Pengertian Describing Places dan Contoh Kalimatnya

Dalam belajar bahasa Inggris, kamu akan mendapatkan salah satu materi mengenai describing places atau mendeskripsikan suatu tempat. Seperti apa tempat yang harus kamu deskripsikan? Biasanya adalah tempat yang yang kamu suka atau pernah kamu kunjungi.  

Tapi, bagaimana sih, cara mendeskripsikan tempat dalam bahasa Inggris? Apa saja yang harus diceritakan dalam tempat tersebut? Nah, supaya kamu makin paham dengan materi ini, yuk simak penjelasannya di sini.

Bacaan Lainnya

Pola Penulisan Describing Places

describing places

Secara umum, materi describing places menggunakan tiga bagian untuk menggambarkan sesuatu. Pola ini disebut juga generic structure yang terdiri dari introduction (pengenalan), main body (inti), dan conclusion (kesimpulan).

1. Introduction

Pada bagian introduction, kamu dapat menyebutkan objek yang akan kamu ceritakan dan alasan mengapa kamu ingin menceritakannya. Misalnya, apa saja yang membuat tempat itu istimewa, menyenangkan, dan lain sebagainya.

2. Main Body

Kemudian, pada bagian main body, kamu dapat menjelaskan tentang semua yang kamu alami dan rasakan. Pada bagian ini kamu sebaiknya mendeskripsikan secara detail dan lengkap agar orang lain bisa ikut merasakan apa yang kamu rasakan di tempat itu. 

3. Conclusion

Terakhir, conclusion atau bagian penutup. Kamu bisa menambahkan personal touch, misalnya memberikan opini atau pendapat tentang tempat tersebut. Di bagian ini, kamu juga bisa merekomendasikannya ke orang lain jika itu adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi.

Cara Mendeskripsikan Tempat dalam Bahasa Inggris

Lantas, bagaimana cara describing place in English yang detail dan jelas? Simak poin-poin di bawah ini.

1. Gunakan Kata Sifat Deskriptif 

Cara terbaik untuk mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa Inggris adalah dengan menggunakan kata sifat deskriptif atau descriptive adjectives. Descriptive adjectives merupakan kata sifat yang memodifikasi kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) dengan cara menunjukkan kualitas dari kata tersebut. 

Sama seperti menceritakan tempat, dengan menggunakan descriptive adjectives, seseorang bisa mendapatkan gambaran umum mengenai suatu tempat. Kata sifat deskriptif dapat berbicara tentang apa yang kamu rasakan saat berada di tempat itu, apakah sepi, tenang, ramai, hiruk-pikuk, indah, kotor, dan sebagainya. Lalu, bagaimana ukurannya, apakah luas, sempit, dan sebagainya. Ada masih banyak lagi hal-hal yang bisa kamu eksplorasi dari suatu tempat.  

Lihat beberapa contoh kalimat describing place menggunakan kata sifat deskriptif berikut ini:

  • This tourist spot is bustling, especially on weekends. (Tempat wisata ini ramai terutama di akhir pekan).
  • I didn’t enjoy yesterday’s vacation because the city was quite dangerous. (Saya tidak menikmati liburan kemarin karena kota itu cukup berbahaya.)
  • The beach is unsightly because there is too much rubbish lying around. (Pantai itu tidak enak dilihat karena terlalu banyak sampah berserakan.)

2. Gunakan Indra Penglihatan untuk Mendeskripsikan Tempat

Citra visual dapat memainkan peran penting dalam menggambarkan suatu tempat. Di sini kamu harus mengandalkan indra penglihatan saat mengunjungi tempat tersebut. Hal ini tentu saja akan membantu Kamu untuk membagikan apa yang telah kamu alami melalui indra penglihatan. 

Apabila kamu dapat menggunakan citra visual dengan baik, kamu benar-benar bisa membawa orang lain ke suatu tempat tanpa harus mengunjunginya secara langsung. Kamu dapat menjelaskan warna apa yang kamu lihat, desain, dan bentuknya, ukurannya, suasananya, dan lain-lain.

Berikut beberapa contoh describing places text melalui citra visual menggunakan kata-kata.

I love spending vacations at the beach. The sea spreads as far as the eye can see. Medium-sized boats can be seen leaning against the shore. You can have a relaxing time while watching the beautiful bright orange sunset. 

(Saya suka menghabiskan liburan di pantai. Lautan terbentang sejauh mata memandang. Perahu berukuran sedang terlihat bersandar di bibir pantai. Anda bisa menikmati waktu bersantai sambil menyaksikan indahnya matahari terbenam jingga yang cerah)

3. Mendeskripsikan Tempat dengan Indra Pendengaran

Sama seperti indra penglihatan, indra pendengaran juga sangat penting saat mendeskripsikan suatu tempat. Sebab, setiap tempat memiliki suara. Misalnya, ketika berada di pantai, kamu bisa mendengar suara deru ombak. Atau saat berada di sebuah pabrik, dengan suara mesin yang sangat bising. 

Jadi, saat kamu memberitahu seseorang bahwa kamu sedang berada di suatu tempat yang terdengar suara ombak, mereka akan dapat langsung menebak di mana tempat itu. Berikut contoh kalimat mendeskripsikan bunyi atau suara:

You can hear birds chirping in my hometown in the morning. Meanwhile, your night sleep is accompanied by rhythmic cricket sounds. 

(Kamu bisa mendengar kicau burung di kampung halaman saya di pagi hari. Sementara itu, tidur malam Kamu diiringi dengan suara jangkrik yang beriram.)

4. Ceritakan tentang Apa yang Kamu Rasakan tentang Tempat

Ke mana pun kamu pergi, tentu kamu akan mendapatkan perasaan tertentu, entah itu perasaan baik atau buruk. Misalnya samu berkunjung ke daerah yang dekat dengan pegunungan. Apa yang kamu rasakan? Apakah suasana yang dingin, tenang, dan sepi?

Sebaliknya, ketika kamu pergi ke kota, kamu akan merasakan hal yang berbeda, seperti suasana yang ramai, macet, dan panas. Dalam mendeskripsikan tempat, perasaan semacam ini sangat penting untuk memperkaya ceritamu tentang tempat tersebut. Berikut contohnya:

When I entered the house, I felt something strange that sent shivers down my spine. The room’s atmosphere is so scary as if someone is watching.

(Ketika saya memasuki rumah, saya merasakan sesuatu yang aneh dan membuat saya merinding. Suasana ruangan begitu seram seperti ada yang mengawasi.)

5. Jelaskan Perubahan yang Kamu Lihat

Ketika kamu mengunjungi tempat yang sama, kamu bisa saja merasakan suasana berbeda saat mengunjungi pertama kali. Dalam mendeskripsikan tempat, penting untuk menjelaskan perubahan yang kamu lihat.

Misalnya, kampung halaman kamu yang dulu jalannya rusak parah, namun sekarang saat terakhir kali mengunjunginya sudah sangat mulus. Tentu ini akan memperkaya deskripsi atau gambaran terkait tempat yang kamu ceritakan. Berikut contohnya:

When I first visited the small village, most of it was still covered in forest, and the atmosphere felt very cool. However, many trees are currently cut down and replaced with residents’ houses and factories. 

(Saat saya pertama kali mengunjungi desa kecil itu, sebagian besar masih tertutup hutan dan suasananya terasa sangat sejuk. Namun, saat ini pohon-pohon banyak ditebang digantikan dengan rumah-rumah warga dan pabrik.)

6. Rekomendasikan Tempat

Jika tempat yang kamu kunjungi terasa menyenangkan, maka kamu bisa merekomendasikan tempat tersebut kepada pembaca. Berikut frasa atau kata yang dapat kamu gunakan untuk merekomendasikan suatu tempat sambil menjelaskannya dalam bahasa Inggris. 

I suggest you come to this beach because this is the best and cleanest beach in this city.

(Saya menyarankan kamu untuk mendatangi pantai ini karena ini adalah pantai terbaik dan terbersih yang ada di kota ini.)

Kosakata Adjective untuk Mendeskripsikan Tempat

describing places

Ingin lebih memperkaya tulisanmu dalam menggambarkan sesuatu? Kamu bisa menggunakan berabagai kosakata adjective. Berikut ini adalah beberapa kosakata adjective yang bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan tempat:

  • Cosmopolitan

Biasanya digunakan untuk mendeskripsikan kota dengan berbagai kebangsaan, bahasa, budaya yang berbeda. 

  • Touristy

Kata sifat yang mendeskripsikan tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dan dipenuhi dengan toko suvenir serta bus wisata. 

  • Quaint 

Bisa diartikan sebagai kuno atau aneh. Biasanya untuk menggambarkan kota-kota yang tua atau bangunan-bangunan bersejarah yang telah lama berdiri. 

  • Bustling

Kata tersebut sama artinya dengan ramai atau penuh aktivitas. Kamu bisa menggunakan kata ini untuk mendeskripsikan kota-kota sibuk seperti di Jakarta atau kota metropolitan lainnya.

  • Contemporary

Artinya kekinian. Sangat mudah menemukan tempat-tempat yang kontemporer dan modern. Kata ini mendeskripsikan tentang tempat yang memiliki desain yang modern atau nuansa individualitas, seperti cafe, kota, atau negara.

  • Accessible

Artinya mudah dijangkau atau ditemukan. Kamu bisa menggunakan kata ini untuk mendeskripsikan tempat-tempat yang mudah dijangkau, misalnya tempat wisata di kotamu. 

  • Deserted

Artinya sepi. Kata sifat yang bisa menggambarkan suasana tempat di mana tidak ada orang di sekitar sama sekali, atau hampir kosong. Kamu bisa menggunakan kata ini untuk mendeskripsikan suasana malam hari yang mencekam.

  • Polluted

Artinya tercemar. Kata sifat ini sangat identik dengan udara atau air kotor yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Kamu juga bisa menggunakan kata ini untuk mendeskripsikan tempat seperti, kota, sungai, laut, dan lain sebagainya. 

Penutup

Dalam mempelajari describing places dalam bahasa Inggris kelas 8 ini, ingatlah untuk memberikan setiap detail dari tempat tersebut. Kamu bebas menuangkan pendapat atau opini tentang tempat itu. Tentu saja dengan menggunakan descriptive adjectives yang sesuai. Oleh karena itu, mulailah memperbanyak kosakata adjectives agar kamu dapat mendeskripsikan tempat dengan detail dan mudah.