Kategori: Pojok Bahasa

16 Jenis Tenses Bahasa Inggris Dan Contohnya

Bagikan

Pada dasarnya, terdapat 16 Tenses Bahasa Inggris yang perlu dipelajari agar dapat melakukan percakapan dengan baik dan benar. Istilah tersebut bisa juga berarti bagaimana cara seseorang menyusun kata, supaya menjadi lebih padu serta memiliki makna lugas sekaligus mudah dimengerti.

Pengertian Tenses Bahasa Inggris

Ketika belajar menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar, tenses menjadi suatu hal mendasar dan sangat penting untuk dipelajari. Salah satu komponen berbahasa tersebut pada umumnya digunakan sebagai pernyataan suatu kejadian atau aktivitas dengan diiringi oleh keterangan waktu.

Kejadian atau aktivitas tersebut dapat terjadi pada masa lampau (the past), sekarang (the present) dan waktu mendatang (the future). Berdasarkan perbedaan tersebut, maka kemudian muncullah 16 jenis tenses dalam bahasa Inggris yang memiliki perbedaan fungsi berdasarkan keterangan waktunya.

Apabila seseorang sedang menyatakan suatu kejadian di masa sekarang, maka ia bisa menggunakan tenses yang diambil dari the present. Begitu pula jika Anda ingin membuat sebuah dongeng, tentu saja harus digunakan susunan kalimat berdasarkan the past karena sudah terjadi pada zaman dahulu.

Fungsi Tenses dalam Bahasa Inggris Secara Umum

Di dalam bahasa Inggris terdapat 16 jenis tenses yang memiliki fungsi berbeda-beda dan penggunaannya disesuaikan dengan keterangan waktunya. Adapun kegunaan dari penyusunan kalimat menggunakan secara baik serta tepat adalah sebagai berikut:

1. Menyatakan Suatu Peristiwa Secara Jelas

Seperti yang sudah disebutkan bahwa salah satu kegunaan dari tenses adalah untuk menyatakan suatu kejadian atau peristiwa secara merinci dan jelas berdasarkan keterangan waktu tertentu di masa lampau, sekarang serta mendatang. Semuanya berbeda sehingga perlu disesuaikan ketika menggunakannya.

Dalam menyatakan kejadian atau peristiwa, waktu menjadi salah satu faktor penentu dari susunan kalimat yang akan dibuat. Misalnya, pertayaan masa kini dan dongeng. Dua hal tersebut menunjukkan perbedaan perihal waktu sehingga ketika disampaikan kepada orang lain, maka tenses-nya juga beda.

2. Mengetahui Kapan Suatu Kejadian Berlangsung

Pada dasarnya terdapat 3 bentuk satuan waktu yang terdapat dalam tenses, yaitu past, present, dan future. Ketiganya memiliki fungsi dan penggunaan berbeda, seperti contoh kalimat “I am reading a book” dengan “I read a book”. Keduanya memiliki perbedaan jelas terkait arti maupun keterangan waktunya.

Oleh sebab itu, penggunaan tenses yang tepat dengan memperhatikan kaidah penyusunan kalimat secara benar dapat memberikan petunjuk berupa waktu. Sehingga pendengar atau lawan bicara ataupun Anda sendiri dapat mengetahui kapan peristiwa tersebut berlangsung.

3. Melancarkan Komunikasi Terhadap Lawan Bicara

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan tenses bisa menjelaskan pernyataan dari lawan bicara atau bahkan perkataan Anda sendiri sehingga komunikasi antara kedua belah pihak tetap berjalan secara lancar karena mengetahui keterangan waktunya.

Berbeda apabila tenses tidak diikut sertakan dalam percakapan, maka lawan bicara tidak akan mengetahui kapan peristiwa yang sedang dibicarakan tersebut terjadi. Hal ini menjadi penting apabila Anda sedang menyampaikan dongeng atau cerita lampau kepada orang lain.

4. Mendukung Tulisan yang Bersifat Formal

Berbagai instansi seperti akademik atau pemerintah memiliki standart tertentu perihal kepenulisan baik berupa surat atau edaran untuk disampaikan kepada para tokoh di dalamnya. Biasanya tulisan-tulisan tersebut harus ditulis dalam bentuk formal dan tentu saja menggunakan materi  bahasa Inggris yang baik dan benar.

Hal ini sangat perlu diperhatikan, terlebih jika Anda hendak menuliskan sebuah jurnal ilmiah dari hasil penelitian. Penulisan yang kurang tepat dan tidak disertai penggunaan tenses secara benar, dapat mengakibatkan adanya kerancuan dalam tulisan tersebut. Oleh sebab itu, penting sekali mempelajarinya.

Jenis Tenses dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penataan kata dalam berbahasa Inggris sangat penting untuk menunjang percakapan secara baik dan mampu menyampaikan makna dengan lugas. Setidaknya Anda hanya perlu menguasai 16 tenses agar kemampuan berbicara meningkat, seperti:

1. Simple Present Tense

Simple present tenses sering dipakai pada beberapa kalimat dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan fungsinya begitu umum, seperti untuk menyatakan sebuah fakta atau kebiasaan sehari-hari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pernyataan mengenai kejadian yang sedang berlangsung.

Kalimat yang disusun menggunakan simple present tense sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari karena menyangkut fungsi tersebut. Adapun rumus dari tensis ini adalah Subject + Verb 1. Penggunaannya bisa diterapkan pada berbagai kalimat, baik positif, negatif atau interogratif.

Contoh Kalimat Simple Present Tense:

  • My mom is very beautiful
  • Ranu does not work hard to get the scholarship
  • Do you believe in conspriracy theories?
  • I drink a water everyday to maintain my body fluids

Baca lebih lengkap di sini : Simple Present

2. Present Continuos Tense

Hampir sama dengan sebelumnya, present continuos tense juga digunakan untuk menunjukkan suatu kejadikan ketika percakapan tersebut berlangsung. Misalnya Anda sedang berbincang bersama teman lalu tiba-tiba terjadi kecelakaan di depan mata, maka digunakan tensis ini guna mendeskripsikannya.

Akan tetapi, present continuos tense juga bisa digunakan untuk menyatakan sebuah rencana di masa depan. Seperti apabila Anda ingin melakukan sesuatu, maka dapat menggunakannya untuk menyatakan keinginan tersebut. Adapun rumus tensis ini adalah Subject + is/am/are + Verb -ing.

Contoh Kalimat Present Continous Tense:

  • Look! Ridwan is talking with his teacher about the good idea for our class
  • My friend is driving a bicycle to Bundaran HI right now
  • The taxi is arriving in 6 hour
  • Talita and Robbin Hood are studying English at Jawa Timur Forest Park
  • Are you teaching Indonesian language to the tourist?

Baca lebih lengkap di sini : Present Continuous

3. Present Perfect Tense

Present perfect tense berfungsi untuk menunjukkan suatu hasil. Dengan kata lain, tensis ini digunakan sebagai penjabaran dari kejadian yang sudah lebih dulu dimulai di masa lampau. Lalu dinyatakan kembali atau bahkan masih berlangsung hingga sekarang. Penyusunan tersebut juga sering dipakai.

Pasalnya, seseorang tentu pernah membuat perencanaan untuk melakukan suatu kejadian atau aktivitas dan kemudian menceritakan hasilnya kepada teman atau orang lain. Penyampaian cerita tersebut bisa disusun dengan rumus dari present perfect tense, yakni S + has/have + Verb 3.

Contoh Kalimat Present Perfect Tense:

  • You have read this novel
  • Anita has lived in Jakarta for 10 years
  • Today, I have already finished my TOEFL test
  • Has she finished her assignment?

Baca lebih lengkap di sini : Present Perfect

4. Present Perfect Continuos Tense

Hampir sama dengan sebelumnya, present perfect continuos tense juga digunakan untuk menyatakan kejadian yang sudah dimulai pada masa lampau. Lalu dinyatakan kembali hasilnya atau bahkan masih berlangsung hingga sekarang. Bisa juga hanya sebatas menjabarkan kegiatan di waktu lalu saja.

Kejadian dalam present perfect continuos tense biasanya memiliki rentang waktu tertentu dan masih relevan dengan keadaan saat ini. Agar kalimat tersebut bisa menjadi pernyataan yang jelas serta lugas maka diperlukan untuk menggunakan rumus S + has/have + been + Verb –ing.

Contoh Kalimat Present Perfect Continous Tense:

  • I have been studying in this college since 2011
  • My son has been playing a football for 2 hours
  • Renata has not been teaching for the last 3 days because sick
  • Have you been reading this book?

Baca lebih lengkap di sini : Present Perfect Continuous

5. Simple Past Tense

Berbeda dengan poin pertama, simple past tense digunakan untuk menyatakan suatu kejadian atau kondisi di masa lampau. Susunan kalimat yang menggunakan tensis ini biasa ditemukan pada dongeng atau cerita-cerita legenda, karena memang fungsinya sendiri adalah menjabarkan peristiwa dahulu.

Menyusun kalimat dengan pola semacam ini tidaklah rumit, Anda hanya perlu menggabungkan antara subjek dengan verb 2. Apabila kedua komponen tersebut sudah tercantum, maka pernyataan tersebut sudah bisa digolongkan ke dalam simple past tense.

Contoh Kalimat Simple Past Tense:

  • My sister always met her boyfriend last week
  • Doni says that the school party started at 9 p.m.
  • I sent a letter to my mom yesterday
  • I ate noodles in the canteen

Baca lebih lengkap di sini : Simple Past

6. Past Continuos Tense

Biasanya pada masa lampau seseorang sering mengomentari mengenai suatu peristiwa lain. Dalam hal ini past continuos tense berfungsi untuk menjabarkan kejadian yang sedang dikomentari. Susunan kalimat tersebut tidak tergantung ataupun dibatasi oleh durasi.

Oleh sebab itu, meskipun kejadian tersebut sudah berlangsung begitu lama, past continuos tense tetap bisa digunakan. Asalkan memenuhi kaidah yang berlaku seperti menggunakan rumus dengan baik, yaitu subject + was/were + Verb –ing.

Contoh Kalimat Past Continous Tense:

  • Anya and Rana were playing basketball yesterday at field near home
  • My Father was reading a book when I entered in bedroom
  • She was sleeping when the bicyle crashed her home last night
  • Tasya was eating seafood with her sister yesterday

Baca lebih lengkap di sini : Past Continuous

7. Past Perfect Tense

Past perfect tense ini bisa dikatakan sebagai kejadian lebih dari masa lampau. Pasalnya, tensis tersebut berfungsi untuk menjabarkan suatu peristiwa yang terjadi sebelum adanya aktivitas lain dan keduanya berada pada zaman dulu. Kondisi tersebut dinyatakan sudah selesai lalu disusul oleh aksi lainnya.

Akan tetapi, past perfect tense lebih terfokus pada fakta sehingga jarang sekali ada dongeng yang menggunakan susunan kalimat ini. Adapun rumusnya adalah subjek + had + Verb 3. Biasanya digunakan untuk menyatakan suatu kejadian dan diiringi oleh peristiwa lain.

Contoh Kalimat Past Perfect Tense:

  • When Sasha came last morning, the drink had run out
  • The storm had stopped when I left to sleep
  • My sister had finished her homework yesterday, so we can shopping today
  • Clara had died before the doctor came

Baca lebih lengkap di sini : Past Perfect

8. Past Perfect Continuos Tense

Hampir sama dengan tensis sebelumnya, past perfect continuos tense ini juga menceritakan mengenai kejadian di masa lampau dan sudah selesai pada saat itu. Akan tetapi, dalam penggunaannya lebih menekankan kepada durasi sehingga biasanya disertai oleh kata penunjuk waktu tertentu.

Hal tersebut tentu berbeda dengan past perfect tense yang tidak terfokus atau terikat oleh durasi dari suatu kejadian. Untuk bisa membuat susunan kalimat sempurna, Anda harus menyertakan subjek + had + been + Verb –ing.

Contoh Kalimat Past Perfect Continous Tense:

  • I had been waiting for 2 hour when the guest came to my home
  • Reza had been studying in front of the home for 3 hour before the door was opened
  • I had been working all afternoon
  • My sister had been sleeping in the bedroom
  • Had Lara been studying English for 30 minutes yesterday?

Baca lebih lengkap di sini : Past Perfect Continuous

9. Simple Future Tense

Sesuai dengan namanya, simple future tense digunakan untuk menyatakan suatu aktivitas yang akan dilakukan pada masa depan. Bisa dikatakan, sebagai sebuah perencanaan di masa sekarang. Rencana tersebut bisa bersifat spontan ataupun sekedar asumsi dari seseorang.

Namun, asumsi tersebut masih berhubungan terhadap kejadian di masa depan. Penyusunan kalimatnya sangat sederhana, simple future tense hanya membutuhkan komponen berupa subjek ­+ will + Verb 1 atau S + be (is/am/are) + going to + Verb 1.

Contoh Kalimat Simple Future Tense:

  • She will join with us after check in at the hotel
  • Nanda is going to be a doctor after she graduated 2 years later
  • I am going to meet my father tomorrow with mother
  • Siska and Andri will go to the school after breakfast today

Baca lebih lengkap di sini : Simple Future

10. Future Continuos Tense

Hampir sama dengan tata cara penyusunan kalimat sebelumnya, akan tetapi pada future continuos tense ini terdapat penambahan peristiwa. Di mana fungsinya adalah untuk menyatakan suatu kejadian atau kondisi yang pasti akan terjadi dalam waktu dekat dan keduanya sama-sama terjadi pada masa depan.

Tata cara penyusunan kalimat bahasa Inggris yang diikuti oleh kata continuos selalu disertai oleh peristiwa lain pada saat itu. Sehingga pernyataan tersebut bisa berupa perencanaan atau asumsi. Adapun susunannya adalah dengan melibatkan subjek + will + be + V –ing.

Contoh Kalimat Future Continous Tense:

  • My mother will be cooking at the kitchen when I arrive
  • I will be sleeping at 3 a.m. after finish my homework
  • My father will be visiting me and Clara tomorrow, so we can go to the beach
  • The office boy will be cleaning this room soon
  • Will my grandfather having a new neighbor next week?

Baca lebih lengkap di sini : Future Continuous

11. Future Perfect Tense

Fungsi dari future perfect tense adalah untuk menyatakan suatu kejadian yang sudah selesai pada masa mendatang. Dengan kata lain, peristiwa tersebut dinyatakan telah usai, tetapi kejadiannya baru akan terjadi beberapa saat setelah percakapan berlangsung.

Penggunaan kalimat dengan menggunakan future perfect tense digunakan untuk membuat penyataan berupa fakta dalam bentuk rencana dan dipastikan akan terjadi pada masa mendatang. Rumusnya adalah subjek + will + have + Verb 3 (past participle).

Contoh Kalimat Future Perfect Tense:

  • The party will have finished by 11 p.m. tonight
  • My parents will have moved to Surabaya by the end of this month
  • Martha will have finished her homework by the time Rudi gets home
  • Will you have graduated from the college next year?

Baca lebih lengkap di sini : Future Perfect

12. Future Perfect Continuos Tense

Hampir sama dengan tensis sebelumnya, future perfect continuos tense berfungsi sebagai penyataan untuk menunjukkan suatu peristiwa di masa depan yang berlangsung dalam rentang tertentu. Pada penggunaannya, susunan kata seperti ini diikuti oleh keterangan durasi atau waktu.

Serangkaian peristiwa tersebut akan terjadi di masa depan sehingga dapat dikatakan sebagai sebuah asumsi. Adapun rumus dari future perfect continuos tense adalah subjek + will + have + been + Verb –ing.

Contoh Kalimat Future Perfect Continous Tense:

  • I will have been working at a new company this new year
  • Siska and Nanda will have been visiting their parent’s house by the end of this month
  • He will have been talking with his doctor for the next hour

Baca lebih lengkap di sini : Future Perfect Continuous

13. Simple Past Future Tense

Simple past future tense memiliki hubungan yang erat antara masa lampau dengan kejadian di waktu mendatang. Susunan kalimat tersebut digunakan untuk menyesuaikan perubahan berupa prediksi, asumsi, dan juga pembuatan janji saat berlangsungnya sebuah percakapan.

Singkatnya, berbagai perencanaan tersebut dibuat pada masa lampau untuk digunakan sebagai penyesuaian terhadap waktu yang akan datang. Rumus dari simple past perfect tense adalah subjek + would + Verb 1.

Contoh Kalimat Simple Past Future Tense:

  • My father promised he would give me a box of pizza with beef topping
  • Ananta said that he would leave the town in six days
  • I would forgive you, so do not repeat this mistake again
  • Nara should study English the day before exam

Baca lebih lengkap di sini : Simple Past Future

14. Past Future Continuos Tense

Masih berhubungan dengan masa depan, past future continuos tense digunakan untuk menyatakan suatu kondisi atau aksi imajiner yang tengah berlangsung. Pada penggunaannya tensis satu ini selalu diikuti oleh durasi atau keterangan waktu tertentu.

Selain itu, past future continuos tense juga menunjukkan suatu peristiwa akan terjadi apabila terdapat aktivitas lain yang tidak jadi dilakukan. Susunan kalimatnya menggunakan rumus subjek + would + be + present pasticiple.

Contoh Kalimat Past Future Continous Tense:

  • Kirana would be attending the course of she was in Jakarta
  • The office girl would be cleaning the room after breakfast

Baca lebih lengkap di sini : Past Future Continuous

15. Past Future Perfect Tense

Past future perfect tense merupakan tensis dengan fungsi untuk menyatakan suatu kejadian di masa lampau. Memiliki 3 kondisi dengan rujukan terhadap waktu mendatang, masa-masa tertentu pada zaman dahulu, dan juga selesainya sebuah aksi sebelum datang kondisi selanjutnya.

Biasanya penggunaan past future perfect tense diterapkan pada kalimat tidak langsung. Adapun rumus untuk menyusunnya adalah subjek + would or should + have + Verb 3.

Contoh Kalimat Past Future Tense:

  • Angela told the students that they should have finished the course this afternoon
  • She should be studying English the day before exam

Baca lebih lengkap di sini : Past Future Perfect

16. Past Future Perfect Continuos Tense

Terakhir, tensis yang harus Anda pelajari agar mahir berbahasa Inggris yang baik dan benar adalah past future perfect continuos tense. Berfungsi untuk menyatakan sebuah aktivitas imajiner atau perencanaan pada masa lampau, akan tetapi hal tersebut juga sedang terjadi di waktu tersebut.

Meskipun terbilang sedikit sulit, akan tetapi penggunaan past future perfect continuos tense cukup mudah dengan mengikuti rumus, yakni berupa subjek + would or should + have + been + present participle.

Contoh Kalimat Past Future Perfect Continous Tense:

  • She heard that you should have been reading that book for 10 minutes
  • By last week, my father should have been working 4 days

Baca lebih lengkap di sini : Past Future Perfect Continuous

Dengan memahami beberapa penjabaran dan contoh ungkapan bahasa Inggris, semoga Anda memiliki sebuah gambaran untuk mengaplikasikan kalimat tersebut. Namun, jangan lupa untuk memperdalam beberapa materi yang ada agar pelafalan menjadi lebih mudah.

Itulah 16 tenses bahasa Inggris yang perlu Anda kuasai agar mampu berbahasa dan berkomunikasi secara baik dan benar. Tips paling ampuh untuk menguasai semuanya adalah dengan menghafal, memahami lalu melakukan praktek secara terus menerus serta bertahap.

4.9 / 5 ( 169 votes )