Future Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Ciri, dan Fungsi

3 min read

Future Continuous Tense

Future Continuous menjadi salah satu bentuk tense yang ada dalam bahasa Inggris. Kalimat ini biasanya digunakan untuk menjelaskan aksi yang terjadi di masa mendatang. Dimana untuk menunjukkan tindakan selama waktu tertentu dengan menggunakan rumus tertentu.

Pentingnya mempelajari bentuk kalimat di dalam bahasa Inggris ialah untuk menunjang percakapan serta menulis dengan kosa kata Inggris secara tepat dan benar. Pasalnya, bentuk kalimat dalam bahasa Inggris mencapai 16 tense. Untuk itu, ada baiknya untuk mengerti cara penggunaan serta rumus-rumusnya.

Pengertian Future Continuous

Future continuous tense merupakan salah satu bentuk kalimat di dalam bahasa Inggris yang menunjukkan suatu kejadian di masa yang akan datang. Dimana kejadian ini akan berlanjut untuk waktu lama yang diharapkan.

Bentuk ini bisa disebut juga dengan future progressive tense yang digunakan pada action verb. Hal ini untuk membutuhkan waktu dengan durasi tertentu.

Perlu diketahui jika action verb adalah suatu kata yang menggambarkan aktivitas, misalnya seperti running (berlari). Stative verb digunakan dalam menggambarkan keadaan untuk keberadaannya, misalnya seeming (tampak).

Rumus Future Continuous Tense

Agar bisa menyusun kalimat ini, maka dibutuhkan kalimat utama yang terdiri dari 3 yaitu kalimat positif, negatif, dan kalimat tanya. Ketiga kalimat ini adalah bentuk dasar dari kalimat untuk bahasa Inggris.

  • Kalimat Positif
    Subyek + Will Be + Verb 1-ing (Present Participle)
  • Kalimat Negatif
    Subyek + Will + Not + Be + Verb 1-ing (Present Participle)
  • Kalimat Tanya
    Will + Subyek + Be + Verb 1-ing (Present Participle)

Bentuk kalimat lain yang menggunakan kalimat ini adalah bentuk kalimat wh-question yang berarti ini merupakan kalimat tanya yang memiliki awalan What, Where, When, Who, Which, Why, How, serta Whose. Untuk itu, simak rumus berikut untuk lebih tepat dalam penggunaannya.

  • Menanyakan Subyek
    Who/What + Will + Be + Verb 1-ing (Present Participle)
    Whose/Which + Noun + Will + Be + Verb 1-ing (Present Participle)
  • Menanyakan Obyek
    Who/What + Will + Subyek + Be + Verb 1-ing (Present Participle)
    Whose/Which + Noun + Will + Subyek + Be + Verb 1-ing (Present Participle)
  • Menanyakan Kata Keterangan (Adverb)
    When/Where/Why + Will + Subyek + Be + Verb 1-ing (Present Participle)
    How + adverb + Will + Subyek + Be + Verb 1-ing (Present Participle)
Baca :  Jenis Kata Keterangan Dalam Bahasa Inggris & Contohnya

Fungsi Kalimat Future Continuous Tense

Tense ini menggunakan bentuk kalimat dalam menyatakan kejadian yang akan datang dengan jangka waktu panjang dan akan berlanjut. Adapun fungsi menggunakan kalimat ini sebagai percakapan dan menulis dalam bahasa Inggris yakni sebagai berikut.

  • Untuk fungsi dasar dari bentuk ini menyatakan kejadian dan aksi yang dilakukan dalam waktu tertentu yang terjadi di masa depan.
  • Kalimat bentuk ini bisa untuk menebak dan memprediksi mengenai kejadian yang akan datang dan sudah pasti terjadi.
  • Selain itu, kalimat ini bisa juga untuk menyatakan pertanyaan dengan sopan. Jika menggunakan bentuk ini untuk bertanya, akan memberi kesan menanyakan pendapat orang lain dengan apa yang anda tanyakan. Berbeda dengan bentuk simple future yang akan terkesan memaksakan kehendak.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami mengenai semua rumus yang berkaitan dengan future continuous tense serta bisa membuat kalimat untuk percakapan dan penulisan yang baik dan tepat, dapat dengan melihat contoh kalimat ini.

Fungsi Dasar

  • Bob and his girlfriend will be having dinner, tomorrow night
    Bob dan kekasihnya akan makan malam, besok malam
  • I will be cleaning my house this evening
    Saya akan membersihkan rumah saya, sore ini

Fungsi untuk Memprediksi

  • Bob will be coming in few minutes. He is on the way, right now
    Bob akan datang dalam beberapa menit. Dia sedang di jalan saat ini

Fungsi untuk Menanyakan Pertanyaan Sopan

  • Will you be attending our reunion party, tonight ?
    Apakah kamu akan menghadiri pesta reuni kita, malam ini?

Selanjutnya adalah contoh kalimat future continuous tense untuk menanyakan wh-question dengan ketentuan diatas dengan tepat dan benar.

Menanyakan Subyek

  • Who will be driving my car tomorrow morning ?
    Siapa yang akan mengendarai mobil saya besok pagi?
    Answer : Bob
Baca :  Kata Sambung Dalam Bahasa Inggris

Menanyakan Obyek

  • What will Bob be driving tomorrow morning ?
    Apa yang akan dikendarai Bob besok pagi?
    Answer : My car

Menanyakan Kata Keterangan

  • When will Bob be driving my car ?
    Kapan Bob akan mengendarai mobil saya?
    Answer : Tomorrow morning

Ciri-Ciri Kalimat

Jika nanti anda menemui pertanyaan untuk soal ujian dengan ciri-ciri berikut, berarti menandakan ini adalah kalimat future continuous tense. Umumnya predikat dalam kalimat akan berupa shall/will + be + preseny participle. Jadi, setiap kalimat yang memiliki ciri ini akan menjadi kalimat yang menunjukkan kejadian di masa depan dengan berkelanjutan.

Meski tense memiliki bentuk yang banyak, jangan salah untuk mengerti jika bentuk ini adalah future continuous yang berarti membicarakan kejadian yang akan datang serta bisa berarti sebuah pertanyaan yang bermakna lebih baik.

Keterangan Waktu

Dalam penulisannya, akan membutuhkan kata keterangan waktu atau disebut juga dengan time signal. Dimana kata yang sering digunakan untuk membuat kalimat ini.

Misalnya kata tomorrow (besok), while (sementara), when (ketika), if (jikalau), at this time tomorrow (pada saat ini besok), dan at the same time next week (pada waktu yang sama minggu depan). Semua kata ini akan digunakan untuk menunjukan waktu dalam kalimat ini.

Sama seperti bentuk continuous lainnya, bentuk ini akan menyatakan sedang diproses, maka bentuk ini akan menyatakan sesuatu yang sedang dalam proses untuk waktu mendatang. Untuk lebih memahami dan mengerti, ini dia contoh untuk kalimatnya.

  • Now Susi is studying Indonesia history (Sekarang Susi sedang belajar sejarah Indonesia)

Nah, untuk mengatakan jika Susi besok sedang belajar sejarah Indonesia, maka bisa dituangkan dalam bahasa Inggris dengan benar seperti:

  • Susi will be studying Indonesia history at the same time tomorrow (Susi akan sedang belajar sejarah Indonesia pada waktu yang sama besok)
Baca :  Past Perfect: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

Manfaat Belajar Tense

Bisa memperlancar kemampuan bahasa Inggris anda dengan baik saat sedang berbicara dengan orang lain dari warga negara asing, terutama mereka yang berasal dari negara yang bahasa utamanya adalah bahasa Inggris.

Bisa menghindari kosakata yang salah. Pasalnya, bentuk kalimat dalam bahasa ini banyak. Jadi, perlu dipelajari agar tepat guna dan disesuaikan dengan waktu berlangsungnya kejadian. Dengan mempelajari tata bahasa yang baik dan benar, bisa membuat anda dengan mudah mengerti jika diajak berkomunikasi.

Kesimpulan

Future continuous menjadi kalimat yang digunakan dengan maksud menunjukkan sesuatu yang akan terjadi di masa depan dengan durasi waktu yang diharapkan. Bentuk dasar dari kalimat ini dengan rumus S + Shall/will + Be.

Penggunaan yang tepat akan membuat anda bisa mengerti dengan cepat ketika dibutuhkan komunikasi menggunakan bahasa Inggris. Terlebih lagi, untuk menyatakan kejadian yang akan datang, baik bentuk kalimat positif, negatif, maupun kalimat untuk menanyakan sesuatu hal dengan sopan. Baca artikel sebelumnya: Tenses Simple Future.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *