Pesan dan Kesan Untuk Guru dan Contoh Ungkapannya

Biasanya saat pergantian kelas atau guru pengajar, salah satu yang akan diminta adalah pesan dan kesan untuk guru tersebut khususnya saat Guru sudah berakhir mengajar di kelas tersebut. 

Sebelum dijelaskan mengenai contoh dari pesan dan kesan  untuk guru. Harus terlebih paham terlebih dahulu paham mengenai perbedaan pesan dan kesan. Dimana pesan, dapat didefinisikan sebagai nasihat, perintah dan permintaan. 

Tentunya pesan bersifat pribadi yang disampaikan ke orang lain yang bersangkutan.Pesan dan kesan  untuk guru, berikut contoh untuk referensi silahkan dicoba:

Penjelasan Mengenai Pesan dan Kesan Yang Perlu Dipahami

Untuk penjelasan yang pertama mengenai pesan adalah sebuah permintaan yang kita garis bawahi sebagai perintah mauapun nasehat. Pesan juga tak semua orang harus tahu. Karna pesan di sini seperti ucapan yang tertuju kepada orang yang akan di beri pesan tersebut. 

Sedangkan kesan adalah sesuatu yang kita rasa setelah mendengar ataupun merasakan sesuatu kejadian. Sehingga kesan bisa didefinisikan sebagai respon yang diberikan kepada seseorang untuk memberikan penilaian tertentu.

Adapun tujuan orang meminta untuk orang lain memberi pesan dan kesan sebenarnya bertujuan untuk evaluasi diri agar lebih baik lagi. Sehingga, jika dimintai untuk memberikan pesan maka berikan harapan-harapan agar seseorang tersebut lebih baik lagi.

Sedangkan untuk kesan adalah dengan memberikan penilaian. Hal ini bisa berupa penilaian positif ataupun negatif. Dan jika membahas pesan dan kesan untuk guru, biasanya momen ini akan diberikan oleh siswa yang akan meninggalkan sekolah ataupun naik kelas. 

Sehingga kemungkinan besar tidak akan lagi bertemu dengan guru tersebut. Tetapi faktanya masih ada yang bingung untuk memberikan pesan dan kesan. Jadi, jika pembaca juga salah satunya maka terus simak apa yang ada di pembahasan kali ini.

Ungkapan Sebagai Pesan Untuk Guru dan Juga Kesan Terhadapnya 

Setelah paham adanya perbedaan antara pesan dan juga kesan, maka saatnya akan kita bahas berbagai contoh ungkapan pesan dan kesan untuk guru. Tanpa berbasa basi berikut ulasan lengkapnya:

1. Contoh Pertama Pesan Dan Kesan Untuk Guru 

Ada banyak contoh kalimat yang menunjukkan pesan kesan untuk  kita sampaikan kepada guru. Namun, terlalu banyaknya yang ingin kita sampaikan malah terkadang lupa. Maka dari itu, berikut merupakan contoh pesan dan kesan untuk guru.

Untuk kesannya bisa kita sampaikan betapa sangat berterima kasih kepada sosok guru yang bisa mendidik dengan baik. Sebenarnya kalimatnya bebas saja, namun sebagai contoh bisa kita ucapkan dengan “ada banyak suka duka saat melewati masa putih abu abu ini (seragam sekolah di jenjang SMA), namun semuanya tinggal kenangan. 

Tetapi sampai detik ini tak luput untuk terus bersyukur. Sebab tanpa jasa dan didikan sabar dari Bapak Ibu Guru mungkin tidak bisa seperti ini. Bersyukur sebab telah menjadi pribadi yang lebih baik. Tentunya ini semua atas jasa dan kebaikan yang Bapak dan Ibu Guru berikan”

Adapun saat memberikan pesan, bisa kita selipkan doa terbaik. Misalnya adalah dengan mengucapkan “Pesan kepada Bapak Ibu Guru adalah semoga Tuhan selalu melimpahkan rezekinya, dan sebagai murid hanya bisa mendoakan agar Bapak dan Ibu Guru mendapat umur panjang dan bisa terus bersabar dalam mendidik Kami”.

2. Contoh Kedua Pesan Dan Kesan Untuk Guru 

Jika masih belum pas bisa simak pesan kesan untuk guru selanjutnya akan kita bahas contoh dari kesannya terlebih dahulu. Misalnya seorang Guru mengajar dan membuat siswa merasa suasana kelas lebih kondusif. Sehingga pelajaran yang ia sampaikan lebih melekat dan mudah pahami. 

Selain itu, Bapak atau Ibu Guru juga memberikan penjelasan dengan sangat sabar, ketika belum cukup paham Bapak atau Ibu Guru menjelaskan ulang dan hal tersebut membuat ilmu yang tersampaikan dapat kita serap dengan sebaik-baiknya.

Sedangkan untuk pesannya seorang murid bisa menyampaikannya dengan salah satu contohnya seperti ini Awali pesan dengan kalimat ‘untuk dari kami atau saya untuk Bapak atau Ibu Guru’. Namun, untuk konteksnya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Kemudian masuk ke bagian pesannya misalnya Bapak atau Ibu Guru tersebut hendak pindah tugas di sekolah lain maka bisa kita sampaikan pesan seperti ini: Bapak dan Ibu Guru jangan melupakan anak didik di Sekolah ini, tetap menjadi pribadi yang baik, dan semoga kelak cocok dengan murid barunya juga.

3. Contoh Ketiga Pesan Dan Kesan Yang Ditujukan Untuk Guru 

Pesan dan kesan yang kita sampaikan untuk guru bisa kita tujukan seperti ini. Untuk pertama adalah kesan yang akan kita sampaikan kepada Guru, dengan kondisi jika Guru tersebut sangat memotivasi dalam pembelajaran selama ini.

Maka sebagai murid bisa menyampaikan kesannya seperti ini: Selama Ibu atau Bapak mengajar kelas ini, membuat motivasi belajar semakin meningkat. Hal tersebut karena Bapak atau Ibu tidak hanya mengajarkan materi saja.

Namun juga menyampaikan apa manfaat dari belajar ilmu tersebut khususnya matematika ini. Jadi, sebagai murid jadi lebih termotivasi untuk mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Itu salah satu contoh memberikan kesan kepada guru. 

Selain itu, untuk memberikan pesan bisa kita sampaikan seperti ini Sebagai perwakilan kelas turut menyampaikan terimakasih sebanyak nya kepada Bapak atau Ibu. Dan kami hanya berpesan agar terus menjadi guru favorit murid-murid di manapun Bapak Ibu mendapatkan tugas mengajar kelak.

4. Contoh Keempat Pesan Dan Kesan Untuk Guru

Jika masih belum puas, masih ada pesan dan kesan untuk Guru yang bisa kita sampaikan dengan simpel dan tanpa bertele-tele adalah sebagai berikut. Kesan, Bapak dan Ibu Guru selalu membimbing dengan sabar, memberikan contoh kebaikan kepada murid-muridnya.

Sehingga sebagai murid menjadi lebih paham mana yang baik dan yang salah. Tidak hanya mengajar dan menuntut untuk bisa, namun Bapak atau Ibu Guru selalu memberikan dampingan untuk proses belajar dan mengajar tersebut.

Sebagai pesan kepada Bapak atau Ibu Guru bisa kita sampaikan seperti ini, Semoga Bapak atau Ibu Guru bisa memaafkan kesalahan yang murid-murid buat selama ini. Bapak atau Ibu Guru di manapun mengajarnya semoga selalu mendapatkan kesehatan dan panjang umur.

Tidak lupa juga selalu memotivasi siswanya dan bersabar dalam mengajar. Selama ini banyak pesan dan pembelajaran yang bisa kita ambil dari cara mengajar Bapak atau Ibu Guru tegas namun tidak keras. Selalu sayangi murid di manapun kelak Bapak atau Ibu Guru mengajar untuk sekolah yang baru.

5. Contoh Kelima Pesan Dan Kesan Untuk Guru

Dan pembahasan terakhir masih seputar kesan pesan selanjutnya bisa kita sampaikan seperti berikut. Contoh kesan nya Sangat senang bisa bertemu dengan sosok guru penuh semangat seperti Bapak atau Ibu guru. Walaupun sempat di awal mengajar merasa Bapak dan Ibu Guru galak, namun ternyata seiring berjalannya waktu tidak demikian.

Bapak dan Ibu Guru selalu memperlakukan murid dengan sangat baik, bahkan hingga merasa seperti anak sendiri. Untuk pesannya: Jika bisa kurangi untuk tugas yang terlalu banyak walaupun sebenarnya tujuan dari tugas tersebut juga adalah untuk kebaikan. 

Demikian itu pesan dan kesan  untuk guru yang bisa kita sampaikan jika sewaktu-waktu ada yang meminta.  Sehingga tidak perlu lagi pusing jika harus memberikan pesan atau kesan saat kenaikan kelas, pergantian guru. Bahkan untuk guru yang hendak resign dari sekolah tersebut. 

Baca Juga: Pendidikan Karakter: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Tinggalkan komentar