Tips dan Cara Mengirim Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Tips dan Cara Mengirim Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Saat ini, email lamaran kerja bahasa inggris menjadi sangat penting. Alasannya, kebanyakan lowongan pekerjaan meminta pelamar mengirimkan aplikasi melalui email. Dalam artikel ini, kita akan membahas mulai dari kalimat pembuka email bahasa inggris, penutup email bahasa inggris, hingga contoh body email lamaran kerja bahasa inggris.

Jaman yang serba digital membuat berkurangnya perekrut yang mengharuskan pelamar untuk mengirimkan dokumen melalui pos atau mengantar langsung. Namun, kemajuan ini ternyata menjadi kendala bagi beberapa orang ketika ingin melamar kerja ke instansi tertentu.

Kendala tersebut diantaranya adalah sulit menyusun email lamaran kerja. Apalagi, saat ini banyak pekerjaan yang mengharuskan kandidatnya bisa berbahasa inggris dengan baik. Karena itu, menulis email lamaran kerja yang menunjukkan kemampuan bahasa asing tentunya akan memberi Anda nilai plus dimata perekrut. Jadi, apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis email lamaran kerja bahasa inggris? Simak tips-tipsnya di bawah ini, ya.

Tips Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris 

email lamaran kerja bahasa inggris

Email lamaran kerja bahasa inggris yang benar dan sopan akan meningkatkan kesan baik Anda bagi perekrut. Email ini adalah salah satu cara Anda untuk menunjukkan kemampuan berbahasa inggris yang tentunya sangat berguna bagi dunia kerja saat ini. 

Dalam lamaran kerja, Anda harus menyiapkan body email lamaran kerja atau yang biasa disebut dengan cover letter. Body email ini akan menentukan kesan pertama Anda di mata HRD, karena inilah yang pertama kali terlihat oleh mereka saat membuka email lamaran pekerjaan dari Anda. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam menulis email lamaran kerja bahasa inggris:

Memperhatikan Grammar

Sebagian orang menganggap bahwa grammar tidak terlalu penting dalam mempraktikkan bahasa inggris. Namun, sebenarnya ini adalah anggapan yang salah. Grammar merupakan komponen yang memiliki peranan penting dalam bahasa inggris. Penggunaan grammar yang baik dan benar tidak boleh diabaikan, terutama saat menggunakannya dalam email lamaran kerja bahasa inggris. 

Agar email tampak profesional, gunakanlah grammar yang baik. Barengi juga grammar ini dengan penggunaan kosakata serta frasa yang tepat dan mumpuni. 

Kalimat Pembuka Email Bahasa Inggris

Jika ingin mengirim email lamaran kerja bahasa inggris, perhatikanlah alamat email yang Anda gunakan. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi HRD karena menunjukkan seberapa profesional Anda sebagai calon karyawan. Gunakanlah email yang berisi nama Anda, misalnya andi.suryana@email.com atau andisuryana@email.com hindari menggunakan alamat email yang tidak mencerminkan Anda, atau yang sulit dibaca, misalnya 4nd!sUry@na@email.com . 

Selain alamat email, perhatikan juga subjek yang Anda gunakan di kepala email Anda. Email lamaran kerja bahasa inggris yang baik tentunya harus memiliki subjek yang sesuai. Anda bisa menggunakan subjek dengan format Nama Jabatan – Nama Anda. Contohnya: Customer Service – Andi Suryana. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti format yang sudah diberikan oleh perusahaan dalam informasi lowongan kerja mereka. 

Selanjutnya, yang perlu Anda perhatikan adalah kalimat pembuka email bahasa inggris Anda. Biasanya, kalimat ini berisi sapaan untuk orang yang menerima email Anda. 

Dalam iklan lowongan kerja, biasanya pihak perusahaan tidak menuliskan secara rinci kepada siapa email tersebut harus Anda tujukan. Tapi karena proses rekrutmen sebuah perusahaan biasanya merupakan tanggungjawab HRD, maka Anda dapat mencantumkan HRD dan nama perusahaan pada bagian pembuka email lamaran kerja Anda. Namun, jika Anda mengetahui nama dan jabatan orang yang akan menerima email tersebut, Anda bisa menuliskannya secara spesifik dalam kalimat pembuka email bahasa inggris Anda.

Paragraf Pertama

Paragraf pertama biasanya berisi ucapan terimakasih kepada penerima surat karena sudah meluangkan waktu mereka untuk membaca email dari Anda. 

Setelah itu, Anda harus langsung menyatakan tujuan Anda mengirim email. Sampaikan bahwa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut, lalu perkenalkan diri Anda dengan menuliskan nama dan menceritakan latar belakang Anda. 

Selanjutnya, Anda dapat menjelaskan dari mana Anda mengetahui informasi pekerjaan tersebut dan apa posisi yang Anda lamar di perusahaan mereka. 

Paragraf Kedua

Biasanya, paragraf kedua dalam email lamaran kerja bahasa inggris merupakan isi yang paling inti dari keseluruhan body email. Pada bagian ini, Anda harus bisa menjelaskan secara detail apa alasan Anda tertarik melamar jabatan tersebut. Beri tahu mereka apa yang dapat Anda tawarkan perekrut. 

Jelaskan kepada mereka bahwa pekerjaan tersebut relevan dengan pengalaman organisasi, pekerjaan, atau latar belakang pendidikan Anda. Yakinkan mereka dengan segala potensi dan pengalaman yang Anda miliki. Paragraf kedua ini berfungsi untuk memberikan ruang bagi Anda agar dapat mempromosikan diri secara singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele agar HRD dapat tertarik pada lamaran yang Anda kirimkan. 

Perhatikan CV yang sudah Anda buat, kemudian pilih pengalaman kerja yang relevan dan jelaskan dengan lebih sederhana. Agar lebih mahir membuat paragraf kedua ini, Anda bisa banyak membaca contoh email formal dalam bahasa inggris.

Paragraf Ketiga

Setelah menjelaskan tujuan mengirimkan email dan mempromosikan diri Anda, buatlah penutup email bahasa inggris tersebut dengan mengucapkan terimakasih kepada tim perekrut karena sudah membaca email Anda hingga selesai. Selain itu, Anda dapat menjelaskan kepada mereka bahwa Anda sudah melampirkan CV dan portfolio bersama email tersebut. CV yang Anda kirimkan akan sangat membantu perekrut untuk melihat kualifikasi Anda dengan lebih detail. 

Penutup Email Bahasa Inggris

Pada bagian akhir email, berikanlah penutup email bahasa inggris. Ada beberapa salam penutup formal yang bisa Anda gunakan, misalnya ‘Best Regards’, ‘Kind Regards’ atau ‘Sincerely’. Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan nama Anda setelah menuliskan salam penutup tersebut. 

Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Apakah poin-poin di atas sudah menambah wawasan Anda tentang contoh email formal dalam bahasa inggris? Agar penjelasan di atas lebih mudah dipahami, Anda bisa menyimak contoh body email lamaran kerja bahasa inggris berikut. 

Pekanbaru, January 5, 2022

Ms. Mia

Head of Human Resources Division

  1. Jaya Abadi

Jl. Soekarno Hatta No. 123

Pekanbaru

Dear Ms. Mia, 

Based on your job posting on JobStreet, posted on January 2, 2022 about the Administration Staff position in your office, I would like to apply for the said position. 

I have a bachelor degree in the field of business administration and I have been working as an Administration Staff for 2 years at PT Satu Nusa. There are three language that I am proficient in, Indonesian, English, and Mandarin. With my skills and experience, I believe this job is a perfect match for me.

I have attached my curriculum vitae in this email for your consideration. I am looking forward to the next recruitment process to be able to explain my skills and experience in person with you. 

Best Regards, 

Andi Suryana

Demikianlah penjelasan tentang cara menulis email lamaran kerja bahasa inggris. Membuat contoh email formal dalam bahasa inggris sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu memberikan penjelasan yang singkat dan padat, karena tim perekrut juga akan lelah jika membaca email yang terlalu panjang. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari pekerjaan untuk terus memperbaiki body email yang Anda tulis, sehingga dapat meningkatkan nilai jual Anda di mata HRD pula. Anda juga bisa membaca contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris untuk menambah pengetahuan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.