Materi Introducing Oneself and Others & Responnya

Saat di sekolah, pernahkah kamu mendapatkan materi pelajaran bahasa Inggris introducing oneself and others? Lalu, pernahkah kamu terapkan langsung dalam kegiatan sehari-hari? Misalnya berkenalan di depan umum atau ketika wawancara pekerjaan?

Ternyata topik tersebut tidak hanya diperkenalkan kepada anak-anak saja, melainkan orang dewasa. Sebab, semua orang perlu belajar tentang cara memperkenalkan diri sendiri maupun orang lain, untuk tujuan tertentu.

Bacaan Lainnya

Materi ini juga bisa membantumu saat harus memperkenalkan diri di depan HRD atau klien perusahaan. Berikut ini penjelasan lengkap tentang materi perkenalan diri.

Apa Itu Materi Introducing Oneself and Others?

Materi introducing others adalah cara memperkenalkan diri sendiri, namun menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai ungkapan (expressions) yang muncul supaya orang lain mengetahui tujuan tersebut. Mereka dapat mengenal kita sebagai orang baru kemudian menjadi lebih dekat seperti teman atau sahabat.

Biasanya self introduction muncul dalam berbagai situasi. Tentu kamu akan menggunakannya ketika bertemu orang-orang baru. Contohnya ketika menjadi murid di sekolah baru. Guru biasanya akan memintamu memperkenalkan diri di depan kelas.

Selain itu ada keperluan lain seperti wawancara pekerjaan, bertemu klien bisnis, atau siapa pun yang belum kita ketahui sebelumnya. Pada intinya kita menyampaikan informasi penting tentang identitas diri sendiri.

Untuk materi introduction dalam bahasa Inggris, tentunya ada cara menyampaikan ekspresi tersebut secara benar. Agar orang baru menerima keberadaan kamu di masyarakat, maka pelajari materi berikut sebaik-baiknya.

Macam-Macam Expressions Perkenalan Diri Sendiri

Macam-Macam Expressions Perkenalan Diri Sendiri

Materi perkenalan diri atau self introduction kita mulai dengan mengetahui bermacam-macam jenis ungkapannya. Ada variasi formal dan kasual supaya kamu dapat menggunakannya sesuai kondisi.

Formal Expressions Informal atau Casual Expressions
Let me introduce myself. My name is…… Hello, my name is….and you can call me….
I would like to introduce myself. My name is….. I am (name)

My name is….

Good morning, My name is….and my full name is… Nice to meet you. I am (short name)
Good morning, my name is….and my nickname is/people usually call me…. Hi, people call me….and you?

Hello friends! I am….

Allow me to introduce myself to you. Good morning all. I am….
I’d like to introduce myself. My name is… Happy to see you all. My name is….
Pleased to meet you. My name is….  

Bentuk pengaplikasian berbagai expressions tersebut bisa ke dalam teks monolog atau dialog. Hal tersebut bergantung pada keperluan kamu ketika menggunakan ungkapan perkenalan diri.

Contoh Monolog Self Introduction

Berikut ini contoh perkenalan diri secara monolog atau satu arah. Bisanya kita pergunakan ketika sedang bicara di muka umum seperti di depan kelas atau pidato.

Hello. Good morning my friends. My name is Lina Tantrisari, but you can call me Lina. I come from Bali. I love to cook traditional food as a hobby. Nice to meet you!

Contoh Introduction in a Dialogue

Sedangkan contoh dialog perkenalan diri sifatnya lebih fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya komunikasi dua arah antara kamu dengan lawan bicara. Tiap ungkapan terlihat lebih ekspresif seperti contoh berikut. 

Annabelle : Good morning. Allow me to introduce myself to you.

Erick : Good morning. Okay. 

Annabelle : My name is Annabelle but you can call me Belle for short. 

Erick : Nice to meet you, Belle. I am Erick. 

Annabelle : How do you do?

Erick : I am great. Thank you for asking. How about you?

Annabelle : I am very happy.

Macam-Macam Expressions Memperkenalkan Orang Lain

Macam-Macam Expressions Memperkenalkan Orang Lain

Sama seperti ketika kamu memperkenalkan diri sendiri, ada bentuk formal dan kasual karena setiap kondisi pasti berbeda-beda. Kalimat perkenalan diri bahasa Inggris yang kamu lakukan untuk orang lain tentu memerlukan kalimat ungkapan tertentu sesuai keperluan. Berikut ini tabel variasi expressions yang dapat kamu pakai!

Formal Expressions Informal atau Casual Expressions
Let me introduce my friend to you. His/her name is…. Hello, this is my friend, (name)
Allow me to introduce my best friend to you. His/her name is…. This is a friend of mine, (name)

This is one of my friends. His/her name is…

May I introduce my friend? His/her name is…. Hi everyone. This is (name) from Jogja.
Please allow me to introduce our new friend. This is …. Have you met (name)? She comes from New York.

Contoh teks perkenalan diri orang lain lebih sering menggunakan dialog daripada bentuk monolog. Sebab, kamu akan bertemu publik secara langsung dan melakukan komunikasi dua arah. 

Akan tetapi, jenis perkenalan diri ini juga bisa dalam bentuk monolog singkat, alias percakapan satu arah. Biasanya hal ini terjadi ketika seorang guru sedang memperkenalkan murid baru di depan kelas. 

Kamu dapat melihat contoh berikut jika ingin memperkenalkan seseorang. Misalnya saja teman baik, saudara, kerabat, anak buah atau karyawan baru di kantor.

Contoh Introducing Others

Good morning guys! Let me introduce you to our new classmate. This is Tissa and she comes from Padang. She will study together with us. Please be nice!

Bagaimana Cara Memberikan Respons dalam Introduction?

Bagaimana Cara Memberikan Respons dalam Introduction?

Pada materi tentang introducing oneself and others terdapat cara memberikan respon ketika seseorang sedang memperkenalkan dirinya. Sebagai lawan bicara yang baik, kita dapat memakai berbagai macam expressions berikut. 

  • Nice to meet you too.
  • Good morning.
  • Pleased to meet you too.
  • Hello, my name is…. (membalas dengan menyebutkan nama)
  • It is good to see you.
  • Hello, I am happy to see you too. Thank you.
  • Very beautiful name. My name is…. (memberi pujian terhadap nama seseorang)
  • Good to see you
  • Nice to know you
  • How do you do? My name is…. (berbalik menanyakan kabar sambil menyebutkan nama)
  • I am fine, thank you. I am very happy to know you.
  • See you later
  • Hi, (nama). How are you today?

Hal yang harus kamu ingat ketika merespon kalimat introduction adalah situasi percakapan. Apakah bentuknya formal atau kasual agar orang tersebut merasa dihormati. Selain itu perhatikan juga topik pembicaraan supaya tercipta conversation yang baik.

Perkenalan diri merupakan cara kita mengawali sebuah perbincangan. Apabila lawan bicara merasa nyaman maka percakapan akan terbentuk lebih panjang. Kita bisa membicarakan aneka topik menarik, bahkan menjadi teman dekat karena merasa cocok.

Jadi ketika melakukan perkenalan bahasa Inggris, cobalah untuk membuat orang lain merasa nyaman dan tidak terancam. Masalahnya banyak orang takut berbicara dengan seseorang asing. Misalnya khawatir mengalami tindak kejahatan seperti penipuan, perampokan, dsb.

Oleh sebab itu, lakukan cara introducing yourself and others secara sopan agar orang lain tidak terganggu. Jangan menggunakan bahasa kasar, bersikap sombong dan memasang ekspresi wajah menyebalkan. Sampaikan juga beberapa informasi penting seperti namamu, asal tempat tinggal dan kepentingan.

Penutup

Materi introducing oneself and others sangat penting sekali, terutama untuk kalian anak SMP, karena ini menjadi salah satu materi bahasa inggris kelas 7, dan kelas 10, jadi dengan materi ini kamu diajarkan tentang cara berkenalan secara benar.