Mengenal Adverb Literally dan Cara Menggunakannya dalam Kalimat

Pada beberapa tahun akhir-akhir ini, adverb literally menjadi salah satu kata yang overused. Kata ini sangat sering digunakan, bahkan di situasi yang tidak tepat sekalipun. Banyak orang yang menggunakan kata ini saat sedang berbicara dalam bahasa lain selain Inggris. Itulah kenapa kamu perlu mempelajari materi untuk kelas 10 ini.

Lalu, literally meaning itu apa dan bagaimana cara penggunaan kata ini di dalam sebuah kalimat? Untuk bisa mengetahui hal tersebut, kamu harus tahu apa pengertian dari salah satu kata adverbia yang satu ini. Maka dari itu, berikut penjelasan lebih jauh tentang kata literally di dalam bahasa Inggris!

Pengertian Kata Literally

Adverb Literally

Apabila kamu ingin tahu literally translate di dalam bahasa Indonesia, maka kata tersebut memiliki arti “benar-benar”. Kata literally termasuk ke dalam jenis kata adverb atau adverbia. Itu berarti, kata tersebut berfungsi untuk menerangkan kata kerja atau verba. 

Kata lain yang termasuk ke dalam jenis adverb adalah kata completely, really, dan lain sebagainya. Biasanya, posisi kata ini ada sebelum verb atau kata kerja. 

Hanya saja, terkadang kamu juga akan menggunakan kata literally sebelum noun atau kata benda. Hal itu akan tergantung konteks dari kalimat tersebut. Terkadang, kamu juga akan menggunakan kata lain yang memiliki arti serupa. Misalnya seperti literal adjective.

Perlu kamu ketahui jika kata literally adalah adverb form of literal. Kata literal sendiri termasuk ke dalam jenis kata adjective atau adjektiva. Itu kenapa kedua kata tersebut memiliki arti yang serupa. Hanya saja, fungsi dari kedua kata tersebut jelas akan berbeda.

Fungsi Kata Literally

Adverb Literally

Lalu, sebenarnya apa fungsi adverb literally di dalam pembentukkan sebuah kalimat? Setidaknya, kata literally memiliki tiga fungsi yang berbeda. 

Supaya lebih jelas, kamu dapat menyimak apa saja fungsi dari kata literally di dalam penjelasan berikut ini!

1. Untuk Menjelaskan Arti yang Sebenarnya

Jika kamu ingin tahu apa the use of literally, maka penggunaan kata tersebut yang paling umum adalah untuk menjelaskan arti secara literal. Atau, kamu mungkin juga mengenal hal ini dengan istilah “arti harfiah”. Biasanya, kamu akan memakai kata ini untuk menjelaskan makna asli dari sebuah kata.

Dalam bahasa Indonesia, kamu mungkin mengenal istilah konotatif (makna kiasan) dan denotatif (makna asli). Kata literally sendiri biasanya akan kamu gunakan untuk menjelaskan kata secara denotatif. Selain untuk menjelaskan kata, kamu dapat menggunakan kata ini untuk menjelaskan keadaan.

Misalnya seperti contoh kalimat di bawah ini!

  • She said no, so you literally cannot go. (Dia bilang tidak, jadi kamu benar-benar tidak bisa pergi.)
  • The word “sunliterally means a planet that is the center of the earth’s orbit. (Kata “matahari” secara harfiah berarti planet yang menjadi pusat orbit bumi.)

Di kalimat pertama, kata “literally” menjelaskan makna asli (keadaan) dari kata “no”. Sedangkan di kalimat kedua, kata “literally” menjelaskan makna asli (kata) dari kata “sun”.

2. Untuk Menekankan Kebenaran Fakta yang Mengejutkan

Di samping untuk menjelaskan makna harfiah, kamu juga dapat menggunakan kata literally untuk menekankan kebenaran fakta. Pada umumnya, fakta yang disampaikan memang mengejutkan. Jadi, kamu harus harus memakai kata “literally” untuk menekankan bahwa hal itu benar-benar kenyataan.

Misalnya seperti kalimat berikut ini!

  • Jennie is literally a superstar. There are many fans who want to attend her concert. (Jennie benar-benar seorang bintang papan atas, ada banyak sekali penggemar yang ingin datang ke konsernya.)
  • I know you can’t believe it, but Tita literally says that she hates this. (Aku tahu kamu tidak akan memercayai ini, tapi dia benar-benar bilang bahwa dia tidak menyukai ini.)

Pada kalimat pertama, kata “literally” menekankan kata “a superstar”. Hal itu berarti bahwa Jennie adalah seorang bintang papan atas adalah benar-benar fakta dan bukan bualan semata. 

Begitu pula dengan kalimat kedua. Kata “literally” di sana menekankan kata “said”. Hal ini berarti, Tita pernah berkata seperti itu padanya adalah sebuah fakta dan bukan hasil karangan semata.

3. Untuk Menekankan Hal-Hal yang Tidak Mungkin Terjadi atau Tidak Masuk Akal (Informal)

Di samping kedua fungsi di atas, kamu juga dapat menggunakan kata literally sebagai slang. Bagi kamu yang belum tahu, slang adalah kata populer di kalangan anak muda. Pada umumnya, kata tersebut tidak ada di dalam kamus resmi bahasa. Jadi, sudah pasti penggunaannya ada di situasi informal.

Fungsi kata literally di dalam situasi ini sendiri adalah untuk menekankan hal-hal yang tidak mungkin terjadi atau tidak masuk akal. 

Misalnya di dalam kata “My heart literally feel off”. Jika dijelaskan secara harfiah, tidak mungkin jantung bisa jatuh dari tempatnya. Itu hanya sebuah kiasan saja.

Jadi selain denotatif, kata literally juga bisa kamu gunakan di dalam kalimat konotatif. Hanya saja peran kata ini bukan untuk menjelaskan arti atau maksud dari kalimat kiasan tersebut. Namun, untuk membuat sebuah penekanan agar kalimat itu terdengar dilebih-lebihkan. Misalnya pada contoh berikut!

  • My heart literally jumped when it happened. (Jantungku benar-benar melompat saat itu terjadi.)
  • Stop scaring me, my heart literally drops off because of that! (Berhenti menakutiku, jantungku benar-benar akan copot karena hal itu!)

Itulah penjelasan tentang adverb literally yang perlu kamu ketahui. Mulai sekarang, gunakan kata ini secara tepat, ya! dan jangan lupa baca materi Showing Preference juga agar kamu faham semua materi bahasa inggris kelas 10 ini.

Tinggalkan komentar