Contoh Fragment Sentence yang Perlu diketahui, Simak Pembahasannya!

Menyusun kalimat menggunakan Bahasa Inggris memang perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan seksama. Contoh fragment sentence menjadi salah satu hal yang masih sering orang salah pahami.

Menggunakan Bahasa Inggris akan dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan masa kini yang kita dipertimbangkan. Hampir semua perusahaan besar kini menyertakan syarat untuk bisa menggunakan dan lancar berbahasa ini. Kita tahu bahwa Bahasa Internasional yang diakui memang Bahasa Inggris.

Maka dari itu untuk bisa saling terhubung dan terkoneksi kita memerlukan keterampilan yang satu ini. Sehingga nantinya ketika memerlukan penggunaan Bahasa Inggris pada saat tertentu akan bisa memecahkannya dengan mudah tanpa khawatir sama sekali.

Pada dasarnya menggunakan Bahasa Inggris bisa mudah saja asalkan penyusunannya mudah kita pahami ketika saling berdialog. Namun ketika menggunakannya untuk kepentingan yang resmi tentu saja perlu susunan khusus sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam Grammar terdapat susunan seperti ini, kami akan membahasnya lebih jauh lagi khusus untuk Anda.

Contoh Fragment Sentence yang Perlu diketahui, Simak Pembahasannya!
pexels.com

Contoh Fragment Sentence untuk Penyusunan Kalimat sesuai Grammar

Pertama-tama kita perlu tahu bahwa fragment sentence itu apa sih sebenarnya? Sebelum membahas mengenai contoh yang bisa kita jadikan acuan tentu saja. Akan lebih baik jika mengetahui pengertian dari istilah yang satu ini lebih jauh dan lengkap lagi.

Nah fragment sentence merupakan sebuah kalimat yang seolah-olah sudah lengkap dalam susunan katanya. Namun ternyata itu susunan kata yang sesuai masih kurang lengkap. Hal ini berkaitan dengan susunan S-P-O-K atau Subjek, Predikat, Objek dan Keterangan.

Ketika menggunakan kalimat jenis yang satu ini kita akan menimbulkan pertanyaan dari seseorang yang membaca atau mendengarnya. Hal ini akan memicu interaksi atau pertanyaan orang untuk menanyakan maksud dari kalimat yang terungkap tersebut. Maka dari itu kita perlu menyusun kalimat dengan tepat sehingga nantinya bisa membuat orang paham dalam satu kalimat saja.

Pada dasarnya kalimat ini bisa digunakan dengan aman apabila kita sedang berada dalam lingkup yang tidak resmi. Acara casual atau santai seperti hangout, pada teman atau keluarga. Namun ketika sedang berada di lingkup ruang resmi kita perlu memperhatikan penggunanya dengan benar.

Fragment sentence ini perlu kita bahas dengan lebih jelas untuk membantu penggunanya. Kami akan memberikan pembahasan mengenai apa saja yang bisa menimbulkan kalimat tidak lengkap ini. Berikut ini beberapa alasan yang memicu kalimat ini bisa muncul untuk kita perhatikan.

Contoh Fragment Sentence yang Hilang Subjects

Pertama kita perlu tahu bahwa kalimat ini bisa muncul ketika tidak menyertakan subjects pada penyusunanya. Pada poin subjek biasanya akan membantu kalimat dalam menjelaskan siapa yang ditunjuk pada kalimat tersebut. Maka subjek berarti orang yang sedang dibahas dalam sebuah kalimat tersebut.

Wajar jika kita membuat kalimat yang tidak menyertakan subjek nantinya akan menimbulkan kesalahpahaman. Orang yang mendengarkannya tentu akan ikut bingung dan menanyakan siapa yang sedang dimaksudkan tersebut. Oleh karena itu akan lebih baik ketika menyusun kalimat kita menyertakan subjek untuk tidak membentuk sebuah Contoh Fragment Sentence ini.

Nah kalimat yang bisa saja muncul ketika kehilangan subjek misalnya adalah:

“Can sleep in everywhere” arti dari susunan kata tersebut tentu saja tidak sertakan subjek yang dirujuk atau menjadi pembahasan. Maka kita tahu artinya adalah “Bisa tidur dimanapun”, namun tentu saja tidak ada yang tahu jika sekilas membacanya mengenai seseorang tersebut.

Kita tidak tahu siapa yang bisa tidur dimanapun yang sedang dibahas dalam kalimat tersebut. Maka dari itu akan lebih baik jika kita memperhatikan setiap kata yang disusun apakah memiliki subject seperti ini. Pasti pada praktek sehari-hari banyak yang kita temui menggunakan kalimat fragment seperti ini.

Asal menyusun kalimat dengan memperhatikan arti secara garis besar. Namun tidak memperhatikan hal khusus bahwa Grammar memiliki aturan tersendiri. Maka dari itu akan lebih baik jika kita pahami sebelum melakukan penyusunan untuk kalimat tertentu.

Contoh Fragment Sentence yang Hilang Verbs

Selanjutnya biasanya fragment bisa terbentuk ketika kalimat tersebut kehilangan kata kerja atau sering disebut verb. Ketika kita susun kalimat yang tidak menyertakan kata kerja tentu saja akan kekurangan arti atau pemahaman. Padahal kata kerja menjadi salah satu susunan penting yang sangat berperan penting.

Maka dari itu ketika menyusun dari kata kerja seperti ini akan lebih baik jika kita memperhatikan. Kalimat akan tersusun dengan baik dan lengkap ketika kita bisa menyertakan SPOK dengan tepat. Salah satu bagian pentingnya adalah verb ini.

Banyak yang terpengaruh dari susunan kata kerja karena nantinya akan ada pembagian antara verb 1, verb 2, dan verb 3. Masing-masing akan memiliki penggunaan yang menjelaskan sebuah peristiwa pada saat ini, yang sudah terjadi atau yang akan terjadi. Maka dari itu ketika menggunakannya kita perlu memiliki pemilihan khusus untuk menjelaskan sebuah situasi.

Nah dalam contoh fragment sentence yang kehilangan kata kerja ini misalnya:

“My mother in the morning” artinya adalah “Ibuku di pagi hari”. Kita bisa menyimpulkan bahwa ibu pada pagi hari merupakan susunan dari kata subjek dan keterangan tanpa ada tambahan kata kerja. Tentu saja akan muncul pertanyaan “apa yang ibu lakukan di pagi hari?”.

Hal seperti ini akan membantu orang untuk lebih memahaminya lebih baik lagi. Oleh karena itu jika Anda sampai saat ini sedang dalam posisi mempelajari susunan kata yang tepat jangan lupakan kata kerjanya. Hal ini akan membantu penjelasan lebih mudah dan membantu dengan baik lagi. Sehingga orang tidak akan perlu bertanya ulang dan memastikan maksud juga tujuan dari pemberitahuan kalimat tersebut.

Contoh Fragment Sentence yang Hilang Subject dan Verbs

Selanjutnya kami akan membahas bahwa kalimat seperti ini bisa kekurangan pengertian jika kita tidak sertakan susunan pentingnya. Kita sebelumnya sudah membahas bahwa kalimat akan sulit dipahami apabila tidak sertakan antara subject atau orang yang sedang dibahas. Juga untuk verbs yang menjadi informasi kata kerja yang dilakukan.

Nah kali ini akan terbentuk dari kurangnya dua komponen tersebut sekaligus. Kita bisa bayangkan jika kekurangan salah satu saja sudah menjadi kalimat tidak lengkap. Maka jelas kekurangan keduanya membuatnya juga menjadi kalimat yang tidak lengkap. Seperti kondisi yang makin parah dan sulit untuk orang lain pahami secara langsung ketika sedang membacanya.

Kalimat yang seperti ini tidak diketahui siapa yang menjadi pembahasan dan apa yang sedang dikerjakan. Hal ini jelas menimbulkan tanda tanya dan bingung yang pasti antara untuk menggunakannya atau memastikan dengan pertanyaan lanjutan. Apalagi ketika kita menggunakannya sebagai kalimat percakapan dengan orang baru saja kita kenali.

Kedua komponen seperti ini jelas menjadi salah satu penjelasan dari susunan kalimat yang benar. Maka dari itu usahakan ketika bertemu dengan contoh fragment sentence yang seperti ini kita langsung tanggap. Nah contohnya adalah :

“on the road” artinya adalah “diperjalanan”. Kalimat ini hanya berisikan keterangan yang menggantung saja. Pasalnya kita tidak mengetahui siapa yang sedang berada di perjalanan dan apa yang mereka lakukan ketika sedang dalam perjalanan tersebut. Tentu saja hal seperti ini hanya terkesan sebagai hint saja, orang akan mudah salah paham dan berakhir tidak baik. Oleh karena itu kita bisa memastikan menyusun dengan tepat ketika sedang menggunakan kalimat tertentu.

Contoh Fragment Sentence yang Merupakan Dependent Clause

Selanjutnya ada juga sebuah kalimat yang memiliki susunan hampir sempurna. Jika sebelumnya mereka memiliki beberapa kekurangan antara kata kerja, subjek, atau keduanya. Namun kali ini mereka memiliki kekurangan pada bagian penjelasannya.

Kalimat tersebut memiliki susunan lengkap namun kurang jelas jika kita baca atau dengarkan. Maka dari itu untuk Anda yang pernah alami hal ini lebih baik memperhatikan penjelasannya. Pada dasarnya kalimat seharusnya bisa lengkap dan mudah kita cerna dengan mudah.

Ketika kalimat tersebut digunakan maka akan kesulitan dalam mengekspresikan dengan mudah daripada biasanya. Maka dari itu untuk Anda yang menggunakan susunan kalimat seperti ini akan lebih baik memperhatikan lebih baik lagi.

Kita bisa mulai pelajari bahwa penyusunan kalimat tidak bisa sembarangan. Kita perlu pertimbangan SPOK dan juga keterangan yang menjelaskan untuk memberitahukan maksud tersebut. Maka dari itu untuk Anda yang belum paham kami akan memberikan contohnya:

“I don’t care to her anymore” artinya adalah “Aku tidak peduli dengannya lagi”. Pada kalimat tersebut menjelaskan adanya subjek antara “I” dan “her”. Sedangkan kata kerjanya adalah “care” atau “peduli”. Namun tidak ada penjelasan mengapa subjek “I” tidak peduli lagi dengan “her”. Maka dari itu akan muncul pertanyaan yang meminta penjelasan.

Mengenal Independent dan Dependent Clause

Nah ketika membahas mengenai contoh fragment sentence yang kita uraikan dengan jelas pada pembahasan diatas tersebut kita bisa memahaminya sendiri. Bahwa pada bagian dari susunan kalimat akan ada keterkaitan antara kalimat jenis ini. Pada dasarnya memang memiliki keterkaitan dengan kalimat fragment ini.

Oleh karena itu kami akan membahasnya lebih jauh lagi berikut ini khusus untuk Anda. Jadi jika masih bingung bisa mengikuti pembahasanya berikut ini. Anda akan lebih banyak dapatkan gambaran mengenai materi yang satu ini tentu saja, langsung saja simak selengkapnya berikut ini.

Untuk masuk ke pembahasannya kita perlu tahu mengenai clause atau klausa. Istilah ini digunakan untuk menyebut sebuah kalimat yang tersusun dari adanya subjek dan predikat. Maka dari itu ketika menggunakannya kita bisa menjelaskan dengan baik. Meski terkadang ada beberapa jenis yang perlu penjelasan lebih jauh.

Namun pada intinya ketika ada kalimat yang tersusun dari objek dan predikat merupakan klausa. Nah berikut ini ada dua yang memiliki hubungan dengan contoh fragment sentence. Kita perlu mengetahuinya lebih jauh untuk membantu pemahaman penyusunan.

Sehingga ketika menggunakan kalimat untuk acara resmi akan teratasi dengan baik tanpa khawatir sama sekali. Anda perlu mengetahuinya untuk membantu beradaptasi dengan baik ketika sedang dalam kondisi tertentu. Jadi langsung saja simak selengkapnya berikut ini untuk Anda.

Pahami Tentang Independent Clause

Pertama kita perlu tahu mengenai pengertian dari kalimat yang satu ini lebih jauh lagi. Ketika menggunakannya kita akan mendapatkan susunan kata yang mengandung sebuah tujuan untuk disampaikan. Kalimat tersebut hampir lengkap dan utuh untuk kita pahami dengan mudah.

Biasanya sudah terdapat adanya verb, subjek dan juga ada tambahan kata lain yang membantu memperjelasnya. Maka dari itu kita dengan mudah memahaminya sendiri. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda memperhatikan susunan kalimat seperti ini.

Pada susunanya aka nada modifier yang menjadi penjelas atau adjective. Terkadang ada juga yang menggunakan keterangan, kata kerja dengan transitive verb atau bahkan kata benda. Sehingga orang akan lebih mudah pahami maksud dari penggunanya seperti ini.

Nah hubungannya antara independent clause dengan contoh fragment sentence tentu jelas sekali. Ketika orang menggunakan fragment sentence yang tidak menjelaskan lengkap tersebut. Maka kita bisa menjelaskannya dengan menggunakan independent sentence tersebut untuk membantu orang lebih paham maksud penyusunan kata tersebut untuk lebih jauhnya.

Contoh penyusunan kata menjadi kalimat ini adalah:

“I like this favor, but I have no space” artinya menjelaskan bahwa subjek “I” menyukai rasa tersebut, hal ini berarti terhubung dengan sebuah makanan atau minuman. Sedangkan dia sudah tidak memiliki ruang di perut untuk mengkonsumsinya. Maka dari itu kita bisa menggunakannya dengan mudah sekali bukan?

Pahami Tentang Dependent Clause

Selanjutnya yang sering terhubung juga dengan contoh fragment sentence adalah Dependent Clause. Ketika menggunakan jenis kalimat yang satu ini kita akan mendapatkan susunan antara kata kerja dan subjek. Namun jelas ketika menggunakan kalimat ini kita tidak akan mendapatkan penjelasan yang lengkap.

Pasalnya susunanya tersebut tidak bisa ungkapkan dengan langsung begitu saja. Sehingga kita bisa menggunakannya dengan berulang kali dan perlu adanya kalimat lanjutan untuk menjelaskannya. Biasanya kalimat ini akan diawali dengan makna menggantung dan penjelasan dari jenis yang kita bahas sebelumnya, independent clause.

Kalimat ini kebalikan dari jenis independent yang bisa berdiri sendiri. Ketika keduanya dicampurkan menjadi satu akan menjadi jenis baru yaitu complex sentence. Anda perlu kenali hal ini lebih jauh untuk memahaminya tentu saja. Kita akan menjelaskan beberapa macam dari jenis yang satu ini.

Adjective Clause

Pertama adalah adanya susunan dari kata sifat, kata kerja dan kata ganti. Untuk menjelaskan klausa utama pada sebuah kalimat tersebut. Maka dari itu adanya kata sifat menjadi poin utamanya.

Adverbial Clause

Kedua kita akan membahas susunan macam yang satu ini antara kata kerja, kata sifat dan adverb. Maka kita akan tetap memerlukan kalimat lain untuk menjelaskannya seperti penggunaan contoh fragment sentence.

Noun Clause

Terakhir adalah salah satu kalimat yang memiliki susunan kata benda dalamnya. Maka dari itu orang akan memberikan penjelasan mengenai benda tersebut tapi tetap memerlukan adanya kalimat lanjutan untuk menjelaskannya.

Contoh fragment sentence yang kita bahas tersebut memiliki banyak keterkaitan dengan hal lainnya. Maka dari itu ketika berusaha untuk pahaminya lebih jauh kita bisa mencari tahunya dengan hal yang berhubungan dengannya.

Pada dasarnya ketika menggunakan kalimat jenis ini tetap aman saja. Namun kita perlu adanya penyesuaian kondisi dan situasi. Akan lebih baik jika kita menggunakannya pada acara yang bukan resmi tentu saja menjadi opsi yang aman daripada menggunakannya pada acara yang resmi dan membuat terkesan tidak sopan.

Contoh fragment sentence tersebut masuk dalam materi grammar yang wajib kita tahu. Karena akan membantu banyak dalam penyusunan kalimat yang mudah dipahami tanpa kesalah pahaman. Visitpare.com membantu Anda untuk semakin mengerti bagaimana cara belajar Bahasa Inggris dengan benar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.