Delexical Verbs, Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Delexical Verbs, Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Dalam bahasa Inggris, kita akan mengenal dan mempelajari tentang verbs. Verbs sendiri merupakan kata kerja dalam bahasa Inggris. Saat mendengar istilah verbs atau kata kerja ini, pasti di benak kita akan terlintas kata-kata seperti makan, minum, bermain, tidur, dan yang lainnya. Namun, verbs atau kata kerja dalam bahasa Inggris, tidak hanya sebatas tentang itu saja. Pasalnya, verbs sendiri memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah delexical verbs atau delesikal verbs.

Sebelum membahas delesikal verbs lebih jauh lagi, sekilas kembali kita mengingat apa itu verbs. Verbs atau kata kerja dalam bahasa Inggris ini tidak jauh berbeda dengan kata kerja dalam bahasa Indonesia.

Meskipun demikian, kita tidak bisa menyamakannya begitu saja. Dalam segi fungsi, kata kerja bahasa Inggris dengan kata kerja bahasa Indonesia tampak berbeda.

Kata kerja dalam bahasa Inggris atau verb ini tidak hanya berfungsi untuk sebagai kata kerja saja. Akan tetapi memiliki fungsi lain yang tak kalah pentingnya. Itulah mengapa, jenis verbs ada banyak yang salah satunya akan kita bahasa secara mendalam yakni delesikal verbs.

Delexical Verbs, Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimatnya
youtube.com

Delexical Verbs, Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Verbs atau kata kerja merupakan kata-kata yang dapat kita gunakan untuk menyusun kalimat dalam bahasa Inggris yang mengindikasikan action, tindakan, atau sebuah keadaan. Contoh verbs sudah kita singgung sebelumnya, seperti write (menulis), drink (minum), eat (makan), sleep (tidur), dan lain sebagainya.

Selain delesikal verbs, ada pula jenis verbs lainnya. Antara lain sebagai berikut, base verbs, regular verbs, irregular verbs, transitive verbs, intransitive verbs, weak verbs, strong verbs, finite verbs, non finite verbs, action verbs dan linking verbs.

Selain itu, ada pula jenis verbs lainnya seperti modal verbs, auxiliary verbs, reflexive verbs, ergative verbs, lexical verbs, delexical verbs, stative verbs, dynamic verbs, non continuous verbs, intensive verbs, extensive verbs, participle, gerund, beserta infinitive.

Umumnya, fungsi dari verbs ini akan disesuaikan berdasarkan jenisnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh lagi mengenai delesikal verbs, mulai dari pengertian, jenis, dan contoh kalimatnya.

Pengertian Delexical Verbs

Delesikal verbs merupakan kata kerja yang mempunyai makna tersendiri dan berbeda dari makna atau arti aslinya. Delesikal verbs ini juga sering kita sebut sebagai empty verbs.

Merupakan kata kerja yang mempunyai sedikit atau tanpa makna. Delesikal verbs ini kita gunakan dalam transitive structure dan mendapatkan ikutan direct object.

Penjelasan lainnya, ketika kata kerja ini mendapatkan ikutan noun atau kata benda sebagai direct object maka kita sebut sebagai delexical structure. Contoh yang paling umum untuk delesikal verbs ini antara lain : have, do, given, hold, keep, make set, dan take.

Dalam beberapa kasus, delexical structure memiliki makna yang sama atau hampir mirip dengan jenis verbs lain. Kata kerja yang mirip dengan delesikal ini merupakan intransitive verb yang tidak diikuti dengan direct object.

Intransitive verbs sendiri merupakan kata kerja yang tidak memerlukan atau membutuhkan direct object. Pasalnya, tanpa menggunakan direct object sekalipun, intransitive verbs ini sudah mempunyai makna atau arti.

Kemudian, delexical verbs ini merupakan kebalikan dari lexical verbs. Lexical verbs sendiri merupakan kata kerja utama yang menyampaikan makna atau asli dari sebuah kalimat.  Selain itu, lexical verbs ini memberikan penjelasan terkait kegiatan dari subjeknya.

Jenis-Jenis Delexical Verbs

Di awal, kita sudah menyinggung tentang jenis dan contoh dari delesikal verbs ini. Namun, kali ini kita akan membahas jenis delesikal verbs yang paling umum kita gunakan.

Meliputi have, take, give, make, go, dan juga do. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis delesikal verbs.

1. Have

Bila kita mengacu pada kamu bahasa Inggris, kata kerja “have” artinya adalah “memiliki” atau “mempunyai”. Akan tetapi, ketika kata kerja “have” ini menjadi delesikal verbs, maka arti atau maknanya akan berubah.

Kemudian, kita menggunakan kata kerja “have” ini dengan, food and drink (a meal, lunch, breakfast, dinner, a cup of tea, a snack, dan lain sebagainya). Kemudian menggunakannya dengan talking (a chat, a discussion, a talk, a conversation).

Kita juga menggunakan kata kerja “have” ini dengan washing (a bath, a scrub, a wash, a shower, dan lain sebagainya. Sementara itu, kita juga menggunakannya dengan resting ( a holiday, a rest, a break). Selain itu, kita menggunakan kata kerja “have” dengan disagreeing (an argument, a fight, a quarrel, a dispute).

Kata kerja “have” dalam delesikal verbs ini akan kita gunakan untuk membicarakan makanan, percakapan, liburan, ketidaksepakatan, mandi, dan lain sebagainya. Bila penjelasan ini masih sedikit membingungkan, bisa simak penggunaan “have” dalam delesikal verbs melalui contoh kalimat berikut ini.

Contoh Kalimat dengan Kata “Have” pada Delexical Verbs

  1. They have breakfast every morning at 9 o’clock. (Mereka sarapan setiap pagi pukul 9.)
  2. They need to have a bath. (Mereka perlu mandi.)
  3. Have lunch. (Makan siang.)
  4. Have a conversation. (Lakukan percakapan.)
  5. Have a talk. (Bicaralah.)
  6. Have a bath. (Mandi.)
  7. Have a break. (Istirahat.)
  8. Have a fight. (Berkelahi.)
  9. Doni had a good breakfast before my uncle left home. (Doni sarapan enak sebelum paman meninggalkan rumah.)
  10. They had a long talk about the discussion. (Mereka berbicara panjang lebar tentang diskusi itu.)
  11. The kids should have breakfast  before they go to study. (Anak-anak harus sarapan sebelum mereka pergi belajar.)
  12. He generally had a long holiday in June or October. (Dia umumnya memiliki liburan panjang pada bulan Juni atau Oktober.)
  13. My mother thinks you should have a look at this. (Ibu saya pikir Anda harus melihat ini.)
  14. Anna had a bite of the bread. (Anna menggigit rotinya.)
  15. I’m thirsty. I’m going to have a drink of jus. (Aku haus. Saya akan minum jus.)
  16. Alex had a listen to that new CD in the airplane. (Alex mendengarkan CD baru itu di pesawat.)
  17. Doni and Petter are going to have a swim. (Doni dan Petter akan berenang.)

2. Take

Jenis delexical verbs lainnya yakni “take”. Ketika belajar bahasa Inggris, kata kerja “take” ini tentunya menjadi hal yang sangat familiar.

Bila kita berbicara secara harfiah, “take” ini memiliki arti “membawa” atau “mengambil”. Akan tetapi, jika kata kerja “take” ini sudah menjadi delexical verbs maka artinya akan berubah.

Makna kata kerja “take” ini akan hilang dan berpindah ke kata benda atau noun yang selanjutnya.  Kita menggunakan kata kerja “take” dengan washing seperti a shower, a wash, a bath dan lain sebagainya.

Kita juga menggunakannya dengan resting (a break, a rest, a holiday). Selain itu, kita juga menggunakan take dengan kata-kata berikut ini, care, a turn, trouble, a chance, a decision, care of, turns, the trouble, a risk, a photograph, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, kita bisa simak paparan berikut ini tentang contoh kalimat menggunakan kata kerja “take” dalam delesikal verbs.

Contoh Kalimat dengan Kata “Take” pada Delexical Verbs

  1. Jenni needs to take a sleep. (Jenni perlu tidur.)
  2. Please take a bath. (Silakan mandi.)
  3. My father always take a cold shower in the afternoon. (Ayah saya selalu mandi air dingin di sore hari.)
  4. Anna look tired. Anna needs to take a break. (Anna terlihat lelah. Anna perlu istirahat.)
  5. They took milion of photographs on holiday. (Mereka mengambil jutaan foto saat liburan.)
  6. Wulan always takes a lot of trouble with her exams. (Wulan selalu mengambil banyak masalah dengan ujiannya.)
  7. They think you should take a look at this. (Mereka pikir Anda harus melihat ini.)
  8. Let’s take a swim. (Mari kita berenang.)
  9. We are going to take a walk. (Kami akan berjalan-jalan.)
  10. Take a bath. (Mandi.)
  11. Take a rest. (Beristirahat.)
  12. Take care. (Hati hati.)
  13. Take a chance. (Mengambil kesempatan.)
  14. Take a risk. (Mengambil risiko.)
  15. Take a photograph. (Ambil foto.)

3. Make

Delexical verbs yang selanjutnya yakni “make”. Menurut kamus bahasa Inggris, kata kerja “make” ini memiliki arti “membuat” Akan tetapi, ketika “make” telah menjadi delesikal verbs, kata kerja ini akan berpasangan dengan kata benda atau noun yang berhubungan dengan plan (rencana), sound (suara), dan travel (perjalanan).

Selain itu, kita menggunakan “make” ini dengan kata-kata seperti berikut ini. Talking and sound seperti halnya a comment, a noise, a point, an enquiry, a sound, a promise, a speech, a suggestion, dan lain sebagainya. Kita juga menggunakan “make” dengan kata-kata plans ( a plan, plans, an appointment, a date, arrangements, a choice, a decision, dan lain sebagainya.

Supaya pemahaman kita mengenai kata kerja “make” ini semakin jelas, berikut ini adalah contoh kalimatnya.

Contoh Kalimat dengan Kata “Make” pada Delexical Verbs

  1. Please don’t make some food. (Tolong jangan membuat makanan.)
  2. Make a mess. (Membuat berantakan.)
  3. Make a mistake. (Melakukan kesalahan.)
  4. Make food. (Membuat makanan.)
  5. Make a cup of tea. (Membuat secangkir teh.)
  6. Make ten phone calls. (Lakukan sepuluh panggilan telepon.)
  7. Make a suggestion. (Membuat saran.)
  8. Try not to make a mistake. (Cobalah untuk tidak membuat kesalahan.)
  9. Anna and Doni made arrangements to meet the next week. (Anna dan Doni membuat perjanjian untuk bertemu minggu depan.)

4. Give

Dalam kamus bahasa Inggris, “give” sendiri memiliki arti “memberi”. Akan tetapi kata “give” ini berubah menjadi delesikal verbs ketika kita gunakan bersamaan dengan noun atau kata benda yang berkaitan dengan suara, kasih sayang, ekspresi wajah, pembicaraan, serta pemukulan.

Kita menggunakan kata “give” ini dengan kata-kata seperti noise (a cry, a shout, a whistle, a laugh, dan lain sebagainya). Selain itu, kita juga menggunakan kata “give” ini dengan facial expressions seperti a grin, a look, a glance, a smile, dan sebagainya.

Sementara itu, kita juga menggunakan kata “give” dengan menggunakan hitting (a slap, a push, a knock, a kick, a blow, dan lain sebagainya). Kata “give” ini juga kita gunakan dengan affectionate actions seperti a stroke, a kiss, a hug dan lain sebagainya). Kemudian, kita juga menggunakan kata “give” dengan menggunakan talking (a warning, a talk, a speech, a report, some news, a lecture, an interview, some information, an answer, some advice, dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat dengan Kata “Give” pada Delexical Verbs

  1. Don’t be angry, give me a support. (Jangan marah, beri saya dukungan.)
  2. Go ahead, give him a warning! (Silahkan, beri dia peringatan!)
  3. Anna gave a loud laugh. (Anna tertawa terbahak-bahak.)
  4. Ali gave a happy smile. (Ali tersenyum senang.)
  5. Anni gave me a nasty kick on the hand. (Anni memberi saya tendangan jahat di tangan.)
  6. My mother gave the children a good night kiss and put them to bed. (Ibuku memberi anak-anak ciuman selamat malam dan menidurkan mereka.)
  7. My father have to give a speech at the meeting next week. (Ayah saya harus memberikan pidato pada pertemuan minggu depan.)
  8. Give a whistle. (Beri peluit.)
  9. Give a broken smile. (Berikan senyum patah.)
  10. Give a punch. (Berikan pukulan.)
  11. Give a big hug. (Berikan pelukan.)
  12. Give some advice. (Berikan beberapa saran.)
  13. Give a warning. (Memberi peringatan.)

5. Go

“Go” merupakan salah satu jenis delexical verbs yang tak kalah penting untuk kita ketahui. Dalam kamus bahasa Inggris, kata kerja “go” ini memiliki arti “pergi”.

Akan tetapi, ketika kita gunakan kata “give” ini sebagai delesikal verbs, biasanya akan diikuti dengan gerund. Meskipun demikian, jika noun atau kata benda yang mengikutinya bukan gerund, maka kita menggunakan rumus for + noun.

Disamping itu, kita juga menggunakan go dengan bentuk –ing pada aktifitas-aktifitas umum. Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak contoh kalimatnya berikut ini.

Contoh Kalimat dengan Kata “Go” pada Delexical Verbs

  1. Nadila and Satya goes swimming every weekend. (Nadila dan Satya pergi berenang setiap akhir pekan)
  2. The old man will go for a swim. (Orang tua itu akan pergi berenang.)
  3. Go shopping.  (Pergi belanja.)
  4. Go sleeping. (Pergi tidur.)
  5. Go swimming. (Pergi berenang.)
  6. Go for a hike. (Pergi untuk mendaki.)
  7. Go for a walk. (Jalan-jalan.)
  8. They usually go walking at the weekend. (Mereka biasanya pergi jalan-jalan di akhir pekan.)
  9. Alan and Raul goes running every evening after supper. (Alan dan Raul berlari setiap malam setelah makan malam.)
  10. My sister’s out. She’s gone shopping. (Kakakku keluar. Dia pergi berbelanja.)
  11. My friend want to get out of here. Let’s go for a walk. (Temanku ingin pergi dari sini. Ayo kita pergi jalan-jalan.)
  12. Adi gone for a ride on his bike. (Adi pergi untuk naik sepeda.)

6. Do

Dalam kamus bahasa Inggris, kata kerja “do” ini memiliki arti “melakukan”. Ketika kita menggunakan kata kerja “do” ini sebagai delesikal verbs, maka “do” ini akan diikuti dengan gerund yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari.

Selain itu, juga akan diikuti dengan noun atau kata benda yang berhubungan dengan pekerjaan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh kalimat dengan menggunakan kata kerja “do” dalam delesikal verbs.

Contoh Kalimat dengan Kata “Do” pada Delexical Verbs

  1. Can you do the research? (Bisakah Anda melakukan penelitian?)
  2. Let my uncle help you do your homework. (Biarkan paman saya membantu Anda melakukan pekerjaan rumah Anda.)
  3. Do homework. (Mengerjakan pekerjaan rumah.)
  4. Do something important. (Lakukan sesuatu yang penting.)
  5. Do a research. (Lakukan penelitian.)
  6. Do a housework. (Lakukan pekerjaan rumah.)
  7. Do the laundry. (Mencuci.)
  8. Do the cleaning. (Lakukan pembersihan.)

Itulah tadi penjelasan mengenai delexical verbs yang bisa kita pelajari. Dengan pemaparan materi ini, harapannya kita bisa segera mahir berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.