Perbedaan So That, Such That, dan In Order To, serta Contoh Kalimatnya

Ketika mempelajari grammar bahasa Inggris, tidak jarang ada beberapa hal yang belum kamu pahami. Misalnya seperti apa perbedaan so that, such that dan in order to serta contoh kalimatnya. Hal ini karena secara literal, ketiga konjungsi tersebut memiliki arti yang sama: agar, supaya, atau sehingga. 

Jadi, sangat wajar jika kamu masih merasa bingung tentang bagaimana cara menggunakan kata hubung di atas. Karena itu, berikut adalah penjelasan lebih jauh tentang apa itu so that, such that, dan in order that serta bagaimana cara penggunaannya di dalam kalimat.

Penggunaan So That dalam Kalimat

Penggunaan sho that ini untuk menghubungkan dua kata

Seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, secara literal pengertian so that adalah agar, sehingga, atau supaya. Kamu bisa menggunakan kata hubung ini untuk mendeskripsikan tujuan.

Pada dasarnya, fungsi utama dari kata hubung adalah untuk menghubungkan dua kata, dua frasa, atau dua kalimat. Maka dari itu, perlu kamu catat jika so that digunakan untuk menghubungkan dua frasa. Frasa yang pertama adalah action atau aksi, dan frasa yang kedua adalah goal atau tujuan. 

Sehingga, rumus kalimat dari so that adalah action + so that + goal. Misalnya pada beberapa contoh kalimat so that di bawah ini:

  • I study hard so that I can be accepted into a reputable university. (Aku belajar keras agar aku bisa diterima di universitas yang bagus.) 
  • Hanni left early so that she could watch her favorite TV show. (Hanni pulang duluan agar dia bisa menonton siaran TV favoritnya.) 

Dari dua kalimat di atas, kamu bisa melihat jika kata I study hard dan Hanni left early adalah sebuah aksi. Sedangkan kata I can be accepted into a reputable university dan she could watch her favorite TV show adalah tujuan dari aksi tadi. 

Lalu, penting untuk kamu catat jika subjek akan selalu mengikuti kata so that. Misalnya kata I dan she yang ada dalam kalimat di atas. Lalu, kamu pun perlu tahu jika di dalam frasa tujuan, selalu ada kata modal. Misalnya seperti kata can dan could dalam kalimat di atas. 

Penggunaan Such That dalam Kalimat

Penggunaan such that untuk menjelaskan noun

Jika arti such that adalah agar, supaya, atau sehingga, lalu apa bedanya so that dan such that? Perlu kamu tahu, such that hanya bisa kamu gunakan pada saat menjelaskan jenis kata adjective noun. Biasanya, frasa adjective noun tersebut akan berada di antara kata such dan kata that

Hal ini membuat kedudukan frasanya pun berubah. Jika pada saat memakai kata so that kamu harus menaruh frasa aksi terlebih dahulu sebelum frasa tujuan, maka untuk such that tidak seperti itu. Rumus such that adalah subject + verb + such + adjective noun + that + action

Misalnya seperti di contoh kalimat such that di bawah ini: 

  • Tony is such a handsome man that many people love him. (Toni adalah seorang laki-laki yang sangat tampan sehingga banyak orang menyukainya.) 
  • Percy Jackson is such a good book that I recommend it. (Percy Jackson adalah buku yang sangat bagus sehingga aku akan merekomendasikannya.)

Dari kalimat di atas, kamu mungkin dapat melihat jika kata Tony dan Percy Jackson berkedudukan sebagai subject. Lalu, kata is adalah to be, yang juga berkedudukan sebagai verb atau kata kerja. 

Kemudian, frasa a handsome man dan a good book adalah adjective noun atau kata sifat suatu kata benda. Sedangkan, kalimat many people love him dan I  recommend it adalah frasa action atau aksi. 

Hal ini membuat tujuan penggunaan such that di dalam kalimat adalah bukan untuk menjelaskan sebuah tujuan dari suatu aksi tertentu. Namun, kata tersebut dapat kamu gunakan untuk menjelaskan alasan kenapa suatu aksi dilakukan. 

Penggunaan In Order To dalam Kalimat

Penggunaan in order to ini biasa untuk menjelaskan tujuan dari sebuah action

Kemudian, apa bedanya so that dan in order to? Karena, jika kamu menilik secara literal, arti dari kedua kata hubung tersebut adalah sama, yaitu sehingga, supaya, atau agar. Lalu, fungsi dari kedua kata tersebut pun tidak jauh berbeda, yaitu untuk menjelaskan goal tujuan dari sebuah action atau aksi. 

Perlu kamu ketahui jika in order to adalah bentuk yang lebih formal dari kata so that. Hal ini membuat rumus in order to dan rumus so that tidak akan jauh berbeda, yaitu action + in order that + goal. Hanya saja, kamu akan lebih sering menggunakan kata hubung yang satu ini pada situasi yang lebih resmi. 

Menariknya, kamu juga bisa menyimpan kata in order that di depan kalimat. Sehingga, struktur kalimatnya akan menjadi in order to + goal, action. Supaya lebih jelas, kamu dapat melihat beberapa contoh kalimat in order to di bawah ini! 

  • In order to win the competition, we need to practice harder. (Agar bisa menang, kita perlu latihan dengan lebih giat.) 
  • She works really hard in order to give you a perfect birthday party. (Dia bekerja dengan sangat keras agar bisa memberimu pesta ulang tahun yang sempurna.) 

Pada contoh kalimat di atas, frasa we need to practice harder dan she works really hard adalah frasa aksi. Sedangkan to win the competition dan to give you a perfect birthday party adalah frasa goal atau tujuan.

Kemudian, kamu pun perlu mencatat jika setelah kalimat in order to selalu ada verb infinitive yang mengikuti. Lalu, bentuk negatifnya adalah in order not to. 

Jadi, itulah perbedaan so that, such that dan in order to serta contoh kalimatnya yang perlu kamu pelajari! Cobalah menggunakannya dalam kalimat agar makin fasih berbahasa Inggris! berikutnya jangan lupa baca artikel Perbedaan dan Penggunaan Either Or dan Neither Nor agar pemahamanmu lebih luas lagi!

Tinggalkan komentar