kompleks itu sendiri memiliki rumus Independent + dependent clause dengan garis bawah adjective clause. Ada tiga karakteristik penting yang dimiliki adjective clause:

  1. Harus memiliki subjek dan kata kerja.
  2. Harus dimulai dengan relative pronoun atau relative verb.
  3. Sebagai adjective yang menjawab pertanyaan misalnya seperti apa, yang mana, berapa banyak dan lain sebagainya.

Anda bisa memperhatikan sifat dari kata benda pada kalimat “aku suka anak perempuan yang duduk disana” jika dialihkan menjadi bahasa Inggris maka akan menjadi “i like the girl who sits there” Contoh lainnya juga bisa Anda dapatkan seperti “rumah dimana Santi tinggal sangatlah besar” Jika dialihkan menjadi bahasa Inggris maka akan terbentuk kalimat “the house where Santi lives is very big”. Kata penghubung yang di kalimat pertama memiliki fungsi memberi sifat untuk kata perempuan. Sementara kata dimana di contoh kedua adalah memberi sifat pada kata rumah.

Untuk jenis relative pronoun yang dimaksud adalah who, whom, that, whose atau which. Sementara relative adverb yang dimaksud ialah when, where atau why. Pola dari adjective clause itu sendiri biasanya mengikuti salah satu dari dua pola.

1. Pola I

Pola ini memiliki rumus relative pronoun atau adverb + S + V. Contoh dari rumus ini adalah i lost my bag whom i borrowed from her. Whom disini merupakan relative pronoun, I sebagai subjek dan borrowed sebagai verb.

2. Pola 2

Berbeda lagi dengan pola 2 dari adjective clause yang memiliki rumus relative pronoun sebagai subjek + V. Contoh dari rumus pola 2 ini adalah the expired number that was signed last year is no longer valid. That disini merupakan relative pronoun yang menjadi subjek, sementara was signed menjadi verb.

Jenis Adjective Clause

1. Jenis Restrictive

Jenis yang pertama memiliki fungsi untuk mengidentifikasi noun yang dijelaskan. Biasanya, jenis ini akan menggunakan relative pronoun that. Contohnya adalah i prefer to use camera that can capture a great picture. Contoh ini adalah jenis restrictive karena dibutuhkan agar bisa menjelaskan kata benda seperti kamera.

2. Jenis Non-Restrictive

Jenis yang kedua dari materi ini hanya sebagai informasi tambahan karena memang tidak terlalu diperlukan agar bisa mengidentifikasi noun yang dijelaskan. Jenis non-restrictive juga biasanya memiliki tanda koma yang mendahului relative pronoun. Contoh dari jenis ini adalah i prefer to use my camera, which can caputer a great picture. Mengapa termasuk jenis yang kedua? Karena hanya sebagai informasi tambahan dari kata benda kamera pada kalimat.

Cara Menghilangkan Relative Pronoun di Adjective Clause

Relative pronoun pada adjective clause bisa dihilangkan. Tetapi dengan beberapa ketentuan seperti:

  1. Jika ada relative pronoun yang berfungsi sebagai objek. Contohnya adalah He received the gift (which) i sent two days ago.
  2. Ketentuan kedua adalah ketika relative pronoun berfungsi sebagai subjek yang diikuti to be dan to be ini harus dihilangkan. Contohnya seperti I am excited to meet the peoples (who were) awarded by the faculty dean. Contoh kedua adalah My sister sold her home which is located in Jakarta.
  3. Ketentuan ketiga ialah ketika relative pronoun ini berfungsi sebagai subjek yang diikuti oleh have (not) agar bisa menyatakan kepemilikan. Tetapi, relative pronoun + have (not) juga harus digantikan dengan with atau without. Misalnya seperti i do not want to work a job which was strict rules. Kalimat ini bisa Anda ubah menjadi i don’t want to work a job with strict rules.

Tetapi, perlu Anda amati dengan contoh yang tak bisa diubah seperti She doesn’t want to be around people that hurt the feelings of other. Contoh ini tidak bisa menjadi She doesn’t want to be around people hurt the feelings of other.

Fungsi

1. Sebagai Subject

Fungsi pertama adjective clause dimana penggunaan ini adalah salah satu subjek kata yang dipakai adalah untuk who, that dan juga which. Contoh dari fungsi pertama ialah the cotton candy, that was made of sugar.

2. Sebagai Object

Fungsi kedua adalah penggunaan dengan kata whom, that, which dan juga who. Contohnya seperti that is book, which i want to buy.

3. Possessive

Fungsi yang ketiga adalah penggunaan kata whose. Tak banyak yang memahami fungsi ketiga ini. Contoh yang bisa Anda amati adalah Indra, whose car has burned down.

Contoh-Contoh Kalimat

1. Who

He is the man who study in my school. Kata “man” merupakan subject complement.

2. Whom

The woman whom you meet two weeks ago is my friend from Italy. Kata “woman” adalah menerangkan subject kalimat.

3. Whose

The actor, whose car is black, will meet me on Friday. Kata “actor” disini menerangkan sebagai subject kalimat.

4. Which

This bag which is very nice is a gift from my mom. Kata “bag” sebagai subject kalimat.

5. Where

Surabaya is a city where my family stay and i was born. Kata “city” menunjukkan sebagai subject complement.

6. That

It is the dress that i have dream of, i should buy it. Kata “house” menunjukkan subject complement.

Belajar dan menguasai bahasa Inggris memang tidak hanya menguasai tiap topiknya. Tetapi, untuk lancar bahasa Inggris sebaiknya dilakukan praktik sehari-hari dalam pronounciation atau pelafalannya. Cara ini akan memudahkan seseorang terbiasa mengucapkan dan mengerti bahasa Inggris termasuk bagaimana penggunaan adjective clause. Baca materi sebelumnya  : Pengertian Tenses Future Perfect Continuous.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.