7 Cara Belajar Online Menyenangkan dan Tidak Membosankan

7 Cara Belajar Online Menyenangkan dan Tidak Membosankan

Kegiatan belajar di rumah menjadi opsi untuk semua siswa di Indonesia. Gaya belajar yang sebelumnya belum dikenal oleh masyarakat Indonesia, tiba-tiba masuk ke dalam cultural mereka. Hal ini menyebabkan shock dan sebagian dari kita merasa kebingungan mencari titik nyaman belajar secara online. Terlebih lagi jika kamu memahami tujuan sekolah.

Memang untuk membuat belajar online menjadi menyenangkan tidaklah mudah, karena kamu harus memperhatikan beberapa faktor yang kemudian kamu temukan solusinya sendiri dari semua faktor-faktor tersebut.

7 Cara Belajar Online Menyenangkan Versi Visit Pare Supaya Materi Dapat Dipahami dengan Mudah

Tapi tenang saja, ada beberapa clue yang bisa kamu jadikan standard sebagai definisi belajar online menyenangkan. Belajar online menyenangkan menjadi hal yang harus kamu ketahui agar kamu semakin menyukai belajar secara online. Karena kita tidak tahu sampai kapan kita akan belajar secara online. Penasaran cara membuat belajar online menyenangkan? Simak cara berikut ini.

1. Belajar Diselingi Bermain

Tak ada salahnya untuk sesekali bermain di sela-sela belajar online. Ada banyak sekali jenis permainan yang bisa orang tua pilih untuk mendampingi putra putrinya dalam belajar online. Tentu saja permainan tersebut haruslah yang bersifat membangun dan mendidik. Sehingga anak tidak akan lupa dengan eksistensi seorang murid, yaitu belajar. Dan di masa anak-anaklah ia akan belajar banyak hal dari apa yang ia sering lakukan (bermain).

Buat orang tua yang mengawasi anak belajar, alangkah baiknya jika orang tua membuatkan jadwal bermain untuk anak. Semisal setelah belajar online, barulah si anak diperbolehkan untuk bermain. Dan pastikan pula orang tua harus memberikan batas waktu bermain anak. Jangan sampai waktu anak bermain terlalu banyak. Karena bisa bisa anak malah lupa untuk belajar online.

2. Aturlah Posisi Belajar yang Menurutmu Nyaman

Nah, kelebihan dari belajar online ialah bisa mengatur posisi belajar yang nyaman. Dan ini adalah salah satu cara membuat belajar online menjadi menyenangkan. Aturlah posisi yang menurutmu nyaman, entah itu tengkurap, tiduran, selonjoran, dan lain sebagainya. Posisi yang nyaman dapat meningkatkan konsentrasi, meskipun ada beberapa kekurangan dari semua ini.

Emang apa sih kekurangan dari belajar dengan posisi yang nyaman? Salah satunya ialah kita akan cenderung malas. Posisi yang nyaman dapat membuat rasa kantuk kita datang, sehingga kita akan cenderung malas untuk belajar. Untuk itu, kita harus bisa mencari titik dimana rasa kesenangan dari belajar online. Dengan begini, fokus kita akan bertambah dan kita akan semakin paham dengan materi yang diterangkan secara online.

3. Belajar Sambil Ngemil

Saya rasa, ngemil sambil belajar disukai oleh sebagian besar siswa. Bahkan ada siswa yang tidak bisa belajar jika ia belum menyiapkan camilannya. Memang ngemil sembari belajar tidaklah terasa dan menurut sebagian besar orang, ngemil sambil belajar dapat meningkatkan konsentrasi. Dan tidak bisa dipungkiri lagi jika ini adalah cara membuat belajar online menjadi menyenangkan.

Sediakanlah camilan yang tidak merusak konsentrasi. Semisal camilan yang terlalu pedas, asin, dan asam, semua jenis camilan ini dapat merusak konsentrasi sehingga belajar online pun tidak maksimal. Gantilah camilan yang dapat menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi anak. Dan ingat, orang tua harus mengawasi anaknya, karena bisa-bisa konsentrasi anak pindah ke makanan.

4. Belajar Sambil Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik saat belajar ternyata bisa meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan tentu saja menyenangkan. Carilah musik favorit yang sekiranya dapat menemani belajar online dengan menyenangkan. Jika tidak suka dengan musik, kita bisa mendengarkan murottal Al Quran. Karena konsepnya sama, yaitu dapat meningkatkan konsentrasi dan memecah kesunyian.

Memang disisi lain, jika terlalu banyak mendengarkan musik ternyata dapat menghilangkan rasa konsentrasi loh. Suara berisik yang dihasilkan, buat sebagian ini malah mengganggu. Jadi kamu bisa menentukan sendiri jenis musik dan lama mendengarkannya. Yang terpenting ialah, mendengarkan musik saat sedang belajar online dapat membuat hati menjadi senang dan semangat lagi. Bahkan jika kita menyadari, musik dapat meningkatkan daya ingat kita. Sehingga materi yang baru kita pelajari akan ingat dalam jangka waktu yang lama.

5. Bekerja Sama dengan Teman

Supaya kegiatan belajar online menjadi lebih menyenangkan, kita bisa mengajak teman untuk berdiskusi. Ajaklah teman untuk bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan tentang pelajaran yang sedang dipelajari. Dengan saling melengkapi satu sama lain, kita bisa dengan mudah memecahkan dan mencari jawaban atas permasalahan materi.

Bagaimana cara bekerja sama? Padahal kita sedang belajar jarak jauh? Kita bisa berdiskusi lewat grup WA atau sosmed lainnya. Ini adalah kelebihan dari belajar online. Dan perlu kita ketahui, biasanya guru akan memberikan soal atau tugas yang sedikit menantang kepada murid saat belajar di rumah. Karena murid memiliki waktu di rumah yang jauh lebih banyak.

6. Tanya Materi ke Orang Tua

Cara membuat belajar online menjadi menyenangkan lainnya ialah dengan menanyakan materi ke orang tua. Jika kita belum paham, tak ada salahnya kok untuk meminta bantuan ke orang tua untuk menjelaskan ulang materi. Tentu saja ini akan menambah tingkat kepahaman materi yang barusan dipelajari. Dan ini adalah salah satu cara membuat belajar online menjadi menyenangkan.

Kedekatan bersama orang tua saat belajar online memang sangatlah menyenangkan. Sebuah anugerah tersendiri ketika kita bisa ditemani oleh orang tua saat kita belajar online. Bagaimana jika ternyata tidak ada orang tua yang menemani kita saat belajar online? Tak apa, selama kita masih bisa membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Tapi memang, orang tua harus selalu mengawasi anak saat sedang belajar online.

7. Jika Belum Paham, Lihat Penjelasan dari Internet

Cara belajar online menjadi menyenangkan yang terakhir ialah dengan melihat penjelasan dari internet. Di internet, ada banyak sekali penjelasan yang simple dan menarik. Ini bisa menjadi langkah alternatif ketika kita tidak paham dengan penjelasan guru saat belajar online. Bahkan kita bisa mendapatkan penjelasan yang jauh lebih menarik, animatif, dan tidak membosankan. Tentunya kita akan lebih mudah dalam memahaminya.

Enaknya ketika kita melihat penjelasan dari internet ialah kita bisa mengulanginya terus menerus. Dan jika bosan dengan penjelasan yang berupa tulisan, kita bisa melihat penjelasan yang ada di youtube. Dengan begini, materi dan pembelajaran yang diajarkan akan jauh lebih mudah dipahami.

Untuk membuat belajar online menjadi menyenangkan itu sangatlah mudah. Yang terpenting ialah carilah titik kesenangan yang membuat enjoy sehingga kita tidak merasa terbebani ketika pembelajaran online. Dengan begini, ilmu akan mudah masuk ke dalam otak meskipun konsep pembelajarannya agak berbeda dengan aslinya.

Mungkin akan sangat banyak sekali cara untuk membuat belajar online menjadi menyenangkan. Tentunya setiap individu pasti memiliki caranya masing masing. Tinggal kita mengkombinasikan cara kita sendiri dengan cara ini sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.