Cara Menguasai Writing Bahasa Inggris yang Efektif

Terdapat 4 aspek penting yang perlu kamu kuasai ketika belajar bahasa Inggris, meliputi speaking, reading, listening, dan writing. Di bidang akademik, biasanya writing bahasa Inggris menjadi aspek yang sangat penting untuk kamu kuasai. Hal itu akan berguna saat kamu harus menulis essay, makalah, atau jenis tulisan lainnya dalam bahasa Inggris. 

Lalu, apa itu writing dan bagaimana cara meningkatkan keterampilan dalam bidang tersebut? Berikut adalah pembahasan lengkap tentang cara menguasai writing bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti.

Apa itu Writing Bahasa Inggris?

Writing dalam bahasa Indonesia adalah menulis. Kegiatan writing artinya juga berkaitan dengan suatu proses yang melibatkan berbagai jenis simbol. Jadi, terdapat aturan dan kaidah yang perlu kita ikuti dalam proses menulis.

Dalam menulis bahasa Inggris, beberapa simbol yang akan kamu gunakan meliputi alfabet atau huruf, tanda baca, dan simbol-simbol tertentu (seperti *, &, %) yang memiliki makna tertentu. 

Ketika simbol-simbol yang ada kamu susun sesuai dengan aturan yang berlaku, maka kemudian simbol-simbol tersebut akan membentuk kata. Jika dirangkai lagi, maka akan membentuk kalimat. Setelah beberapa kalimat tersusun, maka akan menghasilkan paragraf dan akhirnya kumpulan paragraf tersebut membentuk suatu teks.

Tujuan Latihan Writing Bahasa Inggris

Pentingnya latihan writing datang dari penggunaan writing dalam berbagai aspek. Berikut adalah tujuan penguasaan writing berdasarkan penggunaannya:

1. Tingkatkan Kemampuan untuk Hadapi Tes Bahasa Inggris

Tips Meningkatkan Ketrampilan Writing Bahasa Inggris

Dalam pengerjaan tes bahasa Inggris, kita sering menemui bagian yang akan menguji keterampilan writing. Mungkin, kamu sendiri pernah diminta untuk menulis kalimat atau bahkan paragraf dalam ulangan bahasa Inggris atau jenis tes lainnya.

Penguasaan keterampilan writing ini juga sangat penting apalagi jika kamu sedang mempersiapkan diri untuk menempuh ujian kompetensi Bahasa Inggris internasional, seperti IELTS dan TOEIC. Tes-tes tersebut akan menguji seberapa jauh keterampilan yang kamu miliki dalam menulis bahasa Inggris dengan baik dan benar. 

2. Bentuk Komunikasi Tertulis dengan Orang Asing

Era globalisasi telah memungkinkan kita untuk bisa menjangkau siapapun, di mana pun mereka berada. Pergaulan yang bisa kita miliki akan semakin meluas dan menjangkau orang-orang dari mancanegara. Oleh karena itu, bukannya tidak mungkin bahwa kita akan menjalin pertemanan atau memiliki rekan kerja dari negara lain. 

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi alat untuk kita bisa berkomunikasi dengan orang asing. Hal itu juga termasuk untuk komunikasi secara tertulis, seperti mengirim email yang tentunya akan membutuhkan keterampilan writing

Selain untuk berkirim pesan, kemampuan writing yang baik juga akan membantumu dalam berkomunikasi di media sosial. Mungkin, kamu ingin menulis komentar kepada artis yang menggunakan bahasa Inggris. Pada saat itulah, keterampilan writing akan kamu perlukan.

3. Penulisan dalam Bidang Pendidikan

Belajar Writing Bahasa Inggris Untuk Pendidikan

Selanjutnya, penggunaan writing penting di bidang pendidikan. Selain itu, sifat penggunaannya pun akan cenderung lebih formal dengan tata bahasa yang baku sesuai kaidah atau aturan yang berlaku. 

Beberapa contoh penggunaan writing dalam bidang pendidikan, seperti penulisan karya ilmiah jurnal, tesis, skripsi, dan sebagainya. 

Biasanya, penggunaan bahasa Inggris dalam karya ilmiah diterapkan jika karya ilmiah akan diajukan ke tingkat internasional. Adapun website khusus berisi jurnal-jurnal ilmiah dari mancanegara, sehingga penulisannya akan menggunakan bahasa Inggris.

4. Penulisan Konten Website dan Media Sosial

Writing Bahasa Inggris Bisa Digunakan Untuk Website

Writing juga akan kamu perlukan ketika membuat konten di website atau media sosial. Pada beberapa konteks, sifat global bahasa Inggris akan mampu menjangkau lebih banyak pembaca daripada menggunakan bahasa Indonesia. Namun, kamu tentu bisa mencoba untuk menulis bahasa inggris dan artinya untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens. 

5. Penulisan Terkait Pekerjaan

Belajar Writing Bahasa Inggris Untuk Pemula

Terakhir dan tak kalah pentingnya, penggunaan writing untuk penulisan yang terkait dengan pekerjaan. Biasanya, hal ini perlu kamu lakukan jika kamu bekerja di sebuah kantor asing dengan atasan orang asing, serta klien-klien orang asing. 

Banyak pekerjaan yang mengharuskan penggunaan writing bahasa Inggris yang baik dan benar. Contohnya, seperti membuat laporan untuk atasan, menulis proposal untuk klien, dan semacamnya. 

Hambatan Umum dalam Writing Bahasa Inggris

Dalam memulai kegiatan writing, mungkin kamu akan menghadapi beberapa hambatan. Berikut adalah beberapa hambatan yang umumnya terjadi saat writing:

1. Keterbatasan Vocabulary dan Grammar

Keterbatasan vocabulary (kosakata) dan grammar (tata bahasa) sering kali menjadi hambatan terbesar bagi orang yang sedang mempelajari writing. Oleh karena keterbatasan tersebut, kegiatan writing pun menjadi tersendat karena tidak tahu apa dan bagaimana caranya menulis.

Jika hal ini adalah hambatanmu juga, maka kamu perlu untuk terus belajar dengan memperkaya vocabulary dan memahami grammar. Jangan menghindari hambatan ini, tetapi hadapilah dengan belajar semakin giat. 

Kamu bisa memperkaya vocabulary dengan selalu siap kamus, baik melalui ponsel atau kamus buku, sesuai dengan preferensimu. Jika kamu sudah selalu siap sedia kamus, maka setiap menemukan kata yang sulit, kamu bisa langsung mencari artinya. 

Kemudian untuk grammar, kamu bisa mencoba untuk mempelajarinya dengan membaca buku-buku teks tentang panduan tata bahasa Inggris. Saat ini sudah tersedia berbagai buku teks bahasa Inggris dengan materi lengkap yang bisa membantumu untuk belajar.

2. Takut Melakukan Kesalahan

Ketika Belajar Writing Bahasa Inggris, Jangan Takut Salah

Ketakutan dalam membuat kesalahan adalah alasan yang sering kali menghambat seseorang dalam belajar writing. Bahkan, sebenarnya ini kerap menjadi hambatan dalam belajar berbagai hal, termasuk bahasa Inggris secara keseluruhan. 

Jika bahasa Inggris bukanlah bahasa utamamu, maka akan sangat wajah jika kamu tidak dapat menguasainya langsung. Akan tetapi, bukan berarti pula bahwa menguasai bahasa Inggris merupakan hal yang mustahil untuk kamu lakukan. 

Maka dari itu, jangan fokus pada ketakutan untuk melakukan kesalahan. Fokuslah pada diri sendiri untuk bisa belajar dengan lebih maksimal dan efektif. Dengan begitu, proses belajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan dan tidak selalu menakutkan. 

3. Ingin Mahir Secara Instan

Sedikit kontradiktif dengan hambatan sebelumnya, hambatan ini sering membuat orang yang sedang belajar menjadi ingin langsung menjadi mahir. Dalam hal ini, ingin cepat menjadi mahir dalam menguasai berbagai teknik dan cara writing bahasa Inggris. 

Tentunya, di dunia ini tidak ada yang instan, termasuk dalam belajar writing. Oleh karena itu, jangan merasa terburu-buru untuk menjadi ahlinya dengan cepat. Perlu kamu ingat bahwa semua orang perlu berproses dan jika proses tersebut kamu jalani dengan baik, maka hasilnya pun akan demikian. 

Tips Meningkatkan Keterampilan Writing Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Kemampuan Writing Bahasa Inggris

Sebelum mulai mencoba cara latihan writing bahasa inggris, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Sebagai tips dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui:

  • Memahami penggunaan punctuation (tanda baca) dan simbol-simbol dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Ketahuilah fungsi dari masing-masing tanda baca dan simbol ketika menulis sebuah kalimat.
  • Mengerti kapan harus menggunakan huruf kapital. Dalam bahasa Inggris, huruf kapital tidak terlalu banyak digunakan, tetapi ada saat di mana penggunaan huruf kapital menjadi penting.
  • Memiliki kemampuan spelling (mengeja) yang baik. Kemampuan ini penting untuk menghindari dan meminimalisasi salah eja dalam tulisanmu.
  • Mengetahui penggunaan abbreviations (singkatan). Kamu bisa mempelajari jenis-jenis singkatan yang umum, seperti inisial, akronim, dan sebagainya. 

Cara Latihan Writing Bahasa Inggris

Jika kamu sudah siap untuk mulai berlatih writing bahasa Inggris, berikut adalah berbagai kegiatan latihan yang bisa kamu coba:

1. Atur Jadwal Belajar Rutin

Untuk membantumu lebih disiplin dalam menjalani latihan writing, maka cobalah untuk mengatur jadwal latihan terlebih dahulu. Luangkan waktumu untuk mengatur semua hal yang akan kamu perlukan selama berlatih nantinya. Pertimbangkan banyak hal, mulai dari tempat,kamus, materi, peralatan, dan sebagainya. 

Dengan mengatur jadwal, kamu akan memiliki gambaran sekilas tentang apa saja hal-hal yang akan kamu lakukan. Pastikan di setiap jadwal terdapat keterangan waktu (hari, jam) dan kegiatan writing yang jelas dan detail. 

Selain itu, tentukan tempat khusus yang nyaman agar kamu bisa berlatih dengan situasi yang kondusif dan lebih fokus. Kamu juga bisa menaruh hal-hal yang bisa memotivasimu di sekitar tempat berlatih, seperti quote motivasi atau orang-orang yang menginspirasimu. 

2. Pahami dan Pelajari Dasar-Dasar Bahasa Inggris

Sebelum Belajar Writing Bahasa Inggris, Pahami Dasarnya Dahulu

Dalam kegiatan writing, terdapat berbagai komponen penting dan mendasar yang perlu kamu pahami, salah satunya grammar. Saat akan melakukan latihan menulis bahasa Inggris, tentunya terdapat tata bahasa yang perlu untuk kamu ikuti.

Maka dari itu, pastikan kamu belajar bahasa Inggris dasar terlebih dahulu dengan membaca rumus-rumus grammar yang ada. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari lebih banyak vocabulary atau kosakata. Semakin baik pengetahuanmu tentang keduanya, semakin mudah proses writing yang akan kamu jalani nantinya.

Agar proses belajarmu semakin mudah, kamu bisa menggunakan teknik rewriting atau menulis ulang. Dalam teknik ini, kamu perlu menulis ulang hal-hal yang telah kamu pelajar. Teknik tersebut bisa membantumu untuk memahami dasar grammar sekaligus mempraktikannya secara langsung ke dalam tulisan.   

3. Perbanyak Referensi

Perbanyak Referensi Untuk Belajar Writing Bahasa Inggris

Cara untuk belajar bahasa Inggris salah satunya adalah dengan banyak membaca. Selain itu, membaca dan menulis merupakan dua hal yang terhubung satu dengan lainnya. Semakin terbiasa membaca, maka semakin mudah untuk menulis. 

Maka dari itu, keterampilan writing bisa kamu tingkatkan dengan membaca berbagai bahan bacaan berbahasa Inggris. Melalui hal itu, otakmu akan semakin terasah dan kamu bisa mendapatkan lebih banyak ide menulis. 

Dengan membaca contoh writing bahasa inggris, kamu juga bisa belajar vocabulary baru dan memahami berbagai jenis grammar dengan membaca. Kamu akan lebih familiar dengan penggunaan berbagai vocabulary dan grammar yang akan membantumu dalam proses menulis ke depannya.  

4. Cobalah untuk Menulis Apa yang Kamu Dengar

Salah satu cara yang efektif dalam belajar writing adalah dengan menuliskan hal-hal yang kamu dengar dalam bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dengan menyesuaikan pada sesuatu yang kamu sukai. Misalnya, kamu suka menonton film, maka kamu bisa coba menulis percakapan yang ada di dalam film.

Jika kamu ingin cara yang lebih simpel, kamu bisa mencoba mendengarkan lagu anak-anak dan menulis apa yang kamu dengar. Mulailah dari level kemampuanmu dan pilih materi yang sekiranya sesuai.

Ketika menonton atau mendengarkan lagu, coba tuliskan, kemudian dengarkan lagu atau film sembari mengecek tulisanmu. Pastikan apa yang kamu tulis sudah sesuai atau belum.

5. Mulai Membuat Kalimat Sederhana Secara Rutin

Belajar Menulis Kalimat Sederhana

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam belajar writing adalah berlatih mengembangkan dan membuat kalimat. Setelah melakukan cara pertama di atas dengan mendengarkan dan menulis, cobalah untuk membuat kalimat baru yang sederhana.

Kamu bisa melakukannya dengan mempelajari tenses sederhana terlebih dahulu. Setelah mengetahui berbagai jenis tenses, kamu bisa mengambil 3 atau 4 tenses saja yang menurutmu paling bisa dimengerti. Selain melatih keterampilan menulis, cara ini juga akan mengajarkanmu untuk memahami grammar atau tata bahasa. 

Selain itu, kamu bisa menggunakan hasil tulisan pada poin pertama untuk memahami jenis tenses yang perlu kamu tulis dalam kalimat selanjutnya. Terdapat 16 jenis tenses, tetapi kamu tidak harus langsung memahami semuanya secara sekaligus. 

6. Menulis Jurnal Harian dengan Menggunakan Bahasa Inggris

Buat Jurnal Harian dengan Bahasa Inggris

Jika kamu bisa menulis diary secara konsisten dan rutin setiap harinya, maka cara ini bisa jadi latihan yang ampuh untuk bisa meningkatkan keterampilan writing bahasa Inggris. Dengan bisa konsisten dan menjadikan latihan ini bagian dari keseharianmu, maka kamu pun akan bisa merasakan peningkatan.

Ketika menulis, kamu mungkin tidak tahu cara menyampaikan hal tertentu karena tidak tahu kosakata yang bisa kamu gunakan. Jika kamu merasa tidak mengetahui terjemahan kata tertentu, maka bukalah kamus bahasa inggris untuk mencari kata itu. Dengan begitu, kamu pun bisa memperkaya vocabulary setiap harinya. 

Adapun penggunaan tenses yang semakin lama akan membuatmu semakin terbiasa. Terlebih lagi, penulisan jurnal harian memiliki sifat yang bebas, tidak terpaku pada aturan tertentu, dan menyenangkan. Oleh karena itu, kamu bisa menyampaikan atau menceritakan apapun dengan bebas tanpa harus takut salah. 

Dengan demikian, jangan sampai kegiatan menulis jurnal harian ini menjadi hal yang membebankan untukmu. Cobalah nikmati kegiatan tersebut dan kamu pun akan lebih mudah memahami cara-cara menulis dalam bahasa Inggris. 

7. Mulai Menulis untuk Dievaluasi oleh Orang Lain

Dengan Langsung Belajar Menulis, Prosesnya Akan Lebih Cepat

Mengukur peningkatan keterampilan sebaiknya juga kamu lakukan dengan melibatkan orang lain. Cobalah untuk membuat tulisan yang bisa dibaca oleh orang lain. Misalnya, kamu bisa menulis essay singkat tentang dirimu.

Ketika kamu sudah selesai menulis, coba perlihatkan tulisan tersebut kepada orang lain. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan perspektif baru tentang tulisanmu dan bahkan bisa meningkatkan kualitas tulisan. 

Mintalah orang-orang terdekatmu, seperti guru, orang tua, atau teman untuk melakukan proofreading terhadap tulisanmu. Dalam kegiatan proofreading tersebut, orang lain yang memeriksa tulisanmu mungkin akan melihat kesalahan-kesalahan yang sebelumnya tak kamu sadari.

Kesalahan-kesalahan tersebut bisa datang dari penulisan grammar yang salah, struktur tulisan yang bisa kamu perbaiki, dan sebagainya. Melalui kegiatan proofreading oleh orang lain, kamu pun bisa mengetahui kekurangan yang perlu kamu perbaiki dalam tulisanmu. 

Demikianlah beberapa hal serta cara menguasai writing bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Melalui pembahasan di atas, kamu pun mengetahui apa itu writing bahasa Inggris, penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, hambatan yang mungkin akan kamu hadapi, tips dalam belajar meningkatkan keterampilan writing, hingga cara latihan yang bisa kamu terapkan. 

Bagaimanapun, perlu kamu catat bahwa belajar writing bahasa Inggris tidak akan membuatmu mahir secara instan. Oleh karena itu, kamu perlu untuk terus konsisten dan disiplin dalam menjalani setiap prosesnya. 

Tinggalkan komentar