Past Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Fungsi

3 min read

14. Pengertian, Rumus dan Fungsi Past Continuous Tense

Tenses menjadi bentuk dari suatu kalimat yang ada dalam bahasa Inggris. Tenses yang digunakan untuk mengatakan waktu lampau dalam bahasa Inggris dinamakan past tense. Sedangkan untuk mengatakan waktu lampau ini dibagi ke dalam beberapa golongan, salah satunya dengan bentuk past continuous.

Pasalnya, di dalam bahasa Inggris untuk mengatakan kalimat dibutuhkan kata yang menandakan terjadinya waktu kejadian, sehingga setiap masa akan mempunyai bentuk kalimat yang berbeda. Untuk mengatakan kalimat yang benar, kita senantiasa mempelajari bentuk kalimat serta mengetahui fungsi bentuk kalimat. Dengan mengetahui bentuk dan fungsinya, nantinya tidak akan mengalami kesalahan jika melakukan pembicaraan menggunakan Bahasa Inggris.

14. Pengertian, Rumus dan Fungsi Past Continuous Tense
bacaboy.com

Pengertian Past Continuous

Pengertian dari past continuous adalah suatu bentuk kalimat yang memberi penjelasan berkaitan dengan kejadian peristiwa untuk rentan waktu tertentu yang sudah terjadi di masa lampau. Dalam pengertian berapa lama waktu ini berlalu, itu tidak menjadi masalah sehingga tidak terlalu sering diucapkan. Contohnya, saya sedang melakukan aktivitas B kemarin.

Kalimat ini bisa dikatakan sebagai continuous yang sudah terjadi di masa lampau. Nah, untuk itu, mari kita pelajari secara lebih detail mengenai bentuk kalimat ini. Bentuk kalimat ini nantinya akan menunjukkan waktu sebelum (began before) dan selama (was in progress during). Selain itu, juga aktivitas yang masih berlanjut (continued) untuk waktu yang sudah terjadi di masa lampau.

Rumus Past Continuous Tense

Untuk membuat kalimat bentuk lampau akan dibagi menjadi 3 jenis, dimana sesuai dengan macam kalimat positif, negatif, serta kalimat tanya.

  • Kalimat Positif
    Subyek + Be (was/were) + [verb 1 + ing] (present participle)
  • Kalimat Negatif
    Subyek + Be (was/were) + not [verb 1 + ing] (present participle)
  • Kalimat Tanya
    Be (was/were) + subyek + [verb 1 + ing] (present participle)?
Baca :  10 Cara Agar Anak Pintar Bahasa Inggris Sejak Kecil

Hal yang dimaksud dengan present participle ialah bentuk kata kerja yang bisa digunakan dalam bentuk kalimat continuous tenses yang akan dipakai untuk menunjukkan kegiatan yang sedang dilakukan oleh subyek. Kata kerja ini biasanya akan diakhiri dengan tambahan “ing”. Selain bentuk pokok, kalimat ini masih ada bentuk yang menggunakan rumus past continuous tense untuk menjelaskan lebih detail lagi. Untuk yang pertama dengan menggunakan bentuk kalimat ini, ada 3 rumus yang bisa diterapkan.

  • Menanyakan Subyek
    Who/what + Be (was/were) + present participle
    Whose/which + Noun + Be + (was/were) + present participle
  • Untuk Menanyakan Obyek
    Who/what + Be (was/were) + present participle
    Whose/whice + noun + Be (was/were) + present participle
  • Menanyakan keterangan
    When/where/why + Be (was/were) + subyek + present participle
    How + adverb + Be (was/were) + subyek + present participle

Kedua untuk membuat kalimat lampau dalam active voice serta passive voice. Hal yang dimaksud dengan active voice adalah kalimat yang menyatakan jika subyeknya sebagai pelaku untuk kata kerjanya. Sedangkan untuk passive voice merupakan bentuk kalimat yang menyatakan jika subyek akan menjadi obyek yang dikenai kata kerja. Berikut rumus dari 2 bentuk kalimat past continuous tense untuk active voice dan passive voice.

  • Active Voice
    Subyek + Be (was/were) + present participle + direct object
  • Passive Voice
    Subyek (direct object) + Be (was/were) + being + past participle (verb 3) + by + agent

Anda bisa menghilangkan by pada passive voice dengan by + agent, sesuai dengan kalimat yang nantinya akan digunakan. Untuk past participle bentuk verb 3 biasanya kata kerja masa lampau akan dibentuk dengan menggunakan kata dasar yang diakhiri dengan ed, en, d, t, n, serta ne. Misalnya untuk kata taken, learned, serta masih banyak lagi.

Fungsi Kalimat Lampau

Penggunaan kalimat lampau ini sangat banyak manfaatnya. Namun secara umum, fungsi bentuk lampau ini ada 5 kegunaannya. Pertama, kalimat ini untuk menyatakan sebuah peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Fungsi ini bisa menjadi fungsi dasar dari bentuk kalimat ini.

Baca :  Past Perfect Continuous, Pengertian dan Contoh Kalimat

Kedua, untuk menyatakan kejadian yang terjadi di masa lalu dalam waktu yang singkat. Selain itu, untuk menyatakan kejadian dengan durasi yang panjang. Dalam mengatakan waktu yang singkat, bisa menggunakan simple past tense. Sedangkan untuk durasi yang lama bisa memakai bentuk kalimat lampau.

Untuk menggabungkan kedua bentuk kalimat ini, bisa menggunakan kata “when dan while”. Bisa juga untuk menyatakan dua kejadian yang terjadi di masa lampau dalam waktu yang bersamaan. Untuk membuat kalimat seperti ini, diperlukan 2 kalimat past continuous tense. Dimana memiliki kedudukan yang sama dengan menggunakan kata “when dan while” untuk menggabungkan 2 kalimat ini.

Selain itu, bisa juga untuk menyatakan ketidaksukaan terhadap sesuatu yang disebut dengan irritation. Biasanya kejadian yang tidak menyenangkan yang dialami seseorang dan sangat mengganggunya sehingga dituangkan ke dalam kalimat.

Untuk fungsi yang terakhir adalah untuk memberikan sebuah pertanyaan dalam bentuk yang sopan. Bisa juga untuk membentuk kalimat yang menyatakan meminta bantuan dengan orang lain dimana baru mengenalnya atau untuk bertanya kepada orang yang lebih dihormati.

Contoh Kalimat

Untuk memaksimalkan teori diatas, bisa simak contoh kalimat yang menggunakan past continuous tense agar lebih tepat lagi dalam penggunaannya.

  • Kalimat yang memiliki fungsi dasar
    I was working all day last sunday
    Saya sedang bekerja seharian pada hari minggu yang lalu
  • Past continuous tenses + simple past tense
    I was sleeping when you come to my house yesterday
    Saya sedang tidur saat kamu datang ke rumahku kemarin
  • Past continuous setara
    She was sleeping ehen her car was stolen last night
    Dia tertidur saat mobilnya dicuri kemarin malam
  • Iritation
    She was always coming late for meeting
    Dia selalu datang terlambat ketika rapat
  • Pertanyaan
    I was wondering, if you cloud give me some drive?
    Saya ingin tahu, apakah anda dapat memberikan saya beberapa saran?
  • Active voice
    She was cleaning her house when i came
    Dia sedang membersihkan rumahnya saat saya datang
  • Passive voice
    Her house were being cleaned when i came
    Rumahnya sedang dibersihkan saat saya datang
Baca :  6 Tips Lulus TOEFL Dengan Mudah

Manfaat Belajar Tense Bahasa Inggris

Untuk mengasah kemampuan mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris yang baik dan benar, bisa dengan membuat kalimat-kalimat. Dengan rajin mengasah kemampuan menggunakan tenses bahasa Inggris, akan membuat anda semakin pandai dalam menyatakan sesuatu hal yang sudah terjadi di masa lampau dengan penggunaan susunan kalimat yang tepat. Terlebih jika nantinya akan melanjutkan sekolah yang ada di luar negeri.

Selain itu, dengan belajar menggunakan rumus yang ada dalam kalimat bentuk lampau, anda bisa mengetahui kapan sebuah kejadian bisa terjadi. Dengan memahami ini, akan membuat anda semakin lancar untuk berkomunikasi. Mengungkapkan kalimat ini pun bukan hanya dalam bentuk lisan, namun juga dengan bentuk tulisan.

Penulisan yang benar dan tepat bisa mendukung anda jika ingin bekerja dengan perusahaan asing. Misalnya dengan membuat sebuah jurnal, koran, laporan penelitian, serta bisa mengerti jika ada surat resmi yang datang dengan menggunakan kalimat bahasa Inggris. Kalimat past continuous tense bisa sangat membantu untuk mengungkapkan kalimat, baik tanya maupun kalimat aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *