Pengertian, Jenis-jenis dan Contoh Interrogative Sentence untuk dipahami

Pengertian, Jenis-jenis dan Contoh Interrogative Sentence untuk dipahami

Contoh Interrogative Sentence sangat penting untuk Anda ketahui. Intinya ini merupakan kalimat untuk mengajukan pertanyaan secara langsung. Sehingga Interrogative ini memiliki arti sebuah pertanyaan alias kalimat tanya.

Kalimat ini berguna untuk mendapatkan sejumlah informasi, konfirmasi hingga penolakan pada sebuah pertanyaan. Nah kalimat seperti ini biasanya akan dimulai dengan kata tanya, seperti siapa, apa, bagaimana maupun kata kerja seperti maukah, dapatkan, dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kalimat tanya sendiri akan selalu kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi. Baik itu secara lisan atau tulisan sekalipun.

Terlebih saat kita berkomunikasi 2 arah, sehingga akan ada proses tanya jawab dalam percakapan tersebut. Nah bagi Anda yang bingung dan belum paham, maka bisa menyimpan pembahasan kali ini secara bersama.

Pengertian, Jenis-jenis dan Contoh Interrogative Sentence untuk dipahami
unsplash.com

Mengenal Sejumlah Contoh Interrogative Sentence dan Pengertiannya

Dalam berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris, maka kita pasti akan mengenal dengan istilah kalimat positif, negatif dan interrogative. Mungkin beberapa orang termasuk Anda pasti sudah paham dan mengerti tentang kalimat-kalimat seperti itu.

Kalimat positif sendiri adalah sebuah bentuk kalimat yang isinya tentang berita atau informasi dan tidak ada penyangkalan atau pengelakan. Sementara itu untuk kalimat negative adalah kalimat dalam bahasa Inggris yang ditandai dengan adanya kata ‘not’ sebagai bentuk penyangkalannya.

Lantas apa itu kalimat interrogative? Kalimat Interrogative sendiri adalah bentuk kalimat yang ditandai dengan kata tanya alias pertanyaan. Berbicara soal kalimat Interrogative, maka ada banyak sekali contoh yang bisa Anda ketahui.

Sebelum mengetahui sejumlah contoh Interrogative Sentence ada baiknya lagi jika Anda mengetahui pengertian yang sebenarnya. Jadi kalimat yang berguna untuk menanyakan sesuatu sering disebut juga sebagai kalimat Interrogative Sentences.

Kalimat jenis ini akan sangat mudah kita kenali dengan ciri yang ada tanda tanya pada bagian akhir kalimat. Nah bentuk dari kalimat interogatif ini misalnya seperti yes/no questions.

Ada juga Alternatives questions, Wh-question serta Tag questions. Sebelum membahas lebih jauh mengenai pengertian jenis-jenisnya, Anda bisa mengetahui dan memahami tentang Interrogative Sentence dulu.

Apa Itu Interrogative Sentence?

Sebelum tahu contoh Interrogative Sentence, maka Anda wajib tahu pengertiannya terlebih dahulu. Kembali ke pembahasan awal, bahwa Interrogative Sentence merupakan kalimat yang menanyakan sesuatu atau bernama kalimat tanya.

Interrogative Sentence ini adalah kebalikan dari negative sentence dan positive sentence. Sebab kedua tipe kalimat itu akan memberi atau menyatakan informasi, dan Interrogative Sentence akan menanyakan maupun meminta informasi.

Tentunya kalimat tanya juga akan ada di dalam setiap tenses dengan sejumlah perbedaan tergantung dari tense itu sendiri. Supaya lebih mudah dalam memahaminya, maka penjelasan terkait Interrogative Sentence akan terbagi menjadi tiga bagian berbeda, seperti berikut ini:

Interrogative in Nominal Sentences

Contoh Interrogative Sentence ada banyak sekali. Sementara kalimat nominal sendiri tidak akan menggunakan verb atau kata kerja didalamnya tapi akan diganti dengan ‘to be’ seperti is, am, was, are dan were.

Nah untuk membuat interogatif dari kalimat nominal ini adalah dengan cara memindahkan ‘to be’ tadi ke depan kalimat. Contohnya adalah “You are happy right now?” maka akan diganti menjadi “Are you happy right now?”.

Selanjutnya contoh untuk Negative Interrogative pada kalimat nominal adalah sebagai berikut. “You aren’t happy right now?”. Maka berubah jadi kalimat “Aren’t you happy right now?”.

Interrogative in Verbal Sentences

Penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa contoh Interrogative Sentence agar paham dan mengerti. Terkait hal itu, kalimat verbal merupakan kalimat yang akan menggunakan verb alias kata kerja.

Nah untuk membuat bentuk tanya dari kalimat verbal, maka Anda bisa mendapatkan kata ‘do not, does not dan juga did not’ pada awal kalimat. Nah berikut ini ada contoh perubahan dari yang kalimat positif kemudian menjadi kalimat interogatif.

“Dodi plays football every week end”, maka akan berubah menjadi “Does Dodi plays football every weekend?” Sedangkan untuk kalimat interogatif yang bersifat negatif, contohnya seperti “Dodi doesn’t play football every week end” berubah jadi “Doesn’t Dodi play football every week end?”

Interrogative Sentence dengan Modal Auxiliaries Verbs

Contoh Interrogative Sentence ada banyak. Modal Auxiliary verb sendiri merupakan kata kerja bantu yang berguna untuk memodifikasi atau mempertegas makna dari kata kerja yang utama.

Adapun kata-kata dari modal verbs ini adalah seperti could, can, shall, will, should, may, would, igh dan must. Kalimat interrogative dengan modal verbs ini bisa dibuat menggunakan modal verbs pada bagian depan kalimat.

Contohnya adalah seperti “You can see me from that building” berubah menjadi “You can’t see me from that building”. Selanjutnya untuk kalimat tanya berubah jadi “Can you see me from that building” jadi “Can’t you see me from that building?”

Negative Question

Contoh Interrogative Sentence yang penting untuk Anda ketahui. Negative Question sendiri sering dikenal juga sebagai kalimat tanya negatife.

Apabila kalimat tanya positif untuk bertanya di dalam kontek positif, maka jenis negative question ini berguna untuk bertanya dalam kontek negatif. Dalam bentuk negative question, maka Anda dapat menggunakan kata kerja bantu (auxiliary verb) atau menambah kata ‘not’ pada awal kalimat.

Contohnya: “Aren’t they come here? = “Apakah mereka tidak datang kesini?”. Don’t you remember?” = “Apakah kamu tak mengingatnya?”.

Positive Question

Sekarang ini sudah ada banyak sekali contoh Interrogative Sentence yang bisa Anda ketahui. Pada pembahasan ini, positive question atau kalimat tanya yang bentuknya positif.

Sehingga kalimat tanya ini sering digunakan untuk menanyakan dalam konteks positif. Dalam positive question, maka Anda dapat menggunakan kata kerja bantu maupun WH question word pada bagian awal kalimat.

Contohnya: “Will you marry me?” = “Apakah kamu mau menikah dengan saya?”. “Are you hungry?” = “Apakah kamu lapar?”.

Informative Question

Informative questions ini sering dikenal juga sebagai kalimat tanya yang mengandung informasi. Pasalnya kalimat ini berguna untuk menanyakan sebuah informasi kepada lawan bicaranya.

Kalimat ini sering digunakan ke dalam semua jenis bentuk kata atau tense. Jadi setelah ada kata tanya, maka Anda dapat menggunakan kata kerja bantu.

Contoh: “Why did she came late?” = kenapa dia datang terlambat?”. Where is your mother?” = “Dimana ibumu?”.

Jenis-jenis Interrogative Sentence

Jika mencari contoh Interrogative Sentence maka tak perlu bingung. Secara garis besar, bahwa kalimat tanya seperti ini akan memiliki pola sama, jadi kita bisa menilai bahwa seluruh kalimat tanya itu sama saja.

Tapi kenyataannya kalimat tanya sendiri mempunyai beberapa jenis dan tergantung dari jawaban pertanyaan itu sendiri. Lantas apa saja jenis-jenisnya?

Alternative Question

Alternative Question ini akan menggunakan coordinate conjunction berupa ‘or’ untuk menghubungkan antar pilihan jawaban tersebut. Biasanya Interrogative Sentence ini akan diawali menggunakan auxiliary verb maupun linking verb berupa ‘be’.

Akan tetapi mungkin juga bisa dibuka dengan menggunakan wh-word khususnya untuk ‘which’. Contohnya adalah seperti: “Would you like some tea or coffee?” = “Apakah kamu suka teh atau kopi?”

Yes/No Question

Contoh Interrogative Sentence, dan jenis kalimat ini akan dibentuk dengan cara menukar posisi subjek dan linking verb ‘be’ (is, am are) atau auxiliary (will, shall, can, may, do, dan must).

Akan tetapi jika hanya ada main verb atau kata kerja, maka awal kalimat bisa menggunakan do atau does maupun did. Sementara itu jawaban dari yes/no question ini adalah ya atau tidak. Biasanya kita dapat melihat jenis pertanyaan ini dalam kuesioner guna mendapat jawaban yang tertutup.

Contoh: “Are you an astronaut?” = “Apakah kamu seorang astronot?”. “May i borrow your pen?” = “Bolehkan saya meminjam penamu?”. “Does she like a mango smoothie?” = “Apakah dia menyukai smoothie mangga?”.

Wh-Question

Contoh Interrogative Sentence kalimat ini biasanya akan dimulai dengan wh-question. Arti dari wh-question ini adalah why, what, when, where, who, which, whose, whom dan how. Di dalam bahasa Indonesia sendiri kita sering mengenalnya juga sebagai 5W + 1H (+ whom, whose, which).

Sementara itu tujuan dari mengajukan pertanyaan wh-question ini adalah guna mendapat sejumlah informasi. Juga untuk menulis berita maupun artikel supaya informasi yang disampaikan secara lengkap dan runtut.

Contohnya: “Why do you cry?” = “Kenapa kamu menangis?”. Which one is your favorite book?” = “Yang mana buku favoritmu?”. “What is the name of Nina’s puppy?” = “Apa nama anak anjing Nina?”.

Tag Question

Contoh Interrogative Sentence dan tag question adalah pertanyaan pendek berupa linking verb be maupun auxiliary +/-not+pronoun yang ditambah pada bagian akhir kalimat. Akan ada koma guna memisahkan antara tag question dengan kalimat utamanya.

Salah satu hal yang penting Anda perhatikan adalah saat awal berupa kalimat positif, maka kalimat tanyanya akan berupa kalimat negatif. Begitu juga sebaliknya, apabila awal kalimat berupa kalimat negatif, maka kalimat tanya berupa kalimat positif.

Contoh: “It is Nina’s cat, isn’t it?” = Ini adalah kucingnya Nina, iya kan?”. She likes cupcakes, doesn’t she? = ” Dia suka cupcake, iya kan?”. “She should see a doctor, don’t she?” = Dia harus menemui dokter, bukan?”.

Aturan Dalam Membuat Question Tags

  1. Pada question tag akan selalu ada pola inversi alias susun balik verb + subject + ?
  2. Question tags akan selalu diawali dengan tanda koma terlebih dahulu.
  3. Apabila question tags negatif, maka verb + not harus singkat, contohnya, don’t, doesn’t, et.
  4. Verb yang digunakan yaitu auxiliary verb atau kata kerja, kecuali pada simple past nominal dan simple present.
  5. Subject question tags akan selalu berupa kata ganti atau pronoun yang merujuk pada subjek kalimat.
  6. Apabila kalimat negatif, maka question tags adalah positif.
  7. Apabila kalimat positif, maka question tags adalah negatif.

Aturan Interrogative Sentence

Contoh Interrogative Sentence dalam penggunaannya ada aturan yang penting. Salah satunya adalah akan menggunakan do, does hingga did apabila tidak ada auxiliary verb. Tidak hanya itu saja melainkan seperti:

  1. Preposition atau kata depan diletakkan pada akhir wh-question.
  2. Auxiliary verb harus ada atau terletak sebelum subjek.
  3. Dalam indirect question atau kalimat tanya tak langsung, maka letakkan auxiliary verb setelah subjek.
  4. Jangan mendampingkan do dengan auxiliary verb lainnya.
  5. Gunakan bare infinitive dalam kalimat tanya auxiliary, do, does serta did.
  6. Hanya auxiliary verb saja yang terletak sebelum subjek.
  7. Saat which, whose, who atau what merupakan subjek, maka do tidak akan digunakan.

Contoh: Are you ready to go?, Kaila can you hel us?, Should i call or email him?, Do you want tea, coffee, or soda?.

Contoh Kalimat Interrogative Sentence

Berikut ini adalah beberapa contoh Interrogative Sentence berupa kalimat tanya yang bisa Anda ketahui.

  1. Is she your daughter? (Apakah dia anak perempuanmu?)
  2. Are you okay? (Apakah kamu baik-baik saja?
  3. Am i beautiful (Apakah saya cantik?)
  4. Are you a teacher for them? (Apakah kamu seorang guru untuk mereka?)
  5. Is she a waiters? Apakah dia seorang pegawai perempuan?)
  6. Do you an office boy? (Apakah kamu seorang pegawai kantor?)
  7. Are you a kind girl (Apakah kamu seorang gadis yang baik hati?)
  8. Is she a young girl? (Apakah dia gadis muda?)
  9. Are you a boss? (Apakah kamu seorang bps?)
  10. My mo is very kind (Ibuku sangat baik hati)
  11. Is this my novel? (Apakah ini novel ku?)
  12. She is my beautiful mom (Dia adalah ibuku yang cantik)
  13. Can you my idol? (Apakah dia idolaku?)
  14. Is she your aunt? (Apakah dia bibi mu?)
  15. Will you marry her? (Akankah kamu menikahinya?)
  16. Are you a model? (Apakah kamu seorang model?)
  17. Is this my book? (Apakah ini bukuku?)
  18. Is she okay (Apakah dia baik-baik saja?)
  19. Do you like this party? (Apakah kamu suka pesta ini?)
  20. Is this your music? (Apakah ini musikmu?)

Tentang Interrogative Sentence

Beberapa contoh Interrogative Sentence sudah Anda ketahui. Pengertiannya sendiri merupakan sebuah kalimat tanya yang berguna untuk membuat suatu pertanyaan.

Seperti pembasahan awal bahwa ini untuk menanyakan 5W. Kalimat tanya ini juga bisa dimulai dengan menggunakan kata kerja bantu berupa can, will, dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam bahasa Inggris, Interrogative Sentence ini terbagi menjadi tiga bagian sebagaimana yang sudah dijelaskan sejak awal. Mulai dari yes/no question, information question seyta question tags.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris?

Kalimat interogatif atau Interrogative Sentence merupakan sebuah kalimat yang akan mengajukan pertanyaan secara langsung. Kemudian juga akan selalu diakhiri dengan menggunakan tanda tanya (?).

Jadi kata interrogative ini sendiri mempunyai arti yakni sebuah pertanyaan. Kalimat interogatif berguna untuk mendapatkan sejumlah konfirmasi, informasi hingga penolakan pada sebuah pertanyaan.

Tidak hanya itu saja, melainkan kalimat seperti ini juga harus diakhiri dengan tanda tanya maupun question mark. Kalimat tanya juga mempunyai pola serupa, sehingga Anda akan menilai jika semua kalimat tanya itu sama. Padahal tidak semuanya itu sama.

Hal-hal atau perkara yang sering kita anggap sederhana misalnya seperti kalimat tanya atau Interrogative Sentence. Ini akan mempunyai sejumlah informasi-informasi kecil yang mungkin saja belum diketahui oleh banyak orang.

Nyatanya, kegunaan belajar bahasa Inggris tidak hanya bisa untuk mengasah skill dalam berbahasa saja. Melainkan juga mampu untuk menambah wawasan yang lebih luas kepada seseorang, terutama yang ingin belajar.

Setelah Anda mengetahui dan memahami contoh Interrogative Sentence, mungkin kini Anda bisa menerapkannya secara langsung. Artinya Anda bisa bertanya kepada orang lain mengenai sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin bisa dijawab juga oleh orang tersebut. Pada intinya belajar dunia bahasa Inggris memang sangat penting.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.