Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Lengkap Dengan Contohnya

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris dapat anda terapkan ketika sedang interview ataupun berbicara di depan kelas. Perkenalan diri juga dapat dilakukan secara formal maupun informal.

Segala jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga tingkat mahasiswa pun kadang memerlukan hal ini. Memperkenalkan diri lebih dari sekedar menyebut nama anda.

Anda perlu memberi tahu lebih banyak informasi tentang diri anda dalam bahasa Inggris. Pengenalan yang baik akan membantu kenalan baru mempelajari detail penting tentang diri anda.

Dalam memperkenalkan diri anda, usahakan untuk percaya diri atau tidak gugup. Hal itu bertujuan agar lawan bicara anda dapat mengenal anda dengan lebih jelas.

Cara Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

Secara umum  dan paling dasar dalam memperkenalkan diri, anda perlu menyebutkan nama, asal atau alamat, usia, pekerjaan atau pendidikan, serta hobi. Anda bisa menambahkan hal lain dengan menyesuaikan situasi dan kondisi pada saat itu.

Memperkenalkan Nama

Tentu hal pertama saat perkenalan diri bahasa Inggris, yang perlu anda lakukan adalah memperkenalkan nama anda sendiri. Dalam memperkenalkan nama, anda bisa menggunakan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

  • I would like to introduce myself. My name is Mutiara (Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Mutiara.)
  • You can call me Tiara. (Kalian bisa memanggilku Tiara)
  • My full name is…/ My full name is… (Nama lengkap saya adalah… / Nama panggilan saya…)

Menyampaikan Asal atau Alamat

Setelah mereka mengetahui nama ada, anda bisa memberitahu mengenai asal atau tempat tinggal anda. Contoh cara memberitahu asal atau alamat saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris:

  • I’m Indonesian. (Saya orang Indonesia)
  • I was born in Sulawesi (Saya lahir di Sulawesi)
  • I live in Yogyakarta (Saya tinggal di Yogyakarta)
  • My address is Kenanga street… (Alamat saya di Jalan Kenanga…)

Menyebutkan Usia

Anda juga perlu memberitahu tentang berapa usia anda saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Contohnya sebagai berikut:

  • I thought I am around your age. (Saya pikir saya seumuran dengan anda)
  • I’m 16 years old. (Saya berumur 16 tahun)
  • I’m in my early forties (Saya di awal 40-an)

Menyebutkan Pekerjaan

Mungkin saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris seringkali anda ditanya tentang pekerjaan. Nah, anda bisa menggunakan salah satu contoh di bawah ini untuk menjawabnya.

  • I just started as an operations manager at a big company. (Saya baru bekerja sebagai manajer operasional di perusahaan besar)
  • I’m unemployed. (Saya menganggur)
  • I am looking for a job, Vina. (Saya sedang mencari pekerjaan, Vina)

Perkenalan Latar Belakang Pendidikan

Saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris kepada teman baru atau ketika interview kerja, anda bisa memberitahu mengenai pendidikan anda. Contohnya sebagai berikut:

  • I’m student at Tunas Bangsa Junior High School. (Saya pelajar di SMP Tunas Bangsa)
  • I study at Tunas Bangsa Junior High School. (Saya bersekolah di SMP Tunas Bangsa)
  • I graduated from Gadjah Mada University, majoring in accounting. (Saya lulusan dari Universitas Gadjah Mada, jurusan akuntansi)

Mengenalkan Hobi

Hobi juga bisa menjadi salah satu informasi yang disampaikan saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Contoh penyampaiannya sebagai berikut:

  • I sometimes go to the lake, I like it because it is very calm. (Saya terkadang pergi ke danau, saya suka karena suasananya sangat tenang)
  • My hobby is reading detective comics. (Hobiku adalah membaca komik detektif)
  • I like to play ball with my friends. (Saya suka bermain bola dengan teman sekampung)

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Agar anda bisa mengetahui bagaimana cara memperkenalkan diri di saat-saat tertentu, telah disajikan beberapa contoh di bawah ini. Langsung saja simak beberapa contohnya.

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Mahasiswa

Penting sekali untuk memberitahu informasi mengenai segala sesuatu tentang kehidupan anda. Jadi, tak hanya nama saja. Anda bisa memberitahu mengenai nama, umur, sekolah asal, alasan memilih prodi tersebut, rencana kedepannya, dan lain sebagainya. Hal itu akan memberi kesan positif dan teman anda akan mengenal anda lebih dekat.

Contohnya:

Hello everyone. First of all, thank you for giving me permission to introduce myself. My name is Andika Rajawali Kusuma and you can call me Dika. I’m 19 years old and I come from Sumatra.

I have finished my school in Tunas Bangsa high school. To be honest, I am very excited to start college and get a broader new knowledge. I chose computer science major because I like things related to computers.

After graduating from this Bachelor’s degree, I will continue to a higher level. My hobbies are playing games and reading books.

I am very happy to meet and get acquainted with you. Hopefully we can become good friends and help each other.

Terjemahan Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Mahasiswa

Halo semuanya. Pertama-tama, terima kasih telah memberi saya izin untuk memperkenalkan diri. Nama saya Andika Rajawali Kusuma dan Anda bisa memanggil saya Dika. Saya berumur 19 tahun dan saya berasal dari Sumatra.

Saya telah menyelesaikan sekolah saya di SMA Tunas Bangsa. Sejujurnya, saya sangat bersemangat untuk memulai kuliah dan mendapat ilmu baru yang lebih luas. Saya memilih jurusan ilmu komputer karena saya menyukai hal yang berhubungan dengan komputer.

Setelah lulusan Sarjana ini, saya akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Hobi saya bermain game dan membaca buku.

Saya sangat senang sekali bisa bertemu dan berkenalan dengan kalian. Semoga kita bisa menjadi teman yang baik dan saling membantu satu sama lain.

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Saat Interview Kerja

Ketika anda ingin menghadiri interview kerja di luar negeri atau perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris, hal ini akan sangat penting sekali. Anda bisa menyebutkan kepribadian anda, pendidikan, tujuan, dan lainnya.

Contohnya:

Good morning Ma’am/Sir.

It’s my pleasure to introduce my self. Well, I’m Atika Anindya. I was born and raised in Jakarta.

I am a fresh graduate from University of Indonesia majoring in management. And, I am a hardworking person, can work in a team, and always try to get things done.

My short term goal is that I can develop myself to be better for this company. So that I can be a reliable employee.

My long-term goal is to be the one who contributes to the success of the company. Apart from that, I want to make your company a benchmark for other companies. My motto is always to try to give the best for the company.

It’s all about me Ma’am/Sir. Thank you so much for giving me this unforgettable opportunity.

Terjemahan Perkenalan Diri Interview Kerja

Selamat pagi Bu / Pak.

Dengan senang hati saya memperkenalkan diri saya. Nah, saya Atika Anindya. Saya lahir dan besar di Jakarta.

Saya lulusan baru dari Universitas Indonesia jurusan manajemen. Dan, saya adalah orang yang pekerja keras, dapat bekerja dalam tim, dan selalu berusaha menyelesaikan tugas dengan tuntas.

Tujuan jangka pendek saya adalah saya dapat mengembangkan diri saya menjadi lebih baik untuk perusahaan ini. Sehingga saya dapat menjadi karyawan yang dapat diandalkan.

Tujuan jangka panjang saya adalah ingin menjadi salah satu orang yang berkontribusi atas keberhasilan perusahaan. Selain itu, saya ingin membuat perusahaan anda menjadi tolak ukur bagi perusahaan lain. Motto saya adalah selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Itu semua tentang saya Bu/Pak. Terima kasih banyak telah memberi saya kesempatan yang tak terlupakan ini.

Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Lengkap Beserta Contohnya
massapequaobserver.com

Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris Secara Formal

Ketika anda sedang berada di sebuah seminar, forum, atau bertemu klien, mungkin anda perlu memperkenalkan diri. Tentu pada situasi itu, anda tidak boleh bicara layaknya kepada teman lama. Usahakan untuk memperkenalkan diri secara formal, seperti contoh di bawah ini.

Good morning, Mr. Handoko. It’s a pleasure to meet you too. Let me introduce myself. My name is Haidar Purnama. I work in the marketing department as a finance manager.

Our team is having a meeting this Friday, and I hope we can work together well. Please confirm with me, if you need help or want to ask anything. I look forward to our partnership.

Terjemahan Perkenalan Diri Secara Formal

Selamat pagi, Pak Handoko. Senang bertemu dengan anda juga. Biarkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Haidar Purnama. Saya bekerja di departemen pemasaran sebagai manajer keuangan.

Tim kami akan mengadakan pertemuan hari Jumat ini, dan saya berharap kami dapat bekerja sama dengan baik. Silakan konfirmasi dengan saya, jika anda butuh bantuan atau ingin bertanya apa pun. Saya menantikan kemitraan kita.

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Depan Kelas dengan Benar

Kali ini anda bisa menggunakan bahasa yang informal. Anda bisa menceritakan tentang keluarga anda atau hal-hal lain yang anda inginkan. Contohnya:

Good afternoon all.

I am happy to introduce myself. My name is Kartika. My goal is to become a scientist. I like reading novels and photography.

Apart from that, I also enjoy learning about the solar system and scientific technology. Because I believe in doing my hobby, I broaden my horizons.

My family consists of five people. I am the youngest child. My two brothers have worked. My family always supports me regardless of my current condition. It makes me more excited to reach my goals, to make them proud.

My greatest strengths are my personality and abilities. I am sociable and like to help someone in need.

Any condition or problem that I experience, I am always optimistic that I can solve it.

My family has always taught me to be responsible and independent. I believe I can use to develop my abilities.

Maybe that’s just the thing about me. Thank you for giving me the opportunity and willing to listen to it.

Terjemahan Perkenalan Diri di Depan Kelas

Selamat siang, semuanya.

Dengan senang hati saya memperkenalkan diri. Nama saya Kartika. Cita-cita saya adalah menjadi seorang ilmuwan. Saya suka membaca novel dan fotografi.

Selain itu, saya juga suka belajar mengenai tata surya dan teknologi ilmiah. Karena saya percaya dengan melakukan hobi saya ini, saya memperluas wawasan.

Anggota keluarga saya terdiri dari lima orang. Saya adalah anak bungsu. Kedua kakak saya telah bekerja. Keluarga saya selalu mendukung saya apapun kondisi saya saat ini. Itu membuat saya lebih bersemangat untuk menggapai cita-cita, demi membanggakan mereka.

Kekuatan terbesar saya adalah kepribadian dan kemampuan yang saya miliki. Saya dapat dengan mudah bergaul dan suka membantu seseorang yang membutuhkan.

Segala kondisi atau masalah yang saya alami, saya selalu optimis bahwa bisa menyelesaikannya.

Keluarga saya selalu mengajarkan untuk menjadi orang yang bertanggung jawab dan mandiri. Saya yakin saya bisa menggunakan mengembangkan kemampuan saya.

Mungkin itu saja hal tentang saya. Terima kasih sudah memberi saya kesempatan serta berkenan mendengarkan.

Contoh Perkenalan Diri Untuk Anak SD dengan Sederhana

Karena untuk anak SD, mungkin anda bisa menggunakan bahasa yang sangat sederhana. Mulai dari nama lengkap, nama panggilan, usia, alamat, dan hobi. Contohnya:

Contoh 1:

Good mornings friends.

My name is Vian. I’m from Bandung, West Java. I was born in Bandung, December 4, 2012. Although I don’t have any brothers. But I have parents who really love me.

My hobbies are eating ice cream and watching cartoons. I also like to bike and jump rope. My dream is very high, I want to become a soldier. I hope we can be good friends. Thank you very much.

Contoh 2:

Hello friends.

My full name is Fitri Azzahra. You can call me Zahra or Fitri. I am 8 years old. I live with my father, mother, and sister. My sister is already in junior high school.

My dream is to become a doctor. I want to be able to heal everyone who is sick. My hobby is playing with dolls and I like to eat chocolate. Thank you so much friends.

Terjemahan Perkenalan Diri Untuk Anak SD

Contoh 1:

Selamat pagi teman-teman.

Nama saya Vian. Saya dari Bandung, Jawa Barat. Saya lahir di Bandung, 4 Desember 2012. Meskipun saya tidak memiliki saudara satupun. Tapi saya memiliki orang tua yang sangat cinta kepada saya.

Hobi saya makan es krim dan menonton kartun. Saya juga suka bermain sepeda dan bermain lompat tali. Mimpiku sangat tinggi, aku ingin menjadi tentara. Saya harap kita bisa berteman baik. Terima kasih banyak.

Contoh 2:

Halo teman-teman.

Nama lengkapku Fitri Azzahra. Kalian bisa memanggilku Zahra atau Fitri. Usiaku 8 tahun. Aku tinggal bersama ayah, ibu, dan kakak perempuanku. Kakak perempuanku sudah duduk dibangku SMP.

Impianku adalah menjadi seorang dokter. Aku ingin bisa menyembuhkan semua orang yang sakit. Hobiku bermain boneka dan aku suka makan coklat. Terima kasih banyak teman-teman.

Itulah beberapa informasi dan perkenalan diri dalam bahasa Inggris pada situasi dan waktu yang berbeda yang bisa Anda gunakan saat belajar speaking, belajar bahasa inggris di rumah , di kelas, saat Interview Kerja Menggunakan Bahasa Inggris atau di situasi lainnya. Informasi perkenalan diri yang disampaikan serta bahasa yang digunakan haruslah tepat supaya bisa dimengerti oleh teman-teman atau orang lain yang berinteraksi dengan Anda. Baca materi lainnya cara membuat Biodata Diri Dalam Bahasa Inggris, Arti Jenis dan Fungsi Simbol Fonetik.

4 pemikiran pada “Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Lengkap Dengan Contohnya”

  1. Saya ingin memperkenalkan diri saya dengan menggunakan nama saya

    Balas
  2. alhamdulillah, terbantu,,, terimakasih Visitpare.com

    Balas

Tinggalkan komentar