Public Speaking Bahasa Inggris Mudah dengan 9 Tips untuk Pemula Ini!

Public Speaking Bahasa Inggris adalah salah satu skill yang sangat dibutuhkan di masa kini. Secara sederhana, public speaking dapat diartikan sebagai salah satu bentuk komunikasi lisan di depan khalayak umum. Pada prosesnya, public speaking digunakan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak umum mengenai suatu hal. Oleh karena itu, public speaking tips pun semakin banyak dipelajari. 

Public speaking bukan hanya dibutuhkan ketika berpidato di depan umum saja, tetapi juga dibutuhkan di berbagai bidang lainnya seperti membawakan acara (MC), membawakan berita, bahkan termasuk juga dalam membawakan suatu acara atau konten di kanal sosial media seperti YouTube, IGTV, dan masih banyak lagi. 

Di era teknologi seperti saat ini, di mana dunia tidak lagi dibatas jarak dan waktu, kemampuan public speaking Bahasa Inggris sangatlah dibutuhkan agar orang-orang di seluruh dunia bisa mendapatkan informasi yang Anda berikan. 

Public Speaking dalam Bahasa Inggris bukanlah hal yang sulit untuk dikuasai jika Anda memegang beberapa point-point penting dari informasi yang akan Anda sampaikan. Berikut ini adalah tips public speaking Bahasa Inggris yang bisa Anda coba khususnya bagi Anda yang masih pemula. 

Public Speaking Tips Bahasa Inggris Agar Lancar

Public Speaking Bahasa Inggris Mudah dengan 9 Tips untuk Pemula Ini!

Agar bisa lancar melakukan public speaking Bahasa Inggris, baik dalam pidato, membawakan acara, membawakan berita, atau menjadi host suatu kanal sosial media, Anda bisa ikuti tips public speaking di bawah ini. Ada 9 tips yang bisa Anda coba terapkan kepada diri Anda sebelum melakukan public speaking. 

1. Tulis Naskah Bahasa Indonesia Dahulu dengan Baik

Bagi Anda yang masih pemula dalam public speaking Bahasa Inggris, ada baiknya Anda menulis terlebih dahulu naskah yang akan Anda bawakan.  Kalau Anda langsung menulisnya dalam Bahasa Inggris, Anda bisa kebingungan atau stuck di tengah-tengah penulisan naskah dan kesulitan melanjutkan naskah Anda. 

Terkadang, orang-orang yang sudah berpengalaman dalam public speaking juga bisa mengalami stuck di tengah-tengah penulisan naskah yang akan ia bawakan dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, akan lebih mudah jika Anda menulisnya terlebih dahulu dalam Bahasa Indonesia. 

2. Riset Siapa Penontonnya

Tips Public Speaking selanjutnya adalah riset siapa orang-orang yang akan menonton Anda ketika Anda melakukannya. Melakukan riset penonton ini sangat penting untuk memastikan gaya bahasa, cara penyampaian, apa saja yang akan disampaikan, termasuk gaya berpakaian Anda akan sangat dipengaruhi oleh siapa yang menonton. 

Tentunya, Anda tidak mungkin berbicara informal ketika penonton atau audiens Anda adalah seseorang dari pemerintahan atau sangat tidak mungkin Anda berpakaian dan berbicara formal di depan siswa yang lebih mudah dari Anda. Untuk itu, sangat penting untuk melakukan riset siapa penonton Anda nantinya sebelum melakukan public speaking. 

3. Naskah harus Memiliki Struktur yang Jelas

Terlepas dari siapapun audiens Anda, menulis naskah public speaking haruslah teliti sehingga tidak bertele-tele apalagi jika informasinya terpecah-pecah atau tidak runut. Informasi yang bertele-tele hanya akan dianggap sebagai omong kosong saja olej para audiens.

Buatlah naskah public speaking Bahasa Inggris dengan struktur yang jelas dan runut. Jika Anda kebingungan untuk membuat struktur naskah yang jelas, cobalah untuk membuatnya seperti piramida terbalik. 

Mulailah naskah dengan informasi umum dan penting, yang kemudian mengerucut pada satu kesimpulan serta informasi tambahan yang tidak terlalu penting namun masih berkaitan dengan informasi sebelumnya. 

4. Latihan Berulang-ulang

Jika Anda pernah mendengar istilah “practice makes perfect” atau istilah Bahasa Indonesianya adalah “Alah bisa karena biasa,” begitu juga dengan public speaking. Kemampuan public speaking yang luar biasa terjadi karena terus diasah dan dilatih diikuti dengan pengalaman. 

Tidak ada public speaker yang mampu berbicara di depan umum tanpa adanya latihan atau pengalaman. Oleh karena itu latihan berulang-ulang adalah tips public speaking Bahasa Inggris yang tidak bisa Anda abaikan. Mulailah berlatih public speaking dari sekarang jika Anda ingin menjadi seorang public speaker handal. 

Jika Anda mengenal seseorang yang merupakan pembicara publik yang hebat, undang mereka ke presentasi latihan Anda dan mintalah tip, saran, dan feedback dari mereka. Latihan di depan cermin juga akan sangat membantu Anda dalam berlatih public speaking serta membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda. 

5. Gunakan Bahasa yang Tepat

Tips public speaking Bahasa Inggris selanjutnya adalah gunakan bahasa yang tepat. Bahasa yang tepat ini bukan hanya tepat secara gramatikal maupun pemilihan kata tetapi juga tepat berdasarkan situasi dan kondisi. 

Anda tidak bisa menggunakan bahasa yang santai dan casual dalam acara pemerintahan yang akan menyambut menteri. Begitu juga Anda tidak bisa berbicara formal ketika hadir menjadi pembicara di salah satu seminar kemahasiswaan. Baca Juga : Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Contohnya.

6. Tersenyum dan Berinteraksi dengan Penonton

Komunikasi dua arah dalam public speaking adalah salah satu kunci penting dalam membangun suasana saat Anda berbicara di depan umum. Cobalah untuk mengajak penonton masuk ke dalam topik yang Anda bawakan. 

Misalnya, Anda bisa membuka naskah Anda dengan menanyakan suatu hal yang berkaitan dengan topik yang Anda bawakan atau bisa juga hanya sekedar menanyakan kabar penonton serta mengucapkan semoga penonton sedang dalam keadaan yang baik. Sesuaikan interaksi Anda dengan audiens dari acara yang sedang Anda bawakan. 

Perhatikanlah saat yang tepat untuk memulai pidato atau penyampaian Anda di depan publik. Anda akan mengetahuinya dan audiens Anda akan mulai benar-benar mendengarkan. 

Saat itulah saatnya untuk membuat kesan pertama Anda yang kritis, dengan membagikan cerita dengan cermat atau menanyakan satu atau dua pertanyaan yang menggugah pikiran para audiens. Pertanyaan yang Anda tahu audiens Anda tidak sabar untuk mendengar jawabannya. Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu banyak bergumam ketika sedang berbicara di depan umum.  

Jika situasi tidak memungkinkan untuk membuat komunikasi dua arah, Anda bisa melakukan kontak mata dengan anggota audiens Anda. Mempertahankan kontak mata dengan audiens Anda selama pembicaraan Anda akan memungkinkan mereka untuk lebih memahami, dan mengingat tentang apa yang Anda katakan kepada mereka.

Ingatlah untuk tersenyum selama Anda berbicara di depan umum. Seulas senyum dapat membuat suasana menjadi lebih hangat. Penonton pun akan merasa lebih nyaman ketika Anda tersenyum karena mereka akan merasa mendapat sambutan dengan baik. Selain itu, tersenyum juga membantu Anda mengurangi rasa grogi dan membuat suara Anda menjadi tidak kaku.  

7. Perhatikan Intonasi saat Berbicara

Perhatikan intonasi atau tinggi rendahnya suara Anda ketika berbicara di depan umum. Tinggi rendahnya suara tergantung pada situasi yang sedang Anda bawakan. Sebagai contoh, ketika Anda menjadi MC di suatu acara dan sedang menyambut bintang tamu utama dalam acara tersebut, Anda bisa menaikkan suara Anda agar acara tersebut menjadi lebih meriah. 

Ketika Anda melakukan pidato terkait bencana alam, tentunya Anda harus menurunkan suara Anda untuk menunjukan belasungkawa atas kejadian bencana tersebut. Begitu juga ketika Anda berpidato di suatu acara pernikahan, Anda harus membuat suara terdengar lembut agar terdengar lebih romantis. 

8. Perhatikan Pelafalan Tiap Kata

Tips public speaking bahasa Inggris selanjutnya adalah memperhatikan pelafalan kata. Terlepas dari bahasa yang Anda gunakan, sangat penting untuk memperhatikan setiap pelafalan kata. 

Sebaiknya, Anda melakukan riset terkait cara melafalkan suatu kata jika Anda tidak tahu bagaimana pelafalannya. Jangan sampai ada kesalahan pelafalan kata karena audiens bisa berbisik-bisik untuk memperbaiki pelafalan kata nada. 

Bahkan bisa jadi ada beberapa audiens menertawakan Anda ketika ada pelafalan kata yang salah diucapkan. Oleh karena itu, pastikan Anda tahu semua pelafalan kata yang ada di naskah Anda. 

Kesalahan pelafalan juga bisa terjadi karena Anda tidak memberi jeda sebelum Anda mulai berbicara. Jika Anda langsung mulai berbicara setelah naik ke atas panggung, kemungkinan Anda akan berbicara terlalu cepat atau tersandung beberapa kata. 

Ada baiknya untuk mengambil napas dalam-dalam di awal dan luangkan waktu sejenak untuk menjadi nyaman di lingkungan Anda. Jangan khawatir tentang berhenti terlalu lama sebelum mengatakan apapun, audiens Anda pasti akan menunggu.

9.  Memberikan Penutup yang Baik

Buat kesan yang baik bagi para audiens Anda dengan membuat penutup yang baik setiap kali Anda berbicara di depan umum. Penutup yang baik dimulai dengan kesimpulan atau ringkasan suatu acara maupun kesimpulan informasi yang Anda sampaikan untuk penonton. 

Penutup yang baik juga harus ditutup dengan salam selayaknya salam ketika Anda membuka acara. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada audiens Anda. Sampaikan juga kata sampai jumpa kepada para audiens Anda. Penutup yang baik tentunya akan meninggalkan kesan yang baik di mata para audiens. 

Itulah 9 tips public speaking bahasa Inggris yang bisa Anda coba agar lancar melakukan public speaking dalam Bahasa Inggris. Supaya lebih lancar lagi, Anda bisa melihat beberapa ide contoh public speaking. Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, skill public speaking adalah skill yang bisa Anda peroleh dengan latihan berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama. Pengalaman dalam melakukan public speaking juga sangat perlu untuk meningkatkan kemampuan Anda.  

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar