Kategori: Pojok Bahasa

Future Perfect Continuous Lengkap Pengertian dan Contoh

Bagikan

Penggunaan Future Perfect Continuous biasanya digunakan dalam sebuah tindakan yang tengah berlangsung dan terus akan terjadi sampai beberapa saat.

Tidak hanya berbeda dengan perfect, pengertian dari kalimat ini juga berbeda. Tense ini, termasuk ke dalam tense yang cukup sulit untuk dipahami.

Tak hanya itu, tense ini juga tidak terlalu sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun tentu tidak ada salahnya jika anda mengetahui pengertian, contoh, dan juga penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ulasannya untuk anda.

Pengertian Future Perfect Continuous

Future perfect continuous merupakan salah satu bentuk kalimat yang digunakan untuk dapat mengekspresikan tindakan yang sedang akan berlangsung ataupun berkelanjutan. Dimana akan dimulai pada waktu tertentu atau di masa depan dan terus berlanjut hingga masa nanti.

Terdapat dua referensi waktu lanjutan dalam tense ini. Dua referensi waktu tersebut adalah for then months, for 2 years, since Monday, dan since June.

Apabila tidak terdapat referensi waktu, maka kalimat tersebut jelas future continuous tidak menyatakan future perfect continuous. Karena tanpa menggunakan referensi waktu yang berkelanjutan, maka kalimat tersebut adalah future continuous tense.

Terdapatnya referensi waktu yang berkelanjutan tersebut dapat membedakan antara future continuous tense dan juga future perfect continuous tense.

Rumus Future Perfect Continuous

Penggabungan antara tiga buah rumus bentuk kalimat yaitu simple future tense, present perfect tense, dan juga perfect continuous tense, maka akan tercipta sebuah rumus dari future perfect continuous.

Rumus dari tense ini dapat dibangun dengan menggunakan Will/Shall + Have + Been + Present Participle (Verb-1+Ing) + Since/For + Time Signal.

Secara umum future perfect continuous hanya akan terjadi pada aksi berupa dynamic atau action verb. Tense ini tidak akan terjadi pada stative verb karena pada umumnya hanya dynamic verb lah yang memiliki bentuk continuous.

Rumus Bentuk Kalimat Positif

Subyek + will + have been + -ing/present participle

Contoh Kalimat

– I shal have been shiting under the tree since 10 A.M.
– The cat will have been sleeping long.
– They will have been playing

Rumus Bentuk Kalimat Negatif

Subyek + will + not + have been + -ing/present participle

Contoh Kalimat

– They will not have been playing
– The cat won’t have been sleeping
– She will has been swiming with her boyfriend for 3 hours.

Rumus Bentuk Kalimat Interogatif

will + Subyek + have been + -ing/present participle

Contoh Kalimat

– Will they have been playing
– Will the cat have been sleeping
– Shil she have been swiming with her boyfriend for 3 hours.

Sedangkan untuk penggunaan future perfect continuous dalam sebuah percakapan dimulai dengan menggunakan kalimat yang terdapat dalam poin-poin berikut ini.

Penerapan Future Continuous Tense Dalam Kalimat

Masing-masing dari ketiga contoh dalam kalimat ini akan menggambarkan 3 kategori positif, negatif, ataupun interogatif. Berikut adalah contohnya.

  1. I will be delivering my speech over the next weeks (Aku tengah akan memberikan sebuah ceramah dalam minggu ini dan juga minggu depan).

Penjelasan

Dalam bentuk positif dari kalimat future perfect continuous ini dilambangkan dengan menggunakan komponen will be, sementara untuk komponen verb + Ing-nya merupakan sebuah delivering (Memberikan dari asal verb-nya , deliver).

Terdapatnya over the next weeks (Dalam beberapa minggu kedepan) Menunjukkan kalimat ini digunakan sebagai sebuah proyeksi diri sendiri di masa yang akan datang.

  1. I guess you will not be accompanying that woman in her concert (Mungkin kamu tidak akan mendampingi perempuan itu dalam sebuah konsernya).

Penjelasan

Terdapatnya sebuah komponen will not be pada contoh kalimat tersebut menandakan bahwa bentuk negatif dari future perfect continuous tense.

Komponen verb+ing yang melambangkan sesuatu dimana di masa depan sedang akan terjadi adalah accompanying menemani dari asal verb accompanying guess.

Kalimat tersebut merupakan sebuah pertanda atau perkiraan atau proyeksi kejadian yang tidak akan menemani perempuan tersebut dalam konsernya di masa yang akan datang.

  1. Will you be going with my mother tomorrow evening? (Akankah kamu akan ikut dengan ibuku besok sore?)

Penjelasan

Tak hanya diakhiri menggunakan tanda tanya, namun penjelasan dari tense tersebut menunjukkan kalimat interogatif pada kalimat.

Kalimat interogatif tersebut ditunjukkan pada kalimat will yang terletak pada bagian awal kalimat dan juga be serta verb+ing-nya yaitu going yang mengampit subjek yaitu you.

Pertanyaan yang menggunakan bentuk future perfect continuous tersebut merupakan salah satu contoh penggunaan kalimat yang sopan.

Fungsi Future Perfect Continuous

Penggunaan future perfect continuous adalah untuk menyatakan sebuah keadaan ataupun tindakan seperti yang telah dijelaskan tadi. Adapun beberapa fungsi dari tense ini dapat digunakan untuk keadaan dan juga peristiwa sebagai berikut.

  1. Berfungsi untuk menyatakan sebuah peristiwa ataupun kejadian yang akan terjadi pada waktu yang akan berlangsung selama beberapa waktu di masa yang akan datang.

Contoh Kalimat

I shall have been living in Jogja for four years by next year. (Aku sudah sedang tinggal di Jogja selama waktu empat tahun menjelang lima tahun)

  1. Berfungsi untuk menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang akan terjadi pada waktu yang tengah dilakukan di masa lampau dan akan terus dilakukan pada waktu yang akan datang.

Contoh Kalimat

Rena will have been visiting her aunt for a week by the end of this year. (Rena akan telah mengunjungi bibinya selama minggu ini menjelang waktu akhir tahun)

Ciri Future Perfect Continuous

Berikut merupakan ciri-cirinya.

  1. Predikat kalimat yang sering digunakan dalam bentuk tense ini adalah bentuk Shall ataupun Will.

Contoh Kalimat

I shall have been cooking rendang. (Aku akan sedang memasak rendang)

  1. Meskipun kalimat tersebut akan menunjukkan kata ketiga yang tunggal, akan tetapi kata have tidak akan pernah berubah menjadi has. Sebab hal itu merupakan rumus kalimat dari tense ini dan sudah paten serta tidak dapat diubah.

Contoh Kalimat

I have reading novel since for two weeks.

  1. Setelah kata have terdapat kata been yang akan menunjukkan bahwa sebuah perbuatan tersebut sudah dilakukan atau sedang dilakukan.
  2. Namun, meskipun tidak dijelaskan interrogative yang seperti apa, bila melihat struktur kalimat soal.

Keterangan Waktu

Tanda dari keterangan waktu atau time signal yang sering dipergunakan dalam bentuk tense ini adalah for, next, at this tomorrow, for two weeks, month, by the end of 2000, dan yang terakhir by the end of this weeks.

Kesimpulan

Fungsi dari future perfect continuous adalah untuk menyatakan suatu tindakan yang sedang akan dilakukan atau berlangsung dan akan terjadi selama beberapa saat di masa depan dengan rumus.

Will + Have + Been + Present participle (Verb-ing + Ing) O + Since/For + Keterangan waktu.

Sedangkan untuk cirinya dapat disimpulkan adalah predikat dari kalimat tense ini sering menggunakan kalimat Shall ataupun Will dengan menggunakan keterangan waktu. Keterangan waktu yang digunakan berupa at this tommorow, for, atau by the end of this week.

5 / 5 ( 5 votes )

Artikel Terbaru

Possessive Adjective: Pengertian, Contoh Kalimat dan Perbandingannya

Menguasai bahasa Inggris merupakan nilai plus bagi seseorang. Apalagi melihat bagaimana penggunaan bahasa Inggris saat ini yang menjadi bahasa pengantar… Baca Lebih Lanjut

21/10/2020

Adjective Clause: Karakteristik, Jenis, Fungsi dan Contoh Kalimat

Belajar bahasa Inggris selama ini dirasa sulit dan membingungkan. Hal ini terbilang wajar karena memang bahasa Inggris merupakan bahasa asing… Baca Lebih Lanjut

19/10/2020

5 Hal Keunikan yang Bisa Anda Temukan di Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare adalah sebuah kampung yang berada di Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur. Mungkin yang Anda bayangkan saat mendengar… Baca Lebih Lanjut

11/10/2020

7 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Kamu Yang Sudah Bekerja

Kecakapan dan keterampilan berbahasa Inggris memang sangat dibutuhkan seiring perkembangan zaman. Tidak hanya di dunia pendidikan, dunia kerja juga pergaulan… Baca Lebih Lanjut

03/09/2020

Future Perfect: Pengertian, Contoh, dan Rumus Penggunaan

Pemakaian kalimat dalam bahasa Inggris memiliki beberapa aturan. Aturan tersebut sama halnya dengan aturan kita melakukan percakapan atau belajar bahasa… Baca Lebih Lanjut

28/07/2020

Future Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Ciri, dan Fungsi

Future Continuous menjadi salah satu bentuk tense yang ada dalam bahasa Inggris. Kalimat ini biasanya digunakan untuk menjelaskan aksi yang… Baca Lebih Lanjut

28/07/2020