10 Tips Menguasai TOEIC Listening Session dengan Mudah

TOEIC atau Test of English for International Communication merupakan tes bahasa Inggris untuk komunikasi internasional. Test ini terdiri dari dua bagian yakni listening session serta reading session. Dari kedua bagian ini, listening session menjadi hal yang paling sulit. Meskipun sulit, terdapat tips menguasai TOEIC listening session yang bisa Anda terapkan dengan sangat mudah.

Skor TOEIC sangat Anda butuhkan ketika memasuki lingkungan kerja terutama tingkat internasional atau global. Sejumlah perusahaan akan menggunakan hasil TOEIC untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Hingga saat ini, skor TOEIC menjadi alat ukur untuk membuat keputusan penting dan digunakan sebanyak 14.000 lebih oleh organisasi atau perusahaan di seluruh dunia.

10 Tips Menguasai TOEIC Listening Session dengan Mudah
pexels.com

10 Tips Menguasai TOEIC Listening Session

Format yang digunakan untuk mengikuti TOEIC ini adalah pilihan ganda yang akan Anda kerjakan dengan pensil dan kertas. Bagian mendengarkan (listening session) memiliki 100 pertanyaan sedangkan bagian membaca (reading session) terdapat 100 pertanyaan. Bila ditotal maka Anda harus menyelesaikan 200 soal.

Waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan semua soal tersebut kurang lebih 2,5 jam. Bagian mendengarkan selama 45 menit, bagian membaca selama 75 menit, kemudian terdapat 30 menit untuk menjawab pertanyaan tentang diri Anda.

Skor TOEIC 10-990, skor yang lebih tinggi maka akan menjadi skor yang sangat baik. Sedangkan pada bagian membaca dan mendengarkan, masing-masing bisa mendapatkan skor 5-495 poin.

Menyelesaikan semua soal TOEIC dengan tepat waktu dan mendapatkan skor yang baik tentunya tidaklah mudah. Bahkan, tak jarang pula sejumlah orang harus melakukan tes ulang hingga beberapa kali.  Meskipun demikian, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah dan menguasai TOEIC.

Berikut ini adalah 10 tips menguasai TOEIC listening session.

1. Memahami Semua Bagian Listening Section dengan Baik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni memahami semua bagian TOEIC listening section. Pada listening session ini terdapat empat bagian yang harus Anda ketahui. Bagian pertama adalah photographs (foto-foto), bagian kedua question-response (tanya-jawab), bagian ketiga conversations (percakapan), dan bagian terakhir adalah short talks (pembicaraan singkat).

Pada bagian photographs Anda akan mendengarkan empat pertanyaan atau pernyataan mengenai gambar yang bisa Anda lihat dalam test book. Tugas Anda adalah memilih satu dari pertanyaan atau pernyataan tersebut, mana yang sekiranya paling tepat untuk mendeskripsikan gambar dalam test book.

Sedangkan pada bagian question-response, Anda akan mendengarkan pertanyaan beserta tiga tanggapan yang diungkapkan menggunakan bahasa Inggris. Pada bagian ini, tugas Anda adalah memilih satu kalimat dalam test book yang paling tepat dengan memberikan tanggapan terkait pertanyaan tersebut.

Sementara itu, tips menguasai TOEIC listening session pada bagian conversations Anda akan mendengarkan beberapa percakapan antara dua orang atau lebih. Tugas yang harus Anda selesaikan yakni menjawab pertanyaan terkait hal-hal yang diungkapkan dari pembicaraan selama berlangsungnya percakapan tersebut.

Bagian terakhir adalah short talks, Anda akan mendengarkan beberapa hal dari satu pembicara. Tugas Anda adalah untuk menjawab pertanyaan yang diberikan menurut perkataan pembicara tersebut.

Ketika sudah memahami semua bagian listening session dengan baik, Anda dapat mempersiapkan apa saja materi yang mesti dipelajari. Selain itu, Anda juga bisa menentukan bagian mana yang paling Anda kuasai dan bagian mana yang perlu Anda tingkatkan.

2. Pelajari Bagian yang Paling Mudah

Supaya Anda dapat menguasai TOEIC listening session, langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari bagian yang paling mudah terlebih dahulu. Setelah itu, barulah Anda mempelajari bagian yang paling sulit.

Sebagai contoh, mungkin bagi Anda yang paling mudah adalah bagian percakapan. Tips untuk menguasai bagian ini adalah dengan mendengarkan contoh-contoh percakapan atau audio visual yang sekiranya mudah untuk Anda pahami.

Ada banyak contoh percakapan yang bisa Anda dengarkan. Misalnya saja topik percakapan sehari-hari, percakapan berita, percakapan melalui film kartun hingga, lagu atau speech.

Jika Anda sudah berhasil menguasai percakapan yang ringan, bisa langsung meningkatkan level percakapannya. Semakin tinggi level percakapan Anda tentunya semakin baik pula kemampuan berbahasa Inggris yang Anda miliki.

3. Terus Berlatih untuk Mendeskripsikan Gambar dengan Kalimat Berbahasa Inggris

Tips menguasai TOEIC listening session selanjutnya yakni dengan terus berlatih untuk mendeskripsikan gambar menggunakan kalimat berbahasa Inggris. Ini menjadi hal yang sangat penting mengingat mendeskripsikan gambar merupakan listening section bagian pertama.

Cobalah untuk membiasakan diri Anda untuk mendeskripsikan hal-hal yang Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris. Misalnya saja, setelah selesai melakukan sebuah pertemuan tatap muka secara virtual baik itu saat rapat atau mengikuti kelas, biasanya Anda akan diminta untuk membuka kamera. Hal ini tak lain untuk kebutuhan dokumentasi.

Hasil dokumentasi itu kemudian akan dibagikan kepada siapa saja yang telah berpartisipasi pada pertemuan tersebut. Anda bisa mencoba mendeskripsikan hasil dokumentasi tersebut sesuai dengan pemahaman menggunakan bahasa Inggris.

Mungkin, untuk sebagian orang tips ini cukup membosankan. Namun, jika Anda bisa melakukannya secara terus menerus dapat menjadi kebiasaan yang sangat baik untuk mengasah kemampuan listening Anda sekaligus tips menguasai TOEIC listening session.

4. Belajar Melalui Video atau Audio

Sudah tak dapat dipungkiri lagi, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kemampuan listening adalah dengan belajar melalui video ataupun audio. Umumnya, saat melihat sebuah video atau film beberapa orang sering menggunakan subtitle atau terjemah.

Namun, hal tersebut justru dapat membuat Anda kehilangan fokus. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghilangkan subtitle tersebut dan menggantinya menjadi mode slow motion.

Hal ini bisa Anda jadikan metode berlatih yang lebih mudah dengan belajar recognizing kosakata yang diucapkan oleh orang lain. Dengan demikian, Anda dapat mengulangi bagian film yang sulit hingga mampu menguasainya. Dengan tidak memperlihatkan subtitle-nya tentu akan semakin membuat Anda lebih fokus pada percakapannya.

5. Selalu Asah Daya Ingat atau Memori

Tips menguasai TOEIC listening session lainnya yakni dengan selalu mengasah memori atau daya ingat Anda. Memiliki daya ingat yang kuat, sangat Anda butuhkan terutama untuk menyelesaikan listening session bagian question-response atau tanya-jawab.

Pasalnya, pada bagian ini Anda hanya mendapatkan satu kesempatan saja untuk mendengarkan rekaman. Apalagi, jawaban dari pertanyaan tersebut berupa pernyataan atau tanggapan yang tidak tertulis dalam test book yang Anda dapatkan. Sedangkan pilihan jawaban yang diberikan kepada Anda juga hanya satu kali melalui rekaman.

Pada listening section bagian kedua ini, Anda akan diminta untuk memberikan tanggapan atau respon terkait pertanyaan atau pernyataan yang Anda dengar. Karena Anda harus mendengarkan semua tanggapan yang sudah diberikan maka cobalah untuk mengingat atau tidak melupakan pernyataan atau pertanyaan tersebut.

Tak jarang, beberapa pilihan jawaban yang diberikan dapat membuat pikiran Anda menjadi kacau dan tidak fokus. Pasalnya, terlalu sibuk memikirkan tanggapan mana yang paling tepat untuk Anda tentukan.

Untuk mengasah kemampuan otak agar dapat mengingat dengan baik, Anda bisa berlatih dengan mengerjakan soal-soal yang mungkin akan Anda temukan pada bagian ini. Dengan mengerjakan soal, maka akan membuat Anda terbiasa untuk mengingat apapun itu sesuai yang Anda dengar.

Bahkan, Anda bisa sangat mudah menguasai kalimat bahasa Inggris dari yang pendek hingga panjang sekalipun. Bila Anda bosan dengan cara mengasah daya ingat yang terlalu monoton bisa dengan cara lainnya, yakni dengan menonton film berbahasa Inggris.

Melalui dialog yang terdapat dalam film berbahasa Inggris tidak hanya akan mengasah kemampuan memori Anda saja. Melainkan, juga mempelajari respon yang tepat untuk menanggapi sebuah pernyataan ataupun pertanyaan.

6. Mencatat Hal-Hal yang Penting dari Sebuah Percakapan

Tidak harus semua poin dari setiap percakapan Anda catat. Sebagai salah satu tips menguasai TOEIC listening session, Anda hanya perlu memahami garis besar atau poin pentingnya saja.

Misalnya saja, ketika Anda mendengarkan percakapan dalam sebuah film, tidak harus mencatat semua poin percakapan tersebut dari awal hingga akhir. Bahkan, tak perlu Anda mencatat secara detail setiap katanya.

Langkah utama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari garis besarnya saja dari keseluruhan topik pembicaraan atau percakapan tersebut. Setelah itu, Anda bisa mencatat apa saja poin pentingnya.

Dengan mengetahui poin penting dari percakapan tersebut, maka Anda akan dengan mudah menemukan inti dari percakapan. Selain itu, Anda bisa mendengarkan percakapan tersebut sekali lagi untuk menyakinkan apakah poin penting yang Anda catata tepat atau tidak.

Kesempatan untuk mengasah kemampuan listening ini selalu ada, terutama jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik. Sebagai contoh, jika Anda mendapatkan tawaran untuk menjadi seorang notulen rapat, ada baiknya jangan lewatkan kesempatan itu.

Pasalnya, hal tersebut dapat menjadi tips menguasai TOEIC listening session lainnya untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris Anda.

7. Terus Berlatih untuk Tetap Fokus

Selain daya ingat yang baik, saat mengikuti TOEIC listening session Anda juga harus fokus. Listening session pada bagian ketika yakni percakapan sering kali menghabiskan banyak tenaga.

Pasalnya, Anda harus mendengarkan sebuah rekaman berisikan beberapa percakapan antara dua orang bahkan lebih mengenai topik yang berbeda-beda. Setelah Anda sudah mendengarkan percakapan tersebut, Anda mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan dalam test book yang merujuk pada percakapan dalam rekaman tersebut.

Untuk tetap fokus ketika mendengarkan percakapan merupakan tantangan tersendiri. Bahkan, tak jarang sejumlah peserta hilang fokus karena bosan hingga mengantuk.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa memulainya dengan membaca pertanyaan yang tertera dalam test book terlebih dahulu. Setelah rekaman atau percakapan sudah diputar, usahakan untuk menyimaknya dan menuliskan jawaban yang sekiranya menurut Anda tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Setelah percakapan selesai, Anda bisa langsung mencari jawaban yang sesuai berdasarkan jawaban yang sudah Anda tulis sebelumnya. Dengan pikiran Anda yang selalu fokus pada percakapan dan jawaban inilah, tentunya akan membantu Anda untuk tidak memikirkan hal-hal lainnya. Terutama yang tidak ada sangkut pautnya dengan listening session.

8. Carilah Partner untuk Mengasah Kemampuan Listening Anda

Menguasai TOEIC listening session akan semakin mudah jika Anda memiliki partner untuk diajak belajar bersama. Pasalnya, baik Anda maupun partner Anda akan memberikan koreksi satu sama lain untuk memperbaiki kesalahan.

Dengan menerapkan tips menguasai TOEIC listening session ini juga akan menambah motivasi Anda dalam belajar. Anda bisa memulainya dengan membuat kelompok kecil yang terdiri dari tiga sampai empat orang.

Tidak harus bertatap muka secara langsung, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi meeting online untuk berlatih listening. Ada banyak metode yang bisa Anda lakukan bersama kelompok Anda.

Misalnya saja dengan mendengarkan lagu bersama, menonton film pendek bersama, hingga mendengarkan pidato. Selain itu, Anda juga bisa meminta salah satu teman untuk memberikan presentasi.

Kemudian saat sesi terakhir, masing-masing anggota bisa mengeluarkan ide atau poin-poin penting yang didengar dari aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Karena ada banyak orang yang mendengarkan, tentunya pemahaman yang didapatkan juga berbeda.

Sehingga, dapat saling memperbaiki dan melengkapi poin penting dari masing-masing anggota kelompok lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih cepat meningkatkan kemampuan listening.

9. Temukan Kata Kunci dari Setiap Pertanyaan

Dalam TOEIC listening session, Anda akan mendengarkan seorang pembicara yang membicarakan berbagai macam topik. Hal ini akan Anda temukan saat memasuki listening session bagian keempat.

Tidak hanya sekedar mendengarkan seorang pembicara saja, melainkan juga menjawab tiga pertanyaan untuk setiap topik pembicaraannya. Bagian listening session kali ini memang terkesan sulit, terutama jika Anda tidak memiliki strategi untuk mengatasinya.

Jika Anda sudah tahu cara mainnya atau memiliki strategi yang tepat, tentunya TOEIC listening session bagian keempat tersebut tidaklah menjadi masalah. Strateginya sangatlah mudah, pertama Anda bisa menyisihkan setidaknya tujuh sampai sepuluh detik untuk membaca skimming pertanyaan yang sudah Anda dapatkan.

Setelah itu, tips menguasai TOEIC listening session Anda bisa melakukan identifikasi kata kunci yang terdapat dalam setiap pertanyaan tersebut dengan cepat dan tepat. Setelah rekaman pembicara sudah diputar, tugas Anda adalah memperhatikan secara keseluruhan isi dari pembicaraan tersebut.

Anda bisa memperhatikannya secara tersirat maupun tersurat terkait dengan kata kunci dari pertanyaan yang sudah Anda dapatkan. Dengan memiliki kata kunci dari setiap pertanyaan tersebut, Anda akan lebih mudah dalam memberikan jawaban.

10. Banyak Berlatih Soal TOEIC dan Simulasinya

Tips menguasai TOEIC listening session yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan rajin berlatih mengerjakan soal dan simulasinya. Hal ini akan membuat Anda semakin terbiasa dengan soal TOEIC terutama listening session.

Untuk mendapatkan soal dan simulasinya sangatlah mudah, Anda bisa mencarinya melalui berbagai website. Saat ini sudah banyak website-website yang menyediakan soal latihan atau simulasi TOEIC.

Jumlah soal dan simulasinya ini tidak terbatas, bahkan Anda bisa mengakses sebanyak mungkin sesuai yang Anda inginkan. Menguntungkannya lagi, simulasi yang Anda berikan memiliki teknis tak jauh berbeda dengan aslinya. Dengan begitu, Anda akan lebih siap dalam menghadapi TOEIC listening session.

Tak hanya itu, biasanya soal latihan dan simulasi tersebut juga menyertakan kunci jawabannya. Sehingga, Anda bisa melakukan pengecekan sendiri untuk memastikan apakah jawaban Anda benar atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui mana soal yang sering salah dan meningkatkannya menjadi lebih baik agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Satu hal yang pasti, untuk dapat menguasai TOEIC listening section tentunya Anda harus banyak-banyak berlatih dan bersabar. Untuk mendapatkan skor yang maksimal tentunya bukan perkara yang mudah. Maka dari itulah, Anda harus selalu mengasah kemampuan listening dimana pun dan kapan pun.

Semoga dengan tips menguasai TOEIC listening session ini dapat memudahkan Anda untuk mempersiapkan diri menghadapi test. Tetap semangat dan jangan pernah berhenti belajar agar Anda segera mahir berbahasa Inggris dan memiliki jenjang karir yang cemerlang.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar