Pelajari Past Simple Regular Verbs Hingga Penggunaan Dalam Kalimat

Past simple regular verbs penting dipelajari terutama para pemula untuk lebih mudah berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang asing. Untuk itu Anda perlu memahami mengenai tenses juga kata kerja hingga struktur bahasanya. Belajar simple past tense tentu Anda akan menemukan kata kerja yang beraturan atau regular verbs dan kata kerja tidak beraturan atau irregular verbs.

Simple past tense sering digunakan untuk menyatakan kejadian yang sudah terjadi di masa lampau dan juga berakhir di masa lampau. Kali ini yang akan kita pelajari adalah regular verbs. Agar lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut.

Past Simple Regular Verbs
Past Simple Regular Verbs: quizizz.com

Ketahui Aturan Penggunaan Past Simple Regular Verbs Secara Tepat

Regular verbs merupakan kata-kata yang menjelaskan aksi, tindakan atau pekerjaan dipakai dalam bentuk waktu yang lain serta bentuk kata tidak berubah. Umumnya hanya ditambah dengan -ed. Bentuk waktu tersebut merupakan future tense, past tense dan lainnya.

Bentuk dari kata kerja beraturan ini memiliki aturan pasti pada saat membentuk past participle dan simple past tense dari kata kerja. Aturan pasti yang dimaksud inilah dengan menambahkan -ed atau -d dalam bentuk dasar kata kerja bentuk lampau. Namun tidak jarang yang menyebut Past simple regular verbs tersebut sebagai weak verb karena bentuknya tidak dapat diubah seperti irregular verbs.

Meski begitu, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena ada peraturan yang harus Anda pahami secara detail saat menggunakan regular verbs untuk membentuk kalimat.

Anda harus memahami situasi penggunaan kata kerja beraturan ini. Pertama memperhatikan simple past tense. Bentuk kata kerja untuk menunjukkan suatu kejadian masa lampau dan past participle adalah dengan menambahkan akhiran -ed atau -d pada kata dasarnya. Jika Anda telah memegang aturan ini maka Anda akan lebih mudah membuat kalimatnya.

Secara lebih rinci aturan menggunakan Past simple regular verbs adalah sebagai berikut.

  • Pada kalimat dalam jangka waktu sekarang maka pergunakan verb 1 yakni kata asli tanpa imbuhan ed. Biasanya kalimat ini memiliki ciri-ciri penanda waktu.
  • Selanjutnya kalimat dalam jangka waktu masa lalu menggunakan verb 2 atau 3. Kata asli yang ditambahkan -ed dan memiliki penanda waktu last year or month, second ago, an hour, minutes, yesterday. Dengan begitu Anda tidak takut lagi untuk menggunakan regular verb untuk kalimat. Anda hanya perlu melakukan dengan regular verb yakni mengurutkan verb 1, verb 2, dan verb . Misalkan attach, attached, attached.

Rumus Dasar Regular Verb Sesuai Jenis Kalimat

Untuk lebih memahami perbedaan dalam setiap kondisi dan jenis waktu maka Anda simak pembahasan berikut.

1. Penambahan -ed akhiran kata konsonan

Pada dasarnya Past simple regular verbs membentuk kata kerja lampau. Jenis ini Anda hanya perlu menambahkan kata ed di belakang kata kerja utama ada base form. Misalkan contoh berikut.

Call – called – called (memanggil)

-My sister called my friend to bring her in the hospital. ( Kakak saya menelpon teman saya untuk membawanya ke rumah sakit).

Kill – killed – killed (membunuh)

– She killed her pet when they went to the park. (Dia membunuh hewan peliharaannya ketika mereka pergi ke taman)

Arrive – arrived – arrived (sampai)

– I arrived in Bandung at 4 pm. ( Saya sampai di bandung jam 4 sore)

Wait – waited – waited (menunggu)

– I waited my Mother in the SimpangLIma station ( Saya menunggu Ibu saya di stasiun Simpang Lima).

Penambahan -ed tersebut berlaku pada kata yang berakhiran konsonan.

2. Tambahan -ed Pada Konsonan +”y”

Berbeda saat Anda menambahkan -ed pada konsonan yang berakhiran huruf ‘y’. Huruf konsonan dan huruf y maka Anda harus mengubahnya terlebih dahulu huruf ‘y’ menjadi ‘i’.

Baru setelahnya menambahkan ed di belakang kata kerja utama. Untuk memahaminya, perhatikan contoh Past simple regular verbs berikut ini.

Try – tried – tried (mencoba)

-Even though he has failed, he tried to always study hard until success

Study – studied – studied (belajar)

– I and my friend studied in the flower garden yesterday ( Saya dan teman saya belajar di taman bunga kemarin).

Carry – carried – carried (membawa)

– That person carried some fruits and tarts after he went to the supermarket.(Orang itu membawa beberapa buah dan kue tar setelah dia pergi ke supermarket).

Marry > Married

– Justine told me last night that he want to get a divorce after married for two years with his wife ( Justine mengatakan kepada saya tadi malam bahwa dia ingin bercerai setelah menikah selama dua tahun dengan istrinya).

Semua kata yang memiliki konsonan huruf akhir ‘y’ Anda bisa mengubahnya menjadi ‘i’ untuk membuat kalimat yang benar.

3. Kata Kerja Reguler Pada Huruf akhir ‘e’

Begitu juga penerapan kata kerja ini pada kata yang berakhiran huruf ‘e’, Anda hanya perlu menambahkan huruf ‘d’ saja setelah kata kerja bentuk. Namun untuk beberapa kata sifat tidak perlu menambahkannya. Untuk lebih paham maka Anda perlu simak contoh Past simple regular verbs berikut.

Hate – hate – hate (membenci)

– I hated him because he is so naughty and rude. (Aku membencinya karena dia sangat nakal dan kasar).

Like – like – like (suka)

– I liked to eat a pizza and burger. (Saya suka makan pizza dan burger).

Admire -admire -admired (kagum)

– I admired her because of her personality and independence ( Saya mengaguminya karena kepribadian dan kemandiriannya)

Introduce -Introduced

– She introduced her cousin to us yesterday ( Dia memperkenalkan sepupunya kepada kami kemarin).

Dance – Danced

– Lydia danced gracefully in the audition of The Dance Icon Indonesia competition yesterday ( Lydia menari dengan anggun di audisi kompetisi The Dance Icon Indonesia kemarin).

4. Regular Verb untuk Kejadian Berlangsung Sekarang

Selain itu penggunaan regular verb untuk kejadian sekarang maka Anda gunakan verb 1 atau kata kerja asli saja namun tanpa imbuhan ed.

Tapi bisa menggunakan tambahan -ing jika merujuk pada kejadian yang sedang berlangsung pada saat kalimat dinyatakan. Misalkan kata studying dengan contoh “I am studying (V1+ing) finance right now as my major in Oxford University”.( “Saya sedang belajar (V1+ing) keuangan sekarang sebagai jurusan saya di Universitas Oxford”).

Berbeda jika Past simple regular verbs ini untuk menjelaskan kejadian lampau harus menggunakan ed di belakangnya. Sebagai penanda menyatakan lampau biasanya dengan kata keterangan seperti last month, this morning, yesterday, last night, seconds ago dan lainnya.

“I studied physics so hard last night because I’m so terrible at Math and I don’t want to fail the exam”

(“Saya belajar fisika sangat keras tadi malam karena saya sangat buruk di Matematika dan saya tidak ingin gagal dalam ujian”)

Pada kalimat tersebut mengandung penanda lampau dengan ‘last night’. Hal ini menjelaskan frasa 1 kalimat bentuk lampau dari kata study menjadi studied.

Untuk frasa satu dalam kalimat di ubah kata kerjanya menjadi lampau. Frasa kedua dan 3 tidak terpengaruh dengan adanya penanda lampau last night. Hal ini akibat adanya conjunction atau kata penghubung and dan because.

5. Kata Kerja Berakhir Konsonan-vokal-konsonan dengan Menggandakan Konsonan Terakhir

Past simple regular verbs selanjutnya jika Anda menggunakan kata dengan konsonan-vokal-konsonan maka Anda gandakan konsonan terakhir juga menambahkannya dengan ed. Misalkan contoh berikut.

– Chat : Chatted

Kalimat – “I chatted Jack last night to let him know that language class is cancelled” ( “Saya mengobrol dengan Jack tadi malam untuk memberitahu dia bahwa kelas bahasa dibatalkan”).

– Stop -Stopped

Kalimat : “Monalisa stopped someone to steal snacks at that supermarket this morning when we passed by in the way to office”- Past Tense ( “Monalisa menghentikan seseorang untuk mencuri makanan ringan di supermarket itu pagi ini ketika kami lewat di jalan menuju kantor” – Past Tense).

6. Kata Kerja Berakhiran huruf vokal +’l’

Ketika Anda menggunakan Past simple regular verbs dengan huruf vokal ditambah dengan ‘l” maka Anda tinggal gandakan saja konsonan terakhir serta menambahkannya dengan ‘ed’. Misalkan contoh berikut.

Travel – Travelled

Kalimat : Brian travelled around Bandung 3 days a go ( Brian berkeliling Bandung 3 hari yang lalu).

Tentunya Anda lebih paham sekarang untuk penggunaan kata kerja tersebut.

7. Huruf Konsonan terakhir dari Kata kerja ‘w, x dan y

Kemudian aturan Past simple regular verbs lainnya dengan huruf konsonan terakhir dari kata kerja w, x, dan y. Sebagai contoh perhatikan ini.

Sew – Sewed

Kalimat : Donna’s mother sewed a beautiful gown that she wears today.(Ibu Dona menjahit gaun cantik yang dikenakannya hari ini).

Play -Played

Kalimat I played piano on Taylor Swift’s concert tour last month (Saya bermain piano di tur konser Taylor Swift bulan lalu)

Fix -Fixed

Kalimat : Mr. Gustano fixed my broken car when I trapped on the high road in the middle of the night 3 days ago ( Pak Gustano memperbaiki mobil saya yang rusak ketika saya terjebak di jalan raya di tengah malam 3 hari yang lalu).

Jenis Kata Kerja Regular Verbs

Pada dasarnya terdapat pembagian kata Past simple regular verbs yang perlu Anda ketahui. Ketentuan jenisnya adalah sebagai berikut.

– Regular verb yang mana kata kerjanya memiliki bentuk simple past juga past participle yang sama. Biasanya kata kerjanya seperti send, say, teach, keep.

– Kata kerja beraturan yang memiliki bentuk dasar, simple past juga past participle. Biasanya kata kerjanya bentuk sama. Contoh read, cost, cut, let.

– Selanjutnya kata kerja yang mana memiliki dasar lalu simple past, juga past participle yang berbeda satu dengan lainnya. Contohnya adalah kata write, be, see, choose dan lainnya.

– Regular verb yang memiliki bentuk dasar sama dengan bentuk kata kerja past participle. Misalkan kata kerja seperti run, come, dan become.

Contoh Regular Verb Dalam Tenses

Untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang Past simple regular verbs, maka lihat perbandingan kalimat berikut dalam contoh.

Kalimat 1

Present: I borrow a book Math from the library. (Saya meminjam buku Matematika dari perpustakaan).

Past: I borrowed a book Math from the library. (Saya meminjam buku Matematika dari perpustakaan).

Past participle: I have borrowed a book Math from the library. (Saya telah meminjam buku Matematika dari perpustakaan.)

Kalimat 2

Present: My brother learns a history of english language. (Kakak saya belajar sejarah bahasa Inggris.)

Past: My brother learned a history of english language. (Kakak saya belajar sejarah bahasa Inggris.)

Past participle: My brother has learned a history of english language. (Kakak saya telah belajar sejarah bahasa Inggris.).

Kalimat 3:

Present: Bimo works at the Sejahtera hospital.

Past: Bimo worked at the Sejahtera hospital.

Past participle: Bimo has worked at the Sejahtera hospital.

( Bimo bekerja di rumah sakit Sejahtera).

Contoh Penggunaan Regular Verbs Secara Lengkap

Terdapat beberapa contoh past simple regular verbs yang bisa Anda pelajari atau untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contohnya.

We borrowed these books three days ago.

(Adikku memasak bubur pagi ini)

My sister cooked porridge this morning.

(Kakak saya memasak bubur pagi ini.)

He cleaned his motorcycle yesterday.

(Dia membersihkan sepeda motornya kemarin)

He cried aloud this afternoon.

(Dia menangis keras sore ini).

Roni called me a 1 hour ago.

(Roni menelepon saya 1 jam yang lalu).

They enjoyed the Korea movie last weekend.

(They enjoyed the Korea movie last weekend).

He answered the phone when I knocked the door.

(Dia menjawab telepon ketika aku mengetuk pintu.)

Contoh dengan kalimat yang menunjukkan Past simple regular verbs adalah :

We played voly last week.

(Kami bermain Voli minggu lalu)

The ghost haunted us yesterday.

(Hantu itu menghantui kami kemarin)

The teacher explained the lesson Math clearly.

(Guru menjelaskan pelajaran matematika dengan jelas)

Juna played a PUGB game.

( Juna memainkan permainan PUGB)

Asih lived in Surabaya last year.

(ASIH tinggal di Surabaya tahun lalu).

She checked his big bag.

(Dia memeriksa tas besarnya)

Contoh Past simple regular verbs selanjutnya adalah :

Roni asked a question a last week.

(Roni mengajukan pertanyaan minggu lalu)

Dina shared money for her friends.

(Dina berbagi uang untuk teman -temannya)

Lissa offered a beauty product.

(Lissa menawarkan produk kecantikan)

Doni worked as a driver 2 years ago.

(Doni bekerja sebagai pengemudi 2 tahun yang lalu)

Rossi called Rian yesterday.

(Rossi menelepon Rian kemarin)

Dania visited Venezuela last years.

(Dania mengunjungi Venezuela beberapa tahun terakhir).

Contoh Past simple regular verbs Lainnya

Attack, attacked, attacked ( menyerang)

‘Diana attacked the burglar that cam through the window last month’

(Diana menyerang pencuri yang datang melalui jendela bulan lalu)

Balance, balanced, balanced ( keseimbangan)

‘Nisrina managed to stay balanced while learning to ride a motorcycle for the first time’

(Nisrina berhasil tetap seimbang saat belajar mengendarai sepeda motor untuk pertama kalinya)

Boil, boiled, boiled(rebus)

Rani boils two egg today but the rest of it she boiled yesterday

(Rani merebus dua telur hari ini tapi sisanya dia rebus kemarin)

Calculate, calculated, calculated

This morning, she calculated how much she have to spend for the next five days.

(Pagi ini, dia menghitung berapa banyak yang harus dia keluarkan untuk lima hari kedepan)

Past simple regular verbs dengan contoh :

Camp, camped, camped

I want to camp at forest this week because i already camped there last year

(Saya ingin berkemah di hutan minggu ini karena saya sudah berkemah di sana tahun lalu)

Carry, carried, carried

I only carry one grape because my sister already carried two of it

(Saya hanya membawa satu anggur karena saudara perempuan saya sudah membawa dua)

Cause, caused, caused

Joko caused the candle to light just now

(Joko menyebabkan lilin menyala sekarang)

Concern, concerned, concerned

My mom is really concerned about my health because i couldn’t get out of bed for three weeks straight

(buku sangat mengkhawatirkan kesehatanku karena aku tidak bisa bangun dari tempat tidur selama tiga minggu berturut-turut)

Past simple regular verbs tersebut kini telah Anda pahami secara lebih dalam setelah membaca ulasan dari visitpare.com sehingga dapat menerapkannya dalam kalimat secara tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.