Interview Kerja Bahasa Inggris: Contoh Pertanyaan dan Jawabannya

Dapat panggilan tes wawancara kerja? Wah, pasti kalian senang sekali ya? Tapi tunggu dulu, kalian tetap harus menyiapkan diri dengan baik, terlebih jika wawancaranya menggunakan bahasa Inggris.Agar lebih siap, kalian harus belajar materi terkait interview kerja bahasa Inggris di bawah ini.

Nah, berikut ini sudah ada contoh-contoh pertanyaan dalam bahasa Inggris yang biasa diberikan saat interview kerja. Jangan khawatir, kami juga sudah menuliskan contoh jawaban yang benar. Simak baik-baik ya!

Pengertian Interview Kerja Bahasa Inggris

Interview menggunakan bahasa Inggris memang terlihat sedikit lebih rumit bagi orang yang masih awam. Selain harus menguasai wawasan tentang pekerjaan yang dituju, kalian juga harus menguasai kosakata serta grammar yang baik dan benar.

Sebelumnya, kalian harus paham dulu arti wawancara. Dalam bahasa Inggris, wawancara disebut dengan interview. Interview merupakan sebuah dialog yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih.

Si pemberi pertanyaan disebut pewawancara (interviewer), dan si penerima pertanyaan bisa disebut sebagai narasumber. Interview bisa dilakukan dalam situasi apapun, termasuk salah satunya dalam hal perekrutan karyawan baru.

Dalam wawancara kerja, biasanya interviewer akan memberikan beberapa pertanyaan terkait motivasi atau kesiapan calon karyawan. Selain itu, calon karyawan juga bisa mengajukan pertanyaan terkait tugas dan kewajiban apa yang nantinya harus dilakukan setelah resmi diterima sebagai karyawan.

Fungsi Interview Kerja

Fungsi Interview Kerja Bahasa Inggris
Fungsi Interview Kerja Bahasa Inggris

Seseorang yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris cukup baik akan menjadi nilai plus tersendiri untuk dirinya. Hal ini berguna untuk menunjang segala aktivitas perusahaan atau instansi, terutama jika perusahaan sudah berskala global.

Interview dengan bahasa Inggris menjadi salah satu tahapan yang paling penting. Pada tahap ini, pihak HRD (Human Resource Development) akan memutuskan apakah pelamar cocok dan sesuai atau tidak dengan karakteristik pekerjaan yang akan diembannya nanti.

Melalui interview tatap muka dengan calon karyawan, pihak user (calon atasan) akan mengetahui dengan jelas mengenai profil dan kepribadian calon karyawan. Itulah mengapa interview menjadi bagian paling “klimaks” dalam sebuah perekrutan.

Contoh Pertanyaan Dasar dan Jawaban Interview Kerja Bahasa Inggris

Ketika sedang melakukan interview kerja bahasa Inggris pasti ada beberapa pertanyaan yang diajukan. Hal ini karena memang tujuan utamanya adalah untuk mengetahui skill komunikasi, kepribadian dan keterampilan kerja kalian sebagai pelamar.

Nah, agar kalian ada sedikit gambaran, ada baiknya perhatikan contoh pertanyaan interview kerja bahasa Inggris di bawah ini:

1.     Tell About Yourself

Tell about yourself atau “ceritakan diri kalian”, tema ini bisa dikatakan adalah hal wajib yang harus dikuasai oleh pelamar atau calon karyawan. Sebelum menuju pertanyaan inti, interviewer biasanya akan menanyakan hal ini pada pelamar.

Kalian bisa ceritakan hal-hal personal terkait dengan posisi pekerjaan yang akan dituju. Misalnya, jika kalian melamar sebagai desainer grafis, maka kalian bisa menceritakan pengalaman magang, kerja, atau job-job apa saja yang pernah kalian kerjakan.

Ceritakan jika diri kalian memang sangat suka dengan bidang tersebut. Kalian juga harus bisa meyakinkan interviewer jika kalian memang seorang pekerja keras yang disiplin dan bertanggung jawab.

Contoh kalimat:

  • ”My name is Rensi. I’ve been working as a writer at an article company for 1,5 years. My responsibilities include work with the editor for online article written on website. I’ve always been interested in writing, especially in the editing section”

Namaku Rensi. Saya telah bekerja di perusahaan artikel selama 1,5 tahun. Tanggung jawab saya dalam pekerjaan ini adalah editor untuk artikel online yang ditulis di situs web. Saya selalu tertarik untuk menulis, terutama di bagian pengeditan.

  • “My name is Aila Azkiya. I’ve been working at the admin printing company. I worked for four years. My main job is to take care of transcripts, reservations and bookmarks. In addition to that I also take care of the customer complaints section.

I had also worked at the admin department store for two years before. My main job there was taking inventory in and out of storage and taking care of returns.”

Nama saya Aila Azkiya. Saya pernah bekerja di perusahaan percetakan bagian admin. Saya bekerja selama empat tahun. Pekerjaan utama saya mengurus keluar masuk barang, deadline pemesanan dan membuat nota. Selain itu saya juga mengurus komplain pelanggan.

Sebelumnya, saya juga pernah bekerja di swalayan bagian admin gudang selama dua tahun. Pekerjaan utama saya di sana yaitu melakukan pencatatan keluar masuk barang di gudang serta mengurus return.

2.     What Do You Know About Our Company?

Selanjutnya pewawancara akan menanyakan apa yang telah pelamar ketahui tentang perusahaan. Hal ini bertujuan untuk melihat kesiapan dan niat pelamar untuk mencari tahu tentang suatu perusahaan. Hal utama yang harus dipelajari adalah profil dari perusahaan.

Contoh kalimat:

  • ”This company always provides good service for its customers. Equipped with adequate and state-of-the-art facilities. One of them is the absence of a 5G computer.”

Perusahaan ini selalu memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggannya. Dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan canggih. Salah satunya adalah adanya komputer 5G.

  • “The souvenir company is famous for its warranty. Always give good service to the customer and open to complain. The quality of the goods produced is also high. The company is well known in the public eye.”

Perusahaan pembuatan souvenir ini sudah terkenal bergaransi. Selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan serta terbuka pada komplain. Kualitas barang yang dihasilkan juga berstandar tinggi. Perusahaan ini sudah terkenal di kalangan umum.

3.     Why Do You Want to Work in Our Company?

Pertanyaan yang tidak kalah penting berikutnya saat interview kerja bahasa Inggris adalah apa yang menjadi motivasi seseorang mengambil pekerjaan ini.

Pewawancara akan mengetahui ketertarikan pelamar terhadap perusahaan. Jika sudah sampai tahap ini, kalian harus hati-hati dan teliti dalam memberikan jawaban.

Contoh kalimatnya ada di bawah ini:

  • “I see that this company is very good. Especially with the existing service is very helpful to the customers. Not only that, the creativity of the company is also very professional. When I work later it will definitely have similar capabilities and be able to build a bigger company.”

Saya melihat bahwa citra perusahaan ini sangat baik. Terlebih dengan layanan yang ada sangat membantu para pelanggan. Tak hanya itu, kreativitas perusahaan juga sangat profesional. Ketika saya bekerja nanti pasti akan memiliki kemampuan yang serupa dan bisa membangun perusahaan menjadi lebih besar.

  • I feel that I have some experience reading a job opening in this company. With the knowledge and experience I had, my hopes could make this company grow. I see this company’s already known to the public.”

Saya merasa memiliki pengalaman saat membaca lowongan pekerjaan di perusahaan ini. Dengan pengetahuan serta pengalaman yang saya miliki, harapan saya dapat membuat perusahaan ini semakin berkembang. Saya melihat peluang untuk membuat perusahaan ini semakin dikenal.

4.     Why Are You Interested in The Position?

Pertanyaan umum lainnya ketika interview kerja bahasa Inggris adalah ketertarikan pada posisi kerja. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa kesanggupan pelamar dalam bekerja.

Tak hanya itu, pertanyaan ini juga bisa difungsikan untuk menilai apakah kalian sebagai pelamar benar-benar tertarik terhadap posisi yang dituju atau tidak. Kalau kalian cuma ikut-ikutan, bisa jadi akan “ketahuan” saat menjawab pertanyaan ini.

Contoh kalimat:

  • “I love an editor because I love the creative process. That way I can give a neat and interesting dish to the crowd.”

Saya menyukai pekerjaan menjadi editor karena saya suka proses yang kreatif. Dengan begitu saya bisa memberikan sajian yang rapi dan menarik untuk orang banyak.

  • “I like the job as an administration because it matches my educational background. Additionally, it trained concentration and hopes to contribute best to the company. I saw an opportunity to make this company more and more known.”

Saya menyukai pekerjaan sebagai admin karena sesuai dengan latar pendidikan yang saya ambil. Selain itu, pekerjaan ini juga melatih konsentrasi serta harapannya bisa memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan ini. Saya yakin mampu bekerja dengan baik disini.

5.     What Do You Have Any Working Experience in This Position?

Berikutnya ada pertanyaan seputar latar belakang dan pengalaman pekerjaan sebelumnya.Hal ini akan digali lebih dalam oleh pewawancara dalam interview kerja bahasa Inggris.

Saat mendapatkan pertanyaan ini, kalian harus menjawab secara lengkap dan meyakinkan. Pastikan kalimatnya benar dan sesuai grammar bahasa Inggris.

Contoh:

  • I previously served as a writer. It just so happens that this position I achieved in a short time. I was able to present the article in an easy-to-understand language”

Saya sebelumnya menduduki jabatan atau posisi sebagai penulis. Kebetulan posisi ini saya raih dalam waktu singkat. Saya mampu menyajikan artikel dengan bahasa yang mudah dipahami.

  • “I had worked in administration for four years at the company before. In addition, I did an apprenticeship while studying in the same section. I was able to do clerical work quickly and precisely.”

Saya sudah pernah bekerja di bagian administrasi selama empat tahun di perusahaan sebelumnya. Selain itu, saya pernah magang di perusahaan ketika menempuh pendidikan di bagian yang sama. Saya mampu mengerjakan pekerjaan admin dengan tepat dan cepat.

6.     Tell Us About Your Education

Pada bagian ini, pewawancara ingin mengetahui latar belakang pendidikan kalian sebagai pelamar kerja. Kalian harus menjelaskan dengan fakta yang ada, tidak perlu mengada-ada agar terlihat bagus.

Sebab, semua jawaban kalian akan dicocokkan dengan beberapa identitas yang sebelumnya sudah kalian ajukan. Saat menjawab pertanyaan ini, kalian tetap harus tegas dengan kalimat yang jelas, namun jangan sampai terlalu kaku ya!

Contoh:

  • “I finished my VCO university with a major in literature. This is because of my love of writing. I’ve won the national writing competition.

Saya telah selesai kuliah di Universitas VCO dengan jurusan sastra. Hal ini karena kecintaan saya terhadap dunia tulis menulis. Saya juga pernah mendapatkan juara dalam lomba menulis tingkat nasional.

  • “I completed my education in the Economics Department of Administration and Finance at Wahid Hasyim University. Before that, I had also studied at the trade school of the office administration department.

I have also attended administrative competence training and non formal inquiry into administration and marketing after graduating from college. Additionally, I’ve often attended seminars on economics and administration for both the public and the invitation line.”

Saya menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ekonomi jurusan Administrasi dan Keuangan di Universitas Wahid Hasyim. Sebelumnya, saya juga menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Administrasi Perkantoran.

Saya juga pernah mengikuti pelatihan kompetensi Administrasi serta pendidikan non formal jurusan Administrasi dan Pemasaran setelah lulus kuliah. Selain itu saya sering mengikuti seminar mengenai bidang ekonomi dan administrasi baik untuk umum atau jalur undangan.

Pertanyaan Seputar Pengalaman Kerja & Contoh Jawaban

Setelah pertanyaan dasar, masih ada lagi pertanyaan yang biasanya diajukan saat melakukan interview kerja bahasa Inggris. Tentunya hal ini untuk mengetahui kinerja kalian saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

Beberapa user sering menanyakan beberapa pertanyaan ini dengan gaya santai. Meski santai, mereka tetap akan menilai kepribadian dan kemampuan kalian dalam menjawabnya.Jadi kalian jangan “terlena” dalam suasana santai ya!

1.     Why did you leave your previous/current job?

Nah, pertanyaan ini bisa dibilang sebagai pertanyaan yang menjebak bagi para pelamar. Berikan jawaban yang simpel dan tidak perlu mengatakan suatu hal buruk pada perusahaan lama. Sebisa mungkin kalian harus menunjukkan semangat di perusahaan yang baru.

Contoh:

  • “I want to get professional employment opportunities in this company. I believe that the opportunities to create in this company are greater.”

Saya ingin memperoleh kesempatan kerja yang profesional di perusahaan ini. Saya yakin bahwa peluang untuk berkreasi di perusahaan ini lebih besar.

  • “I wanted to gain new job experience and sharpen my administrative skills to become a professional admin. I believe, by working at this company, I can dedicate my science to this company.

I didn’t have a problem working at the company before, only I was thrilled to try something new by joining the company.”

Saya ingin mendapatkan pengalaman kerja baru serta mengasah kemampuan saya dalam bidang administrasi agar menjadi seorang admin yang profesional. Saya yakin dengan bekerja di perusahaan ini, saya bisa mendedikasikan ilmu saya untuk perusahaan ini.

Sebenarnya saya tidak memiliki kendala saat bekerja di perusahaan sebelumnya, hanya saja saya tertantang untuk mencoba hal baru dengan bergabung di perusahaan ini.

2.     What is your greatest professional achievement?

Pertanyaan kedua biasanya berkaitan dengan pencapaian atau prestasi kalian. Untuk menjawab pertanyaan ini tidak perlu merendah. Tunjukkan saja kemampuan yang pernah kalian raih.

Sebab saat kalian menyampaikan pencapaian atau prestasi, maka hal ini bisa menjadi nilai plus tersendiri. Peluang diterima kerja juga semakin besar. User pasti akan melihat bahwa kalian memang punya skill yang bagus dan layak dipekerjakan.

Contoh:

  • “My ability is to write neatly and professionally”

Kemampuan saya adalah menulis dengan rapi dan profesional.

  • “I had the ability to do my administrative work properly and quickly. Always thorough and clean on the reports. In addition, I also have a highly satisfactory predictive office administration training certificate.”

Saya memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugas administrasi dengan cepat dan tepat. Selalu teliti dan rapi dalam mengerjakan laporan. Selain itu, saya juga memiliki sertifikat pelatihan bidang administrasi perkantoran dengan predikat sangat memuaskan.

3.     When Do You Feel Most Satisfied in Your Work at The Time?

Ketika menjawab pertanyaan ini usahakan untuk tidak memberikan jawaban yang rancu. Kalian bisa mengingat kembali pencapaian terbesar apa yang sudah diraih di perusahaan lama.

Contoh:

  • “I feel satisfied when I do a lot of work at the time. So it is easy to achieve a writing target.”

Saya merasa puas ketika mengerjakan banyak pekerjaan. Sehingga mudah dalam mencapai sebuah target penulisan.

  • “I became one of the best employees who always did the work on time. In addition to my administration, I also have some knowledge of graphic design that is often used to assist in the design of the order to be printed.”

Saya menjadi salah satu karyawan terbaik yang selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Selain dalam bidang administrasi, saya juga mempunyai sedikit pengetahuan mengenai desain grafis yang sering digunakan untuk membantu desain pesanan yang akan dicetak.

4.     What Do You Like Most About Your Job at The Time?

Cara termudah untuk menghadapi pertanyaan semacam ini adalah dengan mengungkapkan fokus dari kesempatan bekerja. Tidak perlu menjabarkan keluh kesah yang sedang dirasakan.

Sebab interview kerja bahasa Inggris ini bisa menjadi boomerang bagi pelamar jika salah dalam memberikan jawaban. Ingat, cukup sampaikan hal-hal yang menyenangkan saat bekerja saja ya!

Contoh:

  • “I’m happy with the editor’s work and writing articles. That way I can also add the latest knowledge and information. Right now I’m looking for a new experience in a different workplace. I basically enjoyed my previous job and felt challenged by this job opening.”

Saya senang dengan pekerjaan editor dan menulis artikel. Dengan begitu saya juga bisa menambah berbagai ilmu dan informasi terbaru. Saat ini saya sedang mencari pengalaman baru di tempat kerja yang berbeda. Pada dasarnya saya menikmati pekerjaan saya yang sebelumnya dan merasa tertantang dengan lowongan pekerjaan ini.

  • “I’m basically very happy with all the administration work. In my previous company, the most fun thing was to take notes in and out of order, because at that job I learned to concentrate so as not to take the blame for taking notes.

I’ve actually enjoyed my work before. It’s just that because of the job opportunities in this company, I feel challenged because I have an ability in the field.”

Pada dasarnya saya sangat senang dengan semua pekerjaan di bidang administrasi. Di perusahaan saya sebelumnya hal yang menyenangkan adalah melakukan pencatatan keluar masuk barang, sebab pada pekerjaan itu saya belajar konsentrasi agar tidak salah mencatat.

Sebenarnya saya sudah menikmati pekerjaan saya sebelumnya. Hanya saja dengan adanya lowongan pekerjaan di perusahaan ini saya sangat tertantang mengingat saya memiliki kemampuan dalam bidangnya.

Pertanyaan Seputar Diri Sendiri dan Contoh Jawaban

Pertanyaan lain yang sering muncul adalah seputar kepribadian kalian. Kalian bisa menyampaikan hal-hal baik dalam diri kalian, tapi jangan terlalu over ya! Kalau berlebihan, user justru akan menganggap kalian adalah orang yang “angkuh”.

1.      Please Specify 2 of Your Strengths!

Biasanya, dalam interview kerja bahasa Inggris, user menginginkan kualitas diri dari pelamar atau calon karyawan. Tujuannya adalah, agar user bisa menyesuaikan kelebihan dari si pelamar dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh:

  • “My strength is being able to work in the team and on time. So the work can run smoothly”

Kelebihan saya adalah mampu bekerja dalam tim dan tepat waktu. Sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan lancar.

  1. “I have an advantage of being able to finish the job on time. In addition, I did the work so neatly and meticulously that it was seldom done as revisions of reports.”

Saya memiliki kelebihan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Selain itu, saya mengerjakan pekerjaan dengan rapi dan teliti sehingga jarang melakukan revisi laporan.

2.     What do You Like to Do Outside of Work?

Berikutnya adalah pertanyaan seputar kegiatan lain pelamar. Pertanyaan ini untuk menonjolkan kepribadian dari pelamar kerja.

Contoh:

  • “I often read and open the internet when I have free time. I also make podcasts and various novels”

Saya sering membaca dan membuka internet saat memiliki waktu luang. Saya juga membuat podcast dan berbagai novel.

  • “I usually spend time after work reading books. I also often write stories in writing groups on social media. Furthermore, in addition, I was active in the youth organization as secretary and had been president during the previous period.”

Biasanya saya menghabiskan waktu setelah kerja untuk membaca buku, saya juga sering menulis cerita di grup-grup kepenulisan di sosial media. Selain itu saya juga aktif di organisasi pemuda sebagai sekretaris dan pernah menjabat sebagai ketua pada periode sebelumnya.

3.     What Motivates You?

Dalam hal ini pewawancara menginginkan kalian menjabarkan perihal motivasi apa yang melatarbelakangi kalian melamar posisi yang dimaksud. Tentu kalian perlu memikirkan matang-matang untuk bisa menjawab dengan tepat.

Contoh:

  • “I want to add experience and develop skills. If I’m able to do better, I can lift the name of the company to prominence.”

Saya berkeinginan untuk menambah pengalaman dan mengembangkan kemampuan. Jika kemampuan saya lebih baik, bisa mengangkat nama perusahaan menjadi terkenal.

  • “I want to gain more experience so that my knowledge of the administration grew. I have the goal of becoming a competent professional administration officer.

I’m sure with working in this company, I get what I want. In return, if I have the ability to be competent in the field, it is more likely that it will grow and become more famous.”

Saya ingin mencari pengalaman lebih banyak lagi sehingga pengetahuan saya mengenai bidang administrasi semakin bertambah. Saya memiliki cita-cita untuk menjadi tenaga administrasi profesional yang kompeten.

Saya yakin dengan bekerja di perusahaan ini, saya mendapatkan apa yang saya inginkan. Sebagai timbal balik, jika saya memiliki kemampuan yang berkompeten di bidangnya, maka besar kemungkinan perusahaan ini akan semakin berkembang dan lebih terkenal.

Itulah beberapa hal yang harus dipelajari saat akan interview kerja bahasa Inggris. Meski bukan hal yang baku, tapi setidaknya kalian sudah punya gambaran agar bisa lebih siap menghadapi momen wawancara kerja.

Baca juga :

Tinggalkan komentar