10 Tips Membuat Anak Berprestasi di Sekolah

10 Tips Membuat Anak Berprestasi di Sekolah

Memiliki anak yang berprestasi merupakan sebuah anugerah tersendiri buat para orang tua. Anak yang berprestasi dapat membuat orang tua menjadi senang dan bangga dengan pencapaian si anak. Terlepas dari itu semua, dibutuhkan perhatian khusus agar anak menjadi pintar sehingga dapat menorehkan prestasi di dunia akademik.

10 Tips Membuat Anak Berprestasi yang Harus Orangtua Pahami

Ternyata peranan orang tua untuk menjadikan si buah hatinya menjadi pintar dan cerdas itu sangatlah besar. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat anaknya menjadi berprestasi. Dengan begini, anak akan merasa terbantu dengan kehadiran orang tua. Berikut ini adalah tips membuat anak berprestasi yang harus orang tua ketahui dan praktekan.

Membuat Jadwal Belajar

Buatlah jadwal belajar khusus buat si anak. Sebelum membuat jadwal belajar, kita harus berdiskusi dengan anak mengenai jadwal belajar yang tepat. Jadi dengan begini, anak akan setuju dan patuh dengan jadwal belajar yang telah disepakati bersama. Asalkan jadwal belajar yang kita buat tersebut tidak malah membuat anak menjadi bebas.

Jadwal belajar bisa kita selipkan di sela sela pada saat dirumah. Semisal sepulang sekolah, kita harus menyuruh anak untuk segera tidur siang. Baru setelah itu kita bisa menyisipkan jam belajar anak. Dengan begini, anak bisa merefresh materi yang telah diajarkan di sekolah.

Mengawasi Belajar dan Hasil Belajar Anak

Awasilah terus ketika anak sedang belajar. Apa yang sedang anak pelajari dan tanyakan apa keluhannya. Dengan begini, anak menjadi lebih terbantu. Terlebih lagi jika orang tua bisa mengajari si anak belajar.

Jangan lupa untuk selalu mengecek raport atau hasil belajar si anak. Hal ini dimaksudkan agar kita mengetahui sampai mana kemampuan anak. Dan kemudian kita bisa mereview apa saja yang harus ditingkatkan dari si anak.

Mendaftarkan Anak ke Les

Memberikan anak jam belajar tambahan atau les menjadi solusi yang tepat untuk anak berprestasi. Sekarang ini, ada banyak sekali tempat les yang sudah menjamur di Indonesia. Entah itu yang berupa group ataupun private. Semuanya menawarkan keunggulan dan kelebihannya masing masing. Sehingga kita bisa memilih, tempat les mana yang menurut kita terbaik.

Memang, kita harus mengeluarkan uang sedikit lebih banyak untuk menggunakan jasa les. Manfaat les buat si anak ialah belajar anak akan lebih terarah dan ada guru yang memandunya. Selain itu, anak akan memiliki waktu belajar ekstra yang dimana mau tidak mau anak harus mengikutinya. Dan biasanya, guru les memiliki teknik mengajar khusus agar anak cepat paham. Dan ini adalah salah satu tips membuat anak berprestasi.

Konsultasi Orang Tua dan Guru

Perlu adanya hubungan antara orang tua dengan guru untuk membicarakan soal perkembangan anak. Dengan berkonsultasi, kita akan mengetahui dimana sih kelemahan anak kita dalam belajar. Terus kita akan mengetahui tipe belajar anak dari hasil pengalaman guru dalam mengajari anak. Apakah itu visual, audio, atau kinestetik.

Selain itu pentingnya konsultasi dengan guru akan memudahkan kita dalam mengetahui perkembangan anak. Saran saran dari guru akan sangat bermanfaat buat orangtua dalam mendidik anaknya ketika sedang berada di rumah. Dan ini adalah salah satu cara membuat anak berprestasi.

Memberikan Kesempatan Anak buat Bermain

Berikanlah kesempatan buat si anak untuk bermain. Bermain menjadi cara refreshing anak agar tidak stress belajar seharian di sekolah. Ada banyak sekali kok permainan yang menyenangkan namun masih mendidik. Nah, kita bisa memberikan permainan tersebut agar si anak bisa terhibur sekaligus belajar.

Kita boleh kok sekali kali mengajak anak bermain di luar. Semisal mengajaknya berwisata alam, ke taman hiburan, nonton bioskop, dan kegiatan yang bermanfaat lainnya. Pastikan pula kegiatan tersebut tidak monoton dengan apa yang rutinitas anak lakukan. Karena bisa bisa si anak malah menjadi bosan. Jadi penting diperhatikan tips membuat anak berprestasi.

Memotivasi Anak

Motivasilah anak supaya si anak menjadi lebih bersemangat untuk menggapai prestasinya. Ada banyak cara kok untuk memotivasi anak agar tetap semangat, diantaranya ialah memberi hadiah apabila telah mencapai sesuatu, memberikan mainan kesukaannya, dan lain sebagainya.

Siapa sangka jika cara sederhana ini ternyata dapat meningkatkan motivasi buat si anak sehingga anak akan semangat dalam berprestasi. Dan percaya atau tidak, jika memotivasi anak menjadi perhatian khusus dari orang tua kepada anak sehingga anak menjadi lebih eksis dan berharga di mata orang tua.

Melatih Kejujuran Anak

Percuma saja jika si kecil berprestasi, tapi ternyata prestasinya tidak hasil dari kerja kerasnya sendiri. Maka dari itu, ajarkanlah kejujuran kepada anak agar anak bisa mengerti makna dari apa yang ia lakukan selama ini. Selain itu, melatih kejujuran anak merupakan salah satu tips membuat anak berprestasi. Kok bisa?

Anak akan tahu kemampuannya sendiri karena ia telah jujur. Jika ia merasa kurang dari teman temannya, ia akan termotivasi dan tergugah hatinya untuk lebih bersungguh sungguh. Dengan begini, ia akan terus mencoba dan terus mencoba dengan kejujurannya.

Berikan Asupan Gizi yang Cukup

Belajar saja tidaklah cukup untuk menjadikan anak menjadi cerdas, karena kita juga harus memberikan gizi yang cukup agar otak anak menjadi berkembang dengan baik. Hal inilah yang membuat anak menjadi cerdas selain dari usaha orang tua dalam mendidik anak.

Kurangilah memberi makanan yang instan kepada anak. Karena makanan instan dapat membuat otak menjadi tumpul dan malas berpikir. Penuhilah gizi 4 sehat 5 sempurna sebagai langkah mencerdaskan otak anak. Dengan begini, anak akan lebih mudah dalam meraih prestasi.

Ajak Anak untuk Mengembangkan Kegiatan Non Akademik

Prestasi tidak hanya sebatas akademik saja, namun juga kegiatan non akademik. Kegiatan non akademik bisa berupa olahraga, mengembangkan soft skill dan lain sebagainya. Dengan begitu, anak akan memiliki keterampilan yang beragam dan tentunya membuat anak menjadi lebih berkembang dan berprestasi.

Kenapa anak penting sekali untuk mengembangkan kegiatan non akademik? Karena dengan melakukan kegiatan non akademik, anak tidak jenuh dengan kegiatan akademik yang monoton. Jadi anak akan memiliki atmosfer baru dengan berkenalan dengan kegiatan ekstrakurikuler seperti ini.

Cukupi Kebutuhan Tidur Anak

Jangan lupa untuk memberikan waktu tidur yang cukup buat si anak. Karena jika anak sampai kekurangan waktu tidur, konsentrasi si anak akan menjadi pudar. Hal ini dikarenakan otak menjadi lelah dan akhirnya tidak bisa cerdas sebagaimana mestinya.

Kurangnya tidur membuat anak tidak bisa berprestasi karena ia telah kehilangan konsentrasinya. Padahal, jika kamu mengetahui manfaat tidur siang itu ada banyak sekali. Salah satunya untuk kecerdasan anak yang nantinya akan menunjang ke jalan kesuksesan.

Di atas adalah tips membuat anak berprestasi. Tak ada salahnya untuk menerapkan beberapa tips di atas dan kita modifikasi sendiri dengan tips yang kita miliki. Memang dibutuhkan usaha lebih untuk membuat anak berprestasi. Peran serta orang tua dan guru sangat penting untuk mendidik anak menjadi orang yang berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.