4 Contoh Ide Materi Public Speaking yang Menarik untuk Pemula

Ada banyak jenis public speaking yang penduduk negara Indonesia ketahui, apapun bahasanya. Ada pula macam-macam contoh public speaking yang bisa digunakan oleh para pembicara dalam pidato, baik itu public speaking yang singkat, lucu, atau mengunggah semangat. 

Selama tujuan dan pesan dari pidato tersebut tersampaikan, materi yang dapat Anda baca bisa beraneka ragam. Untuk tahu macam-macam contoh materi public speaking untuk pemula, bacalah artikel ini dengan seksama.

Apa Itu Public Speaking?

Sebelum Anda belajar tentang contoh public speaking, Anda harus mengerti dulu apa public speaking itu.

Public speaking, dalam Bahasa Indonesia yaitu pidato, adalah sebuah kegiatan atau acara berbicara secara langsung kepada sejumlah orang yang hadir dalam acara tersebut. Apa materi yang Anda bicarakan dalam public speaking? Materinya apa saja, mulai dari hal-hal keilmuan, politik, agama, hingga motivasi dan inspirasi hidup. Yang penting adalah apa yang Anda ucapkan di hadapan audiens Anda menarik dan berkesan. 

Jika Anda terbata-bata saat berpidato atau materi yang Anda sampaikan terasa membosankan, para pendengar akan merasa sulit untuk memperhatikan Anda. Itulah sebabnya mengapa Anda wajib tahu ide-ide dalam membawakan public speaking.

Contoh Public Speaking yang Menarik

Dalam berpidato, Anda sebagai pembicara belum tentu dapat langsung berbicara tanpa menyimpan ide-ide di benak Anda. Mungkin Anda ingin menyampaikan sebuah pengalaman pribadi sebagai nasehat kepada para pendengar. 

Boleh juga Anda memberikan petuah-petuah yang Anda harapkan berguna bagi audiens. Berikut ini ialah contoh public speaking yang bisa Anda pakai demi memancing perhatian audiens.

1. Pengalaman Pertama Kali Dalam Melakukan Sesuatu

Banyak pengalaman di masa kecil / masa muda yang bisa Anda gunakan sebagai bahan public speaking. Apapun pengalaman tersebut, entah itu pertama kali berenang atau pertama kali memasak, jika Anda menyampaikannya dengan benar, maka itu akan menjadi bahan public speaking yang bagus.

Perhatikan contoh naskah berikut:

When I was 10 years old, I did not know how to paint. Then my parents bought a set of painting tools for me and taught me how to paint animals on a canvas. It was messy, but I loved it, so I continued painting until I grew up.”

2. Kegagalan yang Pernah Dialami

Contoh public speaking berikutnya ialah menceritakan kegagalan yang pernah Anda alami. Kegagalan itu dapat berupa gagal naik kelas, usaha yang sempat bangkrut, atau cinta yang tak berbalas. 

Pidato yang seperti ini sifatnya cenderung kepada menasehati para pendengar agar mereka terhindar dari kegagalan hidup yang menimpa Anda.

Misalnya Anda pernah tidak naik kelas ketika masih di SMP. Dari situ, coba Anda ceritakan kepada para pendengar awal mula kejadiannya, hukuman apa yang Anda terima gara-gara tidak naik kelas, dan apa yang Anda lakukan supaya kejadian itu tak terulang lagi. 

Dari materi public speaking ini nantinya audiens Anda akan mengambil pelajaran yang berguna bagi putra-putri mereka.

3. Cara Menyelesaikan Masalah yang Dialami

Terkadang ada seorang pembicara yang menggunakan public speaking sebagai sarana memotivasi audiensnya demi membantu mereka menghadapi persoalan hidup. 

Apabila materi public speaking Anda berkaitan dengan cara penyelesaian masalah, cobalah untuk membuat semacam daftar dari satu hingga sepuluh misalnya. Atau Anda bisa mengutip kata-kata bijak dari ilmuwan, atlet, dan novelis sebagai inspirasi dalam pemecahan masalah.

4. Hal Menarik yang Sedang Anda Pelajari

Materi pidato seperti ini bisa menjadi contoh materi public speaking singkat, karena Anda tidak sedang mengajari audiens Anda sesuatu, melainkan memberi ide kepada audiens lewat ilmu yang sedang Anda pelajari. Perhatikan contoh naskah pidato ini:

I would like to practice my writing skill via writing prompts. Did you know that using writing prompts is a good way to stimulate creativity? A writing prompt could be as short as ‘quiet as a stone’ or as long as ‘a promise that flies over her head’. From that prompt, I am able to write whatever story I want!

Pada contoh public speaking tersebut, si pembicara sedang bercerita tentang teknik writing prompt dalam menulis cerita. Dia bukan sedang mengajarkan kepada audiens cara menulis menggunakan writing prompt, tetapi menginspirasi audiens untuk mencoba menggunakan teknik itu ketika mereka hendak menulis.

4 Contoh Ide Materi Public Speaking yang Menarik untuk Pemula

Cara Mendapatkan Sumber Materi Public Speaking yang Menarik

Kebanyakan orang berpikiran jika public speaking itu sifatnya spontan, padahal bukan begitu. Seorang pembicara belum tentu bisa berpidato tanpa memiliki sumber materi. Anda harus mengetahui dulu apa sumber materi pidato yang bisa Anda pakai sebagai contoh public speaking.

1. Mengingat Pengalaman Hidup Anda

Semua orang tentunya mempunyai pengalaman hidup yang berbeda-beda, termasuk Anda. 

Coba ingat-ingat kembali; apa kejadian di masa lalu Anda yang membekas di benak pikiran Anda hingga sekarang? Apakah Anda pernah melihat kebakaran rumah, berwisata ke luar negeri, terkena penyakit berbahaya, atau merayakan hari anniversary dengan kekasih? 

Dari pengalaman hidup yang berkesan dan unik tersebut, Anda mampu mengolahnya menjadi bahan untuk public speaking.

2. Buku yang Pernah Anda Baca

Coba pikirkan, buku seperti apa yang Anda pernah baca yang isinya cocok sebagai bahan pidato? 

Buku tersebut topiknya bisa bermacam-macam, tidak hanya pelajaran sekolah saja, melainkan buku-buku tentang mobil, filosofi, bisnis, TIK, dinosaurus, atau luar angkasa. Semakin menarik isi buku tersebut, semakin bagus pula public speaking Anda nantinya.

3. Film yang Pernah Anda Tonton

Sinopsis sebuah film juga dapat berfungsi sebagai materi public speaking, terutama bagi mereka yang gemar menonton film. 

Anda tak usah menceritakan isi film tersebut sampai ke detail-detail kecilnya; cukuplah dengan menyebutkan plot utamanya saja. Mau itu film fantasi, drama, horor, atau komedi, selama Anda mengerti bagaimana alur ceritanya, sinopsis film tersebut bisa menjadi bahan pidato.

Kesimpulan

Sebagai informasi tambahan untuk Anda, artikel ini akan merangkum apa-apa yang sudah Anda pelajari sebelumnya.Public speaking adalah kegiatan berbicara di hadapan orang banyak dengan tujuan menyampaikan informasi atau ilmu yang sesuai dengan topik yang Anda bicarakan.

Contoh public speaking bisa berupa pengalaman pertama kali di masa kecil Anda, kegagalan hidup di masa lalu, solusi untuk sebuah permasalahan, atau bisa juga menggunakan ilmu-ilmu menarik yang Anda pelajari.

Sumber materi untuk public speaking bisa Anda dapatkan dari pengalaman hidup yang masih Anda ingat hingga sekarang, atau dari buku-buku yang pernah Anda baca, atau bahkan sinopsis film selama Anda hanya menceritakan alur utamanya saja.

Siap Menerapkan Contoh Public Speaking Diatas?

Itulah contoh public speaking yang berkesan dan sederhana, cocok untuk para pemula yang bisa Anda coba. Yuk, coba public speaking sekarang, jangan lupa juga untuk menerapkan public speaking tips yang tepat agar berhasil!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar