Pengertian, Karakteristik, Serta Perbedaan Poem dan Poetry

Sama halnya seperti pada Indonesia, dalam Bahasa Inggris pun dikenal seperti sajak, puisi, serta prosa. Ya, poem (sajak), poetry (puisi), dan prose (prosa) merupakan bentuk-bentuk karya sastra dalam Bahasa Inggris. Sepintas, ketiganya memang terlihat sama, terlebih lagi untuk poem dan poetry. Lantas, apakah sebenarnya perbedaan poem dan poetry tersebut ?

Seiring dengan perkembangan kebudayaan manusia, maka terdapat sejumlah hal yang turut mengalami perkembangan. Nah, salah satu perkara yang ikut di dalam perkembangan zaman itu adalah sastra. Sekarang ini, sastra adalah satu bidang yang cukup banyak jadi sorotan.

Bagi Anda yang suka menuliskan keindahan terhadap suatu hal, maka perlu menggunakan sastra untuk bisa mengilustrasikannya.

Perbedaan Poem dan Poetry
pixabay.com

Apa Perbedaan Poem dan Poetry Itu?

Jenis sastra sendiri terbagi menjadi 2 yaitu sastra lisan dan juga sastra tertulis. Untuk jenis sastra yang banyak beredar di masyarakat yaitu sastra tertulis.

Akan tetapi pada kenyataannya sastra memang tidak selalu tentang tulisan. Ya, sastra ini lebih banyak berkaitan dengan bahasa yang dibagi sebagai media atau sarana di dalam mengilustrasikan sebuah pengalaman, pemikiran dan juga mengenai cara pandang akan suatu hal.

Seperti yang kita tahu, hampir semua negara yang ada di dunia ini mempunyai jenis sastranya tersendiri. Di negara Indonesia saja, sastranya terbagi jadi sastra Indonesia serta sastra Nusantara. Selain di Tanah Air, salah satu negara yang juga melestarikan keberadaan sastra ini yaitu negara Inggris.

Karya kasusastran jadi salah satu karya yang paling banyak peminatnya. Untuk karya sastra sendiri bisa dikemas di dalam berbagai bahasa, seperti bahasa daerah, bahasa Ibu atau bahasa Indonesia, sampai dengan bahasa asing alias bahasa Inggris.

Karya sastra di dalam bahasa Inggris sendiri menjadi satu dari banyaknya karya sastra yang paling digandrungi. Terdapat sejumlah karya sastra yang dimuat di dalam bahasa Inggris, diantaranya poem dan poetry. Lantas seperti apa perbedaan poem dan poetry?

Karya-karya sastra Inggris itu banyak disulap dalam bait-bait tulisan yang mempunyai makna dan juga perumpamaan nan indah. Arti poetry adalah puisi, sementara itu poem berarti sajak. Poem dan poetry kerap dipakai pada kompetisi untuk bidang seni maupun kasusastran.

Untuk para pecinta sastra, karya-karya tersebut dianggap mempunyai perbedaan dari jenis karya sastra yang lainnya. Akan tetapi sayangnya untuk orang yang masih awam, banyak yang mengira poem dan poetry sama. Padahal ada perbedaan poem dan poetry.

Masih banyak yang mengartikan poem merupakan sebuah puisi. Hal yang mendasari salah paham perbedaan poem dan poetry tersebut adalah karena keduanya hampir mirip. Ada banyak kemiripan antara poetry dan poem apabila Anda lihat dengan kasat mata. Sehingga untuk orang yang awam tentang dunia sastra, tentu tak akan dapat membedakan keduanya.

Pengertian Poem

Untuk mengetahui perbedaan poem dan poetry, melansir dari ‘Macmillan Dictionary’ poem sendiri mempunyai pengertian ” a piece of writing using beautiful or unusual language arranged in fixed lines that have a particular beat and often rhyme.”

Artinya yaitu poem atau sajak ini adalah sebuah karya sastra bahasa Inggris dengan bentuk tulisan yang ditulis dengan memakai bahasa yang indah. Poem juga biasanya mempunyai rima yang mirip atau sama dengan satu dan juga yang lainnya.

Kesalahan umum yang kerap terjadi yaitu orang suka menganggap bahwa poem ini merupakan sebuah puisi. Dari segi bentuknya memang mirip, tapi ada perbedaan poem dan poetry. Ya, pada kenyataannya sajak dn puisi jelas tidak sama.

Sebuah poem tertulis saling terpaut tiap katanya serta bentuk penyuguhan (penyajian) poem pun teratur dan terikat. Sementara untuk poetry biasanya tertulis dengan menggunakan bahasa kiasan dan mempunyai estetika di dalam penyampaiannya.

Ciri-ciri Poem

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tiap-tiap karya sastra mempunyai ciri khas tersendiri. Sajak di dalam bahasa Inggris pun punya ciri khas utama yang cukup gampang untuk Anda kenali. Ciri-ciri tersebut antara lain:

Perbedaan poem dan poetry adalah untuk poem tertulis dengan menggunakan bahasa baku atau kata yang lebih ringkas sehingga lebih mudah untuk Anda pahami apabila dibandingkan dengan puisi atau poetry. Akan tetapi, meskipun poem tertulis dengan lebih ringkas, kedalaman makna yang hendak disampaikan tentunya tidak berkurang atau hilang, lho.

Poem juga mempunyai ciri khas dengan bahasa yang lugas serta tegas. Kelugasan tersebut yang jadi daya tarik tersendiri untuk poem. Penggunaan bahasa yang lugas pada poem bahkan dapat merubah pemikiran seseorang.

Macam-macam Sajak

Semua poem mungkin tampak sama antara satu dengan yang lainnya. Padahal, sajak punya berbagai macam jenis yang dapat Anda identifikasi dari bentuk kalimat poem tersebut.

Ballad

Poem jenis ini biasanya tertulis yang berkaitan dengan hal percintaan. Ballad punya kalimat mirip dengan lirik lagu yang bisa Anda nyanyikan. Ballad berisikan cerita pribadi serta biasanya punya pengulangan kata yang kerap.

Elegy

Di dalam menulis sebuah poem, seluruh emosi bercampur jadi satu. Akan tetapi, khusus pada elegi, poem yang tertulis adalah sajak yang sedih (berkabung). Biasanya elegy dibawakan ketika pemakaman serta diucapkan namun menjadi berbentuk sebuah lirik lagu yang dinyanyikan.

Free Verse

Meskipun poem biasanya tertulis dengan memakai ritme atau sajak yang sama, namun free verse adalah poem yang terbebas dari aturan itu. Untuk mencari perbedaan poem dan poetry, jenis sajak free verse ini sulit Anda bedakan dengan puisi. Sebab poem free verse dan puisi mempunyai bentuk yang sama.

Imagery

Adalah sebuah poem yang terbaca hanya seperti potongan kata bukan kalimat. Dalam satu baris bisa jadi hanya terdiri atas satu kata saja yang belum tentu terkait dengan kata atau kalimat yang sebelumnya.

Menulis Poem

Sajak mempunyai keistimewaan dalam penulisannya, yang mana ada bait berisikan ekspresi perasaan seseorang dengan menggunakan kata-kata yang indah dan juga istimewa.

Peruntukan poem ini selain sebagai bentuk karya seni sastra, saja juga mempunyai fungsi yang lain, yakni untuk menyampaikan pesan. Pesan-pesan tersebut seperti pesan moral, pesan keagamaan, maupun sosial dari si penulis terhadap audiens atau pembacanya.

Sebab, poem memang merupakan sebuah seni ekspresi jiwa. Untuk pembuatannya juga tidak terpaku atau menurut pada kaidah tertentu. Perbedaan poem dan poetry, untuk kunci penulisan sajak sendiri lebih menekankan pada keterampilan seseorang di dalam memainkan pilihan kata (diksi) menjadi suatu rangkaian kata atau kalimat yang indah pada saat orang lain membacanya.

Menulis sajak, selain sebagai bentuk untuk mengekspresikan sebuah perasaan dan juga sebagai hobi, juga kerap menjadi sebuah ajang perlombaan. Ada banyak sekali kompetisi menulis sajak (poem writing competition).

Baik yang dilaksanakan antar sekolah, perguruan tinggi (universitas), komunitas bahasa, maupun umum di berbagai jenjang, lokal, nasional, sampai dengan internasional. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan poem writing tersebut, maka mulailah untuk mempelajari dan juga berlatih menulisnya.

Pengertian Poetry

Apabila sebelumnya terdapat pembahasan bahwa poem atau sajak merupakan sebuah karya kasusastran yang punya keterikatan. Maka untuk poetry sendiri adalah karya tulis dalam Bahasa Inggris yang mempunyai unsur estetika dan juga makna mendalam. Lain halnya dengan poetry atau puisi yang lebih menekankan atau menonjolkan bahasa-bahasa kiasan yang indah serta bebas. Poem mempunyai tata bahasa yang sifatnya teratur dan juga terikat antara satu baris dengan baris yang lainnya. Perbedaan poem dan poetry yang sangat mencolok yaitu terletak pada penyajian bentuk karyanya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa poetry dan poem sebagai sebuah puisi. Ya, hal tersebut salah besar. Melihat dari banyaknya perbedaan antara sajak dan puisi yang sudah kita ulas sebelumnya dan juga dipertegas dengan pengertian poetry menurut ‘Cambridge Advanced Learner’s Dictionary, definisi poetry atau puisi ini adalah “Poem in general as a form of literature.”

Melalui pengertian tersebut bisa Anda ketahui perbedaan poem dan poetry, bahwa poem lebih tepat untuk Anda sebut sebagai sajak ketimbang menyebutnya puisi. Pada pengertian sebelumnya juga disebutkan bahwa poetry atau puisi adalah karya sastra yang bersifat lebih umum dari poem.

Ya, di dalam sebuah poetry sendiri penulis bisa mencantumkan sebuah poem atau saja. Akan tetapi pada poem, tentu saja Anda tidak dapat memuat sebuah poetry. Poetry adalah sebuah seni tertulis yang mana seorang penyair memakai bahasa untuk menambah kualitas estetis serta makna semantis.

Di dalam sebuah puisi juga biasanya tersisip majas yang menjadikan poetry tersebut makin indah. Majas ini pun bermacam-macam jenisnya, salah satunya yakni sindiran langsung dengan kasar atau sarkasme. Beberapa daerah di Tanah Air juga kerap menyanyikan sebuah puisi dalam bentuk sebuah pantun.

Puisi Bahasa Inggris

Menilik dari segi pengertian dan fungsinya, poetry bahasa Inggris sebenarnya tidak jauh beda dengan puisi di dalam bahasa Indonesia. Perbedaan poem dan poetry sendiri, pada poetry lebih berwujud rangkaian frasa atau kalimat yang menggunakan diksi puitis nan indah, sehingga membentuk bait-bait sarat akan makna yang mendalam.

Malah terkadang untuk beberapa puisi dengan level pilihan kata yang tergolong tinggi bisa jadi sangat sulit untuk Anda ketahui maksud yang terkandung pada puisi tersebut. Akan tetapi, tak jarang pula puisi yang bisa dengan mudah Anda pahami hanya cukup dengan membaca teksnya saja. Entah itu dengan deklamasi atau Anda baca secara biasa.

Nah, hal tersebut berlaku juga di dalam poetry alias puisi bahasa Inggris. Ada yang mudah untuk Anda pahami, akan tetapi ada pula yang butuh usaha hanya untuk sekedar mencari tahu makna dari puisi itu. Adapun untuk membuat poem atau puisi bahasa Inggris ini tentunya tidak lebih mudah dari membuat puisi bahasa Indonesia, ya!

Terlebih lagi untuk Anda yang pembendaharaan kosakata bahasa Inggrisnya (vocabullary) masih belum memadai atau masih minim.

Ciri-ciri Poetry Secara Umum

Perbedaan poem dan poetry yang lainnya yaitu pada puisi, biasanya untuk membentuk sebuah poem biasanya menggunakan bahasa yang sifatnya konotatif atau bermakna kiasan. Di dalam penyusunan poem ini juga unsur-unsur bahasa yang terdapat di dalam puisi tersebut harus rapi, indah, dan juga harus tertata dengan rapi serta apik. Tujuannya yaitu untuk menghasilkan sebuah irama atau bunyi di akhirannya.

Selain itu, perbedaan poem dan poetry lainnya yaitu pada setiap puisi memiliki pemadatan kata-kata dari semua unsur kemampuan bahasa. Penulisan poem biasanya untuk mengungkapkan isi pikiran dan juga perasaan penyair (penulis) dari ruang lingkup serta pengalaman yang mereka terapkan dengan se-imajinatif mungkin.

Contoh Poem dan Poetry

Sesudah mengetahui perbedaan poem dan poetry, berikut kami sajikan contoh-contoh sajak dan puisi dalam bahasa Inggris.

Contoh Poem 1

As you came from the holy land

Of Walsingham,

Met you not with my true love

By the way, how did you came?

How shall I know your true love,

That have met many one,

A I went to the holy land,

That has come, that has gone?

Contoh Poem 2

Here’s an example from

A Butterfly;

That on a rough, hard rock

Happy can lie;

Friendless and all alone

On this unsweetened stone.

Now let my bed be hard

No care take I;

I’ll make my joy like this

Small Butterfly;

Whose happy heart has power

To make a stone a flower.

Contoh Poem 3

I have a pen

My pen is blue

I have a friend

My friend is you

Contoh Poetry 1

Dreaming On A Paper by Rebecca

I don’t talk

My lips part and air pushes out,

but the sound must not fit,

because my thoughts are so big.

So I don’t try to talk.

My thoughts must be too good for

words, for the air, for my lips.

But they are just right for paper.

My thoughts flow on paper.

They are just big enough.

So I don’t talk;

I compose,

And I write,

I dream.

Contoh Poetry 2

Let’s Preserve Our Nature by Arjun

The sun is shining,

And The sky is blue,

The birds are flying,

And the breeze is so cool.

Mother Nature is trying her best

To give nothing but beautifulness

But what do we do?

Make her a mess.

Let’s make her the best

By pollution less and less,

Anda preserve her green dress

For our kids and the rest.

Contoh Poetry 3

Be Mine by Ralphealia J. James

You told me that you needed me

And that it was for real

You say that you love me

Anda that you care

I told you that I love you true

Anda baby that I do

And you said Be Mine

Kesimpulan Perbedaan Poem dan Poetry

Melalui pemaparan di atas bisa Anda simpulkan mengenai perbedaan antara sajak dan puisi bahasa Inggris yaitu, poem merupakan karya sastra yang dipengaruhi oleh adanya unsur lagu, irama, dan juga keharmonisan bunyi.

Poem juga terbentuk tanpa pola barisan tertentu, tidak seperti poetry. Apabila di dalam sastra Indonesia, sajak dan puisi punya banyak persamaan. Namun di dalam sastra Inggris perbedaan poem dan poetry mendominasi.

Poem memakai bahasa yang ringkas tetapi penuh dengan makna serta penggunaan kata-katanya mengandung banyak pengertian atau makna. Pemakaian bahasa yang ringkas pada poem tetap tak merubah makna yang tersaji oleh penulisnya.

Sehingga yang menjadi perbedaan poem dan poetry lainnya yaitu jika pada poetry mampu menarik perhatian sebab penggunaan kata-katanya yang puitis. Maka daya tarik terbesar pada sebuah poem adalah kelugasan bahasa yang tersaji dari si penyair.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar