Present Perfect Tense: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Melanjutkan pembahasan 16 tenses yang dapat anda pelajari dalam bahasa Inggris, berikutnya adalah Present Perfect Tense. Pernahkah anda merasa bingung dalam mempelajari tata bahasa dalam bahasa Inggris, terutama dalam tense bahasa Inggris ini?

Sebenarnya mempelajari tenses tidaklah terlalu sulit. Bagi kita yang bukan penutur asli bahasa Inggris, mungkin beragam tenses bahasa Inggris dapat menjadi suatu hal yang sulit untuk dipahami. Terdapat banyak aturan serta pengecualian dalam tenses bahasa Inggris tersebut.

Tenses sendiri adalah sebuah konsep yang mana menjelaskan bahwa waktu kejadian dari sebuah pernyataan. Berikut ini akan kita sampaikan penjelasan tentang pengertian, jenis-jenis, serta contoh penggunaan tenses ini.

Present Perfect Tenses, Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Present perfect kita gunakan guna menunjukkan hubungan antara masa sekarang dan juga masa lampau. Kejadian atau waktu tindakannya yaitu sebelum sekarang, akan tetapi tidak spesifik dan kita seringkali lebih tertarik dengan hasil maupun akibatnya dari pada dengan tindakan itu sendiri.

Jenis tense yang satu ini merupakan salah satu pola tense yang menunjukkan sesuatu yang telah diselesaikan. Dari berbagai jenis tenses yang lainnya, dalam memahami dan mendalami perfect tense sebenarnya tidaklah sulit.

Namun demikian, tense tersebut masih sering menimbulkan terjadinya perdebatan. Maka dari itulah, sangat penting bagi anda untuk mengerti dan memahami tentang penjelasan pengertian, jenis-jenis dan juga contoh penggunaan present perfect tense ini.

Pengertian

Pengertian dari tense yang satu ini adalah salah satu kata kerja yang menggambarkan adanya sebuah kegiatan yang terjadi pada masa lampau, akan tetapi masih berlanjut hingga sekarang.

Tense yang satu ini terbagi atas gabungan waktu present di masa saat ini dan juga sebuah aspect perfect sebelum satu spesifik waktu pada masa lampau. Selain itu, tense juga bisa digunakan untuk menggambarkan adanya sebuah peristiwa yang diawali serta berakhir pada masa lampau.

Akan tetapi, dalam hal ini, efeknya masih dirasakan hingga saat ini. Untuk lebih jelasnya lagi, tense ini dapat kita gunakan sebagai penghubung kata antara masa lampau dan juga masa sekarang.

Rumus

Tense ini dibentuk dengan adanya auxiliary verb have atau has serta past participle atau verb 3. Dalam hal ini, have berpasangan dengan subjek I, We, You, They. Sementara Has dipakai untuk subjek He, She, serta It.

Dalam kalimat present perfect tense, keterangan waktu yang sering dipakai ialah for dan since. Pada “for” digunakan untuk menunjukkan beberapa lama periode waktu yang berlangsung. Sedangkan “since” digunakan dalam menunjukkan kapan suatu periode waktu dimulai.

Dalam kalimat present tence, untuk penggunaan keterangan waktu “for” dapat dihilangkan. Hal ini dikarenakan keterangan waktu masih dapat dimengerti meskipun tidak disertai dalam sebuah kalimat.

Sedangkan untuk keterangan waktu since tidak bisa kita hilangkan dalam kalimat present perfect tense tersebut. Pasalnya, hal tersebut dapat menghilangkan fungsi atau kegunaan dari keterangan waktu itu sendiri dan juga makna dari kalimatnya.

Terdapat beberapa kata kerja yang tidak dapat digunakan bersamaan dengan kata for, diantaranya began, arrive, end leave, stop, dan meet.

Jenis-Jenis

Jenis-Jenis
Jenis-Jenis

Present perfect tense dapat kita bedakan menjadi dua jenis, diantaranya seperti tense verbal (menggunakan kata kerja) dan juga tense nominal yakni menjelaskan orang, object, benda, atau abstraksi. Berikut ini perbedaan dari kedua jenis tersebut. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai.

1. Present Perfect Tense Verbal

Ini adalah sebuah tenses yang digunakan dalam menjelaskan suatu perbuatan atau peristiwa yang telah selesai dikerjakan. Akan tetapi, dalam hal ini, tidak dititikberatkan pada keterangan waktu yang dimiliki.

Selain itu, present perfect tense juga dapat digunakan untuk menceritakan suatu pengalaman hidup serta kegiatan atau yang telah dikerjakan atau telah terjadi di masa lampau dan masih berlangsung hingga saat ini.

Berapa rumus dari present perfect tense verbal adalah:

  • Present Perfet Tense Affirmative / Positif (+)

Subject + auxiliary verb (have/has) + past participle (verb-3)

  • Present Perfect Tense Negative (-)

Subject + auxiliary verb (have/has) + not + past participle (verb-3)

  • Present Perfect tense Interogative (tanya / ?)

Auxiliary verb (have/has) + Subject + past participle (verb-3)

2. Present Perfect Tense Nominal

Present perfect tense nominal merupakan tense yang tidak dapat menggunakan kata kerja, akan tetapi menggunakan kata benda, kata sifat, dan juga kata keterangan.

Rumus Present Perfect Tense Nominal adalah:

  • Present Perfect Tense Nominal Positif

S + Have/Has + Been + Adjective / Noun / Adverb + For/ Since

  • Present Perfect Tense Nominal Negative

S + Have/Has + Not + Been + Adjective / Noun / Adverb + For / Since

  • Presnt Perfect Tense Nominal Interogratif

Have / Has + Subject + Been + Adjective / Noun / Adverb + For/ Since

Ciri-Ciri

Ciri-Ciri
Ciri-Ciri

Berikut ini beberapa ciri-ciri dari present perfect tense:

  • Predikat kalimat yang termasuk ke dalam bentuk perfect tense ini, pada umumnya selalu tersusun dari kata Have /Has + Past Participle.
  • Pada subjek terdiri dari orang ketiga tunggal seperti Hana, Sari, He, She, It dan lain sebagainya serta selalu menggunakan kata kerja bantu seperti has.
  • Sedangkan subyek yang terdiri dari You, I, We, dan The menggunakan kata bantu have.
  • Kalimat tanya positif terbentuk dengan memindahkan adanya verb Have/Has pada bagian awal subjek.
  • Sedangkan kalimat negatifnya hanya menambahkan kata not di bagian belakang kata kerja bantu atau diletakkan sebelum adanya subjek.

Fungsi

Terdapat beberapa fungsi dari tense bahasa Inggris yang satu ini, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tense yang satu ini mempunyai fungsi untuk menunjukkan terjadinya sebuah kegiatan yang baru saja usai. Pada dasarnya tense ini kita tambahkan sebuah kata just sebelum have atau has.
  • Present perfect tense juga kita gunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan yang telah atau pernah kita lakukan pada masa lampau. Akan tetapi, waktu dari aktivitas tersebut tidak diketahui secara jelas.
  • Tense ini juga memiliki fungsi dalam menggambarkan adanya sebuah aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang.

Keterangan Waktu Present Perfect Tense

Ketika kita belajar bahasa Inggris, maka akan menemukan keterangan waktu. Kata yang termasuk ke dalam keterangan waktu ini sering kita sebut sebagai Adverb of Time.

Dalam present perfect, terdapat beberapa keterangan waktu. Antara lain adalah sebagai berikut:

Keterangan Waktu: For, Since, Still, Before, Yet, Already, Just

Untuk keterangan waktu yang satu ini merupakan kelompok kata yang menjadi ciri pola dari tense tersebut. Terutama pada kata Yet, Alredy, dan juga Just.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya berikut ini. Sehingga anda akan semakin paham, dan mampu membuat kalimat dengan sangat baik.

Just

Kata keterangan waktu “just” ini artinya adalah baru terjadi. Atau dengan kata lain baru saja terjadi.

Mungkin akan timbul sebuah pertanyaan, apanya yang baru saja? Pada dasarnya, kata ini dapat memberikan makna, bahwa sesuatu atau sebuah kejadian baru saja selesai kita lakukan saat masa lampau.

Hanya beberapa saat dari waktu yang sekarang. Dalam istilah bahasa Inggris-nya, hal tersebut kita kenal sebagai “a short time ago”

Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik lagi, mari simak contoh kalimat present perfect tense berikut ini:

  1. She have just arrived here.
  2. They has just told me about that story.
  3. My friends and I have just finished the singing practice.

Already

Penting untuk kita pahami bersama, bahwa present perfect ini memiliki pola yang dapat menyatakan suatu kegiatan yang sudah kita lakukan. Lebih jelasnya, berarti keterangan waktu already tersebut memiliki arti “sudah”.

Yang mana memberikan sebuah penekanan bahwa sesuatu sudah kita lakukan lebih awal dari pada yang seharusnya maupun perkiraan. Berikut ini adalah contoh kalimatnya.

  1. Ananda have submitted the homework already.
  2. Has Mira already gone to Australia?
  3. The train has already left us.

Yet

Kata “yet” merupakan keterangan waktu present perfect khusus untuk kalimat interogatif atau kalimat negatif. Kata yang satu ini memiliki arti “belum sampai sekarang”.

Apabila anda ingin tahu lebih lanjut bagaimana penggunaannya, maka simak contohnya berikut ini.

  1. Has Alex found the job yet?
  2. He hasn’t applied any job yet.
  3. They haven’t discussed about the wedding date yet.

Before

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa before ini memiliki arti “sebelum”. Keterangan waktu tersebut kita gunakan guna memberikan penekanan, apakah sebuah kejadian telah terjadi sebelumnya.

Kata before ini sangat cocok kita gunakan pada akhir kalimat.

  1. Have they met before?
  2. Ani have never seen him before.
  3. Has she ridden a bicycle before?

Still

Still merupakan keterangan waktu yang mempunyai pengertian “masih”. Kata yang satu ini, pada dasarnya dapat memberikan sebuah penekanan bahwa suatu kegiatan atau peristiwa masih belum kita lakukan.

Atau dengan kata lain, sudah dan masih memiliki kelanjutan hingga sekarang. Untuk lebih jelasnya lagi berikut ini simak contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat present perfect tense.

  1. He still hasn’t finished the homework.
  2. She still been phoned by strange numbers. (Kalimat Pasif)
  3. Have he still talked about that girl?

Since dan For

Kata yang menunjukkan keterangan waktu berikutnya adalah since dan juga for. Kedua kata tersebut akan kita bahsa secara bersamaan guna memberikan pemahaman yang lebih jelas.

Seperti yang kita tahu bahwa kata since memiliki arti ‘sejak”. Sedangkan untuk kata for memiliki arti ‘selama”.

Keduanya, baik dari kata since maupun for, mengungkapkan kurun waktu tertentu. Agar semakin jelas untuk membedakannya, maka berikut ini adalah contoh kalimatnya.

  1. They have lived here since 1980.
  2. We’ve lived here for thirthy eight years.
  3. She hasn’t met her parents since December.
  4. She hasn’t met her parents for more than seven months.
  5. Asti and Fiki have been my best friends since we were six.
  6. Anggi and Angga have been my best friends for seven years.

Keterangan Waktu pada Kalimat Present Perfect Tense: Ever dan Never

Dalam beberapa percakapan baik native ataupun lewat kursus, kata ever dan never mungkin memang cukup ramah terdengar di telinga kita. Pada dasarnya, dua kata ini memang punya arti yang cukup luas.

Selain itu, kata Ever dan never memang kayaknya Dilan dan Milea yang tidak pernah bisa terpisah. Dari segi tata bahasa, “ever” sendiri berarti “pernah” saat diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Sedangkan “never” mempunyai arti “tidak pernah” jika diterjemahkan ke dalam bahas Indonesia. Sama dengan maknanya dalam bahasa, kata “ever” dan “never” dalam kalimat Present Perfect Tense juga punya makna yang sama. Untuk lebih lengkapnya simak contoh penggunaannya sebagai berikut:

  • Have you ever been to Jogjakarta?
  • I have never been to Jogjakarta
  • Has she never played white you?
  • I’ve never cooked some cookies
  • Have you ever met a famous person?

Perlu diingat ada satu keadaan unik yang perlu dilakukan jika menggunakan keterangan waktu yang satu ini. Hal tersebut yakni menggunakan kalimat “I have saw that movie” bukannya “I have ever saw that movie” karena ketika situasi demikian maka fungsi ever melebur dengan “have”.

Keterangan Waktu dalam Kalimat Present Perfect Tense: One time dan Seterusnya

Setelah mengetahui penggunaan keterangan waktu ever never, tentu akan lebih baik jika kita juga mempelajari keterangan waktu yang lainnya. Pada bagian ini, akan dijalankan tentang penggunaan keterangan waktu one time dan seterusnya.

“One time, twice, three times” dan seterusnya, biasa digunakan untuk menunjukan berapa kali seorang melakukan suatu kegiatan. Dalam keterangan waktu, kata “one time, twice” dan seterusnya ini biasanya juga dapat berkesinambungan dengan kata keterangan waktu lain seperti week, month dan sebagainya.

Tanpa basa basi lagi tentu kita dapat belajar dengan lebih cepat jika melihat contoh penggunaan keterangan waktu ini pada kalimat present perfect tense di bawah ini:

  • We have saw that funny movie twice.
  • I have been going to Mr. Gembul house one time this week.
  • Robby has played football twice a week.
  • We have gone fishing three times this month.
  • Me and my brother have seen our grandparent one time this year.

Satu hal yang perlu diingat, jangan lupa menambahkan “s” dalam “time”, “week”, “month” pada keterangan waktunya, jika angka yang ditunjukkan lebih dari satu.

Keterangan Waktu dalam Kalimat Present Perfect Tense: Lately, Recently dan So Far

Selain menggunakan kata yang punya makna baku seperti one time, Twice atau three times tentu kita dapat menggunakan kata yang bermakna luas seperti lately, recently dan so far. Ketiga kata ini punya makna hitungan yang lebih luas atau lebih tidak eksplisit.

Dalam bahasa Indonesia, Lately sendiri berarti “sudah lama terjadi” sedangkan Recently memiliki arti “baru saja terjadi”. Di sisi lain, So far mempunyai arti “sejauh ini”, terlihat jelas bukan bahwa ketiga kata ini memang tidak menjelaskan keterangan waktu secara jelas.

Berikut ini adalah contoh penggunaan tiga kata tersebut dalam kalimat present perfect tense:

  • I have recently went to my grandma house
  • I haven’t saw him recently.
  • Have you done your home work lately?
  • Gembul has came recently.
  • How much mathematics result do you got so far?
  • We haven’t player football so far.

Contoh Penggunaan Kalimat

Contoh Penggunaan Kalimat
Contoh Penggunaan Kalimat

Berikut ini beberapa contoh penggunaan kalimat present perfect:

  1. Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian maupun, perbuatan yang telah terjadi dan juga masih ada kaitannya dengan waktu saat ini.

Contoh kalimat:

  • You have read the my sister comic fo a week.
  • She has sent the package to my sister this week.
  1. Menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang telah dilakukan secara berulang-ulang.

Contoh kalimat:

  • We have visited the Borobudur temple two times this year.
  1. Menyatakan peristiwa atau perbuatan yang sudah terjadi pada waktu lampau serta masih berlangsung hingga saat ini.

Contoh kalimat:

  • She have studied Sunda’s culture for a week.
  • We have live in Surabaya since 2018.
  1. Menyatakan suatu peristiwa, perbuatan atau pekerjaan ulangan pada waktu yang tidak tentu sebelum saat ini. Kata-kata yang sering digunakan di dalam hal tersebut antara lain : before, yet, ever, never, dan already.

Contoh kalimat:

  • I have watched this comedi before.
  • He has already met my sister.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa present perfect tense ini merupakan kalimat yang dapat digunakan untuk menerangkan peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau. Kalimat tersebut ada hubungannya dengan masa sekarang, akan tetapi dengan waktu yang tidak jelas diketahui. Baca materi sebelumnya: Present Continuous Tense.

Tinggalkan komentar