10 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki

10 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki

Demi bisa menjadi seorang guru yang baik dengan kualitas mendukung, tentu saja ada beberapa jenis kompetensi guru yang wajib dipenuhi. Namun masih banyak orang yang ternyata tidak tahu tentang hal yang penting ini sehingga dianggap tidak menjadi guru yang baik.

10 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki Agar Profesional!

Setiap orang yang ingin menjadi guru perlu memenuhi berbagai kompetisi yang ada tersebut agar nanti pekerjaan menjadi lebih mudah. Bagi yang ingin tahu tentang jenis kompetensi yang dimaksudkan ini, maka sebaiknya simak saja langsung beberapa poin di bawah ini:

1. Menguasai Bahan Ajar

Sebuah kompetensi guru yang pertama yang secara sederhana wajib dikenali adalah dengan mengenali dan memahami bahan ajar yang sudah dimiliki. Nantinya setiap orang bisa memerlukan waktu yang sedikit sampai banyak tergantung pada kemampuan akademis masing-masing sesuai dengan bidang yang dipilih.

Untuk menguasai bahan ajar yang dimiliki, setiap sekolah pun pada umumnya memiliki tata cara tersendiri dalam memberikan tes yang tepat. Ada yang hanya melihat dari pengalaman yang sudah ada dan ada juga yang menyediakan tes tambahan untuk memeriksa secara akurat.

Walaupun begitu, banyak para guru yang akan diberikan bahan  ajar yang berbeda dari bidang yang sudah dikuasai agar terus belajar. Penting sekali untuk mempersiapkan semua hal sebelum besoknya akan mengajar terutama untuk bahan apa saja yang akan disampaikan di kelas.

2. Memahami Landasan Pendidikan

Kemudian ada juga jenis kompetensi guru yang menarik yang lainnya yang harus dikenali saat ini adalah dengan memahami landasan pendidikan. Setiap orang yang bekerja di bidang pendidikan tentu saja harus paham sejak awal terkait landasan yang ada untuk hasil terbaik.

Setidaknya sampai saat ini sudah ada dua jenis landasan yang dimaksudkan, ada yang material dan juga konseptual. Untuk yang bersifat material lebih berfokus pada gedung yang dimiliki sementara untuk yang bersifat konseptual lebih kepada prinsip dan keyakinan.

3. Mengelola Program Mengajar

Demi bisa memenuhi kompetensi guru yang sesuai dengan aturan sekolah, maka penting pula untuk mengenali aturan yang ada di sana. Setiap sekolah tentu saja sejak awal memiliki aturan yang khusus terutama untuk menentukan jenis program yang digunakan secara rutin nantinya.

Jika ingin menjadi seorang guru yang baik dan juga berkompetensi, maka sebaiknya kenali sejak awal program mengajar yang sudah ada. Selain itu, menjadi penting untuk paham bahwa program tersebut harus dilakukan sesuai dengan panduan penting yang nantinya lebih mudah diaplikasikan.

Sementara itu, ada banyak program yang mungkin ditawarkan di sana sehingga para guru perlu lebih selektif dalam menentukan yang terpenting. Jangan lupa untuk belajar mengelola program belajar yang sudah ada dengan tepat sehingga bisa mempertahankan setiap siswa di sekolah tersebut.

4. Mampu Mengelola Kelas

Selanjutnya, sebuah kompetensi guru lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk dikenali adalah kemampuan untuk membantu mengelola kelas yang sudah ada. Ditambah lagi, jika ada beberapa guru yang secara khusus ditugaskan untuk menjadi wali kelas sehingga tanggung jawab pun dikatakan lebih besar.

Sementara itu, penting juga untuk selalu menjaga ketertiban di kelas terutama ketika ada proses mengajar atau proses ulangan secara rutin. Jika ada yang bertengkar pun, maka penting untuk bisa menunjukkan solusi yang tercepat namun terbaik agar tidak terulang lagi nanti.

5. Menggunakan Media Belajar

Jangan sampai ketinggalan pula untuk dikenali, setiap guru harus memiliki jenis kompetensi guru yang berkaitan dengan keberadaan dari media belajar. Hanya para guru yang memang bisa menggunakan media belajar dengan baik yang nantinya bertahan lama di sekolah yang diajar tersebut.

Menjadi sosok guru juga perlu dilengkapi dengan keperluan untuk mengenali jenis media belajar langsung ataupun yang virtual seperti saat ini. Jangan lupa pula untuk selalu menyiapkan materi yang paling baru yang bisa disampaikan dengan berbagai metode sesuai media yang dipilih.

6. Memperhatikan Prestasi Siswa

Untuk jenis kompetensi guru ini mungkin banyak diabaikan oleh guru padahal menjadi hal yang penting untuk selalu memperhatikan para muridnya. Tidak heran jika jenis profesi ini berhasil menjadi profesi tersulit yang memerlukan waktu yang ekstra ketika berhadapan langsung dengan murid.

Setiap guru harus bisa membantu dalam meningkatkan prestasi dari siswanya baik itu secara akademis maupun secara non akademis sesuai kebutuhan. Selain itu, diperlukan metode yang tepat untuk tidak memberikan tekanan kepada para siswa yang tidak bisa mencapai prestasi yang banyak.

7. Mengenal Berbagai Penyuluhan

Tidak ada salahnya bagi para guru untuk selalu belajar ke depannya terutama ketika dihadapkan pada banyak hal yang baru saat ini. Selain itu, setiap guru juga harus selalu aktif ikut serta dalam berbagai acara khusus penyuluhan yang biasanya diadakan secara rutin.

Adanya penyuluhan tersebut tentu saja bisa membantu setiap guru untuk mengenali perkembangan pendidikan saat ini sebelum nanti dipraktekkan secara langsung. Terutama bagi beberapa guru BK, menjadi hal yang penting untuk memahami tata cara yang khusus untuk mendekati siswa yang bermasalah.

8. Mengenal Administrasi Sekolah

Memang tidak dapat dimungkiri bahwa para guru akan berhadapan langsung dengan beberapa wali murid dengan kondisi berbeda satu dengan lainnya. Kemudian menjadi hal yang krusial untuk setiap guru memiliki keahlian dalam menentukan mana solusi yang diberikan sesuai aturan sekolah.

Setiap guru sejak awal harus memahami persoalan tentang administrasi sekolah sehingga tidak akan memberikan informasi yang salah kepada wali murid. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan solusi yang paling tepat misalnya ada masalah berkaitan administrasi sehingga wali murid tidak khawatir.

9. Memahami Prinsip Penelitian

Hal yang berikutnya perlu dikenali dan dikuasai oleh setiap orang yang menjadi guru adalah dengan memperhatikan setiap prinsip khusus penelitian. Ditambah lagi, mulai jenjang SMP sampai ke atasnya, para guru akan diminta untuk mengantarkan para siswa ke berbagai model penelitian.

Selain itu, setiap guru juga harus mengenali apa saja prinsipnya terlebih dahulu dan jangan sampai mencoba curang ketika sedang meneliti. Diperlukan pula kompetensi untuk memahami mana saja yang bisa diteliti dan mana yang tidak sehingga tidak memunculkan masalah besar nanti.

10. Menguasai Teknologi Informasi

Terakhir, ada kompetensi yang penting yang harus dipenuhi setiap orang hanya dengan memahami teknologi yang saat ini banyak digunakan sekolah. Ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan metode yang lebih canggih dalam menyampaikan bahan ajar sampai pada tes yang akan dilakukan.

Walaupun begitu, setiap guru bisa dimudahkan dengan menyesuaikan pada kebutuhan sehingga tidak perlu mengenal semua jenis aplikasi untuk membantu Meet. Selain itu, ada juga proses untuk mendaftarkan siswa pada kompetensi yang hanya bisa dilakukan dengan proses online melalui bantuan komputer.

Beberapa jenis kompetensi guru yang dijelaskan secara detail di atas tentu saja wajib untuk dikenali agar nanti bisa lebih profesional. Ada yang berkaitan dengan kemampuan untuk bisa menguasai bahan ajar sampai pada memahami aspek administrasi yang dimiliki oleh setiap sekolah.

Baca Juga: Pesan dan Kesan Untuk Guru dan Contoh Ungkapannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.