10 Peran Guru di Dunia Pendidikan

10 Peran Guru di Dunia Pendidikan

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Padahal dengan jasanya dapat menghasilkan ilmuan, pengusaha sukse, peminpin yang beramanah. Walaupun dengan gaji yang tidak seberapa peran guru dalam dunia pendidikan sangatlah penting.

Guru harus siap untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dengan cara memberikan pemahaman yang diberikan kepada siswanya ketika berada di dalam kelas. Dengan peranya dalam mendidik, menuntun, mengayomi, melatih dan mengajarkan memberikan dampak yang luar biasa manfaatnya bagi siswa.

Penjelasan Mengenai Guru

Guru adalah sebuah profesi yang sederhana namun sangat luar biasa kemuliaan nya ini dituntut untuk memiliki yang namanya keahlian. Terdapat syarat – syarat khusus supaya menjadi guru karena orang pintar pun ataupun jenius belum tentu dapat menjadi guru yang mengajari orang lain.

Guru menyampaikan ilmu yang dimiliki dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan. Tak heran jika banyak guru yang bertahan menjadi seorang guru walaupun gaji yang sangat kecil akan tetapi niat dan ketulusannya untuk mencerdaskan generasi tidak pantang menyerah dengan berbagai cobaan apapun.

Sedangkan menurut para ahli guru memiliki pengertian seseorang yang dituntut untuk berperan dan menunjukan citranya sebagai guru dalam ideal masyarakat. Definisi ini merupakan definisi guru yang dikatakan oleh Semana (1994)

6 Peran Guru di Dunia Pendidikan

Salah satu pekerjaan yang tidak dapat digantikan adalah guru walaupun dengan perubahan zaman yang sangat drastis yang didukung dengan kemajuan teknologi. Guru akan tetap memiliki peran penting dalam dunia pendidikan.

Karena pendidikan bukan hanya mengenai sepintar apa, seluas apa pengetahuan akan tetapi karakteristik siswa juga menjadi salah satu bagian dari pendidikan. Oleh karena itu perlu yang namanya guru untuk dijadikan sebagai pembimbing atau pengarah. Berikut adalah peran guru dalam pendidikan

1. Guru Sebagai Fasilitator

Sebagai Fasilitator guru memiliki peran bagaimana caranya agar siswa di dalam kelas dapat mengikuti pembelajaran secara aktif. Guru harus pandai dalam menyeleksi cara mengajar supaya dapat berkembang menjadi lebih baik lagi.

Guru juga perlu belajar untuk meningkatkan kompetensi Dan Skill nya dalam mengajar seperti halnya mengikuti pelatihan, workshop dan lain sebagainya. Apalagi kurikulum pembelajaran saat ini menuntut guru supaya mewujudkan pembelajaran berbasis student centered.

2. Guru Sebagai Motivator

ketika proses pembelajaran berlangsung pastinya siswa akan pernah mengalami yang namanya bosan atau kurang semangat dalam belajar. Nah disinilah peran guru dapat dilihat dengan jelas. Apakah guru mampu membangkitkan semangat siswa dalam belajar.

Sebagai motivator tentunya harus mampu mengarahkan peserta didik supaya tidak mudah patah semangat dalam menuntut ilmu dan menghadapi permasalahan dan cobaan. Sesulit apapun pelajaran di kelas jika siswa memiliki semangat tinggi maka pelajaran akan dirasa lebih mudah.

3. Guru sebagai Contoh Yang Baik

Menjadi guru harus siap juga menjadi teladan bagi siswanya oleh karena itu sebagai guru harus menunjukan citra dan perilaku yang baik agar dapat diteladani baik pula oleh peserta didik. Guru akan menjadi sorotan di lingkungan sekolah dan menjadi roll model peserta didik

Oleh karena itu guru harus memperhatikan beberapa perilakunya seperti gaya berbicara, gaya berpakaian bagaimana caranya supaya kata yang keluar dari mulut merupakan kata yang sopan dan ucapan yang bermanfaat.

Guru pada umumnya senantiasa mencari dan berfikir bagaimana caranya dapat mengajar atau melayani siswanya dengan lebih baik. Dengan demikian siswa atau peserta didik akan menilai gurunya kreatif dan dapat meniru untuk melakukan kreativitas.

4. Guru Sebagai Pembimbing

Guru juga harus membimbing siswanya supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Membimbingnya guru terhadap peserta didik dilakukan dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab.

Untuk menjadi pembimbing bagi siswanya guru harus merencanakan bagaimana caranya supaya tujuan dalam pendidikan dapat tercapai dengan baik, Guru juga harus memberikan penilaian dan memaknai kegiatan belajar yang telah dilakukan

5. Guru Sebagai Administrator

Bukan hanya TU yang bertugas dan berperan dalam dunia administrasi di bidang pendidikan. Guru juga memiliki peran menjadi sebagai administrator di bidang pendidikan ada berbagai administrasi sekolah yang harus disiapkan guru supaya proses pembelajaran dapat berjalan lancar.

Administrasi yang disiapkan dan dikerjakan oleh guru diantaranya adalah rencana pembelajaran, mencatat hasil penilaian, adapun beberapa administrasi lainya yang harus diisi secara teratur oleh seorang guru.

6. Guru Sebagai Pembaharu

Dalam setiap pengalaman seorang guru dalam proses pembelajaran akan selalu dimaknai dan dievaluasi kembali supaya dapat menghasilkan yang lebih bagus lagi. Dengan demikian guru akan mengetahui berbagai karakter peserta didik dan cara menghadapinya.

semua tindakan seorang guru akan dimaknai supaya dapat menghasilkan suatu tindakan yang lebih baru lagi dan lebih bagus. Guru juga harus berpikir bagaimana caranya menjembatani dua generasi yang berbeda antara yang lebih tua dan siswa yang masih sangat muda.

4 Peran Guru Di Era Digital

Era digital tidak bisa lagi dilihat dengan sebelah mata karena semuanya sudah jelas. Dan setiap orang saat ini harus mampu mengikuti perkembangannya supaya tidak tertinggal dan tetap mengikuti perubahan zaman.

Kemajuan Teknologi dapat memberikan dampak yang positif maupun negatif bagi pendidikan. tergantung bagaimana setiap individu melakukan dan memanfaatkan kegunaan dari sebuah teknologi. Oleh karena, ada beberapa peran guru di era Digital.

1. Menciptakan Komunikasi Yang Efektif

Guru harus mampu bagaimana caranya membangun komunikasi yang efektif dengan peserta didik dalam cara penggunaan dan pemanfaatan teknologi. Supaya proses pengenalan teknologi terhadap peserta didik dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Menciptakan Proses Pembelajaran Interaktif

Dengan tersedianya digital teknologi menuntut guru untuk lebih kreatif dalam penggunaan teknologi dan proses pembelajaran. Bagaimana caranya supaya proses pembelajaran dapat berjalan dengan pemanfaatan teknologi. Seperti, dengan menggunakan video, PPT dan lainnya.

2. Guru Berperan Sebagai Pengarah

Diera pandemi yang menuntut pembelajaran dilakukan secara daring. Sehingga mengharuskan guru untuk menjadi pengarah penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran. Guru harus mampu mengarahkan siswanya cara melakukan e-learning yang dilakukan menggunakan smartphone.

3. Guru Sebagai Pendamping

Guru mendampingi siswa dalam berlatih menggunakan digital serta mendorong dan mengevaluasi. Supaya peserta didik menggunakan digital teknologi pada hal yang positif. Dalam hal ini karena guru tidak mendampingi 24 jam dengan peserta didik oleh karena sebagai orang tua harus mengambil peran untuk dapat mendampingi siswa menggunakan digital teknologi.

4. Guru Sebagai Pembuat Media Pembelajaran

Untuk memberikan suasana yang lebih baru terhadap peserta didik agar tidak membosankan. Maka guru dituntut untuk lebih terampil dalam menggunakan digital sebagai sarana pembuatan materi dengan menggunakan media yang lebih fresh untuk siswa.

Guru dituntut membuat media pembelajaran dengan modal yang minim dan dapat digunakan berulang ulang kali supaya tidak pemborosan. Seperti halnya media pembelajaran berbentuk audio visual, visual, atau audio saja contohnya berupa video pembelajaran, podcast dan lain- lain.

Peran guru yang begitu banyak untuk kemajuan dan perkembangan peserta didiknya. Tidak heran guru dijuluki dengan istilah pahlawan tanpa tanda jasa. Karena tanpa guru sumber daya manusia saat ini tidak mungkin sebagus dan sekreatif sekarang. Guru juga harus tahu peran dan tanggung jawabnya sebagai guru.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.