British English: Ini Arti serta Contoh Kata dan Kalimatnya

British English: Ini Arti serta Contoh Kata dan Kalimatnya

Pernahkah anda menemukan penulisan kata yang berbeda, tetapi bermakna sama seperti antara flavour dan flavour? Atau, apakah anda pernah kebingungan terhadap perbedaan pengucapan dari kata yang sama, seperti water

Atau, apakah anda pernah memakai kata fall di satu situasi dan autumn di tempat lain untuk mendeskripsikan kata musim gugur? British english mungkin harus masuk dalam pembelajaran.

Bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional semenjak penyebarannya di akhir abad 18. Pada zaman itu, kekuasaan Inggris mendominasi hampir di seluruh dunia. Semua yang berhubungan oleh negara ini mau tidak mau diterima oleh banyak tempat.

Namun, mengapa bahasa inggris berbeda-beda? Hal ini dikarenakan pemahaman dan perkembangan bahasa inggris tetap tergantung pada suatu negara. Oleh sebab itu, american english dan banyak aksen pun muncul di dalam pembelajaran bahasa inggris, bahkan bahasa ini terus berkembang mengikuti zaman. 

Lalu, apa itu british english? Mari simak artikel ini terus untuk menemukan jawabannya.

Apa Itu British English?

british english

Menurut anda, darimanakah asal usul bahasa inggris? Anda mungkin akan menjawab bahwa bahasa ini dari Amerika Serikat atau Inggris. Namun, kedua jawaban adalah salah.

Para ahli percaya bahwa bahasa inggris pertama kali muncul dari komunitas besar yang menjelajah ke Inggris di zaman dahulu. Namun, banyak yang mengakui bahwa bahasa inggris terbentuk atas kejadian infiltrasi dari satu suku dari Jerman di masa lampau ke Inggris. 

Walaupun asal usul sesuatu itu penting, american english dan british english adalah dua aksen yang resmi diakui oleh dunia. British english akan terdengar lebih formal dan mungkin menggunakan kata-kata yang tidak awam didengar. 

Inggris dengan aksen spesifik dari Britania Raya ini mempunyai perbedaan yang cukup banyak dari american english. Ada empat perbedaan besar antara keduanya, yaitu dalam pengucapan (pronounciation), kosakata (vocabulary), ejaan (spelling), dan tata bahasa (grammar).

Contoh Kata British English dan Artinya

Belajar british English tidaklah mudah. Untuk anda yang sudah nyaman dengan american english, british english adalah tantangan tersendiri karena mempunyai beberapa kata yang berbeda dengan american english dalam menyebutkan sesuatu. 

Berikut adalah penjelasan untuk perbedaan kosakata dan pengucapan antara american english dan british english.

1. Kosakata (Vocabulary)

Pengguna british english menyebut sesuatu dengan kata yang jauh berbeda dengan american english. Hal ini kadang menyebabkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi. 

Untuk anda yang ingin atau berencana untuk ikut serta dalam pembicaraan dengan orang inggris, anda mungkin perlu belajar british english terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa contoh kata yang mempunyai arti yang sama, tapi dengan kata yang berbeda.

Apakah anda pernah mendengar orang menyebut sepak bola dengan soccer. Namun, orang lain menggunakan kata football untuk olahraga kaki yang dicintai oleh Indonesia ini. Hal ini disebabkan soccer adalah kata dari american english. Sedangkan football merupakan kata yang digunakan dalam british english. 

Mengapa bisa terjadi? Rumornya perbedaan football dan soccer muncul atas kreatifitas beberapa anak yang berkuliah di Oxford sekitar tahun 1880 an. Mereka ingin ada kata-kata spesifik untuk mendeskripsikan satu olahraga karena olahraga kaki bermacam-macam. 

Apa lagi contoh kosakata british english

British EnglishAmerican EnglishArti
BiscuitCookieBiskuit
SweetsCandiesPermen
PetrolGasBensin
RubbishTrashSampah
HolidayVacationLiburan

 

2. Pengucapan (Pronunciation)

Perbedaan pengucapan akan terdengar jelas jika anda pernah menonton tontonan yang berlokasi atau hasil produksi dari Britania Raya. Cara mengucapkan kata-kata yang umum akan terdengar seperti kosa kata baru, apalagi untuk yang lebih sering mendengar american english. 

Aksen inggris adalah salah satu variabel yang mempengaruhi adanya perbedaan dalam pengucapan. British english sungguh khas dan kental akan penekanan di bagian tertentu. Kedua hal ini adalah yang membedakan dan memberikan kesan formal dan mengesankan. 

Contohnya, huruf r umumnya tidak dibunyikan dalam british english. Di dalam american english, kata water akan berakhir dengan bunyi huruf. Sedangkan dalam british english, pengucapan water sedikit berbeda dan tidak awam. Water akan diucapkan menjadi wo tah. 

Mungkin anda bingung, tapi pengucapan ini adalah umum dalam british english. Huruf a dalam water akan terdengar bulat, sehingga seperti mengucapkan huruf o dibandingkan a. Dan huruf r tidak akan terdengar. 

Berikut adalah kata-kata lain yang pengejaannya berbeda dengan american english.

KataBritish EnglishAmerican EnglishArti
CarKaKarMobil
ParkPakParkTaman
TwentyTwen-iTwen-tiDua Puluh
ScheduleShejulSkejulJadwal
AdvertisementAd-ver-tis-menAd-ver-tais-menIklan

 

3. Ejaan (Spelling)

Pengejaan juga menjadi perbedaan antara american english dan british english. Apakah anda pernah kebingungan bagaimana cara menulis abu-abu dalam bahasa inggris, karena ada orang yang memakai gray dan yang lain menggunakan grey?

Ini mudah. Anda hanya perlu mengetahui kalau grey adalah kata dalam british english dan gray dipakai dalam american english.

Berikut adalah beberapa contoh perbedaan dalam pengejaan.

Kata dalam American EnglishBritish EnglishImbuhan dalam British EnglishArti
Color, HonorColour, Honour-or menjadi -ourWarna, Kehormatan
Organize, MemorizeOrganise, Memorise-ze menjadi -seMengatur, Mengingat
Center, TheaterCentre, Theatre-er menjadi -reTengah, Bioskop
Defense, OffenseDefence, Offence-se menjadi -cePertahanan, Serangan
InquireEnquirei menjadi eBertanya
Modeling, TravelingModelling, TravellingKonsonan gandaPeragaan, Bepergian
Analog, ToiletAnalogue, ToiletteTambahan –ue atau -eAnalog, Kamar Mandi

 

Contoh Kalimat British English

Selain kosakata, pengucapan, dan ejaan, tata bahasa dalam british english juga berbeda. British english lebih sering menggunakan perfect tense. Dan untuk frasa, ada banyak yang tidak umum digunakan dalam american english.

Berikut adalah contoh perbedaan tata bahasanya. 

American English British English
Did you do the dishes? (past tense)Have you done the dishes? (present perfect)
I already showered (past tense)I have already showered (present perfect)
You have a new dog (have to)You have got a new dog (have got/present perfect)
You have gotten fat You have got fatter

 

Bagaimana Menurutmu? British English Menarik, Bukan?

Itulah beberapa perbedaan antara american english  dan british english. Ada banyak perbedaan yang bisa dibahas, dari sejarahnya hingga perkembangannya di era modern ini. Mau melihat perbedaan lainnya? Anda bisa cek di artikel perbedaan british english dan american english berikut.

Anda bebas menggunakan american english atau british english. Keduanya telah diakui dunia. Namun, alangkah baiknya anda juga mempelajari british english bagi kamu yang tertarik atau sudah terlalu nyaman dengan american english.

Dalam berbicara bahasa inggris, anda pasti akan dipertemukan dengan orang yang menggunakan british english atau orang lokal dari Britania Raya. Anda ingin tau bagaimana cara orang lokal Britania Raya berbicara? Artikel cara berbicara dengan aksen british ini jawabannya. Jika suatu saat Anda bertemu dengan orang lokal dari Britania Raya akan lebih baik jika anda mempunyai bekal pengetahuan untuk menghindari kesalahpahaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *