Kategori: Pojok Bahasa

Present Perfect Tense: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Bagikan

Melanjutkan pembahasan 16 tenses yang dapat anda pelajari dalam bahasa Inggris,  berikutnya adalah Present Perfect Tense. Pernahkah anda merasa bingung dalam mempelajari tata bahasa dalam bahasa Inggris, terutama dalam tense bahasa Inggris ini?

Sebenarnya mempelajari tenses tidaklah terlalu sulit. Bagi kita yang bukan penutur asli bahasa Inggris, mungkin beragam tenses bahasa Inggris dapat menjadi suatu hal yang sulit untuk dipahami. Terdapat banyak aturan serta pengecualian dalam tenses bahasa Inggris tersebut.

Tenses sendiri merupakan konsep yang menjelaskan bahwa waktu kejadian dari sebuah pernyataan. Di bawah ini akan kita bahas mengenai pengertian, jenis-jenis, serta contoh penggunaan tenses ini.

7esl.com

Present Perfect Tenses, Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Present perfect digunakan untuk menunjukkan hubungan antara masa sekarang dan masa lampau. Kejadian atau waktu tindakannya adalah sebelum sekarang, tetapi tidak spesifiks serta kita seringkali lebih tertarik dengan hasil atau akibatnya dibandingkan dengan tindakan itu sendiri.

Jenis tense yang satu ini merupakan salah satu pola tense yang menunjukkan sesuatu yang telah diselesaikan. Dari beragam jenis tenses lainnya, dalam memahami perfect tense sebenarnya tidaklah sulit.

Namun demikian, tense ini masih sering menimbulkan adanya perdebatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk mengerti dan memahami pengertian, jenis-jenis serta contoh penggunaan present perfect tense.

Pengertian

Pengertian dari tense yang satu ini adalah salah satu kata kerja yang menggambarkan adanya sebuah kegiatan yang terjadi pada masa lampau, akan tetapi masih berlanjut hingga sekarang.

Tense sendiri terdiri dari gabungan sebuah aspect perfect sebelum satu spesifik waktu pada masa lampau serta waktu present di masa saat ini. Selain itu, tense juga bisa digunakan untuk menggambarkan adanya sebuah peristiwa yang diawali serta berakhir pada masa lampau.

Akan tetapi, dalam hal ini, efeknya masih dirasakan hingga saat ini. Secara lebih jelas, tense dapat digunakan sebagai penghubung kata antara masa lampau serta masa sekarang.

Rumus

Tense ini dibentuk dengan adanya auxiliary verb have atau has serta past participle atau verb 43. Dalam hal ini, have berpasangan dengan subjek I, We, You, They. Sementara Has dipakai untuk subjek He, She, serta It.

Dalam kalimat present perfect tense, keterangan waktu yang sering dipakai ialah for dan since. Pada “for” digunakan untuk menunjukkan beberapa lama periode waktu yang berlangsung. Sedangkan “since” digunakan dalam menunjukkan kapan suatu periode waktu dimulai.

Dalam kalimat present tence, untuk penggunaan keterangan waktu “for” dapat dihilangkan. Hal ini dikarenakan keterangan waktu masih dapat dimengerti meskipun tidak disertai dalam sebuah kalimat.

Sedangkan keterangan waktu since tidak dapat dihilangkan dalam kalimat present perfect tense. Pasalnya, dapat menghilangkan fungsi dari keterangan waktu itu sendiri serta makna dari kalimat.

Terdapat beberapa kata kerja yang tidak dapat digunakan bersamaan dengan kata for, diantaranya began, arrive, end leave, stop, dan meet.

Jenis-Jenis

Present perfect tense dibedakan menjadi dua jenis, diantaranya tense verbal (menggunakan kata kerja) serta tense nominal yakni menjelaskan orang, object, benda, atau abstraksi. Berikut ini perbedaan dari kedua jenis tersebut. Pastikan anda menyimaknya sampai selesai.

1. Pengertian Present Perfect Tense Verbal

Ini adalah sebuah tenses yang digunakan dalam menjelaskan suatu perbuatan atau peristiwa yang telah selesai dikerjakan. Akan tetapi, dalam hal ini, tidak dititikberatkan pada keterangan waktu yang dimiliki.

Selain itu, present perfect tense juga dapat digunakan untuk menceritakan suatu pengalaman hidup serta kegiatan atau yang telah dikerjakan atau telah terjadi di masa lampau dan masih berlangsung hingga saat ini.

Berapa rumus dari present perfect tense verbal adalah:

  • Present Perfet Tense Affirmative / Positif (+)

S + auxiliary verb (have/has) + past participle (verb-3)

  • Present Perfect Tense Negative (-)

S + auxiliary verb (have/has) + not + past participle (verb-3)

  • Present Perfect tense Interogative (interogative / tanya / ?)

Auxiliary verb (have/has) + S + past participle (verb-3)

2. Pengertian Present Perfect Tense Nominal

Present perfect tense nominal adalah tense yang tidak menggunakan kata kerja, akan tetapi menggunakan kata sifat, kata benda, serta kata keterangan.

Rumus Present Perfect Tense Nominal adalah:

  • Present Perfect Tense Nominal Positif

Subject + Have/Has + Been + Adjective / Naoun / Adverb + For/ Since

  • Present Perfect Tense Nominal Negative

Subject + Have/Has + Not + Been + Adjective / Noun / Adverb + For / Since

  • Presnt Perfect Tense Nominal Interogratif

Have / Has + Subject + Been + Adjective / Noun / Adverb + For/ Since

Ciri-Ciri

Berikut ini beberapa ciri-ciri dari present perfect tense:

  • Predikat kalimat yang termasuk pada bentuk tense selalu tersusun dari Have /Has + Past Participle.
  • Pada subjek terdiri dari orang ketiga tunggal seperti Hana, Sari, He, She, It dan lain sebagainya serta selalu menggunakan kata kerja bantu seperti has.
  • Sedangkan subyek yang terdiri dari You, I, We, dan The menggunakan kata bantu have.
  • Kalimat tanya positif terbentuk dengan memindahkan adanya verb Have/Has pada bagian awal subjek.
  • Sedangkan kalimat negatifnya hanya menambahkan kata not di bagian belakang kata kerja bantu atau diletakkan sebelum adanya subjek.

Fungsi

Terdapat beberapa fungsi dari tense bahasa Inggris ini, diantaranya:

  • Tense ini memiliki fungsi untuk menunjukkan adanya sebuah kegiatan yang baru saja selesai. Pada umumnya ditambahkan sebuah kata just sebelum have atau has.
  • Present perfect tense juga digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan yang sudah pernah dilakukan pada masa lampau. Akan tetapi, waktu dari aktivitas tersebut tidak diketahui secara jelas.
  • Tense ini juga memiliki fungsi dalam menggambarkan adanya sebuah aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang.

Contoh Penggunaan Kalimat

Berikut ini beberapa contoh penggunaan kalimat present perfect:

1. Menyatakan suatu peristiwa, perbuatan atau kejadian yang telah terjadi serta masih ada hubungannya dengan waktu saat ini.

Contoh kalimat:

  • You have read the my sister novel fo a week.
  • He has sent the package to may sister this week.

2. Menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang telah dilakukan secara berulang-ulang.

Contoh kalimat:

  • We have visited the Borobudur temple two times this year.

3. Menyatakan peristiwa atau perbuatan yang sudah terjadi pada waktu lampau serta masih berlangsung hingga saat ini.

Contoh kalimat:

  • I have studied Sunda’s culture for a week.
  • We have live in Surabaya since 2018.

4. Menyatakan suatu peristiwa, perbuatan atau pekerjaan ulangan pada waktu yang tidak tentu sebelum saat ini. Kata-kata yang sering digunakan di dalam hal tersebut antara lain : before, yet, ever, never, dan already.

Contoh kalimat:

  • I have watched this comedi before.
  • He has already met my sister.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa present perfect tense ini merupakan kalimat yang dapat digunakan untuk menerangkan peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau. Kalimat tersebut ada hubungannya dengan masa sekarang, akan tetapi dengan waktu yang tidak jelas diketahui. Baca materi sebelumnya: Present Continuous Tense.

5 / 5 ( 1 vote )

Artikel Terbaru

Possessive Adjective: Pengertian, Contoh Kalimat dan Perbandingannya

Menguasai bahasa Inggris merupakan nilai plus bagi seseorang. Apalagi melihat bagaimana penggunaan bahasa Inggris saat ini yang menjadi bahasa pengantar… Baca Lebih Lanjut

21/10/2020

Adjective Clause: Karakteristik, Jenis, Fungsi dan Contoh Kalimat

Belajar bahasa Inggris selama ini dirasa sulit dan membingungkan. Hal ini terbilang wajar karena memang bahasa Inggris merupakan bahasa asing… Baca Lebih Lanjut

19/10/2020

5 Hal Keunikan yang Bisa Anda Temukan di Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare adalah sebuah kampung yang berada di Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur. Mungkin yang Anda bayangkan saat mendengar… Baca Lebih Lanjut

11/10/2020

7 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Kamu Yang Sudah Bekerja

Kecakapan dan keterampilan berbahasa Inggris memang sangat dibutuhkan seiring perkembangan zaman. Tidak hanya di dunia pendidikan, dunia kerja juga pergaulan… Baca Lebih Lanjut

03/09/2020

Future Perfect Continuous Lengkap Pengertian dan Contoh

Penggunaan Future Perfect Continuous biasanya digunakan dalam sebuah tindakan yang tengah berlangsung dan terus akan terjadi sampai beberapa saat. Tidak… Baca Lebih Lanjut

28/07/2020

Future Perfect: Pengertian, Contoh, dan Rumus Penggunaan

Pemakaian kalimat dalam bahasa Inggris memiliki beberapa aturan. Aturan tersebut sama halnya dengan aturan kita melakukan percakapan atau belajar bahasa… Baca Lebih Lanjut

28/07/2020