Perbedaan This, These, dan Those, serta Contoh Penggunaannya

Kata this, these dan those mungkin membuat banyak orang bingung saat menggunakannya dalam kalimat. Ini sebabnya, agar makin mahir membuat kalimat dalam bahasa Inggris, kamu harus paham perbedaan this, these dan those serta contoh penggunaannya.

Ketiga kata ini hampir selalu ada dalam kalimat lisan maupun tulisan bahasa Inggris. Ketiganya berfungsi menunjukkan noun (kata benda) atau keterangan lain seperti waktu dan tempat. Misalnya pada kalimat, “This is my lovely cute cat.”

Bacaan Lainnya

Pada kalimat tersebut, ada this untuk menerangkan sebuah noun, yaitu my lovely cute cat. Akan tetapi apa fungsinya? Lalu bagaimana dengan these dan those? Jika penasaran maka kamu pelajari dahulu materi lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Demonstrative Determiner dalam Bahasa Inggris

Untuk memperbaiki grammar, ketahui perbedaan this these dan those

Sebelum membahas satu per satu perbedaan this these dan those, sebaiknya kamu berkenalan dahulu dengan demonstrative determiner. Bagian ini termasuk dalam grammar untuk membuat kalimat bahasa Inggris secara tepat.

Demonstrative determiner sendiri merupakan kata yang letaknya di depan noun. Fungsinya untuk menerangkan atau membatasi makna dari kata benda tersebut seperti jumlah serta lokasi.

Dalam bahasa Indonesia, kamu mengenal materi ini sebagai kata bantu ‘itu’ dan ‘ini’. Sedangkan grammar bahasa Inggris mengandung beberapa macam jenis determiner yaitu this, these, those. Adapun fungsi tiap kata juga berbeda-beda.

Mengenal Determiner This

This artinya ‘ini’ dan paling banyak digunakan pada kalimat bahasa Inggris sederhana. Jenis determiner ini menerangkan tentang objek tunggal atau singular.

Selain itu, this hanya kamu gunakan untuk menjelaskan benda yang letaknya dekat. Syarat menggunakan kata this adalah kamu juga harus mengetahui jarak atau letak benda tersebut. Dengan begitu penggunaan this seperti sedang menunjuk sesuatu secara pasti.

Karena melengkapi noun berbentuk tunggal maka harus menggunakan subjek it, he, she dan nama orang. Agar kamu dapat memahaminya lebih dalam, perhatikan contoh penggunaan this is seperti berikut :

  • This is my best friend. Her name is Santi Menanti. (Ini adalah teman baikku, namanya Santi Menanti)
  • Look, this is our assignment for Biology class. (Lihatlah, ini tugas kami untuk kelas Biologi)
  • Karina brings lots of stuff, so she needs to use this big bag. (Karina membawa banyak barang jadi dia harus menggunakan tas besar ini)
  • This city is beautiful because it plants many trees. (Kota ini sangat cantik karena dia menanam banyak pohon)
  • Nadia sings a classic song in this opera. (Nadia menyanyikan lagi klasik di opera ini)

This pada bentuk kalimat negatif dan tanya (interrogative) juga wajib kamu pelajari. Adapun beberapa contoh seperti di bawah ini :

  • This is not mine. You should ask Teddy first. (Ini bukan punyaku. Kamu seharusnya bertanya pada Teddy terlebih dahulu)
  • She knows that this is not her bag. So, she will return it to the owner. (Dia tahu kalau ini bukan tasnya. Jadi dia akan mengembalikan kepada pemiliknya)
  • Is this the real or fake mermaid video? (Apakah ini video tentang putri duyung yang asli atau palsu?)
  • Excuse me. Is this the Pasar Kliwon bus station? (Permisi, apakah ini Stasiun Bus Pasar Kliwon?)

Mengenal Determiner These 

Dalam mempelajari perbedaan this these dan those, perhatikan contoh kalimatnya

These artinya juga sama seperti this yaitu menunjukkan keterangan ‘ini’. Perbedaannya terletak pada letak atau jarak benda yang akan kamu tunjukkan.

Kalimat these digunakan untuk memberitahu suatu benda tunggal yang letaknya jauh. Namun meski benda tersebut tidak berdekatan denganmu saat itu, tapi kamu masih mengetahui lokasinya secara pasti.

Kemudian jenis subjek untuk menyusun kalimat dengan determiner these adalah bentuk jamak. Di antaranya yaitu they, we, you, Dinar and Lani, children, animals, the cats, etc. Agar makin jelas bagaimana menggunakan kata these, maka perhatikan contoh berikut :

  • These pictures belong to my mother. (Gambar-gambar ini punya mamaku)
  • I love fruits, and these apples are my favorite. (Aku suka buah-buahan dan apel ini kesukaanku)
  • These cows are male, so they can’t produce milk. (Sapi-sapi ini jantan sehingga tidak bisa memproduksi susu)
  • These pieces of jewelry must be very expensive. (Perhiasan ini pasti mahal)
  • People don’t want to buy houses in the Palmer Resident because these are expensive. (Orang-orang tidak mau beli rumah di Palmer Resident karena rumah-rumah ini mahal)

Jika sudah mengetahui contoh kalimat these positif, sekarang perhatikan bentuk lain seperti negatif dan tanya. Sama seperti contoh sebelumnya dan kamu juga harus memperhatikan jenis subjeknya.

  • Sorry, these are not my books. (Maaf, ini bukan buku-bukuku)
  • I believe that these are not my brother’s toys. (Aku yakin kalau ini bukan mainan milik kakakku)
  • Do these children go to school today? (Apa anak-anak ini pergi ke sekolah hari ini?)
  • Are these food delicious enough to try? (Apakah makanan ini cukup enak untuk dicicipi?)

Mengenal Determiner Those 

Tadi kamu sudah belajar demonstrative determiner sebagai penunjuk benda-benda dekat. Ada this dan these yang khusus digunakan pada subjek tunggal. Sekarang mari ketahui jenis determiner lain yang menunjukkan benda jauh.

Jika kamu ingin membicarakan sesuatu atau seseorang berjarak jauh, maka gunakanlah those. Selain itu jumlahnya harus lebih dari satu atau jamak. Jadi jangan lupa juga untuk menggunakan subjek plural seperti you, they, I dan we.

  • Watch out! Those things are dangerous. (Hati-hati! Barang-barang itu berbahaya)
  • I plant roses, lilies and peonies. Those flowers produce a good scent and are very beautiful. (Aku menanam mawar, lily, dan peony. Bunga-bunga itu menghasilkan aroma wangi dan sangat cantik)
  • Those cars should be parked properly. (Mobil-mobil itu harus diparkir secara tepat)
  • Many children were killed in Turkey. Those were still young and babies. (Banyak anak terbunuh di Turki. Mereka masih muda dan termasuk bayi)

Pada bentuk negatif serta kalimat tanya, kamu juga tidak perlu bingung. Untuk penggunaan those dalam negative sentence, kamu hanya perlu menambahkan NOT setelah determiner. Selanjutnya kamu tambahkan saja kata kerja atau noun sesuai kebutuhan.

Sedangkan interrogative yaitu kalimat tanya, bagian auxiliary verb wajib diletakkan di bagian depan kalimat. Berikut ini contoh kalimat those negatif yang benar:

  • Those are not traditional food from Bali. (Makanan-makanan tradisional itu bukan berasal dari Bali)
  • Those are not your birthday presents, but you can ask whatever you want. (Itu bukan kado ulang tahunmu tapi kamu bisa meminta apapun yang kamu inginkan)
  • Are those clothes clean because I want to wear them? (Apakah pakaian-pakaian itu bersih karena aku ingin memakainya?)
  • Does she need those papers to make the assignment? (Apakah dia membutuhkan kertas-kertas ini untuk membuat tugas?)

Penggunaan This, These dan Those dalam Conversation

Selain memahami perbedaan this these dan those, pahami juga cara penggunaannya

Contoh this, these, those semakin mudah kamu pahami jika menerapkannya langsung dalam percakapan. Pemelajar bahasa asing yang masih pemula tentu membutuhkan lebih banyak contoh nyata. 

Nah, selain belajar mengenai teorinya, kamu bisa memahaminya melalui conversation dan mempraktikkannya secara langsung. Bahkan pelajaran di sekolah sering menggunakan materi percakapan sebagai media penilaian lisan.

Di bawah ini ada dua topik percakapan yang mengandung contoh kalimat this, these, those. Coba kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum berlatih bersama partner. Jangan lupa untuk mengecek pronunciation atau pengejaan setiap kata agar terdengar lancar.

Topic 1        : Camping

Tomang       : Hey bro! I have a plan for this weekend. (Hai bro! Aku punya rencana untuk minggu ini)

Panji            : What is it? (Apa itu?)

Tomang       : How if we go camping in the Kalisari Camp Park? (Bagaimana kalau kita pergi berkemah di Taman Perkemahan Kalisari?)

Panji            : Is it safe enough for us? (Apakah itu cukup aman untuk kita?)

Tomang       : Relax! We don’t need to bring much stuff. Those equipments will be prepared by the park’s staff. (Tenang saja! Kita tidak perlu bawa banyak barang. Perlengkapan itu akan disediakan oleh petugas taman perkemahannya)

Topic 2        : Cooking

Mother        : Can you wash these vegetables? (Bisakah kamu mencuci sayuran ini?)

Imelda         : Sure. What will you cook, Mom? (Tentu. Apa yang akan mama masak?)

Mother        : Just guess! I have pasta, tomato sauce, meats, cheese, and those vegetables. What will I cook with these ingredients? (Coba tebak! Mama punya pasta, saos tomat, daging, keju, dan sayur mayur itu. Apa yang akan mama masak dengan semua bahan ini?)

Imelda         : I know. Pasta bolognese with salad? (Aku tahu. Pasta saus bolognese dengan salad?)

Mother        : Perfect! (Sempurna!)

Penutup

Perbedaan this, these dan those serta contoh penggunaannya telah kamu pelajari pada artikel ini. Kamu juga memperhatikan contoh percakapan sederhana yang mengandung ketiga determiners tersebut. Semakin banyak menggunakan contoh kalimat maka kamu lebih paham serta mahir berbahasa Inggris. Nah, setelah faham, baca juga artikel tentang Perbedaan Mrs, Ms, dan Miss ya! selamat mencoba!