Kategori: Pojok Bahasa

Present Continuous: Pengertian, Rumus, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimat

Bagikan

Dalam melakukan percakapan menggunakan Bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain pronounciation, ada pula hal yang perlu dipahami yaitu tenses. Tenses adalah aturan atau cara menyusun kata dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Salah satu tenses yang perlu dipelajari dari 16 tenses adalah Present Continuous.

Dalam bahasa Inggris terdapat 16 tenses yang sangat penting dan perlu dipelajari. Tenses tersebut digunakan untuk menyusun kalimat agar lebih padu dan memiliki makna yang tepat. Dengan menggunakan tenses, maka perpaduan kalimat akan lebih mudah dimengerti.

Pada dasarnya kejadian atau aktivitas yang dilakukan dibagi menjadi 3 waktu. Diantaranya adalah masa lampau atau The Past, masa sekarang atau The Present, dan masa yang akan datang atau The Future. Dari ketiga waktu tersebut kemudian muncul tenses sesuai keterangan waktu.

englishclassviaskype.com

Pengertian Present Continuous Tenses Dalam Bahasa Inggris

Apa fungsi dari tenses? Salah satu fungsi tenses adalah menyatakan suatu peristiwa dengan jelas. Kemudian mendukung tulisan yang bersifat formal dan melancarkan komunikasi terhadap lawan bicara. Adanya tenses dibedakan sesuai dengan keterangan waktunya sehingga fungsinya juga berbeda-beda.

Salah satunya adalah The Present yang menunjukkan waktu saat ini. Tenses dengan waktu The Present dibagi menjadi 4 tense. Diantaranya adalah Simple Present, Present Continuous, Present Perfect, dan Present Perfect Continuous. Tenses tersebut dibedakan sesuai dengan fungsi dan penggunaannya.

Untuk Present Continuous memiliki pengertian yaitu cara untuk menyampaikan setiap tindakan atau kejadian, perbuatan, dan peristiwa yang sedang terjadi. Bisa juga digunakan untuk menunjukkan perubahan atau perkembangan dalam jangka waktu yang lama.

Pada umumnya, tenses ini juga dikenal sebagai Present Progressive Tenses. Dalam aturan tenses yang satu ini, kata penghubung, time signal, dan subjeknya memiliki karakteristik tersendiri. Artinya, rumus yang digunakan berbeda dengan tenses yang lainnya.

Fungsi Present Continuous Dalam Bahasa Inggris

Fungsi utama dari tenses yang satu ini adalah memberikan gambaran atau menunjukkan peristiwa yang sedang terjadi saat ini. Bisa juga menunjukkan sesuatu yang kemungkinan akan terjadi. Berikut ini beberapa fungsi dari penggunaan Present Continuous.

1. Menyatakan Suatu Peristiwa yang Sedang Berlangsung

Tenses yang satu ini masuk dalam kategori The Present. Dimana suatu peristiwa yang sedang terjadi bisa diungkapkan menggunakan tenses yang satu ini.

Contoh: He is playing the game now. (Dia sedang bermain game sekarang)

2. Menyatakan Suatu Peristiwa dan Perbuatan yang Memiliki Sifat Sementara

Selain digunakan untuk menunjukkan peristiwa yang terjadi sekarang, tenses ini juga digunakan untuk menunjukkan suatu kejadian bersifat sementara.

Contoh: Jinnie is cooking now but she will wash the pan soon. (Jinnie sedang memasak sekarang tetapi dia akan segera mencuci wajan).

3. Menyatakan Suatu Peristiwa yang Akan Segera Dikerjakan

Present Continuous Tenses juga digunakan untuk menyampaikan kalimat yang akan dikerjakan segera. Sehingga bisa diartikan sebagai kejadian yang akan datang. Namun untuk keterangan waktunya harus disertakan dalam kalimat.

Contoh: Rose is leaving for Australia tomorrow. (Rose akan berangkat ke Australia besok).

4. Menyatakan Peristiwa yang Sedang Berlangsung Namun Tidak Dikerjakan Ketika Menyampaikan

Tenses ini juga digunakan untuk menyampaikan suatu pekerjaan atau perbuatan yang dilakukan. Namun pekerjaan atau perbuatan tersebut tidak sedang dilakukan ketika menyampaikannya.

Contoh: I am studying Korean letter at the State University of Seoul now. (Aku sedang belajar Sastra Korea di Universitas Seoul sekarang).

5. Menyatakan Sebuah Peristiwa Sebagai Bentuk Immediate Future Guna Memberi Perhatian

Fungsi yang satu ini memang hampir sama seperti kategori The Future.  Namun fungsi tenses ini lebih kepada pemberitahuan agar diperhatikan oleh banyak orang. Peristiwa yang disampaikan juga akan terjadi.

Contoh: The student are going to do exam. (Murid-murid akan segera mengerjakan ujian)

6. Menyatakan Peristiwa atau Kejadian yang Berubah-Ubah

Fungsi tenses yang satu ini juga digunakan untuk menyatakan sesuatu yang berubah-ubah. Terkadang ada perubahan kondisi secara tiba-tiba sehingga cara menyampaikannya menggunakan tenses ini.

Contoh: The price of smartphone is increasing very fast. (Harga smartphone meningkat dengan cepat).

Beberapa fungsi diatas bisa diaplikasikan pada percakapan sehari-hari. Namun hal yang perlu diketahui adalah menggunakan tenses ini harus sesuai dengan fungsinya. Sehingga percakapan dalam bahasa Inggris menjadi lebih lancar.

Apa Ciri-Ciri Present Continuous Tenses?

Setelah mengetahui berbagai fungsinya, anda juga perlu melihat ciri-ciri tenses ini pada setiap kalimat. Sebab, tenses kategori The Present memiliki ciri atau karakteristik tersendiri. Berikut ini penjelasannya.

  • Menggunakan kata kerja bentuk -ing atau V-ing. Contoh: playing, watching, doing, singing, cooking, dancing, dan lain-lain.
  • Apabila diubah menjadi kalimat tanya, maka to be akan berpindah ke depan. Diketahui bahwa to be terdiri dari am, is, dan are. Jika menggunakan kalimat tanya negatif, maka hanya ditambahkan not setelah to be. Contoh: Are not we singing BTS song?

Beberapa ciri-ciri diatas merupakan karakteristik dari tenses ini. Sehingga apabila muncul verb -ing atau kata kerja bentuk -ing, maka bisa ditengarai bahwa kalimat tersebut menggunakan Present Continuous.

Sebagai catatan, ada beberapa ciri lainnya yang biasa digunakan pada tenses ini. Salah satunya adalah keterangan waktu atau time signal. Keterangan waktu juga bisa digunakan untuk membedakan tenses satu dengan yang lainnya. Berikut ini beberapa keterangan waktu yang sering digunakan pada tenses ini.

  • Now : Sekarang
  • Right Now : Saat ini
  • Today : Hari ini
  • This Morning : Pagi ini
  • This Afternoon : Sore ini
  • Soon : Segera
  • Tonight : Malam ini
  • At Present : Sekarang ini

Rumus Penggunaan Present Continuous Tense

Selanjutnya adalah rumus untuk menggunakan tenses ini. Rumus ini digunakan sebagai acuan untuk menyusun kata kerja, subjek, objek, dan keterangan waktu agar menjadi kalimat yang padu. Berikut ini penjelasan rumusnya.

Kalimat Positif

Pada kalimat positif, kata kerja yang digunakan memiliki bentuk -ing. Kalimat ini biasanya digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa tanpa ada penambahan kata not.

Rumus : S + to be + Verb -ing

  • You are eating noodle now
  • I am learning book
  • She is sleeping

Kalimat Negatif

Selanjutnya adalah kalimat negatif yang menunjukkan ketidakcocokan peristiwa yang disampaikan. Sehingga penyampaian kalimatnya diberi penambahan not. Untuk kata kerjanya masih menggunakan kata kerja bentuk -ing.

Rumus: S + to be + not + Verb -ing

  • I am not watching tv now
  • Joonie is not eating pizza today
  • They are not using room today

Kalimat Tanya atau Interogatif

Present Continuous Tenses juga memiliki rumus untuk kalimat tanya atau interogatif. Namun rumus yang digunakan berbeda dengan rumus pada kalimat positif dan negatif. Perbedaannya adalah to be digunakan sebagai kalimat tanya sehingga digunakan di awal kalimat.

Rumus : To be + S + Verb -ing ?

  • Am i studying English now?
  • Is my mother cooking a spaghetti today?
  • Are you sleeping today?

Untuk kalimat tanya yang berbentuk negatif pada Present Continuous, rumus hampir sama. Hanya saja, terdapat tambahan not setelah to be. Contoh : Are not they singing this song?

5 / 5 ( 1 vote )