Simple Future: Pengertian, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

3 min read

Simple Future

Dewasa ini, ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar mahir dalam berbahasa Inggris. Akan tetapi, kita tidak boleh melewatkan kunci utamanya. Di dalam bahasa Inggris terdapat 16 tense yang wajib kita pahami jika ingin memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar. Salah satu dari 16 tense ini adalah Simple Future.

Mempelajari tense yang satu ini mungkin untuk sebagian besar orang bukanlah perkara yang mudah. Namun, ada banyak cara maupun metode mudah untuk menguasainya.

Maka dari itulah, pada kesempatan kali ini mari kita belajar mengenai tense tersebut dengan memahami penjelasannya terlebih dahulu. Kemudian kita akan berlanjut untuk mencoba mempraktekkanya dengan mempelajari rumus-rumus yang ada dan membuat kalimat.

Penting juga untuk diketahui bahwa tense ini memiliki fungsi dan perannya di dalam konteks berbahasa Inggris. Baik itu dalam bentuk teks maupun percakapan. Sehingga jangan sampai salah memahami penggunaannya.

Penjelasan Simple Future

Terdapat banyak penjelasan mengenai tense ini yang bisa membuat kita semakin mudah untuk memahaminya. Secara umum, simple future tense diartikan sebagai bentuk tense yang digunakan guna menyatakan suatu kejadian di masa atau waktu yang akan datang.

Selain itu, terdapat penjelasan lain yang turut melengkapi bahwa tense ini merupakan kalimat tense yang digunakan guna menunjukkan kejadian atau peristiwa yang belum terjadi.

Atau juga bisa digunakan untuk menunjukkan kejadian yang akan terjadi di masa depan serta berakhir di masa depan. Tense ini disebut juga sebagai suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk memberikan pernyataan bahwa suatu aksi terjadi di masa depan.

Baca :  Cara Mudah Membuat Kalimat Perintah Dalam Bahasa Inggris

Baik itu secara spontan maupun direncanakan. Bentuk dari tense ini adalah salah satu tense paling dasar. Selain itu, juga sering digunakan di dalam penulisan maupun percakapan bahasa Inggris.

Fungsi Simple Future

Tense yang diartikan sebagai gabungan dari aspek simple atau pada suatu spesifik waktu serta bingkai waktu future atau yang akan terjadi ini, mempunyai beberapa fungsi di dalam penggunaannya. Fungsi tersebut diantaranya yaitu:

  • Digunakan untuk memberikan ungkapan suatu gagasan secara umum
  • Penggunaannya untuk mendeskripsikan sebuah kebiasaan
  • Digunakan untuk menggambarkan sebuah emosi
  • Selain itu, juga digunakan untuk menyatakan kepemilikan atau hubungan personal
  • Terakhir digunakan untuk menentukan batas waktu serta fokus kejadian

Rumus dan Contoh Kalimat Simple Future

Dalam membuat kalimat dengan tense ini, maka kita harus memahami setiap rumus yang ada. Terdapat tiga jenis kalimat yang berbeda, yaitu kalimat positif, kalimat negatif, dan kalimat introgatif.

Ketiga kalimat ini memiliki rumus yang berbeda-beda. Untuk itulah, mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Rumus dan Contoh Kalimat Positif

Untuk membuat kalimat positif dengan tense ini, menggunakan rumus sebagai berikut:

Subject + Will + Verb 1 + O

Atau

Subject + To Be (is, am, are) + Going To + Verb 1 + O

Penerapan di dalam kalimat:

  • We will take a school examination next week. (Kami akan mengikuti ujian sekolah minggu depan)
  • Andi will take public speaking class tomorrow. (Andi akan mengikuti kelas public speaking besok)
  • Wulan is going to move to her new house next month. (Wulan akan pindah ke rumah barunya bulan depan)
  • Riko is going to finish her homework tonight. (Riko akan menyelesaikan RPnya nanti malam)
  • She is going to take an English class at Wall Street English next Thursday. (Dia akan mengikuti kelas bahasa Inggris di Wall Street English Kamis depan)

Rumus dan Contoh Kalimat Negatif

Untuk membuat kalimat negatif dengan tense ini, menggunakan rumus sebagai berikut:

Baca :  Future Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Ciri, dan Fungsi

Subject (S) + Will + Not + Verb 1 + Object (O)

Atau

Subject (S) + To Be (is, am, are) + Not + Going To + Verb 1 + Object (O)

Penerapan di dalam kalimat:

  • She will not join the theater club at school. (Dia tidak akan bergabung klub teater di sekolah)
  • We are not going to go to Dieng because of to the wheater. (Kami tidak akan pergi ke Dieng dikarenakan oleh cuaca)
  • Toni is not going to buy a new book tomorrow. (Toni tidak akan membeli buku baru besok)

Rumus dan Contoh Kalimat Introgatif

Untuk membuat kalimat introgatif dengan tense ini, menggunakan rumus sebagai berikut:

Will + Subject + Verb 1 + O?

Atau

To Be (is, am, are) + Subject + Going To + Verb 1 + O?

Penerapan di dalam kalimat:

  • Will they come to my party tonight? (Apakah mereka akan datang ke pestaku nanti malam?)
  • Will Andre buy a new house next month? (Apakah Andre akan membeli rumah baru bulan depan?)
  • Is Anita going to watch The Boy next Monday? (Apakah Anita akan menonton film The Boy Senin depan?)

Penggunaan Kata “Will” dan “Be Going To”

Bila ingin membuat sebuah kalimat simple future tense ini, terdapat satu hal yang harus diperhatikan, yakni penggunaan kata “will” dan “be going to”. Pasalnya, tense satu ini sangat identik dengan kedua kata tersebut. Di dalam penggunaannya pun juga memiliki fungsi masing-masing.

Will

  • “Will” mempunyai fungsi untuk mengajukan permohonan maupun permintaan. Contoh: I need a hand for beverage ingredients. Will you help me? (Aku butuh bantuan untuk bahan minuman itu. Apakah kamu bisa menolong ku?)
  • Kata “will” juga dapat digunakan untuk menunjukkan keinginan maupun ketidakinginan. Contoh: I won’t go no matter what. (Aku tidak akan pergi, apa pun yang terjadi)
  • Selain itu, kata “will” juga digunakan untuk membuat janji. Contoh: I promise I will come to your house. (Aku berjanji, Aku akan datang ke rumah mu)
  • Terakhir digunakan untuk menunjukkan fakta secara umum. Contoh: Animals will die if they don’t get enough food. (Hewan akan mati jika mereka tidak mendapatkan makanan yang cukup)

Be Going To

  • Digunakan untuk menunjukkan tujuan ataupun niat. Contoh: I am going to go to your house. Whether your mother is there or not? (Aku akan pergi ke rumahmu. Apakah ibumu ada di sana atau tidak?)
  • Kata “be going to” dapat digunakan untuk membicarakan sebuah kejadian yang akan segera terjadi. Contoh: Look at that sky! It is going to snow. (Lihatlah langit itu! Ini akan turun salju)
  • Selanjutnya, kata “be going to” juga digunakan untuk membicarakan sebuah rencana yang telah dibuat. Contoh: They are going to spend a month in Australia. (Mereka akan menghabiskan satu bulan di Australia)

Will and Be Going To

  • “Will anda be going to” dapat digunakan untuk membuat sebuah prediksi. Contoh: Everything will be fine for a birthday party, and everyone is going to have fun. (Semuanya akan baik-baik saja untuk pesta ulang tahun, dan semua orang akan bersenang-senang)
  • Biasanya “be going to” digunakan untuk mengenalkan topik. Kemudian dilanjutkan dengan kalimat yang menggunakan “will”. Contoh: I am going to write a scientific work. First, I will do some research on the theme and title. Then I will make an issue anda write. (Saya akan menulis karya ilmiah. Pertama, saya akan melakukan penelitian tentang tema dan judul. Kemudian, saya akan membuat permasalahan dan menulis)
Baca :  Materi Belajar Bahasa Inggris

Itulah penjelasan mengenai simple future beserta rumus, fungsi, dan penerapannya di dalam kalimat. Tentu saja, pemaparan ini akan sangat membantu anda dalam memahaminya. Maka dari itu, mari semangat belajar bahasa Inggris. Baca artikel sebelumnya: Tenses Past Future Perfect Continuous.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *