Determiner dalam Bahasa Inggris, Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Saat kita belajar bahasa Inggris, tentunya tidak akan pernah lepas dari pembahasan grammar. Grammar sendiri merupakan aturan-aturan untuk membentuk sebuah kalimat. Sehingga, kalimat tersebut bisa dengan mudah kita pahami. Grammar terdiri dari berbagai komponen dan determiner dalam bahasa Inggris menjadi salah satunya.

Sama halnya dengan belajar grammar secara keseluruhan, mengetahui determiner beserta dengan jenisnya juga menjadi materi yang tak kalah penting. Determiner merupakan kata yang dapat kita gunakan untuk memberikan keterangan tambahan.

Namun, determiner ini hanya dapat memodifikasi noun atau kata benda. Hal inilah yang membuat determiner selalu berada di depan noun. Pada materi bahasa Inggris kali ini, kita akan mengupas tuntas tentang determiner. Mulai dari pengertian, jenis, hingga contoh kalimatnya.

Determiner dalam Bahasa Inggris, Pengertian, Jenis, dan Contohnya
youtube.com

Pengertian Determiner dalam Bahasa Inggris

Umumnya, pengertian determiner ini jarang kita sebutkan. Akan tetapi, pengertian dari determiner ini merupakan salah satu bagian dari part of speech.

Dimana kita harus memahaminya dengan baik, terutama bagi siapa saja yang tengah dan ingin belajar bahasa Inggris. Determiner adalah noun atau kata benda yang bisa membantu kita dalam menyusun kalimat yang mempunyai rentang nilai, baik itu secara kuantitas maupun kualitas.

Rentang nilai yang dimaksud tersebut seperti lebih dekat, lebih jauh, sedikit, banyak, satu, lebih baik, lebih buruk, dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, determiner ini juga bisa memberikan penjelasan terkait kepemilikan sebuah benda.

Jenis-Jenis Determiner dalam Bahasa Inggris

Dalam traditional grammar, determiner sendiri sering kita sebut sebagai limiting adjective. Meskipun, memiliki makna atau arti yang berbeda dengan adjective biasa.

Perbedaan yang paling mendasar dari limiting adjective dengan adjective biasa, jika berada dalam noun phrase, maka limiting adjective atau determiner ini letaknya berada di depan adjective biasa. Kemudian, setidaknya ada empat jenis determiner yang harus kita pahami.

Seperti halnya article (indefinite article dan definite article). Kemudian possessive (your, my, her, his, their, our, dan its).

Demonstrative yang terdiri dari this, these, that, dan those. Quantifier yang terdiri dari a little, a few, much, many, some, any, each, every, a lot of, most, dan enough.

Selain itu, ada pula distributives, number atau angka, ordinal number atau bilangan bertingkat, dan yang terakhir adalah interrogative. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail lagi, berikut ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis determiner.

1. Article atau Artikel

Article atau artikel ini merupakan kata yang digunakan dengan noun atau kata benda untuk menunjukkan jenis noun tersebut. Pada dasarnya, article ini terbagi menjadi beberapa macam.

Akan tetapi ada dua jenis article yang paling umum, yakni indefinite article serta definite article. Berikut ini merupakan penjelasan dari kedua jenis article tersebut.

1.1 Definite Article

Dalam bahasa Inggris, definite article ini merupakan determiner yang kita gunakan untuk merujuk sekumpulan benda. Entah itu benda hidup maupun benda tak hidup atau mati.

Umumnya, baik itu pengucap atau orang yang mendengarnya sudah memahami benda apa yang akan dirujuk dalam kalimat tersebut. Kemudian, definite article ini juga bisa kita gunakan untuk menyebutkan benda yang tidak bisa dikuantifikasi serta pengertiannya sudah mutlak kita ketahui.

Baca Juga :
Penggunaan Kata While dan When, Simak Penjelasan Berikut!

Contoh noun atau kata benda yang termasuk ke dalam definite article ini yaitu the. Dalam definite article, the ini bisa kita gunakan untuk dua hal.

Pertama, kita gunakan untuk menyebutkan noun atau kata benda yang sudah diketahui lawan bicaranya. Sedangkan yang kedua, yakni untuk menyebutkan noun atau kata benda yang pengertiannya sudah kita ketahui secara umum.

Misalnya saja seperti most, best, truth, dan yang lainnya. Supaya kita semakin memahami definite article ini, berikut adalah contoh kalimatnya.

  1. Mother love the boy. (Ibu mencintai anak laki-laki itu.)
  2. The bike is in front of my restaurant. (Sepeda ada di depan restoran saya.)
  3. Do you close the door in the morning? (Apakah Anda menutup pintu di pagi hari?)
  4. They went to the best hotel in town. (Mereka pergi ke hotel terbaik di kota.)
  5. Jenni went to the best restaurant in town. (Jenni pergi ke restoran terbaik di kota.)

2. Indefinite Article

Indefinite article merupakan pasangan dari definite article. Akan tetapi, indefinite article ini merupakan kebalikan dari definite.

Indefinite article mempunyai jumlah yang sangat jelas. Dalam bahasa Inggris, noun atau kata benda yang termasuk ke dalam indefinite article ini adalah a serta an.

Ketika kita menggunakan indefinite article a atau an, maka lawan bicara kita tidak menelaah secara spesifik wujud dari benda yang kita ceritakan. Akan tetapi, lawan bicara kita sudah cukup mengerti dan memahami apa yang kita sampaikan.

Selain itu, penggunaan a atau an ini juga kita sesuaikan dengan huruf pertama dari kata sesudah article tersebut. Article an kita gunakan ketika kata setelahnya dimulai dengan huruf vokal, seperti a, e i, o, dan u.

Sementara itu, article a kita gunakan saat kata selanjutnya dimulai menggunakan konsonan atau sebelum kata yang berawalan u dan eu yang sekilas kedengarannya seperti kata you. Supaya kita lebih jelas memahami indefinite article, bisa simak contohnya berikut ini.

  1. Dimas ate an egg. (Dimas makan sebutir telur).
  2. I have a comic at home. (Saya punya komik di rumah).
  3. My uncle buys me a novel. (Paman saya membelikan saya sebuah novel).
  4. Yesterday I saw a cat in front of my restaurant. (Kemarin saya melihat seekor kucing di depan restoran saya).
  5. Anwar plays a softball with his friend. (Anwar bermain softball dengan temannya).
  6. A cat is a good pet. (Kucing adalah hewan peliharaan yang baik).

3. Possessive Determiners (My, Your, Her, His, Our, Their, dan Its)

Determiner dalam bahasa Inggris lainnya yakni possessive determiner. Possessive determiner ini merupakan kata bantuan yang dapat kita gunakan untuk menunjukkan kepemilikan dari sebuah benda secara subjektif.

Umumnya, possessive determiner ini akan diikuti langsung dengan noun atau kata benda yang dimiliki pengucap. Berikut ini adalah contoh possessive determiner antara lain, my, your, her, his, our, their, serta its.

Selain itu, dalam penggunaannya, possessive determiner ini harus diikuti dengan noun (kata benda) yang melekat padanya. Bila tidak, maka possessive determiner ini jadi tidak memiliki arti atau tidak berarti.

Kalimat yang terbentuk pun menjadi tidak utuh. Supaya kita bisa lebih memahami penggunaan possessive determiner, berikut ini adalah contoh kalimatnya.

  1. The man steal his car. (Pria itu mencuri mobilnya).
  2. I didn’t see her bike yesterday. (Saya tidak melihat sepedanya kemarin).
  3. Where is your house? (Di mana rumah Anda?).
  4. Where is my laptop? (Dimana laptopku?).
  5. I like your motorcycle. (Saya suka sepeda motor Anda).
Baca Juga :
Kata Serapan Bahasa Inggris, Ini Pengertian, Jenis dan Contohnya

4. Demonstrative Determiner (This, These, That, It dan Those)

Demonstrative determiner ini merupakan kata bantu yang kita gunakan untuk menunjukkan benda beserta dengan letaknya. Contoh dari demonstrative determiner antara lain, this, that, these, those, dan it.

Ketika kita menggunakan demonstrative determiner ini, maka lawan bicara kita akan langsung mengetahui letak dari benda yang kita maksud. Tak hanya sekedar menunjukkan benda beserta dengan letaknya saja.

Akan tetapi, demonstrative determiner ini juga bisa kita gunakan untuk menunjukkan benda beserta dengan pemiliknya. Hal ini berlaku untuk benda-benda yang abstrak.

Lawan bicara Anda tidak mengerti secara detail dengan noun yang kita tunjukkan. Namun, lawan bicara kita sudah bisa memahami dengan apa yang kita sampaikan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah contoh demonstrative determiner.

  1. Do you want this piece of nugget? (Apakah Anda ingin sepotong nugget ini?).
  2. I don’t want to go to that hotel. (Saya tidak ingin pergi ke hotel itu).
  3. These red raspberries are sour. (Raspberry merah ini asam).
  4. This is my mother favorite place. (Ini adalah tempat favorit ibuku).
  5. I see these boxes behind your restaurant. (Saya melihat kotak-kotak ini di belakang restoran Anda).
  6. I want that notebook. (Saya ingin buku catatan itu).

5. Quantifier (A Little, A Few, Much, Many, Some, Any, Each, A Lot, Every, Most, dan Enough)

Quantifier merupakan salah satu jenis determiner dalam bahasa Inggris. Selain itu, quantifiers ini merupakan kata bantu yang kita gunakan untuk menjelaskan kuantitas dari sebuah benda.

Namun, saat kita menggunakan jenis determiner ini, kita tidak perlu lagi mengungkapkan jumlah benda secara detail. Pasalnya, quantifier ini hanya memberikan penjelasan kuantitas benda secara perkiraannya saja.

Contoh noun yang termasuk ke dalam quantifiers ini antara lain seperti some, many, a lot, much, most, a few, any, a little dan yang lainnya. Supaya kita lebih memahami quantifier ini, berikut adalah contoh kalimatnya.

  1. He has a lot of books that he need. (Dia memiliki banyak buku yang dia butuhkan).
  2. Desi lost many thing in my restaurant. (Desi kehilangan banyak hal di restoran saya).
  3. She has enough food for us. (Dia punya cukup makanan untuk kita).
  4. Some people are happy after swimming. (Beberapa orang senang setelah berenang).

6. Distributives (All, Both, Half, Either, Every, Each, dan Neither)

Distributives bisa kita gunakan untuk menunjukkan sekelompok benda, orang, atau suatu bagian atau anggota dari sebuah kelompok. Contoh noun (kata benda) yang bisa kita gunakan sebagai distributives ini yaitu, all, both, half, either, every neither, dan each.

Kata benda tersebut dapat menunjukkan berbagai cara yang berbeda dalam melihat sesuatu atau seseorang menjadi bagian dalam suatu kelompok. Pengertian lainnya yang lebih sederhana, distributive determiner ini merupakan kata bantu yang kita gunakan untuk menyebutkan sesuatu yang sebenarnya satu kelompok secara terpisah. Supaya kita lebih memahaminya, berikut ini adalah contoh distributives determiner.

  1. We know every restaurant in this city. (Kami tahu setiap restoran di kota ini).
  2. Each book gives me new knowledge. (Setiap buku memberi saya pengetahuan baru).
  3. Both Ayu and Sukma are her friends. (Baik Ayu maupun Sukma adalah sahabatnya).
  4. All students need knowledge. (Semua siswa membutuhkan pengetahuan).

7. Number atau Angka (One, Two, Three, etc)

Determiner dalam bahasa Inggris lainnya yakni number atau angka. Number merupakan salah satu jenis determiner yang kita gunakan untuk menyebutkan kuantitas atau jumlah secara spesifik.

Number ini adalah kebalikan dari quantifier yang kita gunakan untuk menunjukkan kuantitas tanpa menyebutkan angka secara spesifik. Ketika kita menggunakan number, maka kita harus menambahkan s atau es pada setiap noun yang mengikutinya.

Baca Juga :
Contoh Ucapan Tahun Baru Imlek 2021 dalam Bahasa Inggris

Tak hanya itu saja, kita juga tidak bisa lagi menggunakan indefinite article untuk mendahului noun atau kata bendanya. Pasalnya, semua kata benda yang menggunakan determiner number ini harus menggunakan definite article.

Untuk lebih jelasnya, bisa simak contoh kalimat determiner number berikut ini.

  1. Seven hundred people were left homeless after the landslide. (Tujuh ratus orang kehilangan tempat tinggal setelah tanah longsor).
  2. Lani was the fifth person to win the award. (Lani adalah orang kelima yang memenangkan penghargaan tersebut).
  3. There are fifty students in the library. (Ada lima puluh siswa di perpustakaan).
  4. Raka is in second grade now. (Raka sudah kelas dua sekarang).
  5. There is one girl that I love so much. (Ada satu gadis yang sangat aku cintai).

8. Ordinal Number atau Bilangan Bertingkat

Ordinal number bisa kita sebut sebagai bilangan bertingkat yakni anggota dari kelas kata atau subclass of determiner. Kemudian, ordinal number ini merupakan nomor yang menyatakan sebuah tahapan.

Sebagai contoh, pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya. Berikut ini merupakan contoh kalimat yang menggunakan ordinal number.

  1. Bastian want to give the second question for Angga. (Bastian ingin memberikan pertanyaan kedua untuk Angga).
  2. He will be your first. (Dia akan menjadi yang pertama bagimu).
  3. This is my third time I join a piano class. (Ini adalah ketiga kalinya saya mengikuti kelas piano).

9. Interrogative (Which, What, dan Whose)

Interrogative merupakan salah satu bagian dari determiner dalam bahasa Inggris. Merupakan anggota dari kelas kata atau subclass of determiner.

Contoh kata yang termasuk ke dalam interrogative ini antara lain which, what, dan whose. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh kalimat interrogatives.

  1. We forgot whose book on the table. (Kami lupa buku siapa di atas meja).
  2. They didn’t know which parts of car machines are broken. (Mereka tidak tahu bagian mesin mobil mana yang rusak).

10. Difference Word (Other, Another, Else, Any Else, etc)

Difference word merupakan kata bantu yang kita gunakan untuk menyebutkan sesuatu yang lain dari objek yang kita bicarakan. Beberapa kata yang termasuk ke dalam difference word ini antara lain, other, another, else, any else, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak berikut ini adalah contoh kalimat difference word.

  1. She can search for another man better than my friend. (Dia bisa mencari pria lain yang lebih baik dari temanku).
  2. Is there anything else do your mother need in this restaurant? (Apakah ada hal lain yang ibumu butuhkan di restoran ini?)

11. Pre-determiner

Pre-determiner merupakan kata bantu yang kita gunakan untuk menunjukkan derajat sifat suatu benda atau kondisi. Jika dalam bahasa Indonesia, derajat pre-determiner ini misalnya saja seperti betapa, agak, lumayan, sangat, atau sebagainya.

Sementara itu, dalam bahasa Inggris kata-kata tersebut bisa kita misalkan seperti what, quite, rather, a bit, such, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh pre-determiner berikut ini.

  1. We so happy because she gives we double money. (Kami sangat senang karena dia memberi kami uang ganda).
  2. My father water the plant twice a week. (Ayah saya menyirami tanaman dua kali seminggu).
  3. Anna try she new dress five times. (Anna mencoba gaun barunya lima kali).

Itulah tadi penjelasan terkait materi determiner dalam bahasa Inggris dari VisitPare.com. Dengan mempelajarinya secara sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin jika kita segera mahir berbahasa Inggris.

Menarik Untuk Anda

3 Cara Mudah Belajar Vocab Bahasa Inggris Dijamin Tidak Bikin Bosan!

Bagikan di WA Telegram Facebook Kirim di FB Copy Link“Nggak bisa bahasa inggris?” Tahun lalu …