Penting! Ini Cara Membuat Job Application Letter Bahasa Inggris

Menulis job application letter merupakan salah satu hal yang penting untuk kamu yang masih aktif melamar pekerjaan. Dalam proses rekrutmen pegawai, keberadaan dokumen ini menjadi poin penting. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara membuat job application letter yang bagus.

Surat pengantar yang kamu lampirkan harus mampu memberikan kesan pertama yang baik bagi perusahaan. Jika surat lamaran kerja dikemas dengan baik, maka berpotensi memberikan peluang besar bagi kamu untuk lolos ke tahap wawancara kerja.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, mendapatkan pekerjaan akhir-akhir ini tidak semudah yang kita pikirkan. Banyak orang yang masih terkendala dengan proses lamaran atau berkas-berkas yang tidak sesuai. 

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai cara membuat cover letter bahasa Inggris yang menarik.

Apa itu Application Letter?

Pengertian application letter

Application letter adalah dokumen penting yang kamu serahkan ke perusahaan untuk mendapatkan peluang pekerjaan. Seperti yang kamu pelajari dalam materi application letter dalam bahasa Inggris, dokumen ini menjelaskan mengenai siapa Anda sebagai profesional maupun individu.

Dengan kata lain, surat ini berisi informasi keterampilan, pengalaman, serta pencapaian individu yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk mengisi lowongan pekerjaan sesuai yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Cara membuat job application letter yang benar

Banyak yang menganggap menulis surat lamaran kerja adalah sesuatu yang cukup menantang. Namun, kenyataannya tidaklah serumit itu. Jika kamu mempelajarinya dengan cermat, kamu dapat menguasai cara menulis surat lamaran ini dengan tepat. 

Ikuti langkah-langkah ini untuk memastikan bahwa kamu memasukkan informasi tentang diri dan pengalaman profesional kamu yang akan menarik bagi perusahaan.

1. Gunakan Format Profesional

Surat lamaran kerja harus lebih bersifat profesional dan resmi. Perhatikan setiap detail dari surat lamaran kamu. Mulai dari penjajaran dokumen yang harus mencakup spasi tunggal, margin satu inci, dan perataan kiri. 

Kemudian, gunakan font Times New Roman, dengan ukuran 10 hingga 12 poin. Usahakan agar surat lamaran kamu hanya berisi setidaknya satu halaman. Ingat, untuk membuat format yang profesional dan tetap ringkas.

2. Cantumkan Detail Tentang Nama dan Informasi Kontak

Penting untuk meletakkan data diri kamu di awal dengan mencantumkan nama, informasi kontak, tanggal, serta alamat kamu. Jika mengirim lewat email, cantumkan pula data diri kamu di badan email. 

3. Alamatkan Surat Lamaran kepada Manajer Perekrutan

Selanjutnya, tujukan surat lamaran kamu ke manajer perekrutan, lebih baik lagi dengan namanya jika memungkinkan. Misalnya, Dear Mr/Mrs (nama). Namun, jika kamu tidak menemukan nama manajer perekrutan, gunakanlah jabaran mereka seperti Dear Director atau HRD.

4. Tulis Paragraf Pembuka yang Menarik Perhatian

Untuk menarik perhatian manajer perekrutan, pada paragraf pertama kamu langsung mulai pengenalan informatif tentang dirimu. Sebutkan posisi dan perusahaan yang kamu lamar, di mana kamu menemukan posisi tersebut, dan mengapa kamu ingin mendaftar di posisi tersebut. 

5. Tonjolkan Pengalaman Kamu

Agar surat lamaran kamu lebih menarik perhatian, tambahkan beberapa pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Ini sebagai bahan pertimbangan bagi manajer perekrutan dengan pengalaman tersebut kamu bisa bekerja lebih baik.

6. Jelaskan Kapasitas dan Alasanmu

Kamu harus meyakinkan perusahaan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Gunakan paragraf dua dan tiga untuk benar-benar memasarkan diri dengan keterampilan dan capaian yang telah kamu raih beberapa tahun belakangan. Tentunya yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

7. Akhiri dengan Paragraf Penutup yang Ringkas dan Berkesan

Saat menulis paragraf penutup di surat lamaran, bersikaplah sopan, percaya diri, dan yakinkan mereka bahwa kamu adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut.

Beberapa hal lain yang perlu kamu highlight di bagian penutup di antaranya, menyatakan kembali bahwa kamu senang dengan peluang kerja tersebut. Selain itu, percaya diri dengan mengharapkan perusahaan segera memanggil kamu untuk wawancara. Tidak lupa pula untuk mengucapkan terima kasih atas waktu mereka. 

Jangan lupa, di akhir surat untuk menyertakan salam penutup professional. Seperti, ‘Sincerely’, ‘Best Wishes’, ‘Respectfully’, dan semacamnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat job application letter dalam bahasa Inggris. Dalam menulis job application letter, penting untuk menguasai writing Bahasa Inggris. Sehingga memperbesar peluang untuk lolos ke tahap wawancara.