Pada saat mempelajari bahasa baru, satu dari sekian media yang dapat kamu gunakan untuk belajar adalah media sastra. Secara garis besar, ada tiga jenis teks yang termasuk ke dalam karya sastra. Ketiganya adalah prosa, drama, dan puisi. Itulah kenapa belajar puisi bahasa Inggris sangat penting.

Seperti apa yang mungkin sudah kamu ketahui, kebanyakan puisi memiliki rangkaian kata yang cantik. Terkadang, kata yang muncul di dalam bait puisi juga jarang kamu dengar. Karena itu, puisi bahasa Inggris beserta artinya juga dapat kamu jadikan sarana mengumpulkan kosakata baru.

Entah itu puisi bahasa Inggris 2 bait, 3 bait, dan seterusnya, kamu dapat mempelajari banyak hal dari sana. Maka dari itu, berikut materi puisi yang perlu kamu ketahui!

Definisi Poetry 

Puisi bahasa Inggris

Apakah kamu pernah mencoba untuk menulis puisi? Percobaan penulisan itu pun tidak harus dalam bahasa Inggris. Sebab, di bahasa Indonesia, puisi juga memiliki arti dan definisi yang sama. Di dalam sebuah puisi, kamu pasti akan menemukan bait, rima, irama, serta larik yang tersusun dengan indah.

Dalam bahasa Inggris, kamu akan mengenalnya dengan istilah poetry. Ini adalah jenis karya sastra yang seakan tidak lekang oleh zaman. Dari dulu hingga sekarang, banyak orang yang suka membuat dan membaca poetry. Nah, dalam bahasa Inggris, orang yang membuat puisi disebut sebagai poet.

Pastinya, kamu juga akan sering mendengar istilah “poetic”. Dalam bahasa Indonesia, arti harfiah dari kata tersebut adalah “puitis”. Sebuah poetry, pasti bersifat poetic. Hanya saja, perlu kamu tahu jika kata poetic memang tidak hanya akan digunakan untuk menjelaskan keindahan dalam poetry saja. 

Ketika ada orang yang menuliskan atau mengungkapkan kata-kata yang indah, maka orang-orang juga akan memanggilnya poetic. Hal ini karena poetic dan juga poetry memang lekat dengan keindahan.

Jenis-Jenis Poetry 

Puisi bahasa Inggris

Di samping untuk memenuhi aspek keindahan atau estetika, banyak orang menggunakan poetry untuk mengungkapkan rasa. Tidak heran jika ada banyak tema yang bisa kamu temukan di dalam suatu poetry. Itu kenapa kamu ada beragam jenis puisi yang berbeda, sesuai dengan tema di dalamnya. 

Ada puisi bahasa Inggris tentang cinta, tentang alam, dan lain-lain. Di samping itu, jenis-jenis poetry juga dibedakan berdasarkan aturan yang berlaku. Misalnya seperti jumlah bait di dalamnya, memiliki rima atau tidak, bagaimana irama pada saat membacanya, dan beragam aturan lainnya.

Karena alasan tersebut, kamu pun perlu tahu jenis-jenis puisi bahasa Inggris seperti di bawah ini!

1. Syair Kosong

Sudah menjadi rahasia umum jika poetry merupakan karya klasik yang sudah ada dari zaman dulu. Misalnya seperti syair kosong atau blank verse yang populer pada 16th century. Tidak ada rima di dalam poetry ini. Namun, pastinya tetap ada aturan yang mengikat. 

Pada umumnya, ada beberapa pasangan dalam satu baris yang berasal dari dua satu kata. Di suku kata kedua, biasanya ada penekanan dalam irama. 

2. Puisi Bebas

Sejak 19th century, para poet di zaman tersebut mulai membuat puisi bebas atau free verse. Di dalamnya, tidak ada lagi aturan yang mengikat. Baik dari segi rima maupun jumlah suku kata. 

3. Puisi Berima

Bila kamu ingin membuat puisi yang memiliki rima, maka kamu dapat membuat puisi rima atau rhymed poetry. Misalnya, di akhir tiap bait kamu menggunakan kata fake, fate, fact, dan lain-lain. 

4. Puisi Naratif

Apakah kamu pernah mendengar orang yang bercerita lewat poetry? Atau mungkin, bahkan kamu yang pernah membuat poetry dengan cerita di dalamnya. Misalnya seperti puisi bahasa Inggris tentang guru, ibu, ayah, dan cerita lainnya. Poetry yang seperti itu akan kamu kenal dengan puisi naratif.

5. Puisi Epik 

Kemudian, bila kamu ingin membuat puisi bahasa Inggris panjang tentang kisah pahlawan, kamu bisa membuat puisi epik. Pada umumnya, isi dari poetry ini adalah cerita heroik tokoh terkenal dari masa lampau. 

6. Puisi Pastoral

Kemudian, kamu akan mengenal puisi bahasa Inggris tentang alam dengan istilah puisi pastoral. Pada umumnya, poetry yang populer di masa Yunani, Romawi, dan juga China kuno ini akan menggambarkan situasi pedesaan yang indah. 

7. Haiku

Dari namanya saja, mungkin kamu sudah menebak jika Haiku adalah poetry yang berasal dari Jepang. Kamu dapat membuat puisi bahasa Inggris 3 baris dengan jenis Haiku. Asalkan, di baris pertama ada tiga suku kata, di baris kedua ada lima suku kata, dan di baris ketiga ada tujuh suku kata.

8. Elegi

Ketika kamu menemukan poetry dengan tema kematian, perpisahan, dan suasana berkabung, maka itu adalah poetry jenis elegi.

9. Ode

Lalu, ada juga poetry jenis ode yang dibuat secara khusus untuk orang, kejadian, atau tragedi tertentu.

10. Soneta

Di samping elegi dan ode, ada jenis poetry lain yang berdasarkan pada perasaan tertentu. Poetry tersebut adalah soneta, yang merupakan puisi bahasa Inggris dengan tema cinta. Pada umumnya, di dalam sebuah soneta, ada empat baris. 

Salah satu penyair soneta yang paling terkenal adalah Shakespeare, sang penulis cerita Romeo Juliet. Di samping itu, poet lain yang tidak kalah populer adalah Petrarchan. Karena itu, di dalam poetry jenis ini ada dua jenis gaya, yaitu Shakespeare dan Petrarchan.

11. Puisi Lirik

Bila kamu ingin membuat puisi bahasa Inggris pendek dengan sudut orang pertama, maka kamu dapat mencoba membuat puisi lirik. Pada umumnya, isi cerita dalam poetry jenis ini mengungkapkan emosi dan perasaan sang poet.

12. Limerick

Kemudian, ada juga limerick yang merupakan poetry lima baris dengan rima AABBA. 

13. Soliloquy

Lalu, ada Soliloquy yang merupakan poetry dengan bentuk monolog, seakan-akan sang poet sedang berkomunikasi dengan dirinya sendiri. 

14. Villanelle

Selanjutnya, ada juga poetry dengan jenis Villanelle yang menceritakan tentang obsesi dengan cara yang intens. Pada umumnya, poetry jenis ini menggunakan rima yang sangat spesifik.

15. Balada

Terakhir, ada juga balada, yang merupakan poetry lain yang memiliki cerita naratif. Di samping dalam bentuk poetry, kamu juga pastinya akan mengenal balada dalam bentuk musik. 

Contoh Poetry Pendek dan Artinya

Puisi bahasa Inggris

All my hopes and dreams crumbled into the dust.

No matter how hard I tried, I only got pushed.

 

I want to give up.

I really want to give up.

 

But then, you appear.

Makes all my burdens disappear.

Now I don’t have anything to fear.

 

Artinya:

Semua harapan dan impianku hancur menjadi debu.

Tidak peduli seberapa keras aku mencoba, aku hanya didorong (oleh kenyataan).

 

Aku ingin menyerah.

Aku benar-benar ingin menyerah.

 

Namun, kemudian kamu muncul.

Membuat semua bebanku hilang.

Kini aku tidak perlu takut apa pun lagi.

Itulah materi puisi bahasa Inggris yang pastinya sangat esensial untuk kamu pelajari. Mulai dari definisi, jenis-jenis, hingga contoh poetry dan juga artinya.

Bagikan: