Interview Kerja Bahasa Inggris : Contoh Pertanyaan dan Jawabannya

Mendapatkan panggilan tes tahap wawancara kerja merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita. Apalagi intervew kerja itu nantinya menggunakan bahasa inggris. Di artikel ini akan kami sajikan beberapa Contoh Interview Kerja Bahasa Inggris Beserta Jawaban yang akan membantu Anda.

Interview menggunakan bahasa Inggris akan sedikit lebih rumit bagi orang yang masih awam. Bukan hanya pada penguasaan kosakata atau kalimat seputar materi wawancara dan beberapa tenses bahasa Inggris saja, namun ada hal-hal lain yang harus disiapkan sebelum mengikuti wawancara kerja.

Terkadang interview kerja bahasa Inggris terlihat sangat rumit. Padahal dalam pelaksanaannya cukup sederhana. Mau tidak mau seorang pelamar kerja harus melakukan tahapan ini. Sebab apabila calon karyawan sudah mendapatkan panggilan wawancara, artinya sudah dekat dengan proses tahap akhir perekrutan.

Anda tidak perlu khawatir, haruslah yakin bisa melewati tahap ini. Itu semuanya akan bisa kita lewati apabila mau belajar dengan sungguh-sungguh dan meluangkan waktu khusus untuk mempelajarinya.

Pengertian Interview Kerja

Mungkin kalian sudah pernah mendengar seseorang melakukan interview atau wawancara di berbagai media. Salah satunya ketika melamar pekerjaan pasti ada tahapan wawancara. Nah, wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih. Dengan kata lain merupakan interaksi antara narasumber dan pewawancara.

Pewawancara atau interviewer merupakan sebutan bagi mereka yang sedang mencari informasi atau yang mengajukan pertanyaan. Sedangkan narasumber merupakan sebutan orang yang memberikan informasi kepada interviewer. Keduanya akan saling berkomunikasi sesuai dengan kebutuhan. Komunikasi ini tentunya membicarakan hal seputar lingkup kerja sesuai yang tertera di lowongan tersebut dan menggali potensi atau kemampuan orang yang diwawancarai.

Interviewer akan memberikan pertanyaan seberapa dalam memahami tugas dan kewajiban seputar pekerjaan yang dilamar, dan narasumber wajib menjawabnya. Untuk itu sebagai seorang narasumber, haruslah menguasai bahasa Inggris secara baik dan benar. Sebab cara berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris nantinya akan dinilai oleh pihak pewawancara, apakah narasumber bisa memahami pertanyaan dan bisa menjawabnya dengan baik.

Orang yang bisa dijadikan sebagai narasumber biasanya orang yang sudah ahli dalam suatu bidang tertentu. Namun dalam konteks pekerjaan, narasumber adalah mereka yang melamar suatu pekerjaan. Disini narasumber sudah harus menyiapkan diri untuk memberikan jawaban yang tepat kepada pewawancara. Hal ini untuk menghindari penolakan hanya karena skill komunikasi yang di bawah standar. Baca: Tips Sukses Wawancara Kerja Bahasa Inggris.

Fungsi Interview Kerja

Seseorang yang mempunyai kemampuan berbahasa inggris cukup baik akan menjadi nilai plus tersendiri untuk dirinya. Apalagi mampu menguasai penggunaan bahasa Inggris ini secara baik dan benar. Hal ini berguna untuk menunjang segala aktivitas perusahaan atau instansi dengan skala global yang memiliki basis lintas negara atau benua.

Interview dengan bahasa inggris menjadi salah satu tahapan yang paling penting. Selain untuk mengetahui kepribadian dan skill speaking pelamar, juga berfungsi sebagai cara untuk pengambilan keputusan dari pihak HRD (Human Resource Developtment) apakah pelamar tersebut cocok dan sesuai dengan karakteristik pekerjaan yang akan diembannya nanti. Dengan langsung bertatap muka dengan calon karyawan, pihak user (calon atasan) akan mengetahui dengan jelas mengenai profil calon karyawan.

Baca Juga :  Past Future: Pengertian, Rumus Hingga Contoh Kalimat Pemakaian

Tidak semua calon kandidat yang mempunyai nilai akademik bagus bahkan mendekati sempurna di dalam transkrip nilainya akan mudah lolos begitu saja. Nilai bagus bukan menjadi jaminan utama, karena di dalam interview kerja ini akan ada penyatuan feeling dan chemistri antara user dan calon karyawan. Nilai IPK/Raport/Ijasah Anda bagus bukan berarti akan langsung diterima, begitu juga sebaliknya, nilai IPK/Raport/Ijasah Anda dibawah rata-rata juga tidak dianggap sebagai orang yang tidak bisa bekerja. Kadang ada kalanya antara yang tertera di biodata diri tidak sesuai dengan kenyataan aslinya. Di sinilah peran penting wawancara, HRD/user akan membaca diri Anda secara utuh.

Untuk itu, sekali lagi, persiapkanlah dengan baik diri Anda sendiri sebelum melewati tahap ini.

 

Interview Kerja Bahasa Inggris Lengkap dengan Contoh Jawaban
pic: fluentu.com

 

Contoh Pertanyaan Dasar dan Jawaban Interview Kerja Bahasa Inggris

Ketika sedang melakukan interview kerja pasti ada beberapa pertanyaan yang diajukan. Tidak hanya satu jenis pertanyaan saja. Karena tujuan utamanya adalah untuk mengetahui skill komunikasi, kepribadian Anda dan keterampilan kerja, jadi akan diberondong berbagai pertanyaan.

Berikut ada beberapa pertanyaan dasar yang sering muncul saat interview berlangsung:

Tell About Yourself

Saat bertemu orang yang belum dikenal pasti akan melakukan tindakan memperkenalkan diri atau menyapa. Ketika sedang interview untuk melakukan komunikasi pastinya semua harus menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Selanjutnya pelamar kerja biasanya akan menerima pertanyaan atau perintah untuk menceritakan sedikit tentang diri mereka.

Dalam hal ini pelamar tidak perlu menceritakan hal pribadi seperti hobi, alamat rumah, atau tempat tinggal. Ada yang lebih penting yaitu mengenai pekerjaan atau karir yang pernah dimiliki pada tempat kerja sebelumnya.

Saat interview kerja bahasa Inggris ini berlangsung, tak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai semua pengalaman kerja. Cukup menjelaskan secara sederhana dan mudah dipahami oleh pewawancara.

Contoh:

” My name is Rensi. I’ve been working as a written at article company for 1,5 years. My responsibilities include work with the editor for online article written on website.I’ve always been interested in writing, especially in the editing section”

” Namaku Rensi. Saya telah bekerja di perusahaan artikel selama 1,5 tahun. Tanggung jawab saya dalam pekerjaan ini adalah editor untuk artikel online yang ditulis di situs web. Saya selalu tertarik untuk menulis, terutama di bagian pengeditan.”

What do you know about our company?

Selanjutnya pewawancara akan menanyakan apa yang telah diketahui tentang perusahaan. Hal ini bertujuan untuk melihat kesiapan dan niat pelamar untuk mencari tahu tentang suatu perusahaan. Hal utama yang harus dipelajari adalah profil dari perusahaan.

Contoh:

” This company always provides good service for its customers. Equipped with adequate and state-of-the-art facilities. One of them is the absence of a 5G computer.”

“Perusahaan ini selalu memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggannya. Dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan canggih. Salah satunya adalah adanya komputer 5G.”

Why do you want to work in our company?

Pertanyaan berikutnya saat interview kerja bahasa Inggris adalah apa yang menjadi motivasi seseorang mengambil pekerjaan ini. Pewawancara akan mengetahui ketertarikan pelamar terhadap perusahaan. Dalam hal ini perlu teliti dalam memberikan jawaban.

Baca Juga :  Nama Nama Hewan dalam Bahasa Inggris Beserta Arti dan Cara Bacanya

Contoh:

“I see that this company is very good. Especially with the existing service is very helpful to the customers. Not only that, the creativity of the company is also very professional. When I work later it will definitely have similar capabilities and be able to build a bigger company.”

“Saya melihat bahwa citra perusahaan ini sangat baik. Terlebih dengan layanan yang ada sangat membantu para pelanggan. tak hanya itu, kreativitas perusahaan juga sangat profesional. Ketika saya bekerja nanti pasti akan memiliki kemampuan yang serupa dan bisa membangun perusahaan menjadi lebih besar.”

Why are you interested in the position?

Pertanyaan umum lainnya ketika interview kerja bahasa Inggris adalah ketertarikan pada posisi kerja. Tentunya ini untuk mengetahui seperti apa kesanggupan pelamar dalam bekerja. Tak hanya itu, pertanyaan ini bisa menilai mana orang yang benar-benar menyukai suatu pekerjaan yang dipilih.

Contoh:

“I love an editor because I love the creative process. That way I can give a neat and interesting dish to the crowd.”

” Saya menyukai pekerjaan menjadi editor karena saya suka proses yang kreatif. Dengan begitu saya bisa memberikan sajian yang rapi dan menarik orang banyak.”

What do you have any working experience in this position?

Berikutnya ada pertanyaan seputar latar belakang dan pengalaman pekerjaan sebelumnya. Hal ini akan digali lebih dalam oleh pewawancara interview kerja bahasa Inggris. Tentu jawaban yang diberikan harus tetap dan memperhatikan pengucapan yang pas.

Contoh:

“I previously served as a writer. It just so happens that this position I achieved in a short time. I was able to present the article in an easy-to-understand language”

“Saya sebelumnya berkedudukan sebagai penulis. Kebetulan posisi ini saya raih dalam waktu singkat. Saya mampu menyajikan artikel dengan bahasa yang mudah dipahami”

Tell us about your education

Pewawancara ingin mengetahui latar belakang pendidikan seorang pelamar kerja. Jelaskan dengan fakta yang ada. Sebab akan dicocokkan dengan beberapa identitas yang menjadi sebelumnya sudah diberikan. Saat interview kerja bahasa Inggris pastikan pengucapan jelas dan tidak terlalu cepat.

Contoh:

“I finished my VCO university with a major in literature. This is because of my love of writing. I’ve won the national writing competition.

“Saya selelsai kuliah universitas VCO dengan jurusan sastra. Hal ini karena kecintaan saya terhadap tulis menulis. Saya pernah mendapatkan juara dalam lomba menulis tingkat nasional”

Pertanyaan Seputar Pengalaman Kerja dan Contoh Jawaban

Setelah pertanyaan dasar, masih ada lagi pertanyaan yang biasanya diajukan saat melakukan interview kerja bahasa Inggris. Tentunya hal ini untuk mengetahui kinerja anda saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

Mungkin akan sedikit rumit dalam memahaminya. Sebab pertanyaan yang diajukan hampir sama dengan pertanyaan sebelumnya. Hal ini untuk melatih seberapa mampu seseorang menggunakan logikanya untuk menjawab pertanyaan yang kalimatnya hampir sama namun beda makna.

Why did you leave your previous/current job?

Nah, pertanyaan ini bisa menjebak para pelamar. Berikan jawaban yang simpel dan tidak perlu mengatakan suatu hal buruk pada perusahaan lama. Sebisa mungkin menunjukkan semangat di perusahaan yang baru.

Contoh:

“I want to get professional employment opportunities in this company. I believe that the opportunities to create in this company are greater.”

“Saya ingin memperoleh kesempatan kerja yang profesional di perusahaan ini. Saya yakin bahwa peluang untuk berkreasi di perusahaan ini lebih besar.”

What is your greatest professional achievement?

Untuk menjawab pertanyaan ini tidak perlu merendah. Tunjukan kemampuan yang pernah diraih agar membuka celah diterima. Sebab dengan adanya sebuah prestasi merupakan nilai tambahan dalam menilai kualitas calon pekerja.

Baca Juga :  Kosakata Bahasa Inggris Yang Wajib Dihafal Bagi Pemula

Dalam menyampaikan jawaban interview kerja bahasa Inggris tidak perlu dibuat-buat. Karena akan dicocokkan dengan keahlian dalam bekerja.

Contoh:

“My ability is to write neatly and professionally”

“Kemampuan saya adalah menulis dengan rapi dan profesional”

When do you feel most satisfied in your work at the time?

Ketika menjawab pertanyaan ini usahakan untuk tidak menyediakan jawaban yang rancu. Ingat betul sebuah pencapaian terbesar ketika berada di perusahaan lama. Sebab interview kerja bahasa Inggris ini bermaksud untuk mendapatkan penjelasan minat dan antusias pelamar.

Contoh:

“I feel satisfied when I do a lot of work at the time. So it is easy to achieve a writing target.”

” Saya merasa puas ketika mengerjakan banyak pekerjaan. Sehingga mudah dalam mencapai sebuah target penulisan.”

What do you like most about your job at the time?

Cara termudah untuk menghadapi pertanyaan semacam ini adalah dengan mengungkapkan fokus dari kesempatan bekerja. Tidak perlu menjabarkan keluh kesah yang sedang dirasakan. Sebab interview kerja bahasa Inggris ini bisa menjadi boomerang bagi pelajar jika salah dalam memberikan jawaban.

Contoh:

“I’m happy with edotor’s work and writing articles. That way I can also add the latest knowledge and information. Right now I’m looking for a new experience in a different workplace. I basically enjoyed my previous job and felt challenged by this job opening.”

“Saya senang dengan pekerjaan editor dan menulis artikel. Dengan begitu saya juga bisa menambah berbagai ilmu dan informasi terbaru. Saat ini saya sedang mencari pengalaman baru di tempat kerja yang berbeda. Pada dasarnya saya menikmati pekerjaan saya yang sebelumnya dan merasa tertantang dengan lowongan pekerjaan ini.”

Pertanyaan Seputar Diri Sendiri dan Contoh Jawabannya

Please specify 2 of your strengths!

Biasanya wawancara interview kerja bahasa Inggris menginginkan kualitas diri pelamar. Hal ini akan disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja.

Contoh:

“My strength is being able to work in the team and on time. So the work can run smoothly”

“Kelebihan saya adalah mampu bekerja dalam tim dan tepat waktu. Sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan lancar”

What do you like to do outside of work?

Berikutnya adalah pertanyaan seputar kegiatan lain pelamar. Pertanyaan ini untuk menonjolkan kepribadian dari pelamar kerja.

Contoh:

“I often read and open the internet when I have free time. I also make podcasts and various novels”

“Saya sering membaca dan membuka internet saat memiliki waktu luang. Saya juga membuat podcast dan berbagai novel”

What motivates you?

Dalam hal ini pewawancara menginginkan motivasi apa minat dalam pekerjaan ini. Tentub perlu memikirkan matang-matang jawaban yang tepat. Sebab akan mempengaruhi keyakinan saat interview kerja bahasa Inggris ini.

Contoh:

“I want to add experience and develop skills. If I’m able to do better, I can lift the name of the company to prominence.”

“Saya berkeinginan untuk menambah pengalaman dan mengembangkan kemampuan. Jika kemampuan saya lebih baik, bisa mengangkat nama perusahaan menjadi terkenal.”

Itulah beberapa hal yang harus dipelajari saat akan interview kerja bahasa Inggris. Baca juga artikel  tentang Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris, Contoh Lowongan Kerja Dalam Bahasa Inggris, dan Cara Perkenalan Diri Dengan Bahasa Inggris.